Daftar Istilah Akuntansi

Dipublikasikan oleh admin pada

Istilah istilah akuntansi ini disusun secara berurut berdasarkan abjad A-Z. Penulisan istilah ini hanya berlaku dalam istilah akuntansi maupun keuangan. istilah akuntansi yang tersedia sebanyak lebih dari 300 istilah dan akan di update terus.

Daftar istilah akuntansi A – Z Indonesia serta defenisinya

A

No Istilah / Nama akun Keterangan
1

Aktiva (assets)

Sumber daya ekonomi atau harga yang dimiliki atau dikendalikan oleh suatu perusahaan, seperti kas, bangunan, kendaraan, dan lain lain, yang diharapkan mempunyai manfaat  dimasa depan. Atau investasi yang dilakukan perusahaan dalam aktivitasnya mengejar laba

2

Aktiva Bersih

Istilah yang berkenaan dengan modal sendiri atau ekuitas pemilik, yaitu aktiva dikurangi kewajiban.

3

Aktiva cepat (quick assets)

Kas dan aktiva yang mudah dijadikan kas seperti surat berharga, dan piutang dagang (atau sama dengan Aktiva lancar dikurangi persediaan).

4

Aktiva cepat (current assets)

Kas dan juga aktiva atau harta perusahaan yang akan dijual atau dikonsumsikan atau dikonversikan  kembali ke kas dalam suatu siklus operasi normal atau dalam satu tahun buku (terhitung sejak tanggal neraca).

5

Aktiva lain lain

Aktiva yang tidak lancar, yang tidak dapat dimasukkan ke dalam investasi/penyertaan, aktiva tetap atau aktiva tak berwujud.

6 Aktiva operasi Kas, piutang, persediaan, pabrik dan peralatan dan semua aktiva lainnya yang digunakan untuk aktivitas produktif suatu perusahaan
7 Aktiva tetap (fixed assets) Aktiva berwujud yang tidak lancar yang digunakan dalam aktivitas operasi normal perusahaan, yang merupakan investasi fisik (yang dapat dilihat dan dipegang) perusahaan dalam jangka panjang (lebih dari satu tahun), seperti tanah, bangunan, pabrik, mesin, dan peralatan
8 Aktiva tak berwujud (intangible assets) Aktiva aktiva yang tidak mempunyai wujud fisik tetapi mempunyai manfaat ekonomi dimasa depan berdasar hak atau manfaat yang diperoleh pemilik aktifa tersebut. Contoh : hak cipta (copyrights), hak paten (patens), merek dagang (trademark), goodwill dan franchises
9 Aktivitas Investasi Suatu bagian dari laporan arus kas yang meliputi semua  transaksi yang melibatkan  pengambilalihan (acquisition) dan pelepasan (disposition) aktiva yang tidak lancar (noncurrent  assets). Aktiva ini merupakan transaksi yang melibatkan pembuatan atau pengumpulan hutang, atau yang melibatkan pembelian atau penjualan aktiva tetap, aktiva produktif lainnya, atau investasi (selain yang ekuivalen dengan kas)
10 Aktiva operasi Suatu bagian dari laporan arus kas yang meliputi semua transaksi yang masuk dalam laporan laba rugi. Aktivitas yang melibatkan produksi  atau pembelian barang  dagangan dan penjualan  barang atau  jasa kepada para pelanggan; termasuk biaya untuk mengelola perusahaan
11 Aktivitas pendanaan Suatu bagian dari laporan arus kas yang meliputi semua transaksi (selain pembayaran bunga) yang melibatkan peminjaman dari kreditor, dan semua transaksi (kecuali deviden saham dan pemecahan saham) yang melibatkan pemilik perusahaan. Aktivitas ini merupakan transaksi perusahaan yang melibatkan peminjaman kas dalam jangka pendek, atau dengan pemilik ataupun kreditor  untuk jangka panjang.
12 Akumulasi penyusutan/depresiasi Jumlah kumulatif biaya penyusutan/depresiasi sejak aktiva  tetap dimiliki atau diperoleh dan digunakan.
13 Akuntan publik Akuntan profesional yang memberikan jasa akuntansi kepada masyarakat umum. Jasa yang diberikan dapat mencakup pengujian kewajaran laporan keuangan, konsultasi perpajakan, bertindak sebagai konsultan manajemen atau melakukan jasa kajian kinerja akuntansi.
14 Akuntansi suatu sistem yang menyediakan informasi kuantitatif mengenai entitas ekonomi, khususnya dalam perilaku keuangan, yang dimaksudkan untuk pengambilan keputusan ekonomi. Akuntansi juga didefinisikan sebagai seni pencatatan/pembukuan, pengklasifikasian, peringkasan, dan pelaporan dalam suatu pola dan dan ukuran uang, transaksi transaksi dan kejadian kejadian yang paling tidak berciri keuangan dan menginterprestasikan hasilnya. Akuntansi sering  dikenal sebagai bahasa bisnis (the languange of business), karena banyaknya istilah yang dipakai dalam bisnis.
15 Arus kas (cash flow) Istilah umum yang perlu diinprestasikan dengan hati hati. Pengertian paling tepat adalah arus masuk dan arus keluar kas. Paling sering istilah ini digunakan untuk menyatakan dana yang dihasilkan dari operasi.
16 Audit Proses dimana seorang akuntan mempelajari dan mengevaluasi pengendalian intern suatu perusahaan, selanjutnya menguji keakuratan dan kehandalan dari laporan keuangan sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum, dan membuat suatu laporan yang menjelaskan mengenai pengujian yang telah dilakukan dan memberikan opini akuntan mengenai kewajaran laporan keuangan perusahaan.

 

B

No Istilah / Nama akun Keterangan
17 Beban Barang atau jasa yang dikonsumsi dalam operasi perusahaan.
18 Biaya Biaya yang muncul selama periode  akuntansi yang berkaitan dengan penghasilan. Biaya merupakan sumber daya yang dikorbankan  atau diserahkan untuk mendapatkan atau menghasilkan barang dan jasa . biaya bisa juga dipandang sebagai ongkos konsumsi aktiva dan ongkos hutang yang terjadi dalam perusahaan guna mendapatkan penghasilan.
19 Biaya adminstrasi dan umum Biaya yang muncul dalam perhitungan laba rugi sebagai salah satu kelompok biaya, yang merupakan biaya biaya yang tidak berkenaan langsung dengan proses  produksi; yaitu biaya kantor, biaya tenaga kerja, dan biaya umum lainnya.
20 Biaya dibayar dimuka (prepaid expense) Suatu aktiva yang akan dikonsumsi dalam suatu perusahaan, dan bila sudah dikonsumsikan akan menjadi biaya. Atau suatu   aktiva yang muncul karena kebutuhan operasi perusahaan telah diperoleh dimuka sebelum digunakan.
21 Biaya penjualan suatu klasifikasi biaya yang meliputi semua biaya yang berkenaan dengan pemasaran produk sampai  ke tangan pelanggan, seperti biaya penyiapan dan penyimpanan produk yang dijual, biaya promosi penjualan, dan biaya penyampaian barang sampai ke tangan pelanggan.
22 Biaya penyusutan Biaya hasil dari penyusutan aktiva tetap.
23 Bunga Harga atau beban yang harus dibayar dengan adanya penggunaan atau pemanfaatan uang selama periode tertentu.

 

C

No Istilah/Nama akun Keterangan
24 Catatan atas laporan keuangan (notes of the financial statement) Catatan yang menyertai laporan keuangan; merupakan penjelasan tertulis  mengenai aspek aspek penting dari berbagai item dalam laporan keuangan

 

D

No Istilah/Nama akun Keterangan
 25 Dana (fund) Konsep umum sama dengan modal. Pengertian lebih sempit berarti modal kerja atau kas.
 26  Debit Suatu pembukuan disisi kiri rekening T atau rekening buku besar (ledger), yang mencerminkan suatu kenaikan aktiva atau penurunan rekening kewajiban dan modal .
 27  Deplesi Proses alokasi porsi biaya dimana sumber daya alam kehilangan manfaatnya dengan hilangnya atau berkurangnya sumber daya tersebut. Mengikuti proses yang sama seperti penyusutan unit produksi atau aktiva tetap. Ini biasa digunakan untuk sumber daya alam; seperti minyak, gas dan mineral
 28  Depresiasi Lihat penyusutan.
 29  Deviden (devidend) Hasil atau imbalan yang diperoleh para pemegang saham yang merupakan pembagian laba/keuntungan kepada para pemegang saham-nya; merupakan distribusi kas atau aktiva lainnya oleh perusahaan kepada para pemegang saham.
30  Deviden per lembar (devidend per share Jumlah deviden biasa yang dibayarkan dibagi dengan jumlah lembar saham biasa yang dikeluarkan.

 

E

No Istilah/Nama akun Keterangan
31 Ekuitas (equity) Lihat modal sendiri.

 

F

No Istilah/Nama akun Keterangan
32 Franchise Suatu kontrak dari pemerintah, pabrikan, atau distributor yang memberikan hak untuk menggunakan nama, simbol, atau identitas operasi lainnya; atau suatu hak untuk menggunakan formula, desain, atau teknik, atau hak melakukan bisnis (menjual barang atau jasa khas) diwilayah tertentu.

 

G

No Istilah/Nama akun Keterangan
33 Goodwill Suatu nilai entitas aktiva yang dapat diidentifikasikan kekhasannya.

 

H

No Istilah/Nama akun Keterangan
 34  Hak Cipta (Copy Right) Suatu hak yang diberikan oleh pemerintah untuk memproduksi dan menjual karya cipta berupa karya tulis atau literatur, musik, dan karya artistik; serta melarang publikasi bajakan atau bentuk imitasi lainnya.
 35  Hak Paten (patent) Suatu hak khusus yang diberikan pemerintah kepada penemu; yang berhak untuk menggunakan, membuat, mengolah, atau menjual temuannya (biasanya berupa suatu produk).
 36  Harga pasar  Harga yang terjadi atas suatu item barang di pasar.
 37  Harga pokok penjualan Sumber daya yang digunakan (bahan, tenaga kerja, dan overhead) untuk menghasilkan suatu produk yang terjual ke pelanggan. Istilah dalam bahasa inggirs Cost of Good Manufacured (untuk perusahaan pabrikasi) atau Cost of the Good Sold (untuk perusahaan perdagangan), yaitu sumber daya yang digunakan untuk mendapatkan barang dagangan yang dijual ke pelanggan.
 38  Hutang dagang Suatu kewajiban atau hutang yang menunjukkan jumlah yang dipinjam dari pemasok barang dan jasa ke perusahaan, karena pembelian secara kredit.
 39  Hutang wesel Wesel tagih (pernyataan tertulis) yang merupakan bukti hutang, juga mencamtumkan syarat syarat pembayaran.

 

I

No Istilah/Nama akun Keterangan
 40  IAI Ikatan Akutansi Indonesia, organisasi profesi yang meresmikan dan menyebarluaskan prinsip – prinsip  Akuntansi Indonesia
41 Imbalan modal pemegang saham biasa(Return on stock-holders equity) Laba bersih dikurangi dividen saham preferen dibagi dengan modal sendiri (equity) tahun lalu dikurangi dengan nilai saham preferen. Sering disebut (Return on Common Stockholder’s Equity).
42 Imbalan modal perusahaan (return on total capital) Laba sebelum bunga dan pajak dibagi dengan total aktiva. Sering juga disebut retun on total assets.
43 Imbalan modal sendiri (return on owner’s equity) Laba bersih dibagi dengan modal sendiri (ekuitas).
44  Investasi Aktiva lancar (noncurrent assets) yang diperoleh dengan maksud (1) memproduksi penghasilan secara insedetal (2) spekulasi, dan (3) merawat hubungan jangka panjang dengan pemasok dan pihak lainnya. Aktiva ini termasuk kepemilikan surat berharga (saham atau obligasi) perusahaan lain, dan tidak dikelompokkan sebagai aktiva lancar, atau tidak digunakan dalam aktivitas operasi normal perusahaan.

 

J

No Istilah/Nama akun Keterangan
45 Jaminan bunga Laba sebelum bunga obligasi dan pajak dibagi dengan biaya bunga (bunga obligasi).

 

K

No Istilah/Nama akun Keterangan
 46  Kas (cash) Setiap media penukar yang dapat diterima bank; termasuk uang kertas, uang logam, check dan uang yang tersimpan di bank.
47  Keusangan Situasi dimana karena adanya penemuan baru atau peningkatan / penyempurnaan, suatu aktiva tetap tidak lagi dapat digunakan untuk memproduksi suatu produk secara kompetitif.
48  Kewajiban /  hutang (liabilities) Suatu jumlah yang dipinjam oleh perusahaan dari pihak lain (kreditor)
49 Kewajiban hutang lancar (current liabilities) Kewajiban atau hutang yang akan dibayar atau jatuh tempo dalam waktu satu tahun buku (terhitung sejak tanggal neraca) atau kurang; atau dalam siklus operasi normal jika lebih lama dari satu tahun. Ini menunjukkan jumlah yang dipinjam dari kreditor, karyawan, pemerintah, atau pihak lain.
50 Kewajiban/ hutang jangka panjang (long term liabilities) Kewajiban yang tidak akan dibayar dengan aktiva lancar selama siklus operasi, atau tidak akan jatuh tempo dalam waktu satu tahun atau lebih (terhitung sejak tanggal neraca).
51  Konsep akuntansi Suatu ide abstrak yang berlaku sebagai dasar dalam interprestasi informasi akuntansi.
52  kredit Suatu pembukuan di sisi kanan rekening T atau rekening buku besar (ledger) yang mencerminkan penurunan rekening aktiva atau kenaikan rekening kewajiban dan modal.
53  Kreditor Orang atau perusahaan dari mana hutang diperoleh,

L

No Istilah/Nama akun Keterangan
 54 Laba Selisih positif antara pandapatan (revenue) setelah dikurangi biaya (expense).
55 Laba bersih Selisih positif antara total pendapatan atau keuntungan setelah dikurangi total biaya atau kerugian dalam satu periode akuntansi.
56 Laba kotor/Bruto Penjualan bersih dikurangi dengan harga pajak penjualan barang atau jasa.
57 Laba usaha  laba kotor dikurangi dengan biaya usaha
58 Laba yang ditahan   atau saldo laba (retained earning) Suatu akumulasi laba atau rugi bersih dari periode akuntansi sebelumnya setelah pembayaran deviden atau laba perusahaan yang di investasikan kembali ke dalam perusahaan; atau tambahan modal sendiri yang diperoleh dari laba. Merupakan bagian dari modal sendiri, yang mencerminkan modal yang diakumulasikan dari laba yang tidak dibagi.
59  Laporan akuntan  Suatu laporan tertulis yang dibuat oleh akuntan (auditor) publik atau independen yang menyertai laporan keuangan, yang menyajikan temuan dan opini profesional dari akuntan terhadap kewajaran dalam penyajian laporan keuangan perusahaan.
60 Laporan arus dana  (funds flow statement)  lihat laporan perubahan posisi keuangan
61 Laporan arus kas (cash flow statement)  Suatu ringkasan penerimaan kas dan pembayaran kas perusahaan dalam satu periode, biasanya satu tahun buku. Disajikan dalam kelompok arus kas aktivitas  operasi , investasi, dan pendanaan. Juga dikenal sebagai suatu laporan posisi keuangan berbasis kas yang menerangkan  sumber daya kas, dan menjelaskan apa yang menyebabkan  perubahan saldo  kas dalam periode tersebut. Sering diterapkan sebagai laporan perubahan posisi keuangan, meskipun kurang tepat.
62  Laporan keuangan (financial statement) Laporan yang berisi informasi keuangan suatu perusahaan yang di komunikasikan ke pemakai. Ada empat laporan keuanga nyang pokok yaitu : Neraca, Perhitungan Laba Rugi atau Laporan Rugi Laba, laporan perubahan posisi keuangan (baik berupa arus dana maupun laporan arus kas) dan laporan perubahan laba yang ditahan atau saldo laba.
63 Laporan komperatif / perbandingan Laporan keuangan yang menyajikan angka angka untuk dua periode pembukuan atau lebih, yang disajikan secara berdampingan untuk memudahkan pembukuan dengan data sejenis pada periode sebelum atau sesudahnya.
64  Laporan perubahan laba yang ditahan (statemen of retained earnings) Suatu laporan keuangan yang menyajikan rincian perubahan dalam laba yang ditahan perusahaan, atau distribusi  laba bersih untuk pembayaran dividen dan laba ditahan untuk suatu periode tertentu.
65 Laporan perubahan posisi keuangan (statement of changes in financial position) Suatu laporan keuangan yang memperlihatkan aliran masuk dan aliran keluar sumber daya keuangan dan juga kenaikan atau penurunan (neto/bersih) dana. Laporan ini menunjukkan bagaimana posisi keuangan perusahaan berubah dalam suatu periode tertentu. Ditunjukkan dalam perubahan modal kerja atau kas. Ditunjukkan juga sumber dan penggunaan dana dalam periode tersebut (lihat laporan sumber dan penggunaan dana).
66 Laporan dan sumber penggunaan dana (lihat laporan arus dana)  Menyajikan daftar sumber dana perusahaan dalam periode waktu tertentu (biasanya satu tahun buku).
67 Leverage atau financial leverage Penggunaan dana yang diperoleh dari pengeluaran surat berharga  yang mempunyai biaya tetap, seperti obligasi atau saham preferen, dengan maksud meningkatkan penghasilan pemilik saham biasa (imbalan pemilik saham biasa lebih besar dari pada biaya peminjaman dana)
68 Leverage negatif Suatu dimana imbalan (biaya) tetap yang diberikan kepada kreditot (pemegang obliigasi) dan pemegang saham preferen lebih besar dari pada imbalan modal perusahaan (return on total asset’s). Dalam situasi ini imbalan modal pemegang saham biasa (return to common stockholder’s equity)  akan lebih kecil daripada imbalan modal perusahaan.
69 Leverage Positive Situasi dimana imbalan (biaya) tetap yang diberikan kepada kreditor (pemegang obligasi) dan saham preferen lebih kecil daripada imbalan modal perusahaan (return on total asset’s). Dalam situasi ini imbalan modal pemegang saham biasa (return to common stockholder’s equity)  akan  lebih besat daripada imbalan modal perusahaan.
70 Likuidasi / Pembubaran  Berakhirnya suatu perusahaan. Aktiva dijual, kewajiban / hutang dibayar, dan sisa uang didistribusikan kepada pemilik (pemegang saham).

M

No Istilah/Nama akun Keterangan
71  Marjin Suatu angka persentase yang dihitung dengan cara membagi laba dengan penjualan.
72  Marjin Laba Laba usaha dibagi dengan penjualan. Sering disebut marjin laba usaha atau rasio laba usaha. Disamping ini ada marjin laba / bruto /kotor, yaitu laba kotor dibagi penjualan; dan marjin laba bersih, yaitu laba bersih dibagi penjualan.
73  Merger Kombinasi dari dua perusahaan atau lebih yang bergabung menjadi satu perusahaan secara resmi (legal) dengan mempertahankan identitasnya.
74  Merk (trademarks) Suatu hak yang diperoleh dari pemerintah untuk menggunakan suatu nama produk, simbol, slogan atau emblem.
75  Metode langsung Suatu metode penghitungan arus kas yang diperoleh dari operasi dalam mana perhitungan rugi laba direkontruksi berbasis kas.
76 Metode tidak langsung Suatu metode penghitungan arus kas yang diperoleh dari operasi dengan laba bersih (sebagaimana dilaporkan dalam perhitungan laba rugi) dan menyesuaikan angka laba bersih ke basis kas. Ini juga dikenal sebagai metode rekonsiliasi.
77  Modal Suatu yang bernilai yang dimiliki dan digunakan, dan sesuatu yang bernilai yang digunakan tapi tidak dimiliki. Dalam akuntansi, istilah ini terlalu umum digunakan. Kebanyakan pengertian modal (capital) berkaitan dengan modal pemilik perusahaan (owner’s). Uang yang diperoleh dari kewajiban atau hutang jangka panjang sering disebut sebagai modal.
78 Modal kerja (working capital) Aktiva lancar yang digunakan oleh perusahaan dalam siklus operasi/usahanya. Modal kerja bersih adalah selisih antara aktiva lancar dengan kewajiban lancar.
79 Modal saham (stockholder’s equity) Suatu komponen dari modal sendiri atau ekuitas yang menunjukkan jumlah yang di investasikan oleh pemilik kedalam perusahaan, ditunjukkan dengan sertifikat saham yang menunjukkan peran serta pemilik.
80 Modal sendiri (owner’s equity) Jumlah yang menunjukkan modal pemilik  perusahaan dari seluruh kekayaan perusahaan, atau hak pemilik atas aktiva perusahaan setelah dikurangi dengan kewajiban/hutang.

 

N

No Istilah/Nama akun Keterangan
 81 Neraca (balance sheet) Suatu laporan keuangan yang menunjukkan informasi mengenai posisi keuangan perusahaan pada saat /tanggal tertentu. Neraca menyajikan aktiva, kewajiban/hutang, dan modal sendiri atau ekuitas (modal saham untuk PT, modal sekutu untuk CV/Firma).
82 Nilai buku (book value) Nilai buku (book value) – Biaya perolehan aktiva tetap setelah dikurangi dengan akumulasi penyusutan/depresiasi, (untuk aktiva tetap); atau hak para pemilik / pemegang lembar saham biasa aas aktiva bersih, yaitu aktiva dikurangi dengan kewajiban, (untuk nilai buku saham); sebagaimana terseji dalam neraca.
83 Nilai buku per lembar saham (book value per share) Suatu ukuran nilai yang dihitung dengan cara membagi jumlah modal sendiri (aktiva bersih sesudah dikurangi hutang dan saham preferen) dengan jumlah lembar saham.
84 Nilai par (var value atau face value)  Nilai nominal yang tercantum pada lembar surat berharga (baik dalam obligasi atau pun saham)
85  Nilai pasar  Harga yang diperoleh dari penjualan aktiva.
86 Nilai sisa (salvage  value) Nilai aktiva tetap pada saat habis masa manfaatnya; juga disebut sebagai nilai residu.
87  Nomor rekening Nomor identifikasi yang dimaksudkan untuk menunjukkan suatu rekening.

 

O

No

Istilah/Nama akun

Keterangan

 88  Obligasi Suatu perjanjian tertulis antara peminjam (perusahaan yang mengeluarkan obligasi) dan pemberi pinjaman dalam mana peminjam sepakat untuk membayar suatu jumlah tertentu pada tanggal tertentu di waktu mendatang (saat jatuh tempo) dan membayar bunga secara periodik pada tanggal tertentu. Ini merupakan kewajiban / hutang jangka panjang.
 89  Opini Suatu laporan yang diberikan oleh akuntan/auditor  setelah menguji temuan-temuan yang berkenaan dengan laporan keuangan suatu perusahaan. Sering disebut sebagai laporan akuntan atau laporan auditor.

 

P

No Istilah/Nama akun Keterangan
90 Pembukuan Aspek pencatatan dari suatu proses akuntansi
91 Pemegang saham (stockholder’s atau shareholder’s) Pemilik perusahaan; yaitu orang atau perusahaan yang mempunyai saham suatu perusahaan.
92 Pendapatan (revenue) Harga barang yang terjual atau sewa jasa oleh perusahaan kepada pihak lain sebagai ganti kas atau aktiva lainnya; atau suatu arus masuk aktiva (tidak selalu kas) dalam pertukaran dengan barang dan jasa yang dijual perusahaan).
93 Penghasilan Aliran masuk kas atau aktiva lainnya yang diterima sebagai ganti (pertukaran) atas barang atau jasa yang diberikan/dijual kepada pelanggan.
94 Penghasilan per lembar saham (EPS = Earning per share) Laba bersih setelah dikurangi dividen saham pereferen (bila ada saham preferen) dibagi dengan jumlah lembar saham biasa; juga biasa disebut laba bersih per lembar saham (net income per share).
95 Penghasilan lembar saham yang dapat dicairkan semua (fully diluted EPS) Penghasilan bersih yang tersedia bagi para pemegang saham biasa, yang dihitung dengan membagi laba bersih dengan jumlah  lembar saham biasa ditambah jumlah lembar konversi ke saham biasa (dari semua surat berharga yang dapat dikonversikan). Juga disebut penghasilan pokok per lembar saham (primary earning per share).
96 Penjualan Aktiva penting dalam perusahaan perdagangan. Pada saat penjualan proses perolehan penghasilan perusahaan dihasilkan, dan bukti obyektif adalah harga jual yang disepekati.
97 Penyusutan/depresiasi Suatu metode menyebarkan biaya perolehan suatu aktiva tetap (bangunan, mesin, dan peralatan) selama beberapa tahun buku atau periode akuntansi; atau pengalokasian biaya perolehan aktiva tetap (kecuali tanah) secara sistematis selama masa manfaat yang diperkirakan.
98 Penyusutan garis lurus (straight-line depreciation) Suatu metode penyusutan yang mengalokasi secara sama penyusutan nilai aktiva tetap selama  masa manfaatnya ke setiap periode akuntansi
99 Penyusutan metode jumlah angka tahun (sum of the year’s digits method) Suatu metode perhitungan penyusutan dimana biaya perolehan aktiva tetap sesudah dikurangi nilai sisa setiap tahun dikalikan dengan suatu angka pecahan yang menurun. Penyebut dari angka pecahan tersebut adalah jumlah angka tahun umum penggunaan aktiva tetap. Angka pembilang yang berubah setiap tahun mencerminkan sisi umur aktiva tetap.
100 Penyusutan metode jumlah unit produksi (unit’s of production depreciation) Suatu metode penyusutan yang mengalokasikan penyusutan aktiva tetap berdasar pada hubungan unit produk yang dihasilkan dengan aktiva selama periode tertentu terhadap total unit aktiva yang diharapkan diproduksi selama masa manfaat.
101 Penyusutan saldo menurun (double declining balance depreciation) Suatu metode dimana penyusutan dihitung menggunakan suatu tingkat menurun berganda. Menghitung penyusutan dengan metode ini, akumulasi penyusutan dikurangi dari biaya semestinya (original cost), kemudian, persentase yang sesuai diharapkan. Nilai sisa tidak diperhitungkan dalam menghitung penyusutan cara ini.
102 Perhitungan rugi laba  atau laporan rugi laba (income statement atau profit and loss statement Suatu laporan keuangan yang memperlihatkan penerimaan/penghasilan dan pengeluran/biaya dalam suatu periode akuntansi. Selisih antara penerimaan dan pengeluaran akan menghasilkan laba atau rugi. Laporan ini menyajikan kinerja operasi perusahaan.
103 Periode akuntansi Suatu interval waktu dalam mana transaksi bisnis dicatat dan di akhir periode dibuat laporan keuangan; atau suatu periode dimana perhitungan  rugi laba dibuat (biasanya satu tahun buku).
104 Perputaran persediaan Tingkat dimana perusahaan menjual persediaanya, ditunjukkan dengan rasio penjualan dibagi dengan persediaan. Akuntansi yang lebih teliti menggunakan rumus harga pokok penjualan dibagi dengan rata rata persediaan.
105 Perputaran piutang Suatu rasio penjualan kredit dibagi dengan rata rata piutang pada periode tersebut; digunakan sebagai suatu indikasi usaha pengumpulan atau penerapan kebijakan kredit yang menunjukkan berapa lama waktu mengumpulkan piutang.
106 Persamaan akuntansi Suatu persamaan matematis yang menunjukkan posisi keseimbangan perusahaan; yaitu Aktiva = Kewajiban + Modal/Ekuitas. Juga disebut sebagai persamaan Neraca.
107 Persediaan Produk yang dimiliki perusahaan yang siap untuk dijual. Dalam usaha perusahaan perdagangan dikenal sebagai persediaan barang dagangan (merchandise inventory); sedang dalam perusahaan pabrikasi ada persediaan bahan mentah/baku (raw materials), barang setengah jadi (work in process) dan barang jadi (finished goods), yang mencerminkan tahap tahap penyelesaian produk.
108 Persediaan barang dagangan Barang dagangan yang belum terjual dan masih ada diperusahaan pada saat tertentu.
109 Piutang dagang Tagihan kepada pelanggan karena adanya penjualan barang dan jasa perusahaan secara kredit.
110 Prinsip akuntansi Standar dan metode yang diterima dan digunakan oleh para akuntan sebagai pedoman dalam mengukur, mencatat/membuku, dan melaporkan kegiatan keuangan suatu perusahaan.

 

R

No Istilah/Nama akun Keterangan
 111  Rasio Suatu hubungan / perbandingan antara dua elemen atau lebih.
112  Rasio biaya usaha Jumlah biaya usaha dibagi penjualan
113 Rasio cepat Jumlah aktiva lancar setelah dikurangi persediaan dibagi dengan jumlah kewajiban lancar. Dalam bahasa inggris disebut quick ratio atau acid Test Ration.
114 Rasio harga penghasilan (PER = Price Earning Ratio)  Suatu yang menunjukkan harga pasar per lembar saham dibagi dengan penghasilan per lembar saham
115 Rasio hasil deviden debt to equity casio (devidend yield ratio Deviden per lembar dibagi dengan harga pasar per lembar saham.
116 Rasio hutang atas modal sendiri (debt to equity ratio) Jumlah kewajiban / hutang dibagi dengan jumlah modal sendiri.
117 Rasio lancar (current ratio Jumlah aktiva lancar dibagi dengan jumlah kewajiban lancar.
118 Rasio pembayaran deviden (devidend payout ration) Deviden per lembar dibagi dengan penghasilan per lembar saham.
119 Rata rata periode pengumpulan piutang Rata rata hari yang dibutuhkan perusahaan untuk mengumpulkan piutang; dihitung dengan cara membagi 365 hari dengan perputaran piutang.
120 Rata- rata periode penjualan  Rata rata hari yang dibutuhkan untuk menjual seluruh persediaan; dihitung dengan cara membagi 365 hari dengan perputaran persediaan.
121  Rekening (account) Suatu alat akuntansi yang digunakan untuk mencatat atau membuku semua transaksi keuangan yang melibatkan kelompok aktivitas, kewajiban, pandapatan, biaya, atau modal/ekuitas pemilik.
122 Rekening normal (nominal account) Rekening yang ada dalam perhitungan laba rugi
123 Rekening rill (real account) Rekening –rekening aktiva, kewajiban, dan modal sendiri yang tersaji dalam neraca (rekening neraca).
124  Rekening T Suatu rekening yang menggunakan format debit dan kredit seperti huruf T (suatu bentuk penyederhanaan rekening).
125  Rugi bersih Selisih negatif antara total pendapatan atau keuntungan setelah dikurangi total biaya atau kerugian.

 

S

No Istilah/Nama akun Keterangan
 126  Saham biasa (common stock) Istilah yang dipakai untuk jenis saham yang dikeluarkan perusahaan; menunjukkan modal pemilik saham suatu perusahaan perseroan (PT), dan menunjukkan hak suatu dan proporsi bagian keuntungan. Atau suatu aktiva  keuangan yang menunjukkan kepemilikan perusahaan.
127 Saham preferen (preferred stock)  Saham yang memiliki prefensi / kelebihan dari pada saham biasa; seperti jaminan deviden tertentu , dan dibayarkan terlebih dahulu dalam likuidasi perusahaan kepada pemiliknya / pemegangnya.
128  Sertifikat saham Suatu dokumen bukti yang menunjukkan bagian kepemilikan pemegang saham suatu perusahaan.
129  Siklus akuntansi Tahap tahap akuntansi yang terjadi pada setiap periode akuntansi dalam suatu perusahaan; yang diawali dengan pembukuan / pencatatan transaksi dan dilanjutkan dengan memindahkan ke pos rekening yang sesuai  (posting) dalam buku besar, menyiapkan neraca  percobaan, penyesuaian , dan laporan keuangan; merupakan suatu rangkaian prosedur  standar yang dilaksanakan  secara bulanan, kuartalan, smesteran, dan tahunan, tergantung kebutuhan perusahaan atau bisnis.
130  Siklus operasi  Periode waktu kas berputar melalui operasi harian bisnis sehingga menghasilkan arus kas masuk kembali; atau waktu yang diperlukan kas berputar, yaitu digunakan untuk mendapatkan barang dan jasa, yang selanjutnya dijual kepada pelanggan, yang membayar pembeliannya dengan kas (atau bila secara kredit, sampai dengan terlunasi).
131  Sistem akuntansi Rangkaian metode dan prosedur (kertas, buku/catatan, laporan) yang digunakan untuk membuku/mencatat, mengklasifikasi dan meringkas informasi keuangan menjadi laporan  untuk didistribusikan kepada para pemakai.
132 Sistem akuntansi pembukuan berpasangan (double entry accouting system) Sistem akuntansi dimana dijaga persamaan akuntansi pada setiap pembukuan transaksi yang dicatat dalam  dua rekening  atau lebih dengan  jumlah debit sama dengan kredit (jumlah yang dicatat di sisi debit sama atau seimbang dengan yang dibuku sisi kredit)
133 Surat – surat berharga (marketble securities)  Saham, obligasi, atau surat berharga lainnya yang dapat segera dikonversikan ke uang/kas, dan diperjualbelikan di bursa efek. Istilah lain adalah investasi jangka pendek ( short term invesment)

Istilah akuntansi bahasa inggris serta defenisinya

Daftar istilah akuntansi
No Inggris Indonesia No Inggris Indonesia
1 Account Akun/rekening 96 Long term debt  Utang jangka panjang
2 Account form Bentuk akun 97 Lost on sale equipment Rugi dari penjualan peralatan
3 Account no Nomor akun 98 Lower cost or market  Nilai terendah antara  kos atau nilai pasar
4 Accounting Akuntansi 99 Monetery unit  Unit moneter
5 Accounting equation Persamaan akuntansi 100 Mortgage payable Utang hipotek
6 Accounting framework Kerangka acuan akuntansi 101 Machinery  Mesin
7 Accounting principles

 

Prinsip – prinsip akuntansi 102 Market value  Nilai pasar
8 Accounting informasi Informasi akuntansi 103 Marketable security Surat berharga
9 Accounting period Periode akuntansi 104 Merchandise  inventory Persediaan barang dagangan
10 Accounting pollicy Kebijakan akuntansi 105 Miscellaneous expense Beban lain lain
11 Accounting process  Proses akuntansi 106 Net income Laba bersih
12 Accounting record Catatan akuntansi 107 Notes payable Utang wesel
13 Accounting standard Standar akuntansi 108 Notes receivable Piutang wesel
14 Accounting system Sistem akuntansi 109 Office supplies expense Beban perlengkapan kantor
15 Account payble Piutang usaha 110 Office salaries expense Beban gaji  bagian kantor
16 Accrual basis Dasar akrual 111 Operating income Pendapatan operasi
17 Acrumulated depreciation Akumulasi penyusutan 112 Opportunity cost Beban kesempatan
18 Adjusting entry Jurnal penyesuaian 113 Paid in capital Penyetoran modal
19 Advertising expense Beban iklan 114 Partnership Persekutuan
20 Assets Aset (harta) 115 Periodic system Sistem periodik
21 Auditing Pemeriksaan akuntansi 116 Perpetual system Sistem perpetual
22 Bad debt expense

 

Beban piutang ragu ragu 117 Prepaid rent Sewa dibayar dimuka
23 Balance Saldo 118 Prepaid insurance Asuransi dibayar dimuka
24 Bank reconciliation Rekonsiliasi bank 119 Petty cahs Kas kecil
25 Bank statement Laporan bank 120 Posting Pemindahan jurnal ke buku besar
26 Bonds payble Utang obligasi 121 Post – closing trial balance Neraca saldo setelah jurnal penutup
27 Book value   Nilai buku 122 Preferred stock Saham preferen
28 Building  Bangunan 123 Present value Nilai sekarang
29 Capital Modal 124 Prior period adjustment Penyesuaian tahun sebelumnya
30 Capital expenditure Pengeluaran modal 125 Private accountant Akuntansi non publik
31 Cash Kas 126 Property devidend Deviden properti
32 Cash devidend Deviden kas 127 Public accountant Akuntan publik
33 Cash in bank Kas di bank 128 Proprietorship Perusahaan berbentuk perseorangan
34 Cash flow  Arus kas 129 Purchase Pembelian
35 Cash averdarft Kas negatif 130 Purchase  discount Diskon  pembelian
36 Cash sales Penjualan tunai 131 Purchase return Retur pembelian
37 Cash payment journal Jurnal pengeluaran kas 132 Ratio Rasio
38 Cash receipt journal  Jurnal penerimaan kas 133 Ratio analysis Analisis rasio
39 Chart of account

 

Bagian akun (perkiraan) 134 Raw material inventory Persediaan bahan baku
40 Closing journal entry Ayat jurnal penutup 135 Rent expense Beban sewa
41 Commision earned  Pendapatan komisi 136 Rent income Pendapatan sewa
42 Corperation

 

Korporasi (perseroan) 137 Repair expense Beban reparasi
43 Cost Kos 138 Restricted cash Kas dibatasi untuk penggunaan tertentu
44 Cost accounting Akuntansi biaya 139 Retained earning Laba di tahan
45 Credit sale  Penjualan kredit 140 Retail method Metode ritel dalam penilaian persediaan
46 Current asset   Aset (harta) lancar 141 Revenue Pendapatan
47 Current liability  Utang lancar 142 Reversing entry Jurnal pembalik
48 Current ration   Rasio lancar 143 Salary expense Beban gaji
49 Customer  Pelanggan 144 Salary payable Utang gaji
50 Date Tanggal 145 Sales discount Diskon penjualan
51 Declining balance method  Metode depresiasi saldo menurun 146 Sales expense Beban penjualan
52 Debit Debit 147 Sales journal Jurnal penjualan
53 Deposit in transit  Setoran dalam perjalanan 148 Sales return Retur penjualan
54 Depreciation expense Beban depresiasi 149 Sales salary Gaji bagian penjualan
55 Direct write – off method Metode penghapusan langsung 150 Salvage / residual value Nilai sisa
56 Drawing Pengambilan oleh pemilik (prive) 151 Selling expense Obligasi berseri
57 Earning  Pendapatan 152 Share / stock Saham
58 Earning per share 

 

Laba per lembar saham 153 Sinking funds Dana pelunasan
59 Economic entry Entitias ekonomi 154 Single step income Statement laporan laba rugi langkah tunggal
60 Economic life Usia ekonomis 155 Social accouting Akuntansi sosial
61 Expense Beban 156 Span of control Rentang pengawasan
62 Fair  market value  Nilai pasar wajar 157 Standard cost Biaya standar
63 FASB  Financial Accounting Standard Board 158 Stock devidend Deviden berupa saham
64 FIFO (First In First Out)  Masuk pertama keluar pertama 159 Stock exchange Pasar modal
65 Financial statement  Laporan keuangan 160 Stock holder Pemegang saham
66 Fixed asset   Aktiva tetap 161 Stock holder equity Ekuitas pemegang saham
67 Freight – out  Beban angkut penjualan 162 Stock subsription Pemesanan saham
68 Gain on sale land  Laba dari penjualan tanah 163 Store equipment Peralatan kantor
69 Gain on sale investment  Laba dari penjualan investasi 164 Store supplise expense Beban perlengkapan toko
70 General journal  Jurnal umum 165 Straight line method Metode garis lurus
71 General ledger  Buku besar umum 166 Subscribed capital stock Saham yang dipesan
72 Going concern concept  Konsep kesinambungan 167 Subscibtion receivable Piutang pemesanan saham
73 General marketing expense  Beban umum pemasaran 168 Subsidiary ledger Buku besar pembantu
74 General adminstrative expense Beban umum administrasi 169 Sum of the year digits Metode depresiasi jumlah angka tahun
75 Gross profit Laba kotor 170 T-account Akun bentuk – T
76 Gross profit method  Metode laba kotor 171 Tangible fixed asset Aset tetap berwujud
77 Gross sales  Penjualan kotor 172 Taxes Pajak
78 Historical cost  Biaya histori 173 Tax payable Utang pajak
79 Income statement  Laporan laba rugi 174 Telephone expense Beban telpon
80 Income tax   Pajak penghasilan 175 Term of trade Syarat perdagangan
81 Income tax payable  Utang pajak penghasilan 176 Time value of money Nilai waktu uang
82 Idie cash  Kas yang mengganggur 177 Transportation – in Biaya angkut pembelian
83 Insurance expense  Beban asuransi 178 Transportation – out Biaya angkut penjualan
84 Intangible fixed asset  Aset tetap tidak berwujud 179 Treasury stock Saham perbendaharaan
85 Interest income  Pendapatan bunga 180 Trial balance Neraca saldo
86 Internal control  Pengendalian internal 181 Utility expense Beban penunjang
87 Inventory  Persediaan 182 Unit of activity method Metode unit aktivitas
88 Investment Investasi 183 Voucher payable Utang voucher
89 Investment in bonds  Investasi dalam obligasi 184 Wages Upah
90 Investment  in stocks  Investasi dalam saham 185 Wages Payable Utang upah
91 Invoice  Faktur 186 Work in processs inventory Persediaan berang dalam proses
92 Land  Tanah 187 Work sheet Kertas kerja
93 Ledger  Buku besar 188 Working  capital Modal kerja
94 LIFO (Last In First Out  Masuk terakhir  keluar pertama 189 Window dressing

 

Menampilkan agar kelihatan lebih bagus
95 Liability  Kewajiban /utang 190 Writting off account receivable Penghapusan piutang usaha

Bila anda menginginkan istilah akuntansi ini dalam bentuk dokumen silahkan berkomentar di bawah ini dengan melampirkan alamat email, dan jangan lupa di share

Lihat juga

Kategori: pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *