Gonorrhea adalah infeksi bakteri yang umum yang mudah disembuhkan dengan obat antibiotik. Ini menular secara seksual, dan kebanyakan orang dengan gonore tidak memiliki gejala.

Salah satu Penyakit Menular Seksual/PMS yang paling umum

Orang biasanya terkena gonore karena melakukan hubungan seks tanpa kondom dengan seseorang yang memiliki infeksi. Gonore menyebar saat air mani (cum), pre-cum, dan cairan vagina masuk atau di dalam alat kelamin, anus, atau mulut Anda. Gonore bisa dilewatkan meski penis tidak pergi jauh-jauh ke dalam vagina atau anus.

Gonorrhea

Cara utama orang mendapatkan gonore adalah memiliki hubungan seks vaginal, seks anal, atau oral seks. Anda juga bisa mendapatkan gonorrhea dengan menyentuh mata Anda jika Anda memiliki cairan yang terinfeksi di tangan Anda. Gonore juga bisa disebarkan ke bayi saat lahir jika ibunya memilikinya.

Gonorrhea atau gonore tidak menyebar melalui kontak biasa, jadi Anda TIDAK BISA mendapatkannya dari berbagi makanan atau minuman, berciuman, berpelukan, berpegangan tangan, terbatuk-batuk, bersin, atau duduk di kursi toilet.

Banyak orang dengan gonorea tidak memiliki gejala apapun, namun mereka tetap bisa menyebarkan infeksi ke orang lain. Jadi dengan menggunakan kondom dan / atau bendungan gigi setiap kali berhubungan seks adalah cara terbaik untuk mencegah gonore – bahkan jika Anda dan pasangan Anda terlihat sangat sehat.

Gejala Gonorrhea.

Kebanyakan orang dengan vagina yang terkena gonore tidak memiliki gejala apapun. Jika mereka melakukannya, gejala gonorea muncul dalam waktu sekitar seminggu setelah terinfeksi. Ini termasuk:

Untuk wanita

  • Rasa sakit atau terbakar saat Anda kencing
  • Pelepasan abnormal dari vagina yang mungkin kekuningan atau berdarah
  • Perdarahan antar periode

Untuk pria

  • Orang dengan penis lebih cenderung memiliki gejala jika mereka terkena gonore. Gejalanya biasanya dimulai dalam seminggu setelah mereka terkena infeksi. Ini termasuk
  • Kuning, putih, atau hijau keluar dari penis anda
  • Rasa sakit atau terbakar saat Anda kencing
  • Sakit atau bengkak pada testis Anda

Gonorrhea juga dapat menginfeksi anus Anda jika Anda melakukan hubungan seks anal, atau Anda dapat menyebarkan infeksi ke anus Anda dari bagian lain tubuh Anda (seperti dengan menyeka setelah Anda pergi ke kamar mandi). Anal gonore sering tidak memiliki gejala apapun. Tapi tanda-tanda gonore di anus Anda bisa meliputi:

  • Gatal di dalam atau di sekitar anus Anda
  • Keluar sesuatu dari anus Anda
  • Sakit saat kamu buang air besar

Infeksi Gonorrhea di tenggorokan juga jarang menimbulkan gejala. Gejala memang muncul, biasanya hanya sakit tenggorokan.
Jika Anda atau pasangan seksual Anda memiliki gejala-gejala ini, pergilah ke perawat, dokter, atau Pusat Kesehatan Parlementar setempat. Ini sangat penting untuk diperiksa jika Anda hamil. Satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti apakah Anda memiliki gonore adalah untuk diuji.

Bagaimana saya dirawat karena gonore?

Gonorrhea dapat dengan mudah disembuhkan dengan antibiotik. Pasangan seksual Anda juga perlu diobati. Jika Anda tidak mengobati gonore, ini bisa menyebabkan masalah kesehatan serius.
Apa pengobatan untuk gonore?

Gonorrhea biasanya sangat mudah disingkirkan. Perawat atau dokter Anda akan meresepkan antibiotik untuk mengobati infeksi. Beberapa strain gonore menolak antibiotik dan sulit diobati, jadi dokter Anda mungkin memberi Anda dua antibiotik, dalam bentuk suntikan dan pil. Terkadang Anda hanya perlu minum satu pil. Pengobatan pil gonore lainnya dilakukan selama 7 hari. Dokter Anda akan membantu Anda mengetahui pengobatan mana yang terbaik untuk Anda.

Jika Anda diobati untuk gonore, sangat penting bagi pasangan seksual Anda untuk mendapatkan perawatan juga. Jika tidak, Anda mungkin melewati infeksi itu bolak-balik, atau ke orang lain. Terkadang dokter Anda akan memberi Anda obat untuk Anda dan pasangan Anda.

Apa yang perlu saya ketahui jika saya diobati untuk gonore?

Jika Anda diobati untuk gonore:

  • Ambil semua obat Anda seperti yang dikatakan dokter Anda, bahkan jika gejala Anda hilang lebih cepat. Infeksi tetap ada di tubuh Anda sampai Anda benar-benar menyelesaikan antibiotik.
  • Pasangan Anda juga harus diobati untuk gonore sehingga Anda tidak menginfeksi ulang satu sama lain atau orang lain.
  • Jangan melakukan hubungan seks selama 7 hari. Jika Anda hanya memiliki 1 dosis obat, tunggu sampai seminggu setelah Anda meminumnya. Jika Anda minum obat selama 7 hari, jangan melakukan hubungan seks sampai Anda menyelesaikan semua pil Anda.
  • uji lagi dalam 3 bulan untuk memastikan infeksi Anda hilang.
  • Jangan berbagi obat dengan siapa pun. Dokter Anda mungkin memberi Anda dosis antibiotik terpisah untuk pasangan Anda. Pastikan Anda berdua mengambil semua obat yang Anda dapatkan.
  • Jika Anda masih memiliki gejala setelah menyelesaikan perawatan Anda, hubungi dokter Anda.

Bahkan jika Anda menyelesaikan perawatan Anda dan gonore benar-benar hilang, mungkin saja Anda terinfeksi dengan gonore lagi. Gonore bukan satu-satunya kesepakatan. Jadi gunakan kondom dan teruji secara teratur.

Apa yang terjadi jika Anda tidak diobati untuk gonore?

Meskipun Gonorrhea biasa terjadi dan tidak selalu menimbulkan gejala, hal itu bisa menjadi masalah besar jika tidak diobati.

Gonorea dapat menyebar ke rahim dan saluran tuba, menyebabkan penyakit radang panggul (PID). PID mungkin tidak memiliki gejala pada awalnya, namun dapat menyebabkan kerusakan permanen yang dapat menyebabkan rasa sakit kronis, ketidaksuburan, atau kehamilan ektopik. Mendapatkan tes untuk gonore benar-benar menurunkan kesempatan Anda untuk mendapatkan PID.

Jika Anda memiliki penis, infeksi gonore yang tidak diobati dapat menyebar ke epididimis Anda (sebuah tabung yang membawa sperma dari testis Anda), dan dapat menyebabkan rasa sakit pada buah pelir Anda. Jarang, itu bisa membuat Anda mandul.

Memiliki Gonorrhea juga meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan atau menyebarkan HIV, virus yang menyebabkan AIDS. Jarang, gonore yang tidak diobati dapat menyebar ke darah, kulit, jantung, atau sendi Anda dan menyebabkan masalah kesehatan yang serius, atau bahkan kematian.

Jika Anda menderita gonore saat hamil dan tidak mengobatinya, Anda bisa masuk ke bayi saat melahirkan. Hal ini dapat menyebabkan masalah pada bayi, termasuk kebutaan, infeksi sendi, atau infeksi darah yang bisa mematikan.

Cara terbaik untuk menghindari semua masalah ini? Teruji dan diobati lebih awal.

Bagaimana cara mencegah gonorrhea?

Gonore menyebar melalui kontak seksual. Jadi cara terbaik untuk mencegah gonore adalah dengan melakukan tes secara teratur dan menggunakan kondom jika berhubungan seks.

Bagaimana saya bisa menghindari terkena gonore?

Gonorrhea menyebar melalui cairan seksual seperti air mani (cum), pre-cum, dan cairan vagina. Jadi cara terbaik untuk menghindari gonore dan PMS lainnya adalah dengan tidak pernah melakukan hubungan seks dengan vagina, anal, atau oral sama sekali. Tapi kebanyakan orang melakukan hubungan seks di beberapa titik dalam hidup mereka, jadi mengetahui bagaimana memiliki seks yang lebih aman adalah penting. Dan menggunakan perlindungan saat berhubungan seks benar-benar membantu mengurangi kemungkinan terkena PMS.

Mendapatkan tes PMS secara teratur merupakan cara penting lain untuk menjaga kesehatan Anda.

Bagaimana saya bisa memastikan bahwa saya tidak memberi seseorang Gonorrhea?

  • Jika Anda tahu bahwa Anda menderita gonore, jangan panik. Gonore bisa disembuhkan, dan ada beberapa cara untuk memastikan Anda tidak memberikannya pada orang lain.
  • Beritahu pasangan seksual masa lalu dan sekarang bahwa Anda menderita gonorhea, sehingga mereka bisa diuji dan diobati juga.
  • Jangan berhubungan seks dengan ANYONE sampai Anda benar-benar menyelesaikan perawatan Anda.
  • Mitra seks Anda juga harus diobati sebelum berhubungan seks dengan siapa pun, termasuk Anda.
  • Setelah Anda selesai melakukan perawatan dan mulai berhubungan seks lagi, tetap baiknya menggunakan kondom setiap saat berhubungan seks.
  • Mengatakan kepada seseorang bahwa Anda menderita Gonorrhea tidak begitu menyenangkan. Tapi infeksi itu benar-benar, BENAR-BENAR biasa dan mudah disembuhkan, jadi usahakan jangan terlalu malu atau stres soal itu. Begitu Anda selesai berbicara, Anda berdua bisa diperlakukan dan menjalani hidup Anda.
Kategori: Health

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *