Penyebab Lampu mobil berembun dan cara mengatasinya

Dipublikasikan oleh admin pada

Mengapa lampu mobil berembun padahal terlihat tertutup rapat dengan rumah lampu? Pertanyaan ini sering kali di lontarkan banyak pemilik kendaraan ketika mereka menjumpai lampu kendaraan mereka berembun. Lampu mobil yang berembun selain dapat merusak keindahan pemandangan kita, juga dapat mengurangi pencahayaan yang dipancarkan lampu mobil tersebut. Hal seperti ini  sering kita temukan, bahkan banyak merasa sulit untuk membersihkannya.

Penyebab Lampu Mobil Berembun

Anda mungkin tidak menyadari proses timbulnya pengembunan terjadi akibat tidak rapatnya sil ataupun mika pada kaca lampu mobil tersebut. Hal ini tentu saja membuat celah masuknya udara ke dalam lampu tersebut. Udara yang masuk ke dalam lampu mobil akan mengalami perbedaan suhu dari bagian luar lampu. Perbedaan suhu ini lah yang menyebabkan terjadinya pengembunan pada kaca mobil.

Mungkin anda bertanya, mengapa sil atau mika mobil bisa dimasuki udara padahal sama sekali belum pernah di otak-atik bagian tersebut. Biasanya udara dapat masuk melalui celah tersebut akibat kebiasaan memarkir kendaraan di luar ruangan dan terkena sinar matahari langsung. Hal ini yang menyebabkan masuknya udara ke dalam lampu mobil anda. Panas matahari dapat membuat sil ataupun mika kaca menjadi kaku sehingga menimbulkan kebocoron pada headlamp.  Selain itu penyebab lainnya yang menjadikan kaca mobil anda berembun adalah usia kendaraan yang semakin tua.

Selain penyebab diatas, terjadinya kebocoran pada headlamp karena pergantian bolham & penambahan aksesoris aftermarket yang mana prosesnya tidak sesuia standart. Hal ini memungkinkan air masuk ke dalam headlamp. Kata kepala bengkel Astra Daihatsu Pamulang, seperti dikutip dari kumparan.com

Akibat lampu mobil berembun

Diatas telah dikatakan masuknya udara ke dalam mika mobil, dapat merusak pemandangan dan mengurangi pencahayaan yang dipancarkan mobil tersebut. Lampu yang sudah terkena embun akan tempak kusam dan lembab sehingga jamur tumbuh subur dalam kaca mobil tersebut. Selain itu suhu yang lembab dapat menyebabkan bola lampu menjadi putus. Bahkan bisa saja berpotensi terjadinya kosleting bila air menyentuh kabel lampu dan menyebabkan terjadinya kebakaran.

Cara Mengatasi lampu mobil yang berembun

Bila anda mendapati lampu mobil anda berembun sebaiknya segera membersihkannya. Cara membersihkan embun yang masuk ke dalam rumah lampu tersebut sebenarnya cukup mudah dilakukan secara sendiri.

Caranya, parkirkan kendaraan anda ditempat yang terkena matahari langsung dan air hujan. Selanjutnya nyalakan lampu dan biarkan selama beberapa menit. Setelah lampu menyala menit suhu lampu akan berubah menjadi panas, dan dengan sendirinya embun yang terdapat rumah lampu tersebut akan hilang. Perlu untuk di ketahui, cara sederhana ini tergantung pada pori pori lampu utama.  Bila rumah lampu sudah dipenuhi genangan air tentu cara seperti ini tidak akan berhasil, maka cara satu satunya adalah membuka dan membersihkannya kemudian menutupnya secara rapat kembali.

Bila cara diatas belum memberikan hasil yang maksimal, artinya embun belum sepenuhnya hilang dari kaca mobil, anda perlu memeriksa bagian belakang rumah lampu, perhatikan apakah terlihat lubang udara tersumbat atau tidak. Bersihkan embun yang menempel searah dengan arah jarum jam.

Setelah mika dilepas, nyalakan kembali lampu mobil selama beberapa menit hingga terlihat benar benar kering. Berikutnya pasang kembali mika lampu secara rapat hingga tidak kedap udara agar tidak ada celah sedikit pun.

Lihat juga: Alasan Mengapa Memilih Mobil Toyota Camry Hybrid

Mencegah Agar lampu mobil tidak berembun

Membersihkan bolham mobil setiap kali berembun secara terus menerus merupakan pekerjaan yang membosakan dan menjengkelkan.

Ada baiknya mencegahnya supaya hal tersebut terjadi pada mobil anda. Diatas telah disebutkan penyebab utama lampu berembun karena karena parkir secara sembarangan dan terkena sinar matahari langsung sehingga membuat sil menjadi kakuh. Untuk itu disarankan untuk memeriksa sil lampu saat melakukan service berkala.

Kunjungi Tomonet.com untuk melihat harga ban mobil terbaru

Kategori: Auto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *