xs5M4GkuYo9Wdq76U1bDyJzyZC_7gUJJvQn6LmWUT5Y Kumpulan kata kata bijak islami | Cekkembali

Kesempurnaan hakiki 

Semakin kita mencari kesempurnaan, semakin kita pula tak akan pernah mendapatkannya. Karena sejatinya, kesempurnaan yang hakiki tidak pernah ada, yang ada hanyalah keihklasan hati untuk menerima kekurangan.

(Guru dari Khalil Gibran)

Suatu hari, Khalil Gibran bertanya kepada gurunya, “Bagaimana cara agar kita mendapatkan suatu yang paling sempurna dalam hidup?”

Sang guru menjawab, “ Berjalanlah lurus di taman bunga, lalu petiklah bunga yang paling indah menurutmu dan jangan pernah kembali ke kebelakang!”

Setelah berjalan dan sampai di ujung taman, Khalil Gibran kembali dengan tangan hampa. Sang guru bertanya, “ Mengapa kamu tidak mendapatkan bunga satupun?”

“Sebenarnya tadi aku sudah menemukannya, tetapi aku tidak memetiknya karena aku pikir mungkin yang didepan pasti ada yang lebih indah. Namun, ketika aku sudah sampai di ujung, aku baru sadar bahwa yang aku lihat tadi adalah yang terindah, dan akupun tak bisa kembali ke belakang lagi, “jawabnya”

Sambil tersenyum sang guru berkata, “Ya, itulah hidup, semakin kita mencari kesempurnaan, semakin pula kita tak akan pernah mendapatkannya. Karena sejatinya, kesempurnaan yang hakiki tidak pernah ada, yang ada hanyalah keikhlasan hati kita untuk menerima kekurangan”

Bila tidak bisa memberi, jangan mengambil

Bila mengasih terlalu sulit, jangan membenci

Bila tak mampu menghibur orang, jangan membuatnya sedih

Bila tak mungkin meringankan beban orang lain, jangan mempersulit/memberatkannya

Bila tak sanggup memuji, jangan menghujat

Bila tak bisa menghargai, jangan menghina

Jangan mencari kesempurnaan, tetapi  sempurnakanlah apa yang telah kita dapatkan

Hikmah

Semakin kita mencari kesempurnaan, semakin kita tidak akan pernah mendapatkannya karena sejatinya, kesempurnaan yang hakiki tidak pernah ada, yang ada hanyalah keihklasan hati kita untuk menerima kekurangan.

Lima pesan penting kehidupan

“Ambillah kesempatan lima sebelum lima: mudamu sebelum tua, sehatmu sebelum sakit, kayamu sebelum melarat, hidupmu sebelum mati, dan senggangmu sebelum sibuk”

(HR al-Hakim dan Baihaqi)

Berikut beberapa kata kata atau nasihat yang sangat berharga untuk kita

Jangan didik anakmu untuk menjadi orang kaya. Namu, didiklah anakmu untuk merasa bahagia agar ketika mereka tumbuh dewasa mereka akan menghargai sesuatu dari nilainya, bukan harga.

Pemenang kata kata terbaik di Londong: Jadikan makananmu sebagai obatmu. Jika tidak, engkau akan menjadikan obatmu sebagai makananmu.

Seorang yang mencintai tidak akan pernah meninggalkanmu. Walaupun ada 100 alasan untuk melepasmu, ia pasti akan mencari 1 alasan untuk mempertahankanmu.

Menjadi mansuia (human being) dan menjadi manusiawi (being human) sangat berbeda. Hanya segelintir orang yang memahami ini.

Kamu dikasih ketika lahir. Kamu akan dikasihi ketika akan wafat. Diantara kedua fase kehidupan itu, kamu harus memeliharanya. Maksudnya, memelihara cinta dan kasih sayang kepada sesama.

Ungkapan bagus dari orang bijak:” Jika engkau ingin berjalan cepat, berjalanlah sendirian, Namun, jika engkau ingin berjalan jauh, jalanlah bersama –sama.”

Tujuh dokter terbaik di dunia

  • Air putih
  • Sinar matahari
  • Olahraga
  • Istrahat
  • Diet
  • Percaya diri
  • Memiliki banyak teman

Pertahankan semua hal diatas setiap saat dan nikmatilah hidup yang sehat.

Jika kamu melihat bulan, kamu melihat keindahan Allah. Jika kamu melihat matahari, kamu melihat kekuatan Allah dan jika kamu bercermin, kamu melihat karya Allah yang terbaik. Jadi, percayalah pada dirimu sendiri.

Kita semua adalah pelancong dan Allah adalah agen perjalanannya yang akan mengatur serta memperbaiki alur, pemesanan, dan tujuan. Jadi, percayalah pada Allah dan nikmati perjalananmu yang kamu sebut sebagai “kehidupan”

Hikmah

Saat kita memperhatikan alam, manusia dan kehidupan, kita akan mendapat sesuatu yang sangat seimbang dan sempurna tanpa cacat. Sesuatu yang apik seolah olah tidak henti – hentinya diatur oleh sesuatu Dzat. Sesuatu itu tentunya adalah wajib adanya seperti wajibnya keberadaan seseorang  pembuat kursi atas sebuah kursi dapat kita inderakan

Sesuatu itu adalah mesti bersifat mahakuasa dan maha sempurna serta hamacerdas dikarenakan terlihatnya ciptaan ciptaan yang begitu agung, begitu indah, dan teratur yang berada pada diri kita, di sekeliling kita tempat menjalani kehidupan, yang keberadaannyya begitu nyata.

 Lihat juga:

kata kata bijak islami bagian I kata kata bijak islami bagian II kata kata bijak islam bagian III
kata kata bijak islami bagian IV Pelajaran tentang kehidupan Keistimewaan perempuan
Kategori: Renungan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *