Bisnis crowdfunding di indonesia

Dipublikasikan oleh admin pada

Crowdfunding  atau urun dana adalah skema pengumpulan dana secara online dalam skala yang kecil akan tetapi berasal dari jumlah masyarakat yang besar sehingga terkumpulkan dana yang signfikan.

Pernah berpikir dari mana keuntungan atau katakan sumber pemasukan bagi perusahaan startup Crowdfunding, atau pernah berniat untuk mendirikan bisnis crowdfunding. Yang pertama perusahaan rintisan yang baru berdiri tentu belum bisa berharap banyak terhadap bisnis yang mereka jalankan, akan tetapi  beda halnya untuk jangka panjang bila berjalan sesuai yang diharapkan tentu akan mendatangkan pundi pundi rupiah dalam waktu yang lama.

Seberapa menjanjikan bisnis crowdfunding di indonesia

Bisnis startup memang lagi buming terbukti dengan banyaknya startup crowdfunding tumbuh subur seperti KitaBisa, Gandeng Tangan, DANAdidik, AyoPeduli Crowdtivate, Amartha, InvesTree, Kredina, Mekar, Modalku dan masih banyak lagi. Di indonesia sendiri dengan jumlah penduduk lebih dari 250 juta merupakan salah satu motivasi bagi visioner startup. Akan tetapi Tanpa perencanaan dan pengetahuan yang matang tentu akan menemui banyak kendala ditengah perjalanan usaha kamu. Beberapa perusahaan startup crowdfunding ternama dengan berbegai alasan mereka memutuskan usaha yang dirintis, diantaranya Ayoo Peduli, Wujudkan dan lain sebagainya.

Umumnya perusahaan crowdfunding di indonesia dimiliki dan dikelola manajemen dalam negeri dalam bentuk perusahaan terbatas. Kesulitan yang dihadapi pendatang baru biasanya susahnya mendapatkan ijin beroperasi dari otoritas jasa keuangan, sementara disisi lain perusahaan besar dengan mudah mendapatkan pendanaan series A dari venture capitalist/atau Bank. Dari perspektif peers crowdfunding indonesia lebih fokus pada pendanaan UMKM dari Bisnis makro dan pendanaan personal merupakan pendana personal yang telah di terapkan seluruh plartform.

Beberapa hal yang dapat dilakukan  melalui perusahaan crowdfunding diantaranya, pendanaan, top up dana, mengadakan kampanye, membayar tagihan dan pencairan dana dan semuanya dilakukan secara online. Dari perspektif value proposition menunjukkan di indonesia crowdfunding dengan investasi dalam bentuk sosial  ternyata kurang diminati, pemain besar menetapkan minimal investasi 100rb dan maksimal 250 juta.

DANAdidik

DANAdidik merupakan plaform  crowdfunding lending –  based berbeda dengan crowdfingding lainnya, yang mana perusahaan ini memfokuskan pembiayaan pada pelajar- mahasiswa dengan usia antara 15 sampai dengan 29 tahun. Dengan minimal pinjaman 50rb dan harus dikembalikan. Pengembalian yang dilakukan dengan Sistem bagi hasil.

Bagi anda yang ingin menjadi sponsor cukup dengan memilih mahasiswa yang ingin didanai dan klik check out. Dana bantuan yang anda berikan akan langsung tersalurkan kepada siswa/mahasiswa yang bersangkutan setelah dana terkumpul. Sistem bagi hasil DANAadalah skema dimana peminjam akan membagikan hasil pekerjaan kepada pemberi dana. Pengembalian dana ditmbahkan dengan bunga selama 30 bulan setelah mahasiswa tersebut lulus. Untuk lebih jelas lihat tabel dibawah ini.

Jumlah Pinjaman Bagi hasil
Rp.2000.000 10%
Rp.5000.000 15%
Rp.8000.000 25%
Rp.10.000.000 30%

Dalam skema penggalangan dana, DANAdidik menerapkan biay administrasi sebesar 5% untuk setiap pencairan dana. Dan pada DANAdidik juga terdapat juga donasi sehingga dana yang diberikan merupakan donasi borrower.

  • Syarat pengajuan pendanaan

crowdfunding indonesia

  • Total dana yang tersalurkan

Dalam kegiatan operasionalnya, salah satu key performance indokator suatu plartform crowdfunding adalah total dana yang telah disalurkan. Total dana yang telah disalurkan tidak termasuk dengan dana kampanya gagal terkumpul. Sehingga total dana yang telah tersalurkan merupakan murni dana yang diterima oleh peminjam yang berhasil terkumpul pada saat kampanye. Semakin banyak total dana yang tersalurkan, maka semakin baik crowdfunding tersebut. Dalam situs resmi Danadidik tidak disebutkan berapa total dana yang tersalurkan secara detail.

Amartha

Amartha merupakan platform crowdfunding dengan model lending-based yang hanya memberikan pinjaman kepada perempuan. Hal unik yang membedakan adalah borrower perempuan tersebut adalah diharuskan menjadi satu kelompok dengan jumlah 15-25 orang sehingga mirip dengan group lending.

Group Lending adalah sebuah model pembiayaan yang diadopsi dari Grameen Bank di Bangladesh yang didirikan oleh Profesor Muhamman Yunus, pemenang Nobel Perdamaian tahun 2006. Dalam sistem Group Lending, calon peminjam perorangan diwajibkan untuk membentuk satu kelompok kecil yang terdiri dari lima orang dan bergabung dalam satu majelis atau kelompok yang lebih besar, biasanya terdiri dari 15 hingga 20 orang

Dengan konsep ini setiap anggota bertanggung jawab untuk menanggung risiko jika salah satu dari anggota kelompoknya gagal dalam pembayaran. Dengan demikian, masing-masing  individu akan saling mengawasi dan menyeleksi kualitas anggota dalam kelompoknya

Untuk menjadi borrower, Amartha tidak membuka pendaftaran secara online. Sehingga calon borrower harus menghubungi jterlebih dahulu di nomor Amartha. Sedangkan untuk lender, semua orang dapat mendaftarkan diri menjadi lender di website Amartha. Untuk tahap awal, lender diwajibkan deposit minimal Rp 3,000,000 lalu dapat memberi pinjaman mulai dari Rp1,500,000.

Dalam skema penggalangan dana, Amartha memberikan biaya administrasi sebesar 1% setiap pembayaran pinjaman. Dan bunga sebesar 15 sampai 20% per tahun. Apabila penggalangan dana sukses, borrower akan diberikan tenor selama 3 sampai dengan 24 bulan. Dan berikut merupakan kategori apa saja yang diperbolehkan di Amartha pada Tabel dibawah ini:

No Kategori No Kategori
1 Perdagangan 5 Pendidikan
2 Industri Rumah Tangga 6 Perumahan
3 Pertanian 7 Air dan Sanitasi
4 Peternakan 8 Kesehatan
9 Jasa
  • Total dana yang tersalurkan

Dalam kegiatan operasionalnya, salah satu key performance indokator suatu plartform crowdfunding adalah total dana yang telah disalurkan. Total dana yang telah disalurkan tidak termasuk dengan dana kampanya gagal terkumpul. Sehingga total dana yang telah tersalurkan merupakan murni dana yang diterima oleh peminjam yang berhasil terkumpul pada saat kampanye. Semakin banyak total dana yang tersalurkan, maka semakin baik crowdfunding tersebut.

crowdfunding bisnis

KoinWork

KoinWorks merupakan platform crowdfunding dengan model lending-based yang sudah memiliki 7000 lebih investor yang terdaftar. Skema penggalangan dana KoinWorks memberikan biaya administrasi sebesar 1% dari setiap pembayaran lender

Pada KoinWorks terdapat 3 kategori yang boleh dikampanyekan, yaitu Bisnis, Pendidikan dan Kesehatan. Dalam penggalangan tersebut terdapat batas minimal dan maksimal dana yang diperbolehkan

startup crowdfunding indonesia

Adapun batasan mininmal dan maksimal dalam melakukan pinjaman seperti tabel dibawah ini:

Kategori Dana
Bisnis Rp.10.000.000 – Rp.50.000.000
Pendidikan Rp.10.000.000 – Rp.250.000.000
Kesehatan Rp.10.000.000 – Rp.250.000.000

Borrower pada KoinWorks hanya boleh memiliki satu pinjaman aktif dan setelah mendapatkan pinjaman, borrower akan mendapat tenor selama 6 sampai dengan 24 bulan.

Dalam penggalangan dana, lender dapat memberikan pinjaman mulai dari Rp 100,000 dan akan mendapatkan dana proteksi sesuai dengan grade borrower. Grade ini akan ditentukan berdasarkan tepat atau tidaknya pembayaran borrower. Dan berikut merupakan grade borrower beserta bunga dan dana proteksi pada Tabel dibawah ini:

Grade Bunga Dana Proteksi
A 15% – 19% 100%
B 19% – 24%  80%
C 24% – 29% 60%
D 29% – 34% 40%
E 34% – 38% 20%
  • Channels and Context

Perspektif channels and context merupakan tempat dan bagaimana pertukaran value dilakukan dan merupakan kunci dimana value akan terbentuk.

No Transaction Channels and Context Frekuensi
1 Top-up Saldo Dana Website and Mobile Insidentil
2 Mengadakan kampanye

penggalangan dana

Website and Mobile Insidentil
3 Download fact-sheet Website and Mobile Insidentil
4 Memberi pinjaman Website and Mobile Insidentil
5 Membayar tagihan Website and Mobile Insidentil
6 Pencairan dana Website and Mobile Insidentil
  • Total dana yang tersalurkan

Tidak dijelaskan secara detail berapa total dana yang tersalurkan pada website resmi konwork.com

Kredina

Kredina merupakan platform crowdfunding dengan model lending-based yang memiliki kantor di kota Jakarta. Skema penggalangan dana Kredina hanya diperuntukkan di kota Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) saja. Hal yang membedakan dengan platform crowdfunding lainnya adalah Kredina menerapkan bunga sebesar 0,75% perhari.

startup crowdfunding 2018

Kredina membatasi lama kampanye mulai dari 5 sampai dengan 30 hari dengan minimal pinjaman mulai dari Rp 500,000 sampai dengan 2,500,000. Untuk memberikan pinjaman, Kredina membatasi dana minimal Rp 100,000.

No Kategori No Kategori
1 Tagihan Medis 5 Modal usaha
2 Konsumsi sehari hari 6 Liburan
3 Pembelian kendaraan 7 Pembayaran Hutang
4 Renovasi rumah 8 Dll
9 Kendaraan

Apabila borrower tidak dapat melunasi pinjaman pada waktu yang telah ditetapkan, maka borrower akan dikenakan biaya keterlambatan sebesar Rp 50,000 dan Rp 10,000 per hari. Selain itu akan terdapat biaya jasa penagih sebesar 10% apabila borrower terlambat membayar pinjaman.

Dalam skema penggalangan dana, Kredina memberikan credit rating untuk borrower untuk menentukan jumlah bunga. Credit rating ini akan turun (default 4) apabila borrower dapat membayar tagihan tepat waktu. Berikut merupakan jumlah bunga pada setiap credit rating.

Credit Rating Bunga perhari
4 0,75%
3 0,69%
2 0,64%
1 0,61%

Sehingga diharapkan borrower akan lebih termotivasi untuk mengembalikan atau membayar tagihan tepat pada waktu yang telah disepakati.

  • Channels and Context
No Transaction Channels and Context Frekuensi
1 Top-up Saldo Dana Website Insidentil
2 Mengadakan kampanye

penggalangan dana

Website Insidentil
3 Memberi pinjaman Website Insidentil
4 Membayar tagihan Website Insidentil
5 Pencairan dana Website Insidentil
  • Total dana yang tersalurkan

Tidak dijelaskan secara detail berapa total dana yang tersalurkan pada website resmi kredina,com

InvesTree

Investree merupakan platform crowdfunding dengan model lending-based yang berdiri di akhir 2016. Investree memiliki kantor di kota Jakarta dan melayani peminjaman diseluruh kota di Indonesia. Akan tetapi calon peminjam harus memenuhi syarat sebagai karyawan dari perusahaan yang telah bekerja sama dengan Investree.

Dalam proses bisnisnya, Investree tidak mengambil keuntungan dari bunga yang diberikan kepada peminjam. Akan tetapi dari memotong jumlah dana yang didapatkan peminjam dengan jumlah sekitar tiga sampai lima persen

Jumlah dana yang diperbolehkan untuk peminjaman adalah dari Rp 1.000.000 sampai dengan Rp 50.000.000 dan minimal dana yang diinvestasikan adalah Rp 1.000.000. Dalam peminjaman dana di Investree, semua aktivitas dilakukan secara online. Sehingga tidak peminjam dan/atau pendana tidak perlu untuk verifikasi secara langsung untuk menggunakan platform ini.

  • Total dana yang tersalurkan
No Transaction Channels and Context Frekuensi
1 Top-up Saldo Dana Website Insidentil
2 Mengadakan kampanye

penggalangan dana

Website Insidentil
3 Memberi pinjaman Website Insidentil
4 Membayar tagihan Website Insidentil
5 Pencairan dana Website Insidentil
6 Download Fact – sheet Website Insidentil
  • Total dana yang tersalurkan

Startup indonesia

Modalku

Modalku merupakan platform crowdfunding dengan model lending-based yang memiliki kantor di kota Jakarta. Dalam skema penggalangan dananya, Modalku membatasi hanya melayani peminjaman untuk daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) dan Bandung saja.

 

Selain untuk perusahaan (PT), Modalku juga menyediakan pinjaman kepada CV dan perorangan dengan syarat minimal sudah beroperasi selama satu tahun dan memiliki omzet Rp 20,000,000 per bulan.

Modalku melayani kampanye dengan dana mulai dari Rp50,000,000 sampai dengan 2,000,000,000 (2 miliar) dengan bunga 12 sampai dengan 20%. Untuk pengembalian dana Modalku memberikan tenor mulai dari 3 sampai dengan 24 bulan.Modalku melayani kampanye dengan dana mulai dari Rp50,000,000 sampai dengan 2,000,000,000 (2 miliar) dengan bunga 12 sampai dengan 20%. Untuk pengembalian dana Modalku memberikan tenor mulai dari 3 sampai dengan 24 bulan.

Dalam skema penggalangan dananya, Lender diwajibkan untuk deposit terlebih dahulu sebesar Rp 10,000,000 untuk aktivasi akun. Lalu dapat memulai meminjamkan dengan minimal sebesar Rp 1,000,000. Dalam penggalangan dana tersebut Modalku memberikan biaya administrasi sebesar 3% untuk setiap pencairan dana.

  • Channels and Context
No Transaction Channels and Context Frekuensi
1 Top-up Saldo Dana Website Insidentil
2 Mengadakan kampanye

penggalangan dana

Website Insidentil
3 Memberi pinjaman Website Insidentil
4 Membayar tagihan Website Insidentil
5 Pencairan dana Website Insidentil
  • Total dana yang tersalurkan

Menurut situs resmiNya, modalku telah berhasil menyalurkan dana sebesar 1,22 Triliun

bisnis startup

Demiikian ulasan tentang bisnis startup di indonesia, masih banyak startup khususnya crowdfung yang belum diulas, lain waktu akan diulas.

Kategori: Keuangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *