Penerapan Hukum Pascal dalam Kehidupan Sehari-Hari

Published by admin on

Dalam dunia fisika pasti anda sudah tidak asing dengan yang namanya hukum pascal. Dimana dalam hukum yang satu ini akan sangat berkaitan erat dengan yang namanya tekanan. Namun asal anda tahu, nyatanya untuk pascal ini sering dimanfaatkan untuk kegiatan sehari-hari. Adakah yang tahu apa saja penerapan hukumnya? Simak penjelasan di bawah ini. 

Apa yang Dimaksud dengan Hukum yang Bernama Pascal?

Jadi yang di namakan dengan hukum yang bernama pascal telah menyatakan bahwasannya tekanan ekstensial yang diberikan oleh zat cair pada area yang tertutup bakal di teruskan pada segala arah. Kemudian untuk tekanan yang terjadi pada titik fluida akan semakin meningkat dan sebanding bersama tekanan eksternal yang diberikan.

Hukum yang beri dengan naman pascal ini dulunya telah di nyatakan oleh seorang tokoh yang di beri nama Blaise Pascal. Ia adalah seoarang filsuf dan juga ilmuan prancis ternama. Perlu untuk di garis bawahi, bahwasannya pascal ini hanya berlaku pada fluida cair, gas, dan juga udara. sehingga untuk benda selain itu, tidak masuk dalam paparan hukum pascal

Contoh Penerapan Hukum yang Bernama Pascal

  1. Dongkrak Hidrolik

Ada banyak contoh yang bisa anda temukan pada penerapan hukum yang bernama pascal ini. Salah satu contoh yang bisa anda amati adalah dari dongkrak hidrolik. Jadi dongkrak hidrolik adalah alat yang menang di ciptakan untuk memudahkan segala macam aktivitas sehari-hari.

Dongkrak hidrolik ini terdiri dari dua tabung yang memiliki ukuran berbeda . dimana untuk masing-masing tabung telah diisi oleh air dan juga ditutup rapat di bagian permukaanya. Salah satu bagian yang penting dari dongkrak hidrolik ini adalah piston. Dimana pisoton akan memberikan daya yang besar meskipun tenaga yang dipakai untuk mengoperasikan alatnya cenderung kecil. 

Umumnya untuk dongkrak hidrolik inbi biasa anda temukan dengan mudah pada saat di bengkel. Diman benda yang satu ini akan dimanfaatkan untuk mengangkat mobil ke atas, sampai seorang mekaniknya bisa dengan mudah melihat mesin di bagian bawah. Atau dalam bengkel, hukum pascal juga bisa digunakan untuk kegiatan mengganti ban mobil. 

  1. Rem Hidrolik

Contoh dari penerapan pascal lain yang bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan menggunakan media cakram besi untuk mengerem kendaraan. Rem yang digunakan ini memiliki pipa hidrolik yang telah diisi oleh minyak untuk membantu dalam mempermudah aktivitas pengereman.

Pada bagian ujung pipa ini juga memiliki piston yaitu pedal dan juga cakram. Dimana untuk pedal adalah piston yang dekat dengan pedal rem. Sedangkan untuk yang cakram berguna untuk menghentikan laju dari cakram. Sehingga untuk kegiatan pengereman bisa dilakukan dengan mudah dan tepat.

  1. Kempa Hidrolik

Penerapan lain dari penggunaan hukum yang disebut dengan pascal ini adalah adanya kempa hidrolik. Jadi yang dinamakan dengan kempa hidrolik adalah alat yang umumnya digunakan untuk menumbuk berbagai macam biji-bijian. Dimana untuk proses penumbukan tersebut akan diambil minyaknya guna kebutuhan. Misalnya menumbuk kemiri untuk mendapatkan ekstraknya.

Tidak hanya untuk menumbuk berbagai macam biji-bijian, nyatanya alat kempa hidrolik pada hukum pascal ini juga sangat berguna untuk kegiatan percetakan plat logam. Ada yang tahu benda yang di buat dari percetakan menggunakan kempa hidrolik? Jadi benda yang di maksud tersebut antara lain adalah berbagai perabotan rumah tangga. Mislanya piring, panci, dan banyak yang lainnya.

  1. Pompa Hidrolik

Ada yang usdah tahu apa yang di maksud dnegan pompa hidrolik? Mungkin ada sebagian yang satu dan juga belum. Jadi pompa hidrolik ini adalah salah satu benda yang juga sangat erat kaitannya dengan penerapan hukum yang disebut pascal. Bagaimana tidak, sebab ia juga sangat berguna untuk memudahkan kehidupan manusia. Salah sataunya dengan mengangkat beban berat dengan tenaga kecil.

  1. Jarum Suntik

Banyak yang tidak percaya bahwasannya jarum suntik juga telah menerapkan hukum yang bernama pascal. Prinsip dalam penegakan hukum ini yaitu pada saat alat tersebut digunakan untuk memasukkan cairan ke dalam tubuh. dimana kegiatan tersebut akan disertai dengan memompa hingga cairannya bisa masuk dengan mudah.

  1. Mesin Pengepres Kapas

Contoh penerapan lain dari hukum pascal adalah bisa dilihat dari alat pengepres kapas. Dimana untuk cara kerjanya yaitu gaya akan ditekan menggunakan pompa yang mampu menekan pengisap kecil. Sehingga area penghisap besar bakal bergerak ke atas dan mendorong hingga kapas menjadi padat.

Kesimpulan yang bisa di ambil dari penjelasan di atas adalah bahwa hukum yang diberi nama pascal ini menyatakan bahwasannya tekanan eksistensial yang diberikan oleh zat cair pada area yang tertutup bakal diteruskan pada segala arah. Contoh penerapanya bisa dilihat dari dongkrak hidrolik, rem, kempa, pompa, jarum suntik, dan mesin pengepres kapas.

Categories: Fisika

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.