Klamidia | Penyakit Menular Seksual

Dipublikasikan oleh admin pada

Penyakit menular seksual / PMS yang sangat umum disebabkan oleh infeksi bakteri. Seringkali tidak memiliki gejala, tapi mudah diobati begitu didiagnosis.

Apa itu Klamidia?

Klamidia adalah infeksi bakteri yang mudah disembuhkan dengan obat antibiotik. Ini adalah salah satu PMS yang paling umum, dan kebanyakan orang yang menderita chlamydia tidak menunjukkan gejala apapun.

 Klamidia

Klamidia Sangat Umum Terjadi.

Chlamydia adalah infeksi bakteri umum yang bisa Anda dapatkan dari kontak seksual dengan orang lain. Hampir 3 juta orang Amerika mendapatkannya setiap tahun, paling sering berusia antara 14-24 tahun.

Klamidia menyebar melalui seks vaginal, anal, dan oral. Infeksi dibawa dalam air mani (cum), pre-cum, dan cairan vagina. Klamidia bisa menginfeksi penis, vagina, leher rahim, anus, uretra, mata, dan tenggorokan. Kebanyakan orang dengan Chlamydia tidak memiliki gejala dan merasa baik-baik saja, jadi mereka mungkin bahkan tidak tahu mereka terinfeksi.

Klamidia dapat dengan mudah dibersihkan dengan antibiotik. Tapi jika Anda tidak mengobati chlamydia, hal itu bisa menyebabkan masalah kesehatan utama di masa depan. Itu sebabnya pengujian STD sangat penting – semakin cepat Anda tahu bahwa Anda menderita chlamydia, semakin cepat Anda bisa menyembuhkannya. Anda bisa mencegah Chlamydia dengan menggunakan kondom setiap kali berhubungan seks.

Klamidia biasanya menyebar selama kontak seksual dengan seseorang yang memiliki infeksi. Hal itu bisa terjadi meski tidak ada yang cums. Cara utama orang mendapatkan Chlamydia adalah memiliki seks vaginal dan seks anal, tapi juga bisa disebarkan melalui seks oral.
Jarang, Anda bisa mendapatkan Chlamydia dengan menyentuh mata Anda jika Anda memiliki cairan yang terinfeksi di tangan Anda. Chlamydia juga bisa disebarkan ke bayi saat lahir jika ibunya memilikinya.

Chlamydia tidak menyebar melalui kontak biasa, jadi Anda TIDAK BISA mendapatkan Chlamydia untuk berbagi makanan atau minuman, berciuman, berpelukan, berpegangan tangan, terbatuk-batuk, bersin, atau duduk di toilet.
Menggunakan kondom dan / atau bendungan gigi setiap kali berhubungan seks adalah cara terbaik untuk mencegah Chlamydia.
Orang yang terinfeksi Chlamydia biasanya tidak memiliki gejala, sehingga kebanyakan orang tidak tahu mereka memilikinya. Jika Anda melihat tanda-tanda Chlamydia, teruji. Inilah yang harus dicari.

Klamidia Biasanya Tidak Memiliki Gejala.

Gejala Klamidia susah ditemukan, karena Anda mungkin tidak akan memiliki gejala apapun yang dapat Anda lihat atau rasakan. Terkadang tanda-tanda Chlamydia sangat ringan sehingga orang tidak memperhatikannya, atau mereka salah mengenali gejala lain. Sebagian besar waktu, orang bahkan tidak menyadari bahwa mereka memiliki chlamydia – itulah alasan mengapa infeksi ini umum terjadi (dan mengapa sangat penting untuk diuji).

Klamidia dapat menyebabkan infeksi serius dan bahkan infertilitas jika Anda tidak mengobatinya. Tapi biasanya mudah disembuhkan dengan obat jika Anda menangkapnya lebih awal. Inilah sebabnya mengapa pengujian STD reguler begitu penting, tidak peduli seberapa sehat Anda rasakan.

Tanda-tanda klamidia

Jika Anda memiliki gejala Chlamydia, mereka bisa memakan waktu beberapa minggu setelah Anda terkena infeksi. Gejala Chlamydia bisa muncul pada pria dan wanita, termasuk:

  • Sakit atau terbakar saat buang air kecil
  • Sakit saat berhubungan seks
  • Sakit perut bagian bawah
  • Vaginal discharge (mungkin kekuning-kuningan dan memiliki bau yang kuat)
  • Pendarahan di antara periode
  • Mengeluarkan nanah atau cairan encer / susu dari penis
  • Testis bengkak atau empuk
    dll

Pencegah Penyakit Klamidia

Bagaimana Saya Bisa Menghindari Klamidia?

Chlamydia menyebar melalui cairan seksual seperti air mani (cum), pre-cum, dan cairan vagina. Jadi cara terbaik untuk menghindari Chlamydia dan PMS lainnya adalah dengan tidak melakukan hubungan seks dengan vagina, anal, atau oral sama sekali. Ini tidak bekerja untuk kebanyakan orang, jadi di sanalah kondom dan bendungan gigi masuk. Mereka benar-benar membantu menurunkan kesempatan Anda terkena PMS jika Anda berhubungan seks.

Mendapatkan tes Penyakit Menular secara teratur merupakan cara penting lain untuk menjaga kesehatan Anda.

Bagaimana Saya Memastikan Bahwa Saya tidak Menularkan Seseorang Klamidia?

Jika Anda tahu bahwa Anda menderita chlamydia, jangan panik. Chlamydia mudah disembuhkan, dan ada beberapa cara untuk memastikan Anda tidak menyebarkannya ke orang lain.

  • Beritahu pasangan seksual masa lalu dan sekarang Anda memiliki klamidia, sehingga mereka bisa diuji dan diobati juga.
  • Jangan pernah berhubungan seks dengan seseorang selama 7 hari sejak Anda mendapatkan atau memulai perawatan.
  • Mitra seks Anda juga harus diobati sebelum berhubungan seks dengan siapa pun, termasuk Anda.
  • Setelah Anda selesai melakukan perawatan dan mulai berhubungan seks lagi, tetap baiknya menggunakan kondom setiap saat berhubungan seks.
  • Mengatakan kepada seseorang bahwa Anda memiliki chlamydia bukanlah gagasan seseorang tentang saat yang tepat. Tapi infeksi itu benar-benar, BENAR-BENAR biasa dan mudah disembuhkan, jadi usahakan jangan terlalu malu atau stres soal itu. Begitu Anda selesai berbicara, Anda berdua bisa diperlakukan dan menjalani hidup Anda.
Kategori: Health

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *