Apa itu Hepatitis B?

Hepatitis B adalah infeksi yang dapat menyebabkan penyakit hati. Hal ini bisa disebarkan melalui seks. Anda bisa melindungi diri dengan mendapatkan vaksinH-B dan menggunakan kondom.

Hepatitis B adalah infeksi hati yang disebabkan oleh virus (disebut virus hepatitis B, atau HBV). Ini bisa serius dan tidak ada obatnya, tapi kabar baiknya mudah dicegah. Anda dapat melindungi diri Anda dengan mendapatkan vaksin hepatitis B dan melakukan hubungan seks yang lebih aman. Jika Anda memiliki seks oral, anal, dan vaginal, gunakan kondom dan bendungan gigi untuk membantu menghentikan penyebaran H-B dan penyakit menular seksual /PMS lainnya.

Bagaimana cara mencegah hepatitis B

H-B benar-benar menular. Ini ditularkan melalui kontak dengan air mani (cum), cairan vagina, darah, dan urin. Anda bisa mendapatkannya dari:

hepatitis b

Saat melakukan seks vaginal, anal, atau oral (menggunakan kondom atau dental dam saat berhubungan seks dapat membantu mencegahnya)

  • Berbagi sikat gigi dan pisau cukur (darah pada mereka bisa membawa H-B)
  • Berbagi jarum suntik untuk obat penembakan, tindikan, tato, dll.
  • Terjebak dengan jarum yang memiliki virus Hep B di atasnya.
  • Hepatitis B juga bisa diteruskan ke bayi saat lahir jika ibunya memilikinya.

H-B tidak menyebar melalui air liur (spit), sehingga Anda TIDAK BISA mendapatkan H-B dari berbagi makanan atau Minuman atau menggunakan garpu atau sendok yang sama. H-B juga tidak menyebar melalui ciuman, memeluk, berpegangan tangan, batuk, bersin, atau menyusui.

Apakah ada jenis hepatitis lainnya?

Ya, jenis hepatitis yang paling umum adalah hepatitis A, B, dan C.  adalah jenis yang paling mungkin disebarkan melalui hubungan seks.

Apa saja tanda dan gejala hepatitis B?

H-B sering tidak menunjukkan gejala, dan biasanya hilang dengan sendirinya. Kebanyakan orang bahkan tidak tahu mereka memilikinya. Bila ada gejala H-B, bisa terasa seperti flu.

Hepatitis B sering tidak memiliki gejala

Sekitar setengah dari orang dewasa dengan H-B tidak pernah mendapat gejala apapun. Gejalanya juga bisa terasa seperti penyakit lain, seperti flu. Jadi mungkin saja kita terkena infeksi dan tidak mengetahuinya.
Ketika orang menunjukkan tanda-tanda H-B, yang pertama biasanya muncul antara 6 minggu dan 6 bulan setelah mereka terkena virus. Gejala H-B biasanya berlangsung selama beberapa minggu, namun terkadang bisa bertahan selama berbulan-bulan.

Inilah tanda dan gejala hepatitis B:

  • Merasa sangat lelah
  • Sakit di perutmu
  • Kehilangan nafsu makan
  • Mual dan muntah
  • Sakit di persendianmu
  • Sakit kepala
  • Demam
  • Gatal-gatal
  • Urin berwarna gelap (pipis)
  • Pucat, gerakan usus berwarna tanah liat (kotoran)
  • sakit kuning – saat mata dan kulit Anda menjadi kuning

Jika Anda memiliki gejala H-B, penting untuk memeriksakan diri ke dokter atau perawat untuk diperiksa. H-B biasanya akan hilang dengan sendirinya, tapi bisa menjadi kronis dan merusak hati Anda secara serius.

Haruskah saya diuji hepatitis B?

Anda harus diuji jika Anda melakukan hubungan seks tanpa kondom atau mengira Anda telah terpapar H-B dengan cara lain. Anda juga harus diuji jika Anda memiliki gejala.

Bagaimana saya tahu jika saya menderita hepatitis B?

Seperti semua PMS, satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti apakah Anda menderita H-B adalah untuk diuji – apakah Anda memiliki gejala atau tidak.

Jika Anda menunjukkan tanda-tanda hepatitis B, Anda harus diuji. Ini juga merupakan ide bagus untuk mendapatkan tes jika Anda melakukan hubungan seks tanpa pelindung atau berbagi jarum suntik, pisau cukur, atau sikat gigi dengan seseorang yang menderita hepatitis B (walaupun Anda tidak memiliki gejala).

Perawat atau dokter Anda akan mengambil sampel darah cepat untuk menguji Anda terhadap H-B. Mungkin diperlukan waktu hingga dua bulan setelah infeksi agar tes menjadi akurat – tetapi jika Anda merasa tidak enak badan, jangan menunggu untuk menemui dokter. atau perawat

Anda bisa diuji H-B dan Penyakit Menular Seksual PMS lainnya di kantor dokter, klinik kesehatan masyarakat, departemen kesehatan, atau pusat kesehatan Planned Parenthood setempat.

Mendapatkan tes untuk PMS kadang-kadang bisa terasa menyeramkan, tapi begitu Anda menyelesaikannya, Anda benar-benar bisa membuat pikiran Anda tenang. Dan jika Anda memiliki PMS, sebaiknya Anda tahu lebih cepat sehingga Anda bisa mendapatkan perawatan yang Anda butuhkan.

Tes penyakit menular seksual biasanya bukan bagian dari pemeriksaan rutin atau pemeriksaan ginekolog – Anda harus memintanya secara langsung. Jadilah terbuka dan jujur ​​dengan perawat atau dokter Anda sehingga mereka dapat mengetahui tes terbaik untuk Anda. Jangan malu: dokter ada di sana untuk membantu, bukan menghakimi.

Ini penting untuk diuji jika Anda hamil atau mencoba untuk hamil. H-B dapat dengan mudah menyebar ke bayi Anda saat lahir, yang bisa berbahaya. Jika Anda menderita H-B, dokter Anda dapat memberi perawatan pada bayi Anda.

Bagaimana saya diobati untuk hepatitis B?

H-B tidak bisa disembuhkan, tapi hampir selalu hilang dengan sendirinya. Ada obat yang dapat membantu mengobati infeksi H-B jangka panjang.

Apakah hepatitis B dapat disembuhkan?

Tidak ada obat untuk H-B. Kabar baiknya adalah biasanya hilang dengan sendirinya dalam 4 sampai 8 minggu. Lebih dari 9 dari 10 orang dewasa yang terkena hepatitis B sembuh total.

Namun, sekitar 1 dari 20 orang yang terkena H-B saat orang dewasa menjadi “pembawa”, yang berarti mereka memiliki infeksi H-B kronis (tahan lama). Operator lebih cenderung melewati H-B ke orang lain. Kebanyakan pembawa penyakit menular – yang berarti mereka dapat menyebarkan hepatitis B – selama sisa hidup mereka.

Infeksi Hepatitis B yang bertahan lama dapat menyebabkan penyakit hati yang serius seperti sirosis dan kanker hati. Sekitar 1 dari 5 orang dengan hepatitis B kronis meninggal karenanya. Ada obat yang bisa membantu mengobati infeksi H-B kronis.

Sebagian besar bayi yang terkena hepatitis B selama kelahiran mengalami infeksi kronis, kecuali jika mereka segera diobati. Tapi perawatan hampir selalu efektif jika bayi Anda mendapatkannya dengan cepat. Itulah mengapa penting bagi orang hamil untuk diuji H-B.

Bagaimana cara mendapatkan pengobatan hepatitis B?

Biasanya untuk orang dewasa, H-B hilang dengan sendirinya dan Anda tidak memerlukan perawatan. Dokter Anda mungkin menyuruh Anda untuk beristirahat, makan dengan baik, dan mendapatkan banyak cairan. Anda mungkin juga mendapatkan obat untuk membantu gejala yang mungkin Anda miliki – tapi pastikan untuk berbicara dengan dokter atau perawat Anda sebelum mengambil apapun.

Jika Anda memiliki hepatitis kronis (tahan lama), ada obat-obatan yang dapat Anda minum untuk mengobatinya. Dokter Anda akan memberi tahu Anda tentang pilihan Anda dan membantu Anda mendapatkan perawatan apa pun yang Anda butuhkan.
,
Apa yang perlu saya ketahui tentang hepatitis B?

Jika Anda memiliki H-B kronis, mendapatkan perawatan medis yang tepat dapat membantu Anda tetap sehat. Merawat hati Anda sangat penting. Bicarakan dengan dokter Anda sebelum Anda menggunakan obat resep, obat bebas, vitamin, atau suplemen gizi untuk memastikan tidak menyakiti hati Anda. Anda juga harus menjauhi alkohol, karena minum bisa merusak hati Anda.

Bagaimana cara mencegah hepatitis B

H-B menyebar melalui air mani, cairan vagina, darah, dan urin. Lindungi diri Anda dengan mendapatkan vaksin HPV, menggunakan kondom dan bendungan gigi, dan tidak berbagi jarum suntik.

Bagaimana cara menghindari hepatitis B?

Cara terbaik untuk menghindari hepatitis  adalah mendapatkan vaksin HPV.

Cara lain untuk membantu melindungi diri dari H-B dan Penyakit Menular Seksual PMS lainnya adalah dengan menggunakan kondom dan bendungan gigi selama seks oral, anal, dan vaginal. Anda bisa menggunakan kondom untuk seks vaginal, seks anal, dan seks oral pada penis. Dan Anda bisa menggunakan kondom terbuka, bendungan gigi, atau bungkus plastik untuk menutupi vulva atau anus saat melakukan oral seks. Mendapatkan tes PMS secara teratur merupakan cara penting lain untuk menjaga kesehatan Anda pada umumnya.

  • Jangan berbagi pisau cukur atau sikat gigi, karena bisa menyebarkan H-B jika mereka telah menulari darah pada mereka. Dan
  • Jangan berbagi jarum untuk tindikan, tato, atau obat penembakan – ini SUPER berbahaya dan dapat dengan mudah menularkan hepatitis  dan infeksi lainnya.

Saya menderita hepatitis B. Bagaimana cara menghindari penyebarannya?

Beritahu pasangan Anda jika Anda menderita H-B, jadi Anda dapat membicarakan bagaimana menurunkan risiko penyebarannya. Dorong pasangan Anda untuk mendapatkan vaksin H-B, dan gunakan kondom dan bendungan gigi saat Anda berhubungan seks.

Haruskah saya mendapatkan vaksin untuk hepatitis B?

H-B menyebar dengan mudah saat berhubungan seks, sehingga mendapatkan vaksin adalah cara terbaik untuk melindungi diri sendiri. Vaksin ini aman dan sangat efektif untuk mencegah H-B.

Bagaimana cara kerja seri vaksin hepatitis B?

Vaksin melindungi Anda dari virus H-B dengan membuat sistem kekebalan tubuh Anda membuat antibodi. Antibodi tersebut melindungi Anda dengan melawan virus jika pernah masuk ke tubuh Anda.

Biasanya, vaksin tersebut terbagi menjadi tiga suntikan berbeda – yang disebut jadwal vaksin H-B. Satu bulan setelah tembakan pertama Anda, Anda mendapatkan tembakan kedua. Enam bulan setelah tembakan pertama Anda, Anda mendapat tembakan ketiga. Jika Anda kehilangan dosis kedua atau ketiga, dapatkan segera setelah Anda mengingatnya.

Vaksin H-B ini sangat efektif. Ini bekerja dengan sangat baik untuk menurunkan jumlah orang yang terkena H-B setiap tahunnya.

Siapa yang harus mendapatkan vaksin hepatitis B?

Sebagian besar bayi sekarang mendapatkan vaksin HBV dari dokter mereka sebagai bagian rutin pemeriksaan mereka. (Vaksinasi rutin bayi telah direkomendasikan sejak 1991.)

H-B benar-benar menular. Anda dapat dengan mudah mendapatkannya melalui seks tanpa kondom atau kontak dengan darah atau urin yang terinfeksi. Jadi jika Anda belum pernah mendapatkan vaksin, ada baiknya Anda berbicara dengan dokter tentang mendapatkannya.

Seberapa aman vaksin hepatitis B?

Vaksin H-B benar-benar aman bagi kebanyakan orang. Sebagian besar bayi, anak-anak, dan orang dewasa sama sekali tidak memiliki masalah saat mendapatkan vaksin tersebut. Faktanya, lebih dari 100 juta orang di A.S. telah mendapatkan vaksinH-B.

Seperti semua obat, vaksin H-B mungkin memiliki beberapa efek samping ringan: nyeri, kemerahan, bengkak, atau gatal di sekitar tempat Anda mendapatkan suntikan, atau sedikit demam. Tapi hal ini tidak serius dan biasanya pergi cukup cepat. Ada risiko sangat kecil untuk memiliki reaksi alergi terhadap vaksin.

Jika Anda pusing, rasakan denyut jantung Anda sangat cepat, demam tinggi, merasa lemas, bercabang, atau mengalami kesulitan bernafas, segera dapatkan bantuan medis. Tapi sekali lagi, risiko memiliki alergi sangat kecil.

Jika saya sudah terkena H-B, bisakah vaksin itu mengobatinya?

Tidak. Vaksin hepatitis mencegah hepatitis, tapi tidak menyembuhkannya jika Anda sudah memilikinya. Jika Anda menderita hepatitis B, ada pilihan pengobatan lain.

Namun, jika Anda baru saja terkena virus H-B dan belum memiliki vaksinnya, segera beritahu dokter Anda. Vaksin dan kemungkinan pengobatan lainnya dapat mengurangi kemungkinan terkena hepatitis B jika Anda mendapatkannya dalam 2 minggu setelah Anda berhubungan dengan virus tersebut. Semakin cepat Anda mencari perawatan setelah terpapar H-B, semakin baik, maka cobalah segera ke sana.

Dimana saya bisa mendapatkan vaksin H-B?

Anda bisa mendapatkan vaksin H-B di kantor dokter Anda, klinik kesehatan masyarakat, departemen kesehatan, dan pusat kesehatan Planned Parenthood setempat Anda.

Kategori: Health

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *