Kata kata bijak islami I

 

Balasan Berbuat Baik – Kata bijak tentang perintah berbuat baik kepada orang lain

 

“Barang siapa yang ingin do’a nya terkabul dan dibebaskan dari kesulitannya hendaklah ia mengatasi (menyelesaikan) kesulitan orang lain”

(HR Ahmad)

Ini kisah mengenai salah satu keluarga Arab Saudi yang tingaal di Pinggiran kota Riyadh. Karena sang istri menderita kanker darah stadium 4, keluarga ini merekrut Seorang TKW asal Indonesia untuk mendapingi dan merawat sang Istri

Seminggu TKW ikut keluarga saudi ini, sang istri yang menderita kanker darah ini curiga pada sang pembantu karena bolak balik ke kamar mandi dan berlama lama. Suatu pagi ia menanyai sang pembantu kenapa sering ke kamar mandi dan berlama lama

Sang TKW menjelaskan bahwa dua puluh hari yang lalu ia baru melahirkan anak. Kerena sangat butuh uang, ia mendaftar menjadi TKW, dan berangkat ke Saudi dengan biaya pinjam kiri kanan. Karena kedua susunya selalu penuh susu ASI-nya, ia terpaksa harus sering sering ke kamar mandi untuk mengeluarkan ASI-nya karena kalau tidak, akan terjadi peradangan. Ia bercerita sambil terus membayangkan bagaimana kondisi bayinya yang ditinggal di Indonesia.

Sang majikan perempuan ini pun iba, lalu segera mem booking-kan pesawat. Ke esokan harinya ia memanggil sang TKW sekaligus menyedorkan dua amplop berisi tiker pesawat, paspor, dan gaji selama dua puluh empat bulan (sesuai perjanjian kontrak dua tahun)

“Saya tidak tega, saya dapat merasakan perasaan seorang ibu. Pulanglah ke kampungmu, jika suatu hari kamu ingin kembali, silakan. Dengan senang hati kami akan tetap menerimamu dengan tangan terbuka. Ini nomor telepon kamii jika perlu” kata sang majikan.

Sang pembantu gembira sekali dan sangat berterima kasih akan kebaikan hati majikannya. Ia pun segera pulang ke tanah air.

Keadaan sang majikan sendiri ternyata tiap hari terus membaik meskipun tanpa pembantu. Ia kedokter langganannya untuk periksa. Dokter kaget, seolah tidak percaya. Untuk meyakinkan, dokter mengulangi beberapa kali CT-scan, endoskopi darah berulang ulang. Hasilnya tetap menunjukkan 100% sembuh total. Ia bersih dari kanker.

Dokter bertanya, bagaimana ini bisa sembuh? Obat apa yang anda minum? Ia hanya berkata” Pesan Rasullah saw., Obatilah yang sakit dengan perbanyak bersedekah”

Sumber: Hamid Husain

Hikmah

  1. “Dan apa saja yang menimpa kamu adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri.” (asu-Syu’araa’: 30)
  2. “Obatilah orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah” (HR Abu Daud, dihasankan oleh al-bani dalam Shahihul jami)

 

Jika Pemimpin Baik Tidak Terpilih, Itu Cerminan Rakyatnya _ kata kata bijak tentang pemimpin

“Hendaklah kamu mendengar, patuh, dan taat (kepada pemimpinmu) dalam masa kesenangan (kemudahan dan kelapangan), dalam kesulitan dan kesempitan, dalam kegiatanmu, dan saat mengalami hal hal yang tidak menyenangkan sekalipun keadaan itu merugikan kepentinganmu”

(HR Muslim dan an – Nasa’i)

 

Jika pemimpin baik tidak terpilih, artinya rakyat juga jelek

 

  وَكَذَلِكَ نُوَلِّي بَعْضَ الظَّالِمِينَ بَعْضًا بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

“Dan, demikianlah kami jadikan sebagian orang orang zalim berteman sesamanya, sesuai dengan apa yang mereka kerjakan (al’An’am : 129)

 

كاما تاكونو يووالا عليكم

:Bagaimanapun keadaan kalian (rakyat), begitulah keadaan pemimpin kalian.” (catatan: ungkapan ini dijadikan judul sebuah risalah yang ditulis oleh Syekh Abduk Malik Ramadhani al-Jazair)

 

Alkisah ada seorang khwarij yang datang menemui Ali bin Abi Thalib seraya berkata.”Wahai Khalifah Ali, mengapa perintahmu banyak dikritik oleh orang, tidak sebagaimana pemerintahan Abu Bakar dan Umar? “ Ali Menjawab,” Karena pada zaman Abu Bakar dan Umar yang menjadi rakyat adalah aku dan orang orang yang semisalku, sedangkan rakyatku adalah kamu dan orang orang semisalmu.”

(syarah Riyadhus Shalihin, Syekh Muhammad bin Shalih al Utsaimin)

Hikmah

  1. ‘Janganlah orang orang mukmin mengambil orang orang kafir menjadi pemimpin (pelindung) dengan meninggalkan orang orang mukmin. Barang siapa yang berbuat demikian, niscaya lepaslah ia dari pertolongan Alllah” (Ali’Imraan : 28)
  2. “Wahai orang orang yang beriman, taatilah Allah, taatilah rasulnya dan ulil amri diantara kalian (an-Nisaa :59)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *