Herpes adalah virus biasa yang menyebabkan luka pada alat kelamin dan / atau mulut Anda. Herves bisa menyebalkan dan menyakitkan, tapi biasanya tidak menimbulkan masalah kesehatan yang serius.

Herpes adalah infeksi umum yang bertahan di tubuh Anda seumur hidup. Lebih dari separuh orang Amerika memiliki herpes oral, dan sekitar 1 dari 6 orang Amerika memiliki penyakit herpes genital. Jadi kemungkinan beberapa orang yang Anda kenal memiliki herves.

Herpes disebabkan oleh dua virus yang berbeda namun serupa: virus herpes simpleks tipe 1 (HSV-1) dan herpes simplex virus tipe 2 (HSV-2). Kedua jenis itu bisa membuat luka muncul di dan sekitar vulva, vagina, leher rahim, anus, penis, skrotum, pantat, paha bagian dalam, bibir, mulut, tenggorokan, dan jarang, matamu.

Herves menyebar dari kontak kulit ke kulit dengan daerah yang terinfeksi, seringkali saat berhubungan seks, seks oral, seks anal, dan berciuman. Herves menyebabkan wabah gatal, lecet atau luka yang menyakitkan yang datang dan pergi. Banyak orang dengan herves tidak memperhatikan luka atau kesalahan mereka terhadap sesuatu yang lain, jadi mereka mungkin tidak tahu mereka terinfeksi. Anda bisa menularkan herves meski Anda tidak mengalami gejala atau gejala apapun.

Tidak ada obat untuk herves, namun pengobatan dapat mengurangi gejala dan menurunkan kemungkinan pemberian virus pada orang lain. Dan kabar baiknya adalah, wabah biasanya menjadi kurang sering seiring berjalannya waktu, dan meski herves terkadang tidak nyaman dan menyakitkan, itu tidak berbahaya. Orang dengan herves memiliki hubungan, berhubungan seks, dan menjalani kehidupan yang sehat sempurna.

 

Apa bedanya herpes genital dan herpes oral?herpes

Karena ada 2 macam jenis virus herpes simpleks (HSV-1 dan HSV-2) yang dapat hidup di banyak bagian tubuh, banyak orang bingung tentang apa yang harus dinamakan infeksi ini. Tapi sebenarnya cukup sederhana:

  1. Bila Anda mendapatkan HSV-1 atau HSV-2 pada atau di sekitar alat kelamin Anda (vulva, vagina, leher rahim, anus, penis, skrotum, pantat, paha bagian dalam), ini disebut herpes genital.
  2. Bila Anda mendapatkan HSV-1 atau HSV-2 di dalam atau di sekitar bibir, mulut, dan tenggorokan Anda, ini disebut herpes oral. Oral herpes luka kadang-kadang disebut cold sores atau demam lecet.

HSV-1 biasanya menyebabkan herpes oral, dan HSV-2 biasanya menyebabkan herpes genital – setiap regangan lebih memilih untuk tinggal di daerah favoritnya. Tapi sangat mungkin bagi kedua jenis herves simpleks untuk menginfeksi area manapun. Misalnya, Anda bisa mendapatkan HSV-1 pada alat kelamin Anda jika seseorang yang sakit dingin di bibir mereka memberi Anda seks oral. Dan Anda bisa mendapatkan HSV-2 di mulut Anda jika Anda memberikan seks oral kepada seseorang dengan HSV-2 pada alat kelamin mereka.

Bagaimana Anda mendapatkan herpes?

Herves mudah menyebar dari kontak kulit-ke-kulit dengan seseorang yang memiliki virus. Anda bisa mendapatkannya saat alat kelamin dan / atau mulut Anda menyentuh alat kelamin dan / atau mulut mereka – biasanya selama seks oral, anal, dan vaginal.

Herves dapat ditularkan bahkan jika penis atau lidah tidak pergi jauh-jauh ke dalam vagina, anus, atau mulut. Anda tidak harus cum untuk menyebarkan herves. Yang dibutuhkan hanyalah beberapa sentuhan kulit-ke-kulit yang cepat. Anda juga bisa mendapatkan herves dari mencium seseorang yang memiliki herpes oral.

Kulit pada alat kelamin, mulut, dan mata Anda bisa terinfeksi dengan mudah. Daerah lain dari kulit mungkin terinfeksi jika ada jalan bagi virus herpes untuk masuk, seperti melalui luka bakar, luka bakar, ruam, atau luka lainnya. Anda tidak perlu berhubungan seks untuk mendapatkan herves. Terkadang herpes dapat dilewatkan dengan cara yang tidak seksual, seperti jika orang tua dengan sakit dingin memberi Anda kecupan pada bibir. Kebanyakan orang dengan herves oral mendapatkannya saat mereka masih kecil. Seorang ibu bisa menularkan herpes genital ke bayi saat persalinan per vaginam, tapi itu sangat jarang terjadi.

Anda dapat menyebarkan herves ke bagian lain dari tubuh Anda jika Anda menyentuh herves sakit dan kemudian menyentuh mulut, alat kelamin, atau mata Anda tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Anda juga bisa melewati herves ke orang lain dengan cara ini.

Herpes paling menular saat luka terbuka dan basah, karena cairan dari herves lecet mudah menyebar virus. Tapi herves juga bisa “dicurahkan” dan diteruskan ke orang lain bila tidak ada luka dan kulit Anda terlihat normal.

Kebanyakan orang mendapatkan herves dari seseorang yang tidak memiliki luka apapun. Mungkin hidup di tubuh Anda selama bertahun-tahun tanpa menimbulkan gejala, jadi sangat sulit untuk mengetahui dengan pasti kapan dan bagaimana Anda mendapatkannya. Itulah mengapa begitu banyak orang memiliki herves – ini adalah infeksi yang cukup licik.

Karena virus mati cepat di luar tubuh, Anda tidak bisa mendapatkan herves dari memeluk, berpegangan tangan, batuk, bersin, atau duduk di kursi toilet.

Apa saja gejala herpes?

Gejala herpes yang paling umum adalah luka pada alat kelamin atau mulut Anda. Tapi sebagian besar waktu tidak ada gejala, sehingga banyak orang tidak tahu mereka memiliki herves.
,
Herpes mungkin tidak memiliki gejala apapun.

Anda atau pasangan Anda mungkin tidak memiliki gejala herpes yang dapat Anda lihat atau rasakan, atau tanda-tanda herpes mungkin sangat ringan sehingga Anda bahkan tidak menyadarinya. Terkadang orang membingungkan gejala herpes dengan hal lain, seperti jerawat, rambut tumbuh ke dalam, dan flu.

Gejala herpes datang dan pergi, tapi itu tidak berarti infeksi hilang atau Anda tidak bisa menyebarkannya ke orang lain. Begitu Anda memiliki herpes, itu tetap ada di tubuh Anda seumur hidup.

Gejala herpes genital yang paling umum adalah sekelompok gatal atau gatal pada vagina, vulva, serviks, penis, pantat, anus, atau bagian dalam paha Anda. Lepuhan pecah dan berubah menjadi luka. Anda mungkin memiliki gejala lain ini juga:

  • Terasa terbakar saat Anda kencing jika urin Anda menyentuh luka herves
  • Mengalami masalah kencing karena luka dan pembengkakan menghalangi uretra Anda
  • Gatal
  • Sakit di sekitar alat kelamin Anda

Jika herpes genital Anda disebabkan oleh HSV-2, Anda mungkin juga memiliki gejala mirip flu, seperti:

  • Kelenjar bengkak di daerah panggul, tenggorokan, dan di bawah lengan Anda
  • Demam
  • Panas dingin
  • Sakit kepala
  • Merasa sakit dan lelah

Saat melepuh dan gejala herpes genital lainnya muncul, itu disebut wabah. Wabah pertama (juga disebut “episode pertama” atau “herpes awal”) biasanya dimulai sekitar 2 sampai 20 hari setelah Anda terinfeksi herves. Tapi terkadang butuh waktu bertahun-tahun untuk wabah pertama terjadi.

Wabah herpes pertama berlangsung sekitar 2 sampai 4 minggu. Meskipun lecetnya hilang, virus tetap berada di tubuh Anda dan bisa menyebabkan luka lagi. Sangat umum terjadi wabah berulang, terutama selama tahun pertama Anda menderita herves. Anda mungkin memperhatikan beberapa tanda peringatan beberapa jam atau beberapa hari sebelum wabah menyala, seperti gatal, terbakar, atau perasaan tertekan pada alat kelamin Anda.

Wabah Herpes tidak menyenangkan, tapi yang pertama adalah yang terburuk. Wabah berulang biasanya lebih pendek dan kurang menyakitkan. Kebanyakan orang dengan herves mendapatkan wabah lebih sedikit seiring berjalannya waktu, dan beberapa berhenti memilikinya sama sekali.

Gejala herpes mungkin lebih menyakitkan dan bertahan lebih lama pada orang dengan penyakit yang merusak sistem kekebalan tubuh Anda – seperti leukemia dan HIV.

Gejala herpes oral

Biasanya, herves oral kurang menyakitkan dibanding herves genital dan tidak membuat Anda merasa sakit. Herves mulut menyebabkan luka pada bibir Anda atau di sekitar mulut Anda – disebut luka dingin atau lecet demam. Anda juga bisa mendapatkan luka di dalam mulut Anda, tapi itu biasanya hanya terjadi beberapa kali pertama Anda memiliki gejala.

Luka dingin berlangsung beberapa minggu kemudian hilang sendiri. Mereka bisa muncul lagi dalam beberapa minggu, bulan, atau tahun. Luka dingin menyebalkan, tapi biasanya tidak berbahaya pada anak-anak dan orang dewasa – mereka bisa sangat berbahaya bagi bayi yang baru lahir.

Haruskah saya diuji herpes?

Mendapatkan diuji adalah satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti apakah Anda memiliki herves. Jika Anda mengalami luka atau gejala herves lainnya, lihat perawat atau dokter.

Apakah saya menderita herpes?

Anda tidak tahu apakah Anda memiliki herves hanya dengan cara Anda melihat atau merasakan. Seperti semua PMS, satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti apakah Anda memiliki herves adalah untuk diuji.

Jika Anda melihat luka pada atau di sekitar alat kelamin Anda, segera periksa oleh perawat atau dokter sesegera mungkin. PMS lain, seperti sifilis, bisa terlihat seperti herves namun memerlukan perawatan yang berbeda. Jadi penting untuk mengetahui secara pasti apa yang sedang terjadi. Tanyakan pada perawat atau dokter Anda jika Anda harus menjalani tes herves.

Apa yang terjadi selama tes herpes?

Jika Anda mengalami lecet atau luka, dokter atau perawat Anda dengan lembut akan mengambil sampel cairan dari luka tersebut dengan kapas dan mengujinya.

Jika Anda tidak mengalami luka, bicarakan dengan dokter atau perawat Anda apakah tes darah untuk herves masuk akal untuk Anda. Tapi tes herves biasanya tidak disarankan kecuali Anda memiliki gejala.

Gagasan untuk diuji mungkin tampak menakutkan, tapi cobalah untuk bersantai. Tes STD adalah bagian rutin menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab dan menjaga kesehatan Anda. Dan tes herves cepat dan biasanya tidak menimbulkan rasa sakit.

Dimana saya bisa diuji herpes?

Anda bisa menjalani tes herves dan PMS lain di kantor dokter Anda, klinik kesehatan masyarakat, departemen kesehatan, atau pusat kesehatan Planned Parenthood setempat Anda.

Tes penyakit menular seksual/PMS biasanya bukan bagian pemeriksaan rutin atau pemeriksaan ginekolog – Anda harus memintanya. Jujurlah dengan perawat atau dokter Anda sehingga mereka dapat membantu Anda mengetahui tes mana yang terbaik untuk Anda. Jangan malu: Dokter Anda ada di sini untuk membantu Anda, bukan untuk menghakimi Anda.

Bagaimana saya mendapatkan pengobatan untuk herpes?

Tidak ada obat untuk herves. Tapi Anda bisa minum obat yang membuat wabah lebih pendek dan kurang menyakitkan, dan bisa membantu mencegah wabah di masa depan.

Apa pengobatan herpes?

Meskipun tidak ada obat untuk herves, ada banyak cara untuk mengobati gejala dan mengatasi infeksi. Obat herves membuat wabah hilang lebih cepat dan / atau mencegahnya untuk kembali sesering mungkin. Dokter Anda akan memberi tahu Anda tentang pilihan pengobatan terbaik untuk situasi Anda.

Jika Anda mengalami wabah, dokter Anda dapat memberi Anda obat untuk membantu menyembuhkan luka Anda lebih cepat. Anda juga bisa membantu meringankan rasa sakit dengan:

  • Mandi air hangat
  • Menjaga area genital Anda tetap kering (kelembaban membuat luka lebih lama)
  • Memakai pakaian yang lembut dan longgar
  • Meletakkan es di atas luka
  • Mengambil pereda nyeri seperti aspirin, ibuprofen (Advil, Motrin), atau acetaminophen (Tylenol).
  • Bagaimana saya bisa mencegah wabah herves?
  • Jika Anda memiliki banyak wabah herves, dokter Anda mungkin meminta Anda minum obat setiap hari – ini disebut terapi penekan. Ini dapat membantu mencegah wabah herves di masa depan, dan menurunkan kemungkinan Anda memberi herves ke pasangan Anda.

Apakah Anda meminum obat untuk mengobati herves, merawat diri sendiri dengan mengonsumsi makanan sehat, cukup tidur, dan menghindari stres bisa membantu mencegah wabah di masa depan.

Tidak ada yang tahu pasti apa yang memicu herves genital wabah. Infeksi lain, operasi, seks, menstruasi, iritasi kulit, dan stres dapat menyebabkan wabah. Sinar matahari, luka pada bibir Anda, atau infeksi lainnya dapat menyebabkan herves suar mulut. Cobalah untuk menghindari terbakar sinar matahari jika Anda memiliki herpes oral.

Epidemi herpes genital biasanya terjadi lebih jarang dan menjadi lebih pendek dan lebih lemah setelah beberapa tahun – apakah Anda diobati atau tidak.

Apa yang terjadi jika Anda tidak mendapatkan perawatan herpes?

Kabar baik tentang herves adalah bahwa itu tidak mematikan atau bahkan sangat berbahaya. Ini mungkin menyebalkan, tapi herves tidak bertambah buruk seiring waktu atau menyebabkan masalah kesehatan serius seperti penyakit menular seksual /PMS lainnya.

Jika Anda tidak dirawat karena herves, Anda mungkin terus mengalami wabah biasa, atau jarang terjadi. Beberapa orang secara alami berhenti mewabah setelah beberapa saat.

Ada beberapa alasan mengapa orang memutuskan untuk tidak mendapatkan perawatan. Mereka mungkin tidak memiliki banyak wabah, atau wabah mereka tidak terlalu mengganggu mereka. Atau mungkin mereka tidak berhubungan seks, jadi mereka sama sekali tidak khawatir memiliki herves. Apapun situasi Anda, dapatkan pengobatan untuk herves adalah pilihan Anda.

Memiliki herves dapat mempermudah penularan HIV, karena kelainan ini memberi HIV jalur terbuka ke tubuh Anda. Jadi selalu gunakan kondom untuk membantu mencegah penyebaran herves dan HIV.

Bagaimana herpes dicegah?

Genital herpes disebarkan dengan seks vaginal, anal, atau oral dengan seseorang yang memiliki virus. Menggunakan kondom dapat membantu menurunkan risiko memberi atau mendapatkan herves.

