Lembaga Keuangan Internasional

Dipublikasikan oleh admin pada

Pengertian Lembaga Keuangan Internasional

Lembaga keuangan internasional adalah lembaga yang didirikan untuk menangani masalah – masalah yang bersifat internasional, baik berupa bantuan pinjaman maupun bantuan lainnya. Pemberian bantuan yang dilakukan oleh lembaga keuangan internasional dapat bersifat lunak artinya dengan suku bunga yang rendah dan jangka waktu pengembaliannya relatif panjang. Kemudian bantuan internasional juga dilakukan dengan tujuan komersial, yang biasanya dilakukan oleh lembaga keuangan internasional swasta.

Bank Dunia

Bank dunia merupakan lembaga keuangan internasional didirikan dengan tujuan untuk memecahkan masalah masalah internasional terutama yang yang berkaitan  dengan masalah moneter dan keuangan lainnya. Kegiatan utamanya pada waktu itu difokuskan untuk membantu proses rekonstruksi bagi negara yang menderita karena Perang Dunia II. Bantuan bank dunia  selanjutnya dialihkan kepada pemberian bantuan pinjaman dalam rangka membantu negara berkembang menjadi anggota bank dunia. Pinjaman yang dibiayai oleh bank dunia hanya ditujukan untuk proyek – proyek produktif.

Bantuan yang diberikan oleh bank dunia dari tahun ke tahun semakin beragam. Hal ini sesuai pula dengan perkembangan negara didunia. Dewasa ini jenis bantuan yang dapat dibiayai oleