xs5M4GkuYo9Wdq76U1bDyJzyZC_7gUJJvQn6LmWUT5Y [Materi Koperasi] pengertian, jenis, fungsi dan sumber dana koperasi menurut ahli

Pengertian Koperasi 

Koperasi merupakan salah satu bentuk badan hukum yang sudah lama dikenal di Indonesia. Pelopor pengembangan perkoperasian di Indonesia adalah Bung Hatta, dan sampai saat ini beliau dikenal sebagai bapak koperasi.

Dalam perjalanannya koperasi yang sebenarnya sangat sesuai dengan jiwa bangsa Indonesia justru perkembangannya tidak menggembirakan. Koperasi yang dianggap sebagai anak kandung dan tulung punggung ekonomi kerakyatan justru hidupnya timbul tenggelam, sekalipun pemerintah telah berjuang keras untuk menghidupkan dan memberdayakan koperasi ditengah tengah masyarakat. Bagitupula besarnya kemudahan yang diperoleh oleh badan hukum koperasi melalui berbagai fasilitas, namun tidak banyak mengubah kehidupan koperasi itu sendiri. Memang tidak dapat dipungkiri memang ada sebagian kecil koperasi yang masih eksis ditengah masyarakat. Lalu apa sebenarnya badan hukum koperasi, apa tujuan pendirian koperasi, dan kegiatan apa saja yang dijalankan oleh badan hukum tersebut?

Koperasi merupakan suatu kumpulan dari orang orang yang mempunyai tujuan atau kepentingan bersama. Jadi koperasi merupakan bentukan dari sekelompok orang yang memiliki tujuan bersama. Kelompok orang inilah yang akan menjadi anggora koperasi yang didirikannya. Pembentukan koperasi berdasarkan asas kekeluargaan dan gotong royong khususnya untuk membantu para anggotanya yang memerlukan bantuan baik berbentuk barang maupun pinjaman uang.

Dalam praktiknya terdapat banyak jenis jenis koperasi. Pendirian jenis koperasi tidak lepas dari keinginan para anggota koperasi tersebut. Pada tulisan kali ini akan membahas mengenai lembaga keuangan dan pembiayaan. Koperasi yang dapat dikategorikan sebagai lembaga pembiayaan adalah koperasi simpan pinjam.  Walaupun banyak pihak tidak memasukkannya sebagai lembaga pembiayaan.

Adapun alasan kali ini koperasi simpan pinjam sebagai lembaga pembiayaan dikarenakan usaha yang dijalankan koperasi simpan pinjam adalah usaha pembiayaan, yaitu menghimpun dana darai para anggotanya atau masyarakat umum. Hal ini tentunya sesuia dengan ciri ciri dan defenisi lembaga keuangan yang kegiatannya menghimpun dan menyalurkan dana atau kedua – duanya.

Dalam menjalankan kegiatannya koperasi simpan pinjam memungut sejumlah uang dari setiap anggota koperasi. Uang yang dikumpukan para anggota tersebut, kemudian dijadikan modal untuk dikelola oleh pengurus, dipinjamkan kembali bagi angggota yang membutuhkannya.

Koperasi menurut para ahli

Ada beberapa ilmuwan seperti Carvert misalnya, ia memberi defenisi tentang koperasi sebagai organisasi organisasi orang orang yang hasratnya dilakukan sebagai manusia atas dasar kesamaan untuk mencapai tujuan ekonomi masing masing.

Sementara Drs. A. Chaniago memberi defenisi koperasi sebagai suatu perkumpulan yang beranggotakan orang orang atau badan hukum yang memberi kebebasan masuk dan keluar sebagai anggota dengan bekerja sama secara kekeluargaan menjalankan usaha, untuk mempertinggi kesejahteraan jasmaniah para anggotanya.

Organisasi Buruh Sedunia (International Labor Organization/ILO), dalam resolusinya nomor 127 yang dibuat pada tahun 1966, membuat batasan mengenai ciri ciri utama koperasi yaitu:

  1. Merupakan perkumpulan orang orang
  2. Yang secara sukarela bergabung secara bersama
  3. Untuk mencapai tujuan ekonomi yang sama
  4. Melalui pembentukan organisasi bisnis yang diawasi secara demokratis dan
  5. Yang memberikan kontribusi modal yang sama dan menerima bagian resiko dan manfaat yang adil dari perusahaan dimana anggota aktif berpatisipasi.

Dari berbagai pengertian yang ada mengenai koperasi, terdapat hal hal yang menyatukan pengertian tentang koperasi, antara lain sebagai berikut:

  1. Koperasi adalah: perkumpulan orang orang yang mempunyai kebutuhan dan kepentingan ekonomi yang sama, yang ingin dipenuhi secara bersama melalui pembentukan  perusahaan bersama yang dikelola dan diawasi secara demokratis
  2. Koperasi adalah perusahaan, dimana orang orang berkumpul tidak untuk menyatukan modal atau uang, melainkan sebagai akibat adanya kesamaan kebutuhan  dan kepentingan ekonomi,
  3. Koperasi adalah perusahaan yang harus memberi pelayanan ekonomi kepada anggota

Sedangkan pengertian koperasi dalam uraian ini adalah koperasi sebagaimana dimaksud dalam undang undang republik indonesia nomor 25 tahun 1992, tentang perkoperasian, yang mendefenisikan kopersai sebagai “Badan Usaha ynag beranggotakan orang – seorang atau badan- badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat berdasarkan asas kekeluargaan.

Nilai – nilai Koperasi

Dalam pernyataan koperasi seindonesia, tahun 1995, tentang Jatidiri, nilai nilai koperasi dirumuskan sebagai berikut:

Koperasi Bekerja berdasarkan nilai – nilai

  1. Nilai – nilai organisasi
  • Menolong diri sendiri
  • Tanggung jawab diri sendiri
  • Demokrasi
  • Persamaan
  • Keadilan
  • Kesetikawanan
  1. Nilai – nilai etis
  • Kejujuran
  • Tanggung jawab sosial
  • Kepudilian

Landasan Koperasi di Indonesia

Disamping melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip prinsip koperasi yang berlaku secara universal, keberadaan  koperasi di Indonesia adalah juga berdasarkan landasan idiil, yaitu pancasila  dan landasan struktural, yaitu undang undang dasar 1945.

Fungsi dan Peran Koperasi

  1. Fungsi Koperasi sebagai berikut:
  • Memenuhi kebutuhan anggota untuk memajukan kesejahteraan
  • Membangun sumber daya anggota dan masyarakat
  • Mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota
  • Mengembangkan aspirasi ekonomi anggota dan masyarakat
  • Membuka peluang kepada anggotanya untuk mengaktualisasi diri dalam bidang ekonomi secara optimal
  1. Peran Koperasi antara lain sebagai berikut:
  • Wadah peningkatan taraf hidup dan ketangguhan berdaya saing para anggota koperasi dan masyarakat di lingkungannya
  • Bagian integral dari sistem ekonomi nasional
  • Pelaku strategis dalam sistem ekonomi rakyat
  • Wadah pencerdasan anggota dan masyarakat di lingkungannya

Sumber Sumber Dana Koperasi  

Sumber dana merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan koperasi simpan pinjam dalam rangka memenuhi kebutuhan dana para anggotanya. Bagi anggota koperasi yang kelebihan dana diharapankan untuk menyimpan dananya dikoperasi dan kemudian oleh pihak koperasi dipinjamkan kepada masyarakat luas.

Setiap anggota koperasi diwajibkan untuk menyetor sejumlah uang sebagai sumbangan pokok anggota, disamping itu, ditetapkan pula sumbangan wajib kepada para anggotanya. Kemudian sumber dana lainnya dapat diperoleh dari berbagai lembaga baik lembaga pemerintah maupun lembaga swasta yang kelebihan dana.

Secara umum sumber dana koperasi adalah sebagai berikut:

  1. Dari para anggota koperasi berupa
  • Iuran wajib
  • Iuran pokok
  • Iuran sukarela
  1. Dari luar koperasi
  • Badan pemerintah
  • Perbankan
  • Lembaga swasta lainnya

Pembagian keuntungan diberikan kepada para anggota sangat tergantung kepada keaktifan para anggotanya dalam meminjamkan dana. Sebagai contoh dalam koperasi simpan pinjam semakin banyak seorang anggota meminjam jumlah uang, maka pembagian keuntungan semakin besar dibandingkan dengan anggota yang tidak meminjam, demikian pula sebaliknya.

Kategori: pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *