Hewan Reptil

Dipublikasikan oleh admin pada

Hewan reptil ialah jenis hewan yang berjalannya dengan cara merayap atau melata.

Umumnya kita mengenal kata reptile ditujukan untuk hewan seperti ular dan buaya. Padahal selain dari dua hewan tersebut, masih ada banyak sekali hewan yang termasuk ke dalam jenis hewan reptil.

Pengertian Hewan Reptil

Apa yang dimaksud dengan hewan reptil? Kata reptil atau dalam bahasa inggris disebut reptile ialah berasal dari kata Reptum yang memiliki arti melata. Hewan reptile juga termasuk kelompok tetrapoda yaitu hewan berkaki empat. Istilah reptil/ reptile juga diambil dari kata reptans yang artinya melata atau merayap.

Pengertian reptile secara umum ialah sekelompok hewan vertebrata yang berdarah dingin serta memiliki sisik yang menutupi tubuhnya. Reptil juga dapat diartikan sebagai organism vertebrata yang memiliki tulang belakang yang melata dan sebagian besar berkaki empat, memiliki sisik yang menutupi seluruh permukaan tubuhnya dan bersifat poikiloterm (berdarah dingin). Hewan reptil termasuk ke dalam organism pertama yang dapat bertahan hidup di lingkungan yang kering.

Jadi, di seluruh tubuh hwan reptile memiliki sisik yang menutupi seluruh tubuhnya yang berfungsi untuk melindungi diri dari kekeringan. Selain memiliki sisik yang menutupi seluruh tubuhnya, reptil juga memiliki kaki-kaki pendek yang disertai dengan ekor yang panjang. Di setiap kakinya memiliki kuku jari yang tajam yang berfungsi sebagai perlindungan dan pertahanan diri.

Ciri ciri Hewan Reptilia

Hewan yang tergolong hewan reptilia tentu memiliki ciri khusus yang membedakan dengan jenis hewan yang lain. Ciri-ciri dari hewan reptil diantaranya yaitu:

  • Hewan reptile memiliki kulit bersisik atau sisi dan kering yang terbuat dari zat tanduk dimana berfungsi untuk melindungi dari kekeringan.
  • Hewan reptil berjalan dengan cara melata dimana seluruh tubuh akan bergerak menelungkup ke tanah, sedangkan untuk bangsa ular ia bergerak dengan cara mengerutkan otot di kedua sisi tulang belakang secara bergantian.
  • Hewan reptil mempunyai dua pasang kaki dan disetiap kaki terdapat cakar. Sedangkan untuk penyu, kakinya memipih berbentuk seperti kayuh untuk membantu ketika berenang.
  • Hewan reptil berkembang biak dengan cara bertelur (ovipar) dan bertelur melahirkan (ovovivipar). Fertilisasi secara internal, alat kelamin jantan disebut sebagai hemipenis.
  • Hewan reptil memiliki tulang belakang, yang berarti tergolong kelompok vertebrata.
  • Hewan reptil umumnya memiliki sisik (Scales). Sisik kecil berupa lempengan keras yang terbuat dari protein yang disebut dengan keratin. Sedangkan scute yaitu cangkang kura-kura dan kulit buaya yang sangat mirip dengan sisik atau scales. Baik dari sisik dan scute berfungsi untuk perlindungan fisik dan membantu mencegah kehilangan air melalui kulit.
  • Hewan reptil merupakan ektotermik atau berdarah dingin, dimana hewan reptil tidak dapat mengontrol suhu tubuhnya sendiri. Hewan berdarah dingin harus berjemur di bawah sinar matahari untuk menaikkan suhu tubuh mereka, dan mereka bergerak lebih cepat ketika suhu tubuhnya hangat.

Klasifikasi Hewan Reptil

Kategori: pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *