daftar istilah akuntansi dan kamus akuntansi

Daftar Istilah Akuntansi

Untuk menemukan istilah akuntansi  dengan cepat gunakan fungsi keyboard dengan menekan Ctrl + F dan masukkan kata atau istilah yang ingin kamu cari

Aktiva (assets) – sumber daya ekonomi atau harga yang dimiliki atau dikendalikan oleh suatu perusahaan, seperti kas, bangunan, kendaraan, dan lain lain, yang diharapkan mempunyai manfaat  dimasa depan. Atau investasi yang dilakukan perusahaan dalam aktivitasnya mengejar laba

  Aktiva Bersih – istilah yang berkenaan dengan modal sendiri atau ekuitas pemilik, yaitu aktiva dikurangi kewajiban

Aktiva cepat (quick assets) – kas dan aktiva yang mudah dijadikan kas seperti surat berharga, dan piutang dagang (atau sama dengan Aktiva lancar dikurangi persedian)

Aktiva cepat (current assets) – kas dan juga aktiva atau harta perusahaan yang akan dijual atau dikonsumsikan atau dikonversikan  kembali ke kas dalam suatu siklus operasi normal atau dalam satu tahun buku (terhitung sejak tanggal nerac)

Aktiva lain lain –  aktiva yang tidak lancar, yang tidak dapat dimasukkan ke dalam investasi/penyertaan, aktiva tetap atau aktiva tak berwujud.

Aktiva operasi – kas, piutang, persedian, pabrik dan peralatan dan semua aktiva lainnya yang digunakan untuk aktivitas produktif suatu perusahaan

Aktiva tetap (fixed assets) – aktiva berwujud yang tidak lancar yang digunakan dalam aktivitas operasi normal perusahaan, yang merupakan investasi fisik (yang dapat dilihat dan dipegang) perusahaan dalam jangka panjang (lebih dari satu tahun), seperti tanah, bangunan, pabrik, mesin, dan peralatan

Aktiva tak berwujud (intangible assets) –  aktiva aktiva yang tidak mempunyai wujud fisik tetapi mempunyai manfaat ekonomi dimasa depan berdasar hak atau manfaat yang diperoleh pemilik aktifa tersebut. Contoh : hak cipta (copyrights), hak paten (patens), merek dagang (trademark), goodwill dan franchises

Aktivitas Investasi – suatu bagian dari laporan arus kas yang meliputi semua  transaksi yang melibatkan  pengambilalihan (acquisition) dan pelepasan (disposition) aktiva yang tidak lancar (noncurrent  assets). Aktiva ini merupakan transaksi yang melibatkan pembuatan atau pengumpulan hutang, atau yang melibatkan pembelian atau penjualan aktiva tetap, aktiva produktif lainnya, atau investasi (selain yang ekuivalen dengan kas)

Aktiva operasi – suatu bagian dari laporan arus kas yang meliputi semua transaksi yang masuk dalam laporan laba rugi. Aktivitas yang melibatkan produksi  atau pembelian barang  dagangan dan penjualan  barang atau  jasa kepada para pelanggan; termasuk biaya untuk mengelola perusahaan

Aktivitas pendanaan –  suatu bagian dari laporan arus kas yang meliputi semua transaksi (selain pembayaran bunga) yang melibatkan peminjaman dari kreditor, dan semua transaksi (kecuali deviden saham dan pemecahan saham) yang melibatkan pemilik perusahaan. Aktivitas ini merupakan transaksi perusahaan yang melibatkan peminjaman kas dalam jangka pendek, atau dengan pemilik ataupun kreditor  untuk jangka panjang.

Akumulasi penyusutan/depresiasi – jumlah kumulatif biaya penyusutan/depresiasi sejak aktiva  teatp dimiliki atau diperoleh dan digunakan.

Akuntan publik – akuntan profesional yang memberikan jasa akuntansi kepada masyarakat umum. Jasa yang diberikan dapat mencakup pengujian kewajaran laporan keuangan, konsultasi perpajakan, bertindak sebagai konsultan manajemen atau melakukan jasa kajian kinerja akuntansi.

Akuntansi – suatu sistem ang menyediakan informasi kuantitatif mengenai entitas ekonomi, khususnya dalam perilaku keuangan, yang dimaksudkan untuk pengambilan keputusan ekonomi. Akuntansi juga didefinisikan sebagi seni pencatatan/pembukuan, pengklasifikasian, peringkasan, dan pelaporan dalam suatu pola dan dan ukuran uang, transaksi transaksi dan kejadian kejadian yang paling tidak berciri keuangan dan menginterprestasikan hasilnya. Akuntansi sering  dikenal sebagai bahasa bisnis (the languange of business), karena banyaknya istilah yang dipakai dalam bisnis.

Arus kas (cash flow) – istilah umum yang perlu diinprestasikan dengan hati hati. Pengertian paling tepat adalah arus masuk dan arus keluar kas. Paling sering istilah ini digunakan untuk meyatakan dana yang dihasilkan dari operasi.

Audit – proses dimana seorang akuntan mempelajari dan mengevaluasi pengendalian intern suatu perusahaan, selanjutnya menguji keakuratan dan kehandalan dari laporan keuangan sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum, dan membuat suatu laporan yang menjelaskan mengenai pengujian yang telah dilakukan dan memberikan opini akuntan mengenai kewajaran laporan keuangan perusahaan.

Beban – barang atau jasa yang dikonsumsi dalam operasi perusahaan

Biaya – biaya yang muncul selama periode  akuntansi yang berkaitan dengan penghasilan. Biaya merupakan sumber daya yang dikorbankan  atau diserahkan untuk mendapatkan atau menghasilkan barang dan jasa . biaya bisa juga dipandang sebagai ongkos konsumsi aktiva dan ongkos hutang yang terjadi dalam perusahaan guna mendapatkan penghasilan

Biaya adminstrasi dan umum – biaya yang muncul dalam perhitungan laba rugi sebagai salah satu kelompok biaya, yang merupakan biaya biaya yang tidak berkenaan langsung dengan proses  produksi; yaitu biaya kantor, biaya tenaga kerja, dan biaya umum lainnya.

Biaya dibayar dimuka (prepaid expense) – suatu aktiva yang akan dikonsumsi dalam suatu perusahaan, dan bila sudah dikonsumsikan akan menjadi biaya. Atau suatu   aktiva yang muncul karena kebutuhan operasi perusahaan telah diperoleh dimuka sebelum digunakan.

Biaya penjualan – suatu klasifikasi biaya yang meliputi semua biaya yang berkenaan dengan pemasaran produk sampai  ke tangan pelanggan, seperti biaya penyiapan dan penyimpanan produk yang dijual, biaya promosi penjualan, dan biaya penyampaian barang sampai ke tangan pelanggan.

Biaya penyusutan –  biaya hasil dari penyusutan aktiva tetap

Bunga – harga atau beban yang harus dibayar dengan adanya penggunaan atau pemanfaatan uang salama periode tertentu

Catatan atas laporan keuangan (notes of the financial statement)  – catatan yang menyertai laporan keuangan; merupakan penjelasan tertulis  mengenai aspek aspek penting dari berbagai item dalam laporan keuangan

Dana (fund) – konsep umum sama dengan modal. Pengertian lebih sempit berarti modal kerja atau kas

Debit – suatu pembukuan disisi kiri rekening T atau rekening buku besar (ledger), yang mencerminkan suatu kenaikan aktiva atau penurunan rekening kewajiban dan modal .

Deplesi- proses alokasi porsi biaya dimana sumber daya alam kehilangan manfaatnya dengan hilangnya atau berkurangnya sumber daya tersebut. Mengikuti proses yang sama seperti penyusutan unit produksi atau aktiva tetap. Ini biasa digunakan untuk sumber daya alam; seperti minyak, gas dan mineral

Depresiasi – lihat penyusutan

Deviden (devidend) – hasil atau imbalan yang diperoleh para pemegang saham yang merupakan pembagian laba/keuntungan kepada para pemegang saham-nya; merupakan distribusi kas atau aktiva lainnya oleh perusahaan kepada para pemegang saham.

Deviden per lembar (devidend per share) – jumlah deviden biasa yang dibayarkan dibagi dengan jumlah lembar saham biasa yang dikeluarkan

Ekuitas (equity) – lihat modal sendiri

Franchise – suatu kontrak dari pemerintah, pabrikan, atau distributor yang memberikan hak untuk menggunakan nama, simbol, atau identitas operasi lainnya; atau suatu hak untuk menggunakan formula, desain, atau teknik, atau hak melakukan bisnis (menjual barang atau jasa khas) diwilayah tertentu.

Goodwill – suatu nilai entitas aktiva yang dapat diidentifikasikan kekhasannya

Hak Cipta (Copy Right) suatu hak yang diberikan oleh pemerintah untuk memproduksi dan menjual karya cipta berupa karya tulis atau literatur, musik, dan karya artisttik; serta melarang publikasi bajakan atau bentuk imitasi lainnya

Hak Paten (patent)   –  suatu hak khusus yang diberikan pemerintah kepada penemu; yang berhak untuk menggunakan, membuat, mengolah, atau menjual temuannya (biasanya berupa sautu produk)

Harga pasar – harga yang terjadi atas suatu item barang di pasar

Harga pokok penjualan –  sumber daya yang digunakan (bahan, tenaga kerja,dan overhead) untuk menghasilakn suatu produk yang terjual ke pelanggan. Istilah dalam bahasa inggirs Cost of Good Manufacured (untuk perusahaan pabrikasi) atau Cost of the Good Sold (untuk perusahaan perdagangan), yaitu sumber daya yang digunakan untuk mendapatkan barang dagangan yang dijual ke pelanggan

Hutang dagang – sautu kewajiban atu hutang yang menunjukkan jumlah yang dipinjam dari pemasok barang dan jasa ke perusahaan, kerana pembelian secara kredit.

Hutang wesel – wesel tagih (pernyataan tertulis) yang merupakan bukti hutang, juga mencamtumkan syarat syarat pembayaran.

IAI – Ikatan Akutansi Indonesia, organisasi profesi yang meresmikan dan menyebarluaskan prinsip – prinsip  Akuntansi Indonesia

Imbalan modal pemegang saham biasa (return on stock-holders equity) – laba bersih dikurangi dividen saham preferen dibagi dengan modal sendiri (equity) tahun lalu dikurangi dengan nilai saham preferen. Sering disebut (Return on Common Stockholder’s Equity).

Imbalan modal perusahaan (return on total capital) – laba sebelum bunga dan pajak dibagi dengan total aktiva. Sering juga disebut retun on total assets

Imbalan modal sendiri (return on owner’s equity) –  laba bersih dibagi dengan modal sendiri (ekuitas)

Investasi – aktiva lancar (noncurrent assets) yang diperoleh dengan maksud (1) memproduksi penghasilan secara insedetal (2) spekulasi, dan (3) merawat hubungan jangka panjang dengan pemasok da pihak lainnya. Aktiva ini termasuk kepemilikan surat berharga (saham atau obligasi) perusahaan lain, dan tidak dikelompokkan sebagai aktiva lancar, atau tidak digunakan dalam aktivitas operasi normal perusahaan.

Jaminan bunga – laba sebelum bunga obligasi dan pajak dibagi dengan biaya bunga (bunga obligasi)

Kas (cash) – setiap media penukar yang dapat diterima bank; termasuk uang kertas, uang logam, check dan uang yang tersimpan di bank

Keusangan – situasi dimana karena adanya penemuan baru atau peningkatan / penyempurnaan, sautu aktiva tetap tidak lagi dapat digunakan untuk memproduksi suatu produk secara kompetitif.

Kewajiban /  hutang (liabilities) – suatu jumlah yang dipinjam oleh perusahaan dari pihak lain (kreditor)

Kewajiban hutang lancar (current liabilities) – kewajiban atau hutang yang akan dibayar atau jatuh tempo dalam waktu satu tahun buku (terhitung sejak tanggal neraca) atau kurang; atau dalam siklus operasi normal jika lebih lama dari satu tahun. Ini menunjukkan jumlah yang dipinjam dari kreditor, karyawan, pemerintah, atau pihak lain

Kewajiban/ hutang jangka panjang (long term liabilities) – kewajiban yang tidak akan dibayar dengan aktiva lancar selama siklus operasi, atau tidak akan jatuh tempo dalam waktu satu tahun atau lebih (terhitung sejak tanggal neraca)

Konsep akuntansi – suatu ide abstrak yang berlaku sebagai dasar dalam interprestasi informasi akuntansi

Kredit – sautu pembukuan di sisi kanan rekening T atau rekening buku besar (ledger) yang mencerminkan penurunan rekening aktiva atau kenaikan rekening kewajiban dan modal

Kreditor – orang atau perusahaan dari mana hutang diperoleh

Laba – selisih positif antara pandapatan (revenue) setelah dikurangi biaya (expense)

Laba bersih – selisih positif antara total pendapatan atau keuntungan setelah dikurangi total biaya atau kerugian dalam satu periode akuntansi

Laba kotor/Bruto – penjualan bersih dikurangi dengan harga pajak penjualan barang atau jasa

Laba usaha – laba kotor dikurangi dengan biaya usaha

Laba yang ditahan   atau saldo laba (retained earning) suatu akumulasi laba atau rugi bersih dari periode akuntansi sebelumnya setelah pembayaran deviden atau laba perusahaan yang di investasikan kembali ke dalam perusahaan; atau tambahan modal sendiri yang diperoleh dari laba. Merupakan bagian dari modal sendiri, yang mencerminkan modal yang diakumulasikan dari laba yang tidak dibagi.

Laporan akuntan – suatu laporan tertulis yang dibuat oleh akuntan (auditor) publik atau independen yang menyertai laporan keuangan, yang menyajikan temuan dan opini profesional dari akuntan terhadap kewajaran dalam penyajian laporan keuangan perusahaan

Laporan arus dana  (funds flow statement) – lihat laporan perubahan posisi keuangan

Laporan arus kas (cash flow statement) – suatu ringkasan penerimaan kas dan pembayaran kas perusahaan dalam satu periode, biasanya satu tahun buku. Disajikan dalam kelompok arus kas aktivitas  operasi , investasi, dan pendanaan. Juga dikenal sebagai suatu laporan posisi keuangan berbasis kas yang menerangkan  sumber daya kas, dan menjelaskan apa yang menyebabkan  perubahan saldo  kas dalam periode tersebut. Sering diterapkan sebagai laporan perubahan posisi keuangan, meskipun kuran tepat.

Laporan keuangan (financial statement) – laporan yang berisi informasi keuangan suatu perusahaan yang dikomunikasikan ke pemakai. Ada empat laporan keuanga yang pokok yaitu : Neraca, Perhitungan Laba Rugi atau Laporan Rugi Laba, laporan perubahan posisi keuangan (baik berupa arus dana maupun laporan arus kas) dan laporan perubahan laba yang ditahan atau saldo laba.

Laporan komperatif / perbandingan – laporan keuangan yang menyajikan angka angka untuk dua periode pembukuan atau lebih, yang disajikan secara berdampingan untuk memudahkan pembukuan dengan data sejenis pada periode sebelum atau sesudahnya.

Laporan perubahan laba yang ditahan (statemen of retained earnings) – suaut laporan keuanga yang menyajikan rincian perubahan dalam laba yang ditahan perusahaan, atau distribusi  laba bersih untuk pembayaran dividen dan laba ditahan untuk suatu periode tertentu.

Laporan perubahan posisi keuangan (statement of changes in financial position) suatu laporan keuangan yang memperlihatkan aliran masuk dan aliran keluar sumber daya keuangan dan juga kenaikan atau penurunan (neto/bersih) dana. Laporan ini menunjukkan bagaimana posisi keuangan perusahaan berubah dalam saut u periode tertentu. Ditunjukkan dalam perubahan modal kerja atau kas. Ditunjukkan juga sumber dan penggunaan dana dalam periode tersebut (lihat laporan sumber dan penggunaan dana)

Laporan dan sumber penggunaan dana (lihat laporan arus dana) – menyajikan daftar sumber dana perusahaan dalam periode waktu tertenu (biasanya satu tahun buku)

Leverage atau financial leverage – penggunaan dana yang diperoleh dari pengeluaran surat berharga  yang mempunyai biaya tetap, seperti obligasi atau saham preferen, dengan maksud meningkatkan penghasilan pemilik saham biasa (imbalan pemilik saham biasa lebih besar dari pda biaya peminjaman dana)

Leverage negatif – suatu dimana imbalan (biaya) tetap yang diberikan kepada kreditot (pemegang obliigasi) dan pemegang saham preferen lebih besar dari pada imbalan modal perusahaan (return on total asset’s). Dalam situasi ini imbalan modal pemegang saham biasa (return to common stockholder’s equity)  akan lebih kecil daripada imbalan modal perusahaan.

Leverage Positive – situasi dimana imbalan (biaya) tetap yang diberikan kepada kreditor (pemegang obligasi) dan saham preferen lebih kecil daripada imbalan modal perusahaan (return on total asset’s). Dalam situasi ini imbalan modal pemegang saham biasa (return to common stockholder’s equity)  akan  lebih besat daripada imbalan modal perusahaan.

Likuidasi / Pembubaran – berakhirnya sautu perusahaan. Aktiva dijual, kewajiban / hutang dibayar, dan sisa uang didistribusikan kepada pemilik (pemegang saham)

Marjin – sautu angka persentase yang dihitung dengan cara membaga laba dengan penjualan

Marjin Laba – laba usaha dibagai dengan penjualan. Sering disebut marjin laba usaha atau rasio laba usaha. Disamping ini ada marjin laba / bruto /kotor, yaitu laba kotor dibagi penjualan; dan marjin laba bersih, yaitu laba bersih dibagi penjualan.

Merger – kombinasi dari du perusahaan atau lebih yang bergabung menjadi satu perusahaan secara resmi (legal) dengan mempertahankan identitasnya.

Merk (trademarkss) suatu hak yang diperoleh dari pemerintah untuk menggunakan sautu nama produk, simbol, slogan atau emblem.

Metode langsung – sautu metode penghitungan arus kas yang diperoleh dari operasi dalam mana perhitungan rugi laba direkontruksi berbasis kas

Metode tidak langsung – suatu metode penghitungan arus kas yang diperoleh dari operasi dengan laba bersih (sebagaimana dilaporkan dalam perhitungan laba rugi) dan menyesuaikan angka laba bersih ke basis kas. Ini juga dikenal sebagai metode rekonsiliasi.

Modal – sautu yang bernilai yang dimiliki dan digunakan, dan sesuatu yang bernilai yang digunakan tapi tidak dimiliki. Dalam akuntansi, istilah ini terlalu umum digunakan. Kebanyakan pengertian modal (capital) berkaitan dengan modal pemilik perusahaan (owner’s). Uang yang diperoleh dari kewajiban atau hutang jangka panjang sering disebut sebagai modal.

Modal kerja (working capital) – aktiva lancar yang digunakan oleh perusahaan dalam siklus operasi/usahanya. Modal kerrja bersih adalah selisih antara aktiva lancar dengan kewajiban lancar.

Modal saham (stockholder’s equity) – suatu komponen dari modal sendiri atau ekuitas yang menunjukkan jumlah yang di investasikan oleh pemilik kedalam perusahaan, ditunjukkan dengan sertifikat saham yang menunjukkan peran serta pemilik.

Modal sendiri (owner’s equity) – jumlah yang menunjukkan modal pemilik  perusahaan dari seluruh kekayaan perusahaan, atau hak pemilik atas aktiva perusahaan setelah dikurangi dengan kewajiban/hutang.

Neraca (balance sheet) – suatu laporan keuangan yang menunjukkan informasi mengenai posisi keuanagan perusahaan pada saat /tanggal tertentu. Neraca menyajikan aktiva, kewajiban/hutang, dan modal sendiri atau ekuitas (modal saham untuk PT, modal sekutu untuk CV/Firma).

Nilai buku (book value) – biaya perolehan aktiva tetap setelah dikurangi dengan akumulasi. Penyusutan/depresiasi, (untuk aktiva tetap); atau hak para pemilik / pemegang lembar saham biasa aas aktiva bersih, yaitu aktiva dikurangi dengan kewajiban, (untuk nilai buku saham); sebagaimana terseji dalam neraca.

Nilai buku per lembar saham (book value per share)- suatu ukuran nilai yang dihitung dengan cara membagi jumlah modal sendiri (aktiva bersih sesudah dikurangi hutang dan saham preferen) dengan jumlah lembar saham.

Nilai par (var value atau face value) – nilai nominal yang tercamtum pada lembar surat berharga (baik dalam obligasi atau pun saham)

Nilai pasar – harga yang diperoleh dari penjualan aktiva.

Nilai sisa (salvage  value) – nilai aktiva tetap pada saat habis masa manfaatnya; juga disebut sebagai nilai residu.

Nomor rekening –  nomor identifikasi yang dimaksudkan untuk menunjukkan sautu rekening.

Obligasi – suatu perjanjian tertulis antara peminjam (perusahaan yang mengeluarkan obligasi) dan pemberi pinjaman dilam mana peminjam sepakat untuk membayar suatu jumlah tertentu pada tanggal tertentu di waktu mendatang (saat jatuh tempo) dan membayar bunga secara periodik pada tanggal tertentu. Ini merupakan kewajiban / hutang jangka panjang.

Opini – suatu laporan yang diberikan oleh akuntan/auditorr setelah menguji temuan-temuan yang berkenaan dengan laporan keuangan sautu perusahaan. Sering disebut sebagai laporan akuntan atau laporan auditor.

Pembukuan – aspek pencatatan dari sautu proses akuntansi

Pemengang saham (stockholder’s atau shareholder’s) – pemilik perusahaan; yaitu orang atau perusahaan yang mempunyai saham suatu perusahaan.

Pendapatan (revenue) – harga barang yang terjual atau sewa jasa oleh perusahaan kepada pihak lain sebagai ganti kas atau aktiva lainnya; atau suatu arus masuk aktiva (tidak selalu kas) dalam pertukaran dengan barang dan jasa yang dijual perusahaan).

Penghasilan – aliran masuk kas atau aktiva lainnya yang diterima sebagai ganti (pertukaran) atas barang atau jasa yang diberikan/dijual kepada pelanggan.

penghasilan per lembar saham (EPS = Earning per share) – laba bersih setelah dikurangi dividen saham pereferen (bila ada saham preferen) dibagi dengan jumlah lembar saham biasa; juga biasa disebut laba bersih per lembar saham (net income per share)

penghasilan lembar saham yang dapat dicairkan semua (fully diluted EPS) – penghasilan bersih yang tersedia bagi para pemegang saham biasa, yang dihitung dengan membagi laba bersih dengan jumlah  lembar saham biasa ditambah jumlah lembar konversi ke saham biasa (dari semua surat berharga yang dapat dikonversikan). Juga disebut penghasilan pkok per lembar saham (primary earning per share)

penjualan – aktiva penting dalam perusahaan perdagangan. Pada saat penjualan proses perolehan penghasilan perusahaan dihasilkan, dan bukti obyektif adalah harga jual yang disepekati.

Penyusutan/depresiasi – suatu metode meyebarkan biaya perolehan sautu aktiva tetap (bangunan, mesin, dan peralatan) selama beberapa tahun buku atau periode akuntansi; atau pengalokasian biaya perolehan aktiva tetap (kecuali tanah) secara sistematis selama masa manfaat yang diperkirakan.

Penyusutan garis lurus (straight-line depreciation) – suatu metode penyusutan yang mengalokasi secara sama penyusutan nilai aktiva tetap selama  masa manfaatnya ke setiap periode akuntansi

Penyusutan metode jumlah angka tahun (sum of the year’s digits method) suatu metode perhitungan penyusutan dimana biaya perolehan aktiva tetap sesudah dikurangi nilai sisa setiap tahun dikalikan dengan sautu angka pecahan yang menurun. Penyebut dari angka pecahan tersebut adalah jumlah angka tahun umum penggunaan aktiva tetap. Angka pembilang yang berubah setiap tahun mencerminkan sisi umur aktiva tetap.

Penyusutan metode jumlah unit produksi (unit’s of production depreciation) – suatu metode penyusutan yang mengalokasikan penyusutan aktiva tetap berdasar pda hubungan unit produk yang dihasilkan dengan aktiva selama periode tertentu terhadap total unit aktiva yang diharapkan diproduksi selama masa manfaat.

Penyusutan saldo menurun (double declining balance depreciation) suatu metode dimana penyusutan dihitung menggunakan suatu tingkat menurun berganda. Menghitung penyusutan dengan metode ini, akumulasi penyusutan dikurangi dari biaya semestinya (original cost), kemudian, persentase yang sesuai diharapkan. Nilai sisa tidak diperhitungkan dalam menghitung penyusutan cara ini.

Perhitungan rugi laba  atau laporan rugi laba (income statement atau profit and loss statement) – suatu laporan keuangan yang memperlihatkan penerimaan/penghasilan dan pengeluran/biaya dalam suatu periode akuntansi. Selisih antara penerimaan dan pengeluaran akan menghasilkan laba atau rugi. Laporan ini menyajikan kinerja operasi perusahaan.

Periode akuntansi – suatu interval waktu dalam mana transaksi bisnis dicatat dan di akhir periode dibuat laporan keuangan; atau suatu periode dimana perhitungan  rugi laba dibuat (biasanya satu tahun buku)

Perputaran persedian – tingkat dimana perusahaan menjual persediaanya, ditunjukkan dengan rasio penjualan dibagi dengan persedian. Akuntansi yang lebih teliti menggunakan rumus harga pokok penjualan dibagai dengan rata rata persedian.

Perputaran piutang – suatu rasio penjualan kredit dibagi dengan rata rata piutang pada periode tersebut; digunakan sebagai suatu indikasi usaha pengumpulan atau penerapan kebijakan kredit yang menunjukkan berapa lama waktu mengumpulkan piutang.

Persamaan akuntansi – suatu persamaan matematis yang menunjukkan posisi keseimbangan perusahaan; yaitu Aktiva = Kewajiban + Modal/Ekuitas. Juga disebut sebagai persamaan Neraca.

Persediaan – produk yang dimiliki perusahaan yang siap untuk dijual. Dalam usaha perusahaan perdagangan dikenal sebagai persedian barang dagangan (merchandise inventory); sedang dalam perusahaan pabrikasi ada persediaan bahan mentah/baku (raw materials), barang setengah jadi (work in process) dan barang jadi (finished goods), yang mencerminkan tahap tahap penyelesaian produk.

Persedian barang dagangan – barang dagangan yang belum terjual dan masih ada diperusahaan pada saat tertentu.

Piutang dagang tagihan kepada pelanggan karena adanya penjualan barang dan jasa perusahaan secara kredit.

Prinsip akuntansi – standar dan metode yang diterima dan digunakan oelh para akuntan sebagai pedoman dalam mengukur, mencatat/membuku, dan melaporkan kegiatan keuangan saut perusahaan.

Rasio – suatu hubungan / perbandingan antara dua elemen atau lebih

Rasio biaya usaha – jumlah biaya usaha dibagi penjualan

Rasio cepat – jumlah aktiva lancar setelah dikurangi persedian dibagi dengan jumlah kewajiban lancar. Dalam bahasa inggris disebut quick ratio atau acid Test Ration.

Rasio harga penghasilan (PER = Price Earning Ratio) – suatu yang menunjukkan harga pasar per lembar saham dibagi dengan penghasilan per lembar saha

Rasio hasil deviden debt to equity casio  (devidend yield ratio) – deviden per lembar dibagi dengan harga pasar per lembar saham

Rasio hutang atas modal sendiri (debt to equity ratio) jumlah kewajiban / hutang dibagi dengan jumlah modal sendiri

Rasio lancar (current ratio) – jumlah aktiva lancar dibagi dengan jumlah kewajian lancar

Rasio pembayaran deviden (devidend payout ration) deviden per lembar dibagi dengan penghasilan per lembar saham

Rata rata periode pengumpulan piutang – rata rata hari yang dibutuhkan perusahaan untuk mengumpulkan piutang; dihitung dengan cara membagii 365 hari dengan perputaran piutang

Rata- rata periode penjualan – rata rata hari yang dibutuhkan untuk menjual seluruh persedian; dihitung dengan cara membagi 365 hari dengan perputaran persedian

Rekening (account) – suatu alat akuntansi yang digunakan untuk mencatat atau membuku semua transaksi keuangan yang melibatkan kelompok aktivitas, kewajiban, pandapatan, biaya, atau modal/ekuitas pemilik

Rekening normal (nominal account) – rekening yang ada dalam perhitungan laba rugi

Rekening rill (real account) – rekening –rekening aktiva, kewajiban, dan modal sendiri yang tersaji dalam neraca (rekening neraca)

Rekening T – suatu rekening yang menggunakan format debit dan kredit seperti huruf T (suatu bentuk penyederhanaan rekening)

Rugi bersih – seleih negatif antara total pendapatan atau keuntungan setelah dikurangi total biaya atau kerugian

Saham biasa (common stock) – istilah yang dipakai untuk jenis saham yang dikeluarkan perusahaan; menunjukkan modal pemilik saha sautu perusahaan perseroan (PT), dan menunjukkan hak suatu dan proporsi bagian keuntungan. Atau suatu aktiva  keunagan yang menunjukkan kepemilikan perusahaan

Saham preferen (preferred stock) – saham yang memiliki prefensi / kelebihan dari pada saham biasa; seperti jaminan deviden tertentu , dan dibayarkan terlebih dahulu dalam likuidasi perusahaan kepada pemiliknya / pemegangnya

Sertifikat saham – suatu dokumen bukti yang menunjukkan bagian kepemilikan pemegang saham suatu perusahaan.

Siklus akuntansi – tahap tahap akuntansi yang terjadi pada setiap periode akuntansi dalam suatu perusahaan; yang diawali dengan pembukuan / pencatatan transaksi dan dilanjutkan dengan memindahkan ke pos rekening yang sesuai  (posting) dalam buku besar, menyiapkan neraca  percobaan, penyesuaian , dan laporan keuangan; merupakan suatu rangkaian prosedur  standar yang dilaksanakan  secara bulanan, kuartalan, smesteran, dan tahunan, tergantung kebutuhan perusahaan atau bisnis

Siklus operasi – periode waktu kas berputar melalui operasi harian bisnis sehingga menghasilkan arus kas masuk kembali; atau waktu yang diperlukan kas berputar, yaitu digunakan untuk mendapatkan barang dan jasa, yang selanjutnya dijual kepada pelanggan, yang membayar pembeliannya dengan kas (atau bila secara kredit, sampai dengan terlunasi)

Sistem akuntansi – rangkaian metode dan prosedur (kertas, buku/catatan, laporan) yang digunakan untuk membuku/mencatat, mengklasifikasi dan meringkas informasi keuangan menjadi laporan  untuk didistribusikan kepada para pemakai

Sisitem akuntansi pembukuan berpasangan (double entry accouting system) –  sistem akuntansi dimana dijaga persamaan akuntansi pada setiap pembukuan transaksi yang dicatat dalam  dua rekening  atau lebih dengan  jumlah debit sama dengan kredit (jumlah yang dicatat di sisi debit sama atau seimbang dengan yang dibuku sisi kredit)

Surat – surat berharga (marketble securities) saham, obligasi, atau surat berharga lainnya yang dapat segera dikonversikan ke uang/kas, dan diperjualbelikan di bursa efek. Istilah lain adalah investasi jangka pendek ( short term invesment)

Demikian istilah dalam akuntansi ini, semoga dapat menjadi bahan untuk study atau paling tidak dijadikan sebagai kamus bila sewaktu waktu lupa dengan istilah istilah diatas.

lihat juga:

Dasar dasar akuntansi Sistem akuntansi
Contoh soal dan jawaban akuntansi biaya Sistem Informasi akuntansi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *