Investasi Properti (Rumah Atau Apartemen) ? Ketahui Jawabannya | Cekkembali
Investasi /  -

Investasi Properti (Rumah Atau Apartemen) ? Ketahui Jawabannya

Oktober 24th, 2016 | Posted in Investasi | |
2017-08-18 20:02

Sudah banyak di ketahui jika investasi properti merupakan salah satu sarana yang menguntungkan untuk di lakukan investasi. Investasi dengan menggunakan properti menjadi pilihan yang tepat ketika mempunyai dana untuk bisa menghasilkan. Properti adalah masih dalam lingkup yang besar karena banyak jenis properti yang bisa di gunakan sebagai Investasi. Properti bisa dalam sawah, tanah dan bangunan seperti rumah, ruko, apartmen dan bangunan lainnya. Berbagai jenis properti tersebut bisa Anda manfaatkan sebagai investasi yang mana dapat memberikan keuntungan untuk Anda di masa yang akan datang.

Investasi Properti

Seperti yang sudah di singgung bahwa properti merupakan sarana yang baik untuk bisa melakukan investasi. Rumah dan apartmen misalnya. Kedua jenis properti ini sangat berpeluang untuk menghasilkan keuntungan jika di gunakan untuk investasi. Mengapa? Setiap individu pasti membutuhkan rumah dan tempat tinggal bukan? Karena pada dasarnya setiap orang membutuhkan maka hal ini menjadi peluang besar tentunya bagi Anda. namun terlepas dari kebutuhan, sebenarnya rumah dan apartmen juga bisa menguntungkan.

Bagaimana berinvestasi dengan menggunakan rumah ataupun apartmen?

Hal dasar yang harus di ketahui adalah mengenai harga properti yang meningkat setiap tahunnya. Tentu dari fakta tersebut keuntungan sudah bisa di bayangkan bukan. Anda membeli properti untuk di jadikan sarana investasi yang memberikan keuntungan besar. Untuk investasi properti ini, bisa Anda lakukan dengan berbagai cara. Misalnya saja Anda membeli rumah yang sudah jadi yang kemudian Anda tawarkan lagi kepada orang lain. Atau bisa juga Anda menggunakan jasa atau produk KPR yang kemudian setelah rumahnya jadi Anda bisa menawarkannua dengan orang lain.

Keuntungannya adalah dari selisih harga saat ini atau pada saat Anda memesan atau membangunnya dengan harga beberapa tahun lagi ketika Anda menjualnya. Contohnya saja saat ini Anda membeli sebuah rumah dengan harga Rp 100 juta, bisa jadi tiga tahun kemudian rumah tersebut bisa di nilai sampai Rp 150 atau Rp 200 juta rupiah. Investasi yang menguntungkan jika Anda menjalankannya.

Memilih investasi properti yang baik

Nah, ketika Anda memutuskan untuk melakukan investasi properti maka satu hal yang harus di perhatikan adalah mengenai propertinya. Anda harus menentukan dan membeli properti yang benar- benar berkualitas dan memiliki potensi untuk menghasilkan keuntungan di masa yang akan datang. Ada beberapa tips dan cara memilih properti yang baik dan memiliki potensi untuk di jual kembali dengan harga yang lebih tinggi. Ada beberapa ciri- ciri yang menandakan sebuah properti tersebut berkualitas.

Pertama, lokasi properti. Lokasi properti sangat mempengaruhi harga dari properti tersebut. usahakan pilih properti yang berlokasi di daerah yang mudah terjangkau oleh banyak orang. Lebih baik lagi jika lokasi tersebut dapat di jangkau dengan transportasi umum. Properti di daerah perkotaan juga menjadi daerah yang di sukai oleh pengguna properti karena di perkotaan sudah terdapat fasilitas umum seperti rumah sakit, supermarket atau mall, sekolah dan fasilitas publik lainnya. Karena hal yang sering di cari atau di pertimbangkan oleh orang ketika hendak membeli properti adalah tempat atau lokasi properti tersebut.

Kedua, kualitas properti. Untuk bisa mengetahui kualitas properti ada beberapa hal yang harus di perhatikan. Yaitu mengenai kondisi dari properti seperti ukuran, bentuk, lingkungan dan hal- hal lain yang melekat pada properti tersebut.

Beberapa hal itulah yang bisa di gunakan untuk mencari properti yang berkualitas dan berpotensi menguntungkan untuk di masa yang akan datang. Apabila properti Anda mempunyai ciri- ciri yang di sebutkan di atas maka properti tersebut berpotensi untuk di gunakan sebagai sarana investasi.

Apartement atau rumah?

Setelah mengetahui ciri- ciri dari properti yang berpotensi menguntungkan untuk di gunakan investasi, sekarang yang menjadi pertanyaan ialah lebih baik mana antara rumah dengan apartemen? Jika di lihat sebenarnya kedua properti ini sama- sama berpotensi menguntungkan untuk di lakukan investasi. Namun tidak berarti keduanya tidak memiliki kekurangan. Nah, untuk lebih jelas dan detailnya mengenai kedua properti tersebut berikut kami berikan beberapa ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan rumah dan juga apartemen.

Kelebihan investasi Properti dalam bentuk rumah

Gampang dijual. Kelebihan dari rumah di bandingkan dengan apartmen adalah lebih mudah di jual. Kenapa? Alasannya cukup simpel, karena tidak semua orang suka dan nyaman tinggal di apartemen. Sepertinya lebih banyak orang yang lebih suka tinggal di rumah dengan lingkungan masyarakat.

Investasi properti

Bisa di gunakan jaminan kredit di bank. Kelebihan selanjutnya adalah rumah bisa Anda jadikan jaminan di bank. Jadi ketika Anda membutuhkan pinjaman dana di bank Anda bisa memanfaatkan rumah sebagai jaminan atas pinjaman yang Anda gunakan.

Lebih tinggi kenaikan harganya.

Jika di bandingkan dengan apartemen, harga rumah cenderung naik lebih tinggi. Mengapa? Sekali lagi karena rumah banyak yang berminat daripada apartemen.

Kekurangan investasi Properti ( rumah )

  • Penyusutan bangunan.

Kekurangan rumah pertama adalah bangunan rumah tersebut setiap tahun akan menyusut. Ini bukan berlaku untuk rumah saja melainkan semua peralatan atau aktiva tetap setiap tahun mengalami penyusutan sehingga bangunannya nilainya tak sama dengan ketika baru di bangun.

  • Resiko kebakaran.

Jika terjadi kebakaran, maka pemilik properti mengalami kerugian. Dan apabila ingin lebih aman dan mengurangi resiko kebakaran maka Anda harus mendaftarkan rumah tersebut ke asuransi sebagai keamanan. Namun konsekuensinya Anda harus membayar preminya setiap bulan.

Kelebihan investasi Properti dalam bentuk apartemen

Investasi apartemen
Rumah.com
  • Banyak fasilitas.

Untuk apartemen, biasanya suda di lengkapi dengan fasilitas- fasilitas yang memudahkan pengguna dalam menjalankan aktivitas dan juga memberikan kenyamanan. Jadi Anda tidak perlu memberikan fasilitas untuk pembeli apartemen tersebut nantinya.

  • Harga lebih murah.

Untuk harga apartemen semdiri sebenarnya tergantung pada lokasi dan besar dari apartemen itu sendiri. Namun jika di bandingkan dengan rumah dengan besar dan ukuran serta perlengkapan yang sama maka harganya cenderung lebih murah.

  • Harga sewa tinggi.

Kelebihan yang merupakan keuntungan dari pemilik apartemen adalah bisa menyewakannya dengan harga yang lebih tinggi. Tentu ini menjadi point plus yang tak luput dari perhatian Anda.

Kekurangan investasi Properti dalam Bentuk apartemen

  • Tidak memiliki hak guna bangunan (HGB)

Berbeda dengan rumah, apartemen tidak mempunyai HGB atau hak guna bangunan karena seperti yang di ketahui bahwa apartemen berada di satu tanah dimana mempunyai banyak lantai.

  • Tidak dapat di renovasi.

Kekurangan lainnya adalah Anda tidak bisa melakukan renovasi karena biasanya itu sudah merupakan ketentuan yang harus di sepakati oleh pengguninvestasi propertia.

  • Nilainya lebih rendah.

Nilai apartemen ini lebih rendah dari aslinya jika di gunakan sebagai jaminan ketika mengajukan pinjaman di bank.

Antara rumah dan apartemen merupakan properti yang sama- sama menguntungkan jika di gunakan untuk investasi. Namun memang masing- masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa di pertimbangkan. Semoga

Komentar