Konsumen

Dipublikasikan oleh admin pada

Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Mengambil Keputusan

Sebelum memutuskan untuk membeli barang atau jasa, ada banyak hal yang menjadi pertimbangan konsumen, mulai dari faktor lingkungan hingga faktor pribadi yang ada pada diri konsumen tersebut. Menurut Lia Natalia, 2010: 4) menyebutkan faktor faktor konsumen dalam mengambilkan keputusan diantaranya:

  1. Faktor eksternal (faktor yang mempengaruhi untuk mengambil keputusan berbelanjan), antara lain;
    • Keluarga, banyak keputusan saat berbelanja dilakukan untuk konsumsi keluarga secara keseluruhan. Ritel harus dapat memahami bagaimana suatu keluarga mengambil keputusan belanja & bagaimana keluarga lainnya mempengaruhi keputusan ini.
    • Kelompok yang dijadikan sebagai acuan, merupakan kelompok satu atau lebih yang digunakan konsumen sebagai pembanding untuk kepercayaan, perasaan maupun perilaku.
    • Budaya, merupakan faktor mendasar dalam pembentukan norma-norma yang dimiliki seseorang yang selajutnya membentuk atau mendorong keinginan dan perilakunya mnejadi seorang konsumen. Budaya dalam hal ini mencakup hal hal yang dapat dipelajari dari keluarga, tetangga, teman, guru maupun tokoh masyarakat.
  1. Faktor internal (faktor internal seseorang yang mempengaruhi keputusan berbelanja), antara lain;
    • Aspek peribadi; konsumen yang satu dengan yang lain memiliki perbedaan dikarenakan faktor faktor peribadi yang mereka miliki, misalnya dari segi usaha, kemampuan dari segi keuangan, gaya hidup, keperibadian, maupun konsemp hidup.
    • Aspek psikologis; faktor ini meliputi mulai dari motivasi, persepsi, kepercayaan dan perilaku sera proses belajar yang dilalui konsumen

Lihat juga

Perilaku KonsumenPengertian Pasar
PerusahaanPermintaan dan Penawaran

Sumber:

  1. Pengertian Konsumen dan perlindungan konsumen
  2. UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 8 TAHUN 1999
  3. A. Tinjauan Tentang Konsumen 1. Pengertian Konsumen
  4. Kajian Pustaka 1. Pengertian Konsumen
Kategori: pendidikan

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *