Kutil kelamin -Genital Warts | Penyakit Menular Seksual

Dipublikasikan oleh admin pada

Kutil kelamin adalah benjolan kulit berwarna atau keputihan yang muncul pada alat kelamin atau anus Anda. Anda juga bisa memiliki virus yang menyebabkan genital warts namun tidak memiliki gejala apapun.

Kutil kelamin biasa terjadi dan disebabkan oleh jenis HPV tertentu. Kutil kelamin bisa menyebalkan, tapi bisa diobati dan tidak berbahaya.

Kutil kelamin disebabkan oleh HPV

kutil kelamin

Kutil kelamin muncul di kulit di sekitar alat kelamin dan anus Anda. Mereka disebabkan oleh beberapa jenis human papillomavirus (HPV). Anda mungkin pernah mendengar bahwa beberapa jenis HPV dapat menyebabkan kanker, tapi TIDAK jenis yang sama yang memberi Anda genital warts.

HPV bisa menjadi penyakit menular seksual yang rumit untuk dimengerti. Ini adalah PMS yang paling umum, tapi sebagian besar waktu berlalu dengan sendirinya. Terkadang jenis HPV “berisiko tinggi” dapat berkembang menjadi kanker jika tidak diobati. Jenis HPV “berisiko rendah” lainnya dapat menyebabkan kutil pada vulva, vagina, leher rahim, rektum, anus, penis atau skrotum. Kutil kelamin biasa terjadi – sekitar 360.000 orang mendapatkannya setiap tahun.

Bagaimana Anda mengetahui tertular kutil kelamin

Anda mendapatkan kutil kelamin dari kontak kulit-ke-kulit dengan seseorang yang terinfeksi, seringkali selama seks vaginal, anal, dan oral. v bisa menyebar meski tidak ada yang cums, dan penis tidak harus masuk ke dalam vagina atau anus untuk mendapatkannya. Anda dapat menyebarkannya bahkan saat Anda tidak memiliki kutil yang terlihat atau gejala lainnya, meskipun itu kurang umum. Anda juga bisa melewatiGenital Warts ke bayi saat persalinan per vaginam, tapi itu sangat jarang terjadi.

Kutil kelamin berbeda dari kutil yang mungkin Anda dapatkan di tempat lain di tubuh Anda. Jadi Anda tidak bisa mendapatkan Genital Warts dengan menyentuh diri Anda (atau pasangan) dengan kutil yang ada di tangan atau kaki Anda.

Anda lebih cenderung melewati Genital Warts saat Anda mengalami gejala. Jadi jika Anda melihat kutil, yang terbaik adalah diuji dan dirawat untuk membantu menurunkan risiko genam kutil pada pasangan.

Apa saja gejala kutil kelamin

Genital Warts terlihat seperti benjolan berwarna kulit atau keputihan yang muncul pada vulva, vagina, leher rahim, penis, skrotum, atau anus. Mereka terlihat seperti potongan kembang kol kecil. Anda bisa memiliki hanya satu kutil atau sekeping dari mereka, dan mereka bisa menjadi besar atau kecil. Mereka mungkin gatal, tapi sebagian besar waktu mereka tidak terluka.

Tidak semua benjolan pada alat kelamin adalah kutil. Ada infeksi lain dan kondisi kulit normal yang mungkin terlihat seperti kutil tapi ada hal lain. Jika Anda pikir Anda memiliki genital warts, penting untuk diperiksa oleh perawat atau dokter.

Kapan kutil kelamin biasanya berkembang?

Perlu beberapa minggu, bulan, atau bahkan bertahun-tahun setelah Anda berhubungan seksual dengan seseorang yang memiliki Genital Warts agar bisa muncul. Itulah mengapa sangat sulit untuk mengetahui kapan Anda terkena infeksi HPV yang menyebabkannya, atau siapa yang mengirimkannya kepada Anda.

Anda bisa terkena virus dan tidak pernah benar-benar terkena kutil, sehingga Anda bisa terinfeksi dan tidak memiliki gejala apapun. Beberapa orang hanya mendapat kutil sekali, dan kemudian tidak pernah mendapatkannya lagi. Beberapa orang memiliki kutil yang berkembang lebih dari sekali (berulang).

Jika Anda mendapatkan genital warts, Anda mungkin berpikir itu berarti pasangan Anda telah menipu Anda. Itu belum tentu benar. Terkadang dibutuhkan waktu yang sangat lama agar kutil muncul, jadi mungkin saja Anda atau pasangan Anda mungkin sudah mendapatkannya sejak lama. Terkadang virus hidup berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun di dalam tubuh sebelum berubah menjadi genital warts.

Bagaimana saya tahu jika saya memiliki kutil kelamin?

Jika Anda mengira Anda memiliki kutil pada atau di sekitar alat kelamin atau anus Anda, segera periksa oleh perawat atau dokter sesegera mungkin. PMS lain, seperti herpes dan sifilis, bisa terlihat seperti genital warts namun memerlukan perawatan yang berbeda.
Setelah Anda menyelesaikan pemeriksaan, benar-benar bisa membuat pikiran Anda tenang. Dan jika Anda memiliki genital warts, semakin cepat Anda mengetahui lebih baik. Anda dapat berbicara dengan dokter tentang pilihan pengobatan dan belajar mencegah penyebarannya ke orang lain.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *