Keuntungan mengajukan kartu kredit via online
Keuangan dan Kredit /  -

Keuntungan mengajukan kartu kredit via online

Desember 28th, 2016 | Posted in Keuangan dan Kredit | |
2017-08-18 19:53

Kalau ada cara yang mudah untuk apa ngantri ke bank

Di era digital sekarang membuat orang dimanjakan, pasalnya hampir 70-80% kebutuhan bisa terpenuhi melalui ujung jari, mulai dari pembelian, tagihan/pembayaran sampai dengan pengajuan permohonan kartu kredit via online dll dapat dilakukan.

kartu kredit online

Gencarnya penawaran dari pihak bank, baik secara online maupun ofline menunjukkan meningkatnya penggunaan kartu kredit dari tahun ke tahun sekaligus menunjukkan kartu kredit sebagai pembayaran terpopuler. Selain menyediakan fasilitas pendaftaran online pihak bank juga menawarkan promo menarik bagi pengguna kartu kredit mereka. Berikut sejumlah keuntungan mengajukan kartu kredit via online

  • Dari segi waktu lebih hemat

Hampir semua bank memberikan fasilitas pendaftaran kartu kredit online, bagi anda yang super sibuk silahkan manfaatkan fasilitas ini karena tidak perlu lagi kebank. Sama seperti apply kta online alat yang dibutuhkan bisa menggunakan komputer yang terhubung dengan internet, maupun dari smart phone anda. Hanya hitungan detik setelah afilikasi anda terkirim akan diproses pihak bank.

  • Lebih aman

Pendaftaran via online dianggap lebih aman dan nyaman bila dibandingkan anda harus datang ke bank dengan membawa dokumen yang dibutuhkan seperti ktp, npwp, slip gaji, dll kebanyangkan bila salah satu ada yang tertinggal anda harus bolak balik lagi.

Dengan sistem online semua persyaratan yang dibutuhkan dapat di upload dan kirim via oline sisanya bilamana data yang diperlukan secara fisik baru anda lengkapi.

  • Lebih Cepat

Karena anda tidak perlu kantor bank setempat otomatis lebih cepat. Setalah data anda terkirim tinggal menunggu proses dan persetujuan dari pihak bank. Bilamana permohonan anda dapat diterima pihak bank akan mengkonfirmasi permohonan yang anda ajukan tadi.

  • Tidak perlu antri berjam-jam

Dari pada menunggu nomor antrian berjam-jam yang begitu membosankan lebih ajukan via online, keuntungan lain pengajuan secara online promo yang ditawarkan berlaku sebagaimana promo yang ditawarkan secara konvensional.

  • Tidak perlu biaya transposrtasi

Bila anda mengajukan pinjaman secara konvensional setidaknya anda harus mengeluarkan biaya bensin atau ongkos untuk angkutan umum.

Dari segi persyaratan dan pengajuan online tiap bank berbeda-beda tergantung vendor bank tersebut. Untuk apply kartu kredit BCA : apply di sini

Hal yang harus diketahui ketika mengajukan kartu kredit baik secara online maupun ofline

Meski berbagai kemudahan yang ditawarkan pihak untuk menarik calon nasabah, belum tentu semua aflikasi yang masuk diterima 100%. Mereka akan memproses mana saja yang layak diberi fasilitas kartu kredit tersebut. Pihak bank akan mempertimbangkan dan memberi keutamaan bagi pemohon yang telah memiliki kartu kredit sebelumnya. Selain itu, berikut yang harus anda ketahui setelah pengajuan kartu kredit.

  •  Pilih vendor yang paling terpercaya

Seperti dijelaskan terdahulu pihak marketing bank bisa membujuk anda untuk pengajuan kartu kredit tersebut, sebaiknya jangan sempat anda termakan bujuk rayu tersebut yang menawarkan persyaratan yang mudah dan cepat, karena setiap bank memiliki SOP sendiri dalam memberikan sesuatu termasuk dalam pemberian kartu kredit online dan ofline untuk itu anda harus bijak memilih vendor yang bagus dan tinggalkan vendor yang abal-abal.

liat lainnya: Ketahui Modus pencurian data kartu kredit

  • Sebaiknya pertimbangkan sebelum mengajukan permohon kartu kredit

Satu hal yang harus anda camkan, fasilitas kartu kredit yang anda pakai nantinya bukanlah faslitas tambahan  yang diberikan kepada anda karena pihak bank berbaik hati kepada anda, malainkan anda dibebankan biaya seperti biaya kartu, cicilan dan bunganya. Oleh karenanya jangan terlalu mudah menggunakan kartu sakti tersebut. Pastikan dalam penggunaannya harus bijak serta kondisi keuangan anda benar benar stabil kalau tidak bisa saja kartu kredit anda menajadi bumerang dikemudian hari

  • Bayar tagihan tepat waktu

Saat sekarang banyak dari bank memberikan konvensasi kepada debitur diantaranya anda diperbolehkan membayarkan 10% dari total tagihan. Fasilitas tersebut boleh saja anda manfaatkan ketika keadaan keuangan anda tidak mendukung, namun bila keuangan anda stabil upayakan membayar secara penuh, sebab bila anda membiasakan membayar tagihan minimum bisa jadi anda akan dibebankan bunga semakin membengkak tentunya akan membuat anda pusing nantinya.

  • Faslitas kartu kredit bukan peruntukan modal usaha

Sekali lagi fungsi dari kartu kredit adalah sebagai pembayaran non tunai yang memudahkan anda tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak. Bila anda sempat berpikir untuk menggunakan fasilitas tersebut sebagai modal usaha sebaiknya hilangkan keinginan anda tersebut. Menjalankan usaha tingkat pemula dengan menggunakan modal dari kartu kredit cukup beresiko tinggi, biasanya dalam menjalankan usaha untuk pemula perlu modal dan upaya ekstra. Bilamana usaha yang rintis tersebut anda cukup beruntung dan bagaimana jadinya bila usaha yang dirintis sementara uang yang dipakai berasal dari kartu kredit. Sebaiknya pertimbangkan sekali lagi.

  • Karekteristik/jenis kartu

Setiap kartu umumnya berbeda dengan kartu yang lainnya, bila anda meiliki kartu kredit  X mungkin saja berbeda dengan kartu kredit Y yang dimiliki temanmu tergantung pada partner bank itu sendiri. Umumnya fasilitas yang ditawarkan berupa cicilan dan diskon di toko tertentu yang sudah bekerja sama dengan pihak bank tersebut.

  • Biaya biaya

Berikut sejumlah biaya yang harus anda ketahui

– Biaya Tahunan

– Biaya Materai

– Biaya Keterlambatan

– Biaya Bunga

– Biaya Kelebihan Pemakaian (over limit)

– Biaya Konversi Mata Uang Asing

– Biaya Keterlambatan Membayar Tagihan

– Biaya Penggantian Kartu

– Biaya Pembatalan Cicilan

– Biaya Pengembalian Cek/Giro

 

Komentar

One comment on “Keuntungan mengajukan kartu kredit via online

  1. Sekarang memang sudah jamannya serba online,tujuannya untuk lebih mempermudah segala urusan.