Bagaimana cara mencegah herpes

Genital herpes menyebar dari kontak kulit-ke-kulit seksual dengan seseorang yang memilikinya – termasuk seks vaginal, anal, dan oral. Jadi cara terbaik untuk menghindari herves dan PMS lainnya adalah tidak berhubungan dengan mulut atau alat kelamin orang lain.

Tapi kebanyakan orang melakukan hubungan seks di beberapa titik dalam hidup mereka, jadi mengetahui bagaimana memiliki seks yang lebih aman adalah penting. Menggunakan perlindungan seperti kondom dan bendungan gigi saat berhubungan seks membantu mengurangi risiko terkena PMS.

Herves dapat hidup di daerah tubuh Anda yang tidak dilindungi oleh kondom (seperti skrotum, pipi pantat, paha bagian atas, dan labia), sehingga kondom tidak akan selalu melindungi Anda dari herves. Tapi mereka menurunkan kemungkinan Anda terkena herpes.

Jangan berhubungan seks dengan siapapun selama wabah herves, karena saat itulah penyebarannya paling mudah. Tapi herves biasanya dilewatkan saat tidak ada gejala atau gejala, jadi penting untuk menggunakan kondom dan bendungan gigi, meski semuanya terlihat dan terasa A-OK.

Bagaimana saya bisa memastikan bahwa saya tidak memberi herpes pada seseorang?

Jika Anda tahu bahwa Anda menderita herves, cobalah untuk tidak panik. Ada beberapa cara agar Anda bisa menghentikan penyebarannya ke pasangan Anda dan bagian tubuh Anda yang lain.

  • Selalu gunakan kondom dan bendungan gigi selama seks oral, anal, dan vaginal.
  • Bicarakan dengan dokter Anda tentang minum obat herves setiap hari, yang bisa menurunkan kemungkinan penyebaran herves.
  • Jangan melakukan hubungan seks selama wabah herves, bahkan dengan kondom. Mungkin ada luka di tempat yang kondom tidak menutupi.
  • Pelajari bagaimana mengetahui kapan wabah datang, dan hentikan hubungan seks saat Anda melihat tanda-tanda ini. Anda mungkin merasakan perasaan terbakar, gatal, atau kesemutan yang membuat Anda tahu bahwa Anda akan mengalami luka.
  • Jangan melakukan hubungan seks sampai luka Anda benar-benar hilang, dan kudis sembuh dan jatuh.
  • Jangan menyentuh luka herves Anda, karena Anda bisa menyebarkan infeksi ke bagian lain tubuh Anda atau orang lain. Jika Anda menyentuh sakit, cuci tangan dengan sabun dan air segera.
  • Jangan membasahi lensa kontak dengan ludah – ini bisa menyebarkan herves oral ke mata Anda.
  • Jika Anda memiliki pilek di mulut Anda, jangan cium siapapun – terutama bayi, anak-anak, atau wanita hamil.
  • Selalu beritahu pasangan seksual Anda bahwa Anda memiliki herves sebelum Anda berhubungan seks, sehingga Anda dapat bekerja sama untuk mencegahnya menyebar. Memberitahu seseorang bahwa Anda menderita PMS bisa menjadi sulit, tapi herves sangat umum dan tidak menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Jadi cobalah untuk tidak terlalu malu atau stres tentang hal itu.
    Orang yang memiliki herves dua kali lebih mungkin terkena HIV sebagai orang yang tidak. Dan orang-orang yang memiliki herves dan HIV memiliki kemungkinan lebih besar untuk menularkan HIV ke pasangannya. Jadi sangat penting untuk menggunakan kondom untuk membantu melindungi diri dan pasangan Anda.

Hidup dengan Herpes

Mencari tahu apakah herpes bisa menjadi sulit, tapi itu bukan akhir dari dunia. Jutaan orang yang hidup dengan herves memiliki kehidupan dan hubungan yang hebat

Apa yang harus saya lakukan jika mengetahui bahwa saya menderita herves?

Mengetahui bahwa Anda memiliki herves adalah seorang gelandangan yang serius. Anda mungkin merasa marah, malu, malu, atau kecewa pada awalnya. Tapi Anda mungkin akan merasa jauh lebih baik seiring berjalannya waktu, dan Anda melihat bahwa memiliki herpes tidak harus menjadi masalah besar. Orang dengan herves memiliki hubungan dan menjalani kehidupan normal. Ada perawatan untuk herves, dan ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk memastikan Anda tidak memberi herves kepada siapa pun yang berhubungan seks dengannya.

Jutaan dan jutaan orang menderita herves – Anda pasti tidak sendiri. Kebanyakan orang mendapatkan setidaknya satu PMS seumur hidup mereka, dan memiliki herves atau penyakit menular seksual /PMS lain tidak perlu merasa malu atau malu. Itu tidak berarti Anda “kotor” atau orang jahat – itu berarti Anda adalah orang normal yang mendapat infeksi yang sangat umum. Kenyataannya adalah bahwa herves dapat terjadi pada siapa saja yang pernah dicium di bibir atau berhubungan seks – itu BANYAK orang.

Herves tidak mematikan dan biasanya tidak menimbulkan masalah kesehatan serius. Sementara wabah herves bisa mengganggu dan menyakitkan, flare-up pertama biasanya yang terburuk. Bagi banyak orang, wabah terjadi kurang dari waktu ke waktu dan akhirnya bisa berhenti sepenuhnya. Meskipun virus itu hang di sekitar tubuh Anda seumur hidup, itu tidak berarti Anda akan mengalami luka sepanjang waktu.

Hal terbaik yang harus dilakukan saat mengetahui bahwa Anda menderita herves adalah mengikuti petunjuk dokter untuk merawatnya. Jika Anda mengalami kesulitan dalam menghadapi berita tersebut, berbicara dengan teman dekat atau kelompok pendukung untuk orang yang hidup dengan herves mungkin membuat Anda merasa lebih baik.

Dan beritahu siapa saja yang berhubungan seks dengan herves Anda. Ini bukan percakapan yang paling mudah, tapi ini penting. Berikut adalah beberapa tipnya:

Bagaimana saya berbicara dengan orang tentang memiliki herpes?

Mungkin akan terasa menyeramkan untuk mengakui bahwa Anda menderita herves, namun membicarakan hal-hal benar-benar dapat mengurangi pikiran Anda. Anda bisa bersandar pada teman dekat yang tidak menghakimi yang Anda percaya untuk menjaga percakapan tetap rahasia. Orang tua, saudara laki-laki dan perempuan, bibi dan paman, dan anggota keluarga lainnya juga bisa menjadi sumber penghiburan. Ingat, herves benar-benar umum, jadi mungkin saja orang yang Anda ajak bicara memiliki herves juga.

Ada banyak kelompok pendukung online untuk orang-orang yang menderita herves, dan Asosiasi Kesehatan Seksual Amerika memiliki daftar kelompok pendukung yang bertemu secara langsung.

Apa yang perlu saya ketahui tentang berkencan dengan herpes?

Beberapa orang merasa seperti kehidupan cinta mereka berakhir ketika mereka mengetahui bahwa mereka memiliki herves, tapi itu tidak benar. Orang dengan herves memiliki hubungan romantis dan seksual satu sama lain, atau dengan pasangan yang tidak memiliki herves.

  • Berbicara tentang PMS bukan percakapan paling menyenangkan yang pernah Anda miliki. Tapi sangat penting untuk selalu memberi tahu rekan jika Anda menderita herves, jadi Anda dapat mencegah penyebarannya.

Tidak ada satu cara untuk membicarakan tentang PMS, tapi berikut beberapa tip yang mungkin bisa membantu:

  • Tetap tenang dan berjalan. Jutaan orang memiliki herves, dan banyak dari mereka berada dalam hubungan. Bagi sebagian besar pasangan, herves bukanlah masalah besar. Cobalah masuk ke percakapan dengan sikap positif dan tenang. Memiliki herves hanyalah masalah kesehatan – tidak mengatakan apapun tentang Anda sebagai pribadi.
  • Jadikan itu percakapan dua arah. Ingat bahwa PMS super umum, jadi siapa yang tahu? Pasangan Anda mungkin juga menderita herves. Jadi mulailah dengan menanyakan apakah mereka pernah pernah diuji atau mengalami STD sebelumnya.
  • Kenali fakta anda Ada banyak informasi salah tentang herves di luar sana, jadi bacalah fakta dan bersiaplah untuk mencatatnya dengan benar. Biarkan pasangan Anda tahu ada cara untuk mengobati herves dan hindari meneruskannya saat berhubungan seks.
  • Pikirkan waktu. Pilihlah saat ketika Anda tidak terganggu atau terganggu, dan tempat itu pribadi dan santai. Jika Anda gugup, Anda bisa membicarakannya dengan teman dulu, atau berlatih dengan berbicara kepada diri sendiri. Kedengarannya konyol, tapi mengucapkan kata-kata dengan lantang bisa membantu Anda tahu apa yang ingin Anda katakan dan merasa lebih percaya diri saat Anda berbicara dengan pasangan Anda.
  • Mungkinatan pertama. Jika Anda takut pasangan bisa menyakiti Anda, katakan secara pribadi mungkin tidak aman. Anda mungkin lebih baik dengan e-mail, teks, atau panggilan telepon – atau dalam kasus yang ekstrim, sama sekali tidak memberi tahu mereka sama sekali.
  • Cobalah untuk tidak memainkan permainan menyalahkan saat Anda berbicara dengan pasangan Anda. Jika salah satu dari Anda memiliki wabah herpes untuk pertama kalinya selama hubungan, itu tidak secara otomatis berarti seseorang tertipu. Gejala herpes bisa memakan waktu berhari-hari, minggu, bulan, atau bahkan bertahun-tahun untuk muncul setelah Anda terkena infeksi. Jadi biasanya sangat sulit untuk mengatakan kapan dan di mana seseorang mendapat herves. Yang paling penting adalah Anda berdua diuji. Jika ternyata hanya satu dari Anda yang memiliki herves, bicarakan bagaimana Anda bisa mencegah agar tidak terjadi.
  • Beritahu pasangan masa lalu Anda juga, agar mereka bisa diuji.

Akankah herpes mempengaruhi kehamilan saya?

Jika Anda memiliki herves genital untuk sementara dan Anda hamil, Anda mungkin tidak perlu khawatir – tidak mungkin Anda memberi herves pada bayi Anda saat kelahiran. Tapi Anda tetap harus membiarkan dokter Anda tahu bahwa Anda memiliki herves genital jika Anda hamil, tidak peduli apa.

Jika Anda mendapatkan herves saat Anda hamil, ini jauh lebih berbahaya – terutama di akhir kehamilan. Hal ini dapat menyebabkan keguguran atau menyebabkan Anda mengantre terlalu dini. Jika Anda memberi herves pada bayi Anda saat lahir, hal itu bisa menyebabkan kerusakan otak atau masalah mata. Jika Anda menderita herves saat Anda melahirkan, dokter Anda mungkin menyarankan agar Anda memiliki bagian C sehingga Anda tidak menyebarkan virus ini ke bayi Anda saat melahirkan.

Jika pasangan Anda menderita herves dan Anda tidak melakukannya, jangan melakukan hubungan seks vaginal, anal, atau oral tanpa kondom saat Anda hamil, karena itulah cara yang paling umum untuk mendapatkan herves. Dokter mungkin memberi tahu pasangan Anda untuk minum obat herves selama kehamilan Anda sehingga mereka cenderung tidak menularkan virus. Simak “Cara mencegah herpes” untuk belajar lebih banyak tentang bagaimana menghindari herves.

Herpes oral tidak berbahaya selama kehamilan atau kelahiran. Tapi jika Anda sakit pilu setelah melahirkan, jangan cium bayi Anda sampai sakit benar-benar sembuh.

Note: penulisan Herpes sengaja diganti dengan Herves demi kepentingan penulis

Kategori: Health

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *