Hendak Ajukan Kredit Motor? 5 Hal Ini Perlu Anda Perhatikan

Kini transportasi juga termasuk ke dalam suatu kebutuhan yang wajib untuk di penuhi. Mengapa? Seperti yang di ketahui bahwa ketika menjalankan aktifitas sekarang ini tidak lepas dari alat- alat transportasi. Karena saat ini transportasi juga merupakan sarana yang mendukung untuk memenuhi kebutuhan dan keperluan yang lain. bahkan ada beberapa pekerjaan yang memang tergantung dengan alat- alat transportasi yaitu seperti motor untuk pekerjaan ojek dan mobil untuk pekerjaan sebagai supir angkot atau taksi. Jadi, sepertinya alat tarnsportasi sudah menjadi suatu kebutuhan tersendiri yang harus juga di pertimbangkan untuk di penuhi. Bukan hanya sebagai pekerjaan, alat transportasi sangat berguna dan bermanfaat bagi mereka yang memiliki tempat kerja yang jauh dari tempat tingal. Meskipun bisa menggunakan alat transportasi umum, memang tidak di bantah jika menggunakan alat transportasi miliki sendiri lebih nyaman dan akan lebih leluasa.

kredit motor

Walaupun jumlah transportasi umum semakin bertambah dan semakin baik pula kualitas yang di tawarkannya, namun masih banyak orang yang mengaku lebih nyaman menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil pribadi. Di daerah perkotaan, sudah menajdi gaya hidup atau life style yaitu mempunyai kendaraan pribadi sebuah kebanggan karena bisa di katakan bahwa mampu dalam hal keuangan. Jika melihat realitas demikian maka pantas saja bila di lihat sekarang ini kemacetan semakin tidak bisa di hindari karena sangat banyak sekali orang yang menggunakan motor maupun mobil. Selain itu adanya atau meningkatnya minat masyarakat terhadap kepemilikan kendaraan pribadi ini di sebabkan pula karena semakin menariknya tawaran yang coba untuk di tawarkan oleh dealer dengan berbagai kemudahan- kemudahan.

Saat ini telah banyak dealer yang menawarkan barangnya dengan memberikan berbagai kemudahan bagi masyarakat yang ingin mendapatkan motor. Contoh dari kemudahan- kemudahan tersebut adalah bila Anda mengambil tawaran dengan bayaran secara cash atau tunai, maka biasanya kemudahan yang di tawarkan adalah cash back yang tinggi. Sedangkan jika Anda mengambil motor dengan bayaran kredit atau angsuran maka ada pula kemudahan yang di tawarkan bahkan lebih banyak seperti suku bunga yang rendah, cicilan atau angsuran yang ringan dan sebagainya. Dengan kemudahan- kemudahan tersebut lah tidak heran jika minat masyarakat untuk bisa menggunakan produk kredit motor semakin meningkat dan bertambah. Tetapi meskipun ada banyak sekali kemudahan yang di tawarkan oleh dealer atau bank maka sebaiknya Anda jangan langsung tertarik dan tergiur. Sama dengan ketika hendak menggunakan produk lainnya Anda harus mempertimbangkan beberapa hal penting yang berhubungan dengan produk kredit motor tersebut. berikut kami berikan beberapa hal yang harus di perhatikan ketika hendak menggunakan kredit motor. Selamat menyimak.

Survei Dealer dan Leasing

Sama halnya menggunakan produk kredit di bank Anda harus memperhatikan tempat atau dalam hal ini dealer yang menawarkan produk kredit tersebut. Pastikan bahwa dealer atau leasing tersebut memiliki reputasi yang baik. Pastikan pula bahwa dealer tersebut legal dan memiliki suart izin untuk mendirikan usaha. Hal tersebut penting sekali karena bertujuan untuk memastikan bahwa perusahaan leasing tersebut profesional atau bertanggung jawab hingga proses pembayaran berakhir. Anda bisa menanyakan beberapa hal yang menyangkut dengan leasing yang akan Anda pilih. Misalnya saja surat- suratnya kemudian yang lebih penting adalah bahwa leasing ini sudah di percaya oleh banyak orang. Anda bisa tanyakan kepada tetangga maupun saudara Anda di mana mereka membeli motor. Anda bisa memperoleh informasi dengan bertanya kepada mereka sehingga Anda bisa mendapat gambaran mengenai dealer atau leasing yang terbaik. Sekedar informasi, jaman era digital sekarang sudah banyak kredit baik bermunculan baik secara online maupun ofline dengan menawarkan kemudahan dan keuntungan misalkan taralite salah satu star-up yang siap memberikan fasilitas kredit kendaraan bermotor/kkb dan masih banyak lagi.

Tanyakan dan Pilih Fasilitas Terbaik

Setelah Anda menemukan perusahaan leasing atau dealer yang memiliki profesioal dan berkualitas baik, selanjutnya yaitu tanyakan dan pilih fasilitas terbaik yang di berikan oleh dealer tersebut. coba tanyakan apa saja fasilitas dan kemudahan yang di ebrikan oleh perusahaan leasing tersebut. apakah memberikan Anda keuntungan kepada Anda atau tidak. Misalnya fasilitas asuransi. Untuk fasilitas Asuransi, bila ketika motor Anda gunakan tiba- tiba terjadi musibah, maka Anda tidak perlu khawatir karena kerusakan dan biayanya sudah di tanggung oleh pihak Asuransi dari motor Anda beli. Jangan lupa untuk menanyakan cara mengklaim dan tempat pengajuan klaim atau asuransi yang sudah di tentukan sebelumnya. Kemudian tanyakan pula mengenai bunga kredit yang di bebankan oleh Anda juga biaya- biaya yang harus Anda bayarkan jika Anda memutuskan untuk menggunakan kredit motor mereka. Anda juga bisa bandingkan fasilitasnya dengan perusahaan leasing yang lain untuk mendapatkan fasilitas yang terbaik.

Bagaimana Cara Pembayarannya.

Hal yang wajib di perhatian selanjutnya sebelum memutuskan untuk mengajukan kredit motor adalah cara pembayarannya angsurannya. Maksud dari cara pembayaran adalah mengenai besarnya DP atau uang muka yang harus Anda bayarkan dan juga jangka waktu pembayaran atau tenornya. Untuk hal yang satu ini sebaiknya Anda sesuaikan dengan kemampuan bayar Anda. Seberapakan Anda mampu untuk membayar angsuran atau cicilan kredit motor tersebut. Jika memang Anda mempunyai uang muka yang lebih maka Anda akan lebih ringan karena cicilan dan angsurannya tentunya akan lebih ringan. Namun bila tidak, maka Anda bisa memilih pembayaran atau jenis kredit yang sesuai dengan kemampuan Anda. Jika kemampuan finansial Anda hanya pas- pasan maka Anda bisa memilih tenor yang panjang karena angsurannya otomatis akan lebih kecil. Namun memang semakin panjang tenornya justru total dari pembayarannya semakin lebih besar. Tetapi jika Anda memilih tenor yang pendek maka otomatis angsurannya lebih besar namun total angsurannya lebih besar.

Tanyakan Denda Keterlambatan dan Biaya.

Hal penting lain yang juga wajib untuk di perhatikan adalah mengenai denda keterlambatan dan juga biaya- biaya yang di keluarkan. Usahakan untuk memilih dealer yang memberikan keringanan terhadap biaya- biaya dan juga denda keterlambatan ini. hal ini akan meringankan Anda ketika melakukan pembayaran awalnya. Biasanya biaya yang ada pada kredit motor ini adalah biaya administrasi dan juga biaya asuransi. Jadi sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan kredit motor tersebut Anda bisa pastikan mengenai denda keterlambatan dan juga biayanya.

Pertimbangkan Dengan Baik.

Hal- hal sebelumnya yang di sebutkan adalah mengenai hal penting yang harus Anda perhatikan. Jika sudah melakukan hal tersebut maka sekarang adalah Anda bisa mempertimbangkannya dengan baik. jangan mudah terpengaruh dengan tawaran- tawaran dealer sedangkan Anda belum melakukan survei lebih lanjut. Marketing dari dealer pasti akan menawarkan produk kredit hanya menawarkan kemudahannya saja maka Anda juga wajib untuk berinisiatif bertanya untuk memperoleh informasi yang lengkap dan jelas.

Itu lah beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan Anda ketika hendak memutuskan untuk menggunakan produk kredit moto

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *