Kapitalisme

Dipublikasikan oleh admin pada

Intrudction

Sistem kapitalisme atau liberal mulai berkembang di Inggris pada abad pertengahan, setelah Adam Smith sebagaimana dikenal sebagai bapak ekonomi menerbitkan buku berjudul “The Wealth of Nation” Adam smith memiliki pandangan tentang kepentingan pribadi merupakan kekuatan pengendali kehiudupan ekonomi yang akan berjalan ke arah kemakmuran bangsa. Bila setiap individu diberikan kebebasan maka semua akan berusaha untuk mencapai kemakmuran untuk dirinya sendiri. Dengan demikian jika setiap individu sudah makmur, maka seluruh masyarakat akan makmur, sebab masyarakat tidak lain merupakan kumpulan dari individu.

Semboyan dari kaum liberal yakni “laissez faire” artinya biarkanlah. Makna dari semboyan ini adalah membiarkan mereka melakukan pekerjaan yg sesuai dengan keinginan mereka, biarkanlah produksi & harga ditentukan oleh permintaan dan penawaran di pasar bebas, tanpa adanya campur tangan dari pemerintah. Dalam hal ini pemerintah berperan sebatas menjaga keamanan, menegakkan hukum serta menyelenggarakan pekerjaan umum.

Pasca perang dingin dominasi dan kedigdayaan sistem ekonomi kapitalisme begitu terasa di berbagai belahan dunia, khususnya belahan bumi barat, dimana logika dan budaya sistem kapitalisme menjadi penggerak peradaban. Hadirnya sistem ekonomi kapitalisme tidak terlepas dari perseteruan politik antara negara negara barat yang dikenal sebagai blok barat dan negera bagian timur yang dikenal sebagai blok timur. Blok barat dalam mengembangkan prekonian menggunakan sistem ekonomi kapitalis, sementara blok timur menggunakan sistem ekonomi sosialis.

Melelui kekuatan dan propoganda yang dilancarkan negara negara barat mengenai penerapan sistem ekonomi kapitalis maka pandangan dunia mengenai ekonomi sistem kapitalis jauh lebih baik bila dibandingkan dengan sistem ekonomi sosialis.

Pengertian kapitalisme

Kapitalisme adalah sistem prekonomian dimana barang modal merupakan hal yang utama dan biasanya dimiliki perorangan atau pebisnis. Pasar merupakan medan utama untuk keberlansungan sistem ekonomi.  Produksi barang dan jasa didasarkan pada penawaran dan permintaan pasar.

Selain itu ada beberapa pengertian kapitalisme yaitu:

  • Kapitalisme merupakan sebuah sistem yg terintitusi di Eropa pada abad ke 16 sampai ke 19 yakni perkembangan perbankan komersial eropa, dimana sekelompok individu dpt bertindak sebagai badan tertentu yang dapat memiliki ataupun melakukan perdagangan benda milik pribadi, terutama pada barang seperti tanah maupun tenaga manusia, pada sebuah pasar bebas dimana harga ditentukan oleh permintaan dan penawaran, guna mendapatkan keuntungan dimana statusnya dilindungi oleh negara melalui hak kepemilikan serta tunduk pada hukum negara ataupun pihak yang telah terikat kontrak yang sebelumnya telah disusun secara jelas mengenai kewajiban baik secara eksplisit maupun secara implisit serta tidak semata mata tergantung kepada kewajiban & perlindungan yang diberikan oleh kepenguasaan feodal.
  • Kapitalisme adalah teori yang saling bersaing & berkembang pada abad ke 19 dlm konteks revolusi industri, dan abad ke 20 dalam konteks Perang Dingin, yang berkeinginanan untuk membenarkan kepelimikan modal, guna menjelaskan pengoperasian pasar sejenis itu, dan guna membimbing penggunaan maupun penghapusan peraturan pemerintah mengenai hak milik dan pasaran.
  • Kapitalisme dianggap sebagai suatu keyakinan tentang keuntungan dari menjalankan hal hal semacam itu
  • Kepatalisme adalah suatu sistem ekonomi yg mengatur mengenai proses produksi serta pendistribusian barang dan jasa dengan ciri – ciri : sebagian besar sarana produksi dan distribusi dimiliki oleh individu; barang dan jasa diperdagangkan di pasar bebas yang sifatnya kompetiitf dan modal kapital (baik dalam bentuk uang maupun kekayaan lainnya) di investasikan dalam berbagai bentuk usaha guna menghasilkan laba.

Sistem ekononi kapitalisme adalah sistem prekonomian dimana setiap orang diberikan kebebasan secara penuh untuk kegiatan prekonomian seperti; memproduksi barang, menjual dan  menyalurkan barang maupun kegiatan ekonomi lainnya. Sistem ekonomi kapitalis ini kemungkinan pemerintah turut ambil andil guna memastikan kelancaran dan keberlangsungan kegaitan ekonomi agar tetap berrjalan. Akan tetapi pemenrintah bisa saja tidak ikut campur tangan dalam hal kegiatan ekonomi ini.

Dari beberapa pengertian kapitalisme diatas ada beberapa elemen atau kata kunci yang kerap disebut definisi kapitalisme yakni: sistem, modal, kepemilikan, individu, proses produksi, kompetisi, pasar bebas, investasi serta keuntungan (profit)

Umumnya sistem ekonomi ini, nasib seseorang ditentukan individu tersebut, artinya seseorang menentukan nasibnya sendiri sesuai dengan kemampuannya. Semua dapat bersaing berbisnis melalui berbagai cara baik secara imprealisme yakni politik untuk menguasai  (secara paksa) di seluruh dunia guna kepentingan diri sendiri yang di bentuk sebagai imperium. Arti menguasai di sini tidak merebut kekuasaan melalui senjata, melainkan dijalankan dengan menggunakan kekuatan ekonomi, kultur agama, maupun ideologi secara paksa.

Ciri ciri ekonomi kapitalisme

Selain diatas telah disebutkan sepintas ciri ciri ekonomi kapitalisme (liberal) berikut beberapa ciri ciri ekonomi kapitalisme:

  1. Kepemilikan alat alat produksi seperti tanah, pabrik, mesin-mesin sebagian besar berada di pihak swasta baik secara individu maupun perusahaan. Setiap orang tanpa terkecuali memiliki kebebasan untuk memiliki alat produksi.
  2. Terdapat kebebasan berusahaa maupun dalam hal bersaing. Setiap individu bebas memilih lapangan pekerjaannya (mendirikan perusahaan), serta bebas bersaing dgn cara apapun. Proses produksi dilakukan oleh pengusaha swasta atas prakarsa dan tanggung jawab sendiir.
  3. Dari sisi produsen memiliki kebebasan dalam menentukan apa serta berapa banyak yang akan diproduksi, didorong oleh motif meraih keuntungan sebebesar-besarnya.
  4. Harga yang terbentuk di pasar bebas di tentukan melalui pertemuan antara permintaan dan penawaran.
  5. Pemerintah tidak dibenarkan ikut campur tangan dalam hal kehidupan ekonomi.

Prinsip-prinsip ekonomi kapitalisme

Menurut Ayn Rand terdapat tiga asumsi dasar dalam kapitalisme yakni, kebebasan individu, kepentingan diri (selfishness) dan pasar bebas. Menurutnya, kebebsan individu adalah kunci utama dalam ekonomi kapitalis, dikarenakan melalui pengakuan hak alama tersebut individu bebas berpikir, berkarya serta memproduksi  guna keberlangsungan hidupnya.

Selanjutnya Rand menambahkan bahwa manusia hidup pertama-tama untuk dirinya sendiri, bukan sebaliknya untuk kesejahteraan orang lain. Rand sendiri menolak keras kolektivisme, altruisme, dan mistisisme.  Konsep dasar bebas Rand merupakan aplikasi sosial dan pandangan epostimologinya yang natural meanistik.

Kelebihan dan kelemahan ekonomi kapitalisme

Kelebihan

  1. Sistem ekonimi kapitalisme atau libralisme memiliki daya adaftasi dan transformasi yang tinggi, sehingga mampu menyerap & memodiifikasi setiap menculnya kritik maupun rintangan guna memperkuat eksistensinya. Misalnya ancaman pemberontakan yang datang dari kaum buruh yang diramalkan Marx hingga saat ini tidak terwujud. Hal ini dikarenkan disatu sisi, kaum buruh mengalami pembekuan kesadaran kritis (reifikasi), & disisi lain, kelas borjuasi kapital memberikan “kebaikan hati” kepada kelompok buruh dengan konsep elfare state melalui negara. Melalui dua sisi ini , pada giliranna kelompok kapitalis mendapatkan persetujuan (consent) untuk mendominasi masyarakat melalui apa yang disebut sebagai Gramsci sebagai hememoni politik, ekonomi, & budaya. Heilbroner berpendapat rezim kapital memiliki kemampuan untuk memperoleh kepatuhan massa dengan memunculkan “patriotisme” ekonomik yang membius masyarakat.
  2. Dari alasan pertama diatas, Peter Berger berpendapat bahwa masa depan ekonomi dunia akan berada dalam gemgaman kapitalisme.
  3. Kreativitas budaya kapitalisme serta kapasitasnya menyerap ide ide & toleransi terhadap berbagai pemikiran. Menurut Rand, kebebasan serta hak individu telah memberikan ruang gerak pada manusia dalam berinovasi dan berkarya guna tercapainya keberlangsungan hidup serta kebahagian. Atas dasar pemikiran ini Bernard Murchland dengan penuh keyakinan menaruh harapan bahwa ekonomi sistem kapitalise demokratis adalah humanisme yang dapat menyelematkan peradaban manusia.

Kelemahan

Sistem ekonomi kapitalisme  selain membawa prekonomian menjadi maju pesat (dalam hal industri dan perdagangan), sistem ekonomi juga mengakibatkan kesengsaraan bagi banyak orang. Diantara keburukan atau kelemahan sistem ekonomi adalah:

  1. Konsentrasi (terpusat) pengusaan ekonomi terdapat pada kelompok tertentu, yang mengakibatkan sistem monopoli. Tidak selamanya mekanisme pasar merupakan sistem persaingan sempurna, ada kalanya dimana harga ditentukan oleh permintaan pembeli dan penawaran dalam jumlah yang banyak. Kenyataannya satu atau beberapa perusahaan raksasa menguasai pasar. Dalam hal ini mereka memiliki kuasa besar dalam menentukan harga, serta menentukan jumlah yang ditawarkan. Mereka akan membatasi produksi pada saat mereka ingin memproleh tingkat keuntungan maksimum.
  2. Terdapat ketimpangan serta ketidakmerataan dalam pembagian pendapatan; hal ini mengakibatkan memperlebar jurang antara kelompok yang kaya dengan kelompok miskin. Kebebasan yang tidak memiliki bats dan kegiatan ekonomi berakibat merugikan golongan ekonomi lemah, sebab mereka akan kalah dalam persaingan. Perusahaan skala bersaing dengan perusahaan kecil, yang berujung pada “kanibalisme” kekayaan akan bertambah pada kelompok yang kuat, sementara golongan ekonomi yg lemah semakin terperosot, yaitu kelompok pengusaha kecil & kaum buruh.
  3. Kehidupan ekonomi cendrung tidak stabil; terdapat gelombang konjungur. Melalui mekanisme pasar bebas mengakibatkan prekonomian selalu mengalami fluktuatif dan tidak teratur. Pada saat tertentu akan mengalami kemakmuran yg tinggi, tetapi ada kalanya pada masa berikutnya akan mengalami kemerosotan yang luar biasa. Pada saat tertentu pengusahaan memperoleh tingkat keuntungan yang tinggi, dan pada masa berikutnya mengalami kehancuran. Begitu juga halnya dari segi inflasi dan pengangguran akan muncul pada saat ketidakstbilan ekonomi, dan ini akan merugikan masyarakat banyak.

sumber:

  1. Modul 5: Sistem prekonomian
  2. Eksistensi Sistem Ekonomi Kapitalis di Indonesia
  3. Kapitalisme: Tinjauan Historis-Filosofis
Kapitalisme adalah?

Kapitalisme adalah sistem prekonomian dimana barang modal merupakan hal yang utama dan …

Sebutkan ciri ciri ekonomi kapitalisme?

Selain diatas telah disebutkan sepintas ciri ciri ekonomi kapitalisme (liberal) berikut beberapa ciri ciri ekonomi kapitalisme:

Jelaskan prinsip ekonomi kapitalis

Menurut Ayn Rand terdapat tiga asumsi dasar dalam kapitalisme yakni, kebebasan individu, kepentingan diri (selfishness) dan …

Sebutkan kelebihan sistem ekonomi kapitalisme

Sistem ekonimi kapitalisme atau libralisme memiliki daya adaftasi dan transformasi yang tinggi, sehingga

Sebutkan kelemahan sistem ekonomi kapitalis

Konsentrasi (terpusat) pengusaan ekonomi terdapat pada kelompok tertentu, yang mengakibatkan …..

Kategori: pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *