Daftar Istilah Akuntansi

Dipublikasikan oleh admin pada

Istilah istilah akuntansi ini disusun secara berurut berdasarkan abjad A-Z. Penulisan istilah ini hanya berlaku dalam istilah akuntansi maupun keuangan. istilah akuntansi yang tersedia sebanyak lebih dari 300 istilah dan akan di update terus.

Daftar Istilah istilah Dalam akuntansi A – Z Indonesia serta defenisinya

A

No Istilah / Nama akun Keterangan
1

Aktiva (assets)

Sumber daya ekonomi atau harga yang dimiliki atau dikendalikan oleh suatu perusahaan, seperti kas, bangunan, kendaraan, dan lain lain, yang diharapkan mempunyai manfaat  dimasa depan. Atau investasi yang dilakukan perusahaan dalam aktivitasnya mengejar laba

2

Aktiva Bersih

Istilah yang berkenaan dengan modal sendiri atau ekuitas pemilik, yaitu aktiva dikurangi kewajiban.

3

Aktiva cepat (quick assets)

Kas dan aktiva yang mudah dijadikan kas seperti surat berharga, dan piutang dagang (atau sama dengan Aktiva lancar dikurangi persediaan).

4

Aktiva cepat (current assets)

Kas dan juga aktiva atau harta perusahaan yang akan dijual atau dikonsumsikan atau dikonversikan  kembali ke kas dalam suatu siklus operasi normal atau dalam satu tahun buku (terhitung sejak tanggal neraca).

5

Aktiva lain lain

Aktiva yang tidak lancar, yang tidak dapat dimasukkan ke dalam investasi/penyertaan, aktiva tetap atau aktiva tak berwujud.

6 Aktiva operasi Kas, piutang, persediaan, pabrik dan peralatan dan semua aktiva lainnya yang digunakan untuk aktivitas produktif suatu perusahaan
7 Aktiva tetap (fixed assets) Aktiva berwujud yang tidak lancar yang digunakan dalam aktivitas operasi normal perusahaan, yang merupakan investasi fisik (yang dapat dilihat dan dipegang) perusahaan dalam jangka panjang (lebih dari satu tahun), seperti tanah, bangunan, pabrik, mesin, dan peralatan
8 Aktiva tak berwujud (intangible assets) Aktiva aktiva yang tidak mempunyai wujud fisik tetapi mempunyai manfaat ekonomi dimasa depan berdasar hak atau manfaat yang diperoleh pemilik aktifa tersebut. Contoh : hak cipta (copyrights), hak paten (patens), merek dagang (trademark), goodwill dan franchises
9 Aktivitas Investasi Suatu bagian dari laporan arus kas yang meliputi semua  transaksi yang melibatkan  pengambilalihan (acquisition) dan pelepasan (disposition) aktiva yang tidak lancar (noncurrent  assets). Aktiva ini merupakan transaksi yang melibatkan pembuatan atau pengumpulan hutang, atau yang melibatkan pembelian atau penjualan aktiva tetap, aktiva produktif lainnya, atau investasi (selain yang ekuivalen dengan kas)
10 Aktiva operasi Suatu bagian dari laporan arus kas yang meliputi semua transaksi yang masuk dalam laporan laba rugi. Aktivitas yang melibatkan produksi  atau pembelian barang  dagangan dan penjualan  barang atau  jasa kepada para pelanggan; termasuk biaya untuk mengelola perusahaan
11 Aktivitas pendanaan Suatu bagian dari laporan arus kas yang meliputi semua transaksi (selain pembayaran bunga) yang melibatkan peminjaman dari kreditor, dan semua transaksi (kecuali deviden saham dan pemecahan saham) yang melibatkan pemilik perusahaan. Aktivitas ini merupakan transaksi perusahaan yang melibatkan peminjaman kas dalam jangka pendek, atau dengan pemilik ataupun kreditor  untuk jangka panjang.
12 Akumulasi penyusutan/depresiasi Jumlah kumulatif biaya penyusutan/depresiasi sejak aktiva  tetap dimiliki atau diperoleh dan digunakan.
13 Akuntan publik Akuntan profesional yang memberikan jasa akuntansi kepada masyarakat umum. Jasa yang diberikan dapat mencakup pengujian kewajaran laporan keuangan, konsultasi perpajakan, bertindak sebagai konsultan manajemen atau melakukan jasa kajian kinerja akuntansi.
14 Akuntansi suatu sistem yang menyediakan informasi kuantitatif mengenai entitas ekonomi, khususnya dalam perilaku keuangan, yang dimaksudkan untuk pengambilan keputusan ekonomi. Akuntansi juga didefinisikan sebagai seni pencatatan/pembukuan, pengklasifikasian, peringkasan, dan pelaporan dalam suatu pola dan dan ukuran uang, transaksi transaksi dan kejadian kejadian yang paling tidak berciri keuangan dan menginterprestasikan hasilnya. Akuntansi sering  dikenal sebagai bahasa bisnis (the languange of business), karena banyaknya istilah yang dipakai dalam bisnis.
15 Arus kas (cash flow) Istilah umum yang perlu diinprestasikan dengan hati hati. Pengertian paling tepat adalah arus masuk dan arus keluar kas. Paling sering istilah ini digunakan untuk menyatakan dana yang dihasilkan dari operasi.
16 Audit Proses dimana seorang akuntan mempelajari dan mengevaluasi pengendalian intern suatu perusahaan, selanjutnya menguji keakuratan dan kehandalan dari laporan keuangan sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum, dan membuat suatu laporan yang menjelaskan mengenai pengujian yang telah dilakukan dan memberikan opini akuntan mengenai kewajaran laporan keuangan perusahaan.

Kategori: pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *