Komunikasi Massa

Dipublikasikan oleh admin pada

Fungsi Komunikasi Massa

Komunikasi massa secara umum memiliki beberapa fungsi diantaranya sebagai berikut:

  1. Penafsiran (Interpretation)

Fungsi penafsiran atau (interpretation) biasanya berbentuk komentar atau opini yang ditujukan kepada konsumen, serta dilengkapi dengan perspektif (sudut pandang) terhadap berita atau tayangan yang disajikan, sehingga membentuk suatu pertalian berdasarkan kepentingan dan minat yang sama tentang sesuatu.

  1. Penyebaran nilai-nilai (Transmission Of Values)

Fungsi penyebaran nilai-nilai umumnya dengan cara media massa itu ditonton, didengar, atau dibaca. Media massa itu memperlihatkan kepada kita bagaimana mereka bertindak dan menunjukkan apa yang mereka harapkan.

  1. Hiburan (Entertainment)

Fungsi hiburan ialah berfungsi sebagai penghibur yang tujuannya ialah untuk mengurangi ketegangan pikiran konsumen itu sendiri.

  1. Fungsi Informasi

Fungsi informasi ialah media massa berfungsi sebagai penyebar informasi bagi pembaca, pendengar, atau pemirsa yang menikmatinya.

  1. Fungsi Pendidikan

Fungsi komunikasi massa salah satunya ialah fungsi pendidikan dimana memberikan pendidikan adalah dengan melalui pengajaran etika, nilai, serta aturan aturan yang berlaku bagi pembaca atau pemirsanya.

  1. Fungsi Mempengaruhi

Fungsi mempengaruhi ialah secara implisit terdapat pada tajuk atau editorial, features, iklan, artikel dan lain sebagainya.

  1. Fungsi Proses Pengembangan Mental.

Fungsi proses pengembangan mental ialah media massa sangat  berkaitan dengan prilaku dan pengalaman kesadaran manusia.

  1. Fungsi Adaptasi Lingkungan

Fungsi ini ialah penyesuaian diri terhadap lingkungan konsumen yang mampu beradaptasi dengan lingkungannya dengan didorong oleh media massa. Maka dari itu seseorang dapat lebih mengenal lingkungannya.

  1. Fungsi Memanipulasi Lingkungan

Fungsi memanipulasi lingkungan ialah berusaha untuk mempengaruhi dan komunikasi yang dimanfaatkan sebagai alat kontrol utama dan pengaturan lingkungan.

  1. Fungsi Meyakinkan (To Persuade)

Fungsi meyakinkan ialah fungsi komunikasi massa untuk mengukuhkan atau memperkuat sikap, kepercayaan atau nilai seseorang. Mengubah sikap, kepercayaan, atau nilai seseorang. Menggerakan seseorang untuk melakukan sesuatu.

Media Komunikasi Massa

Komunikasi massa digunakan dalam kehidupan sehari-hari melalui media atau perantara diantaranya menggunakan :

  1. Media Cetak

Media cetak merupakan salah satu media komunikasi massa yang pertama dan sampai saat ini masih cukup eksis. Pada dasarnya kita mengenal dua jenis media cetak, yaitu Surat Kabar atau Koran dan Majalah. Surat kabar atau koran ialah media yang mempunyai fungsi utama yaitu:

    • Menginformasikan kepada pembaca atau penikmat secara objektif tentang apa yang terjadi pada suatu komunitas masyarakat, hingga negara bahkan dunia.
    • Memberikan komentar berita dengan mengembangkannya dalam suatu fokus kajian berita.
    • Menyediakan keperluan informasi bagi pembaca melalui iklan-iklan.
    • Mengabarkan berita terkait lingkungan masyarakat untuk membantu dalam kondisi-kondisi tertentu.
    • Memberikan hiburan bagi pembaca melalui konten yang menarik seperti cerita humor, komik, cerpen dan sebagainya.
    • Menjadi agen informasi bagi pembaca serta menjadi saranan perjuangan untuk memperoleh hak.
  1. Media Elektronik

Media elektronik merupakan salah satu media massa yang mempunyai peranan yang sangat penting dalam perkembangannya. Media elektronik yaitu media massa yang menggunakan listrik sebagai tenaga untuk menjalankannya (elektronik). Ada berbagai media yang termasuk ke dalam media elektronik yaitu diantaranya:

    • Radio

Radio ialah media elektronik pertama dan tertua di dunia. Radio sendiri memiliki keunggulan dimana sangat luwes untuk digunakan, dan bisa berada dimana saja baik dirumah, kantor, mobil, kamar tidur dan lain sebagainya. Maka dari itu, radio menjadi tren dan fenomena yang cukup besar pada masanya. Selain menyampaikan informasi, radio juga menjadi sarana hiburan yang pernah menjadi primadona.

    • Televisi

Setelah radio, muncullah televisi sebagai media elektronik yang lebih modern. Adanya televisi pada dekade berikutnya membuat pergeseran yang cukup signifikan pada penggunaan media elektronik.

Munculnya televisi ini membuat radio mulai tenggelam dan  ditinggalkan. Kelebiohan televisi  dibandingkan dengan radio ialah bahwa televisi tidak hanya mampu menampilkan suara (audio), namun juga bisa menampilkan gambar bergerak (video). Hingga saat ini, televisi masih menjadi primadona media komunikasi massa di seluruh dunia.

  1. Media Digital

Selain media cetak dan elektronik, kini muncul media lain yaitu media digital yang mungkin dapat dikatakan media inilah yang sekarang mendominasi komunikasi massa yang ada. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di kehidupan manusia mengakibatkan munculnya media komunikasi massa yang sangat mudah dengan didukung adanya Internet sehingga sangat mudah untuk memperoleh informasi dari berbagai penjuru dunia.

Selain itu, pergeseran penggunaan media elektronik ke media digital bergerak juga begitu cepat. Hampir setiap orang saat ini mempunyai smartphone dan menggunakan internet. Komunikasi massa saat ini jauh lebih mudah karena didukung juga dengan lahirnya media sosial seperti Facebook, Twitter, instagram dan lain sebagainya.

Lihat juga

12345

Kategori: pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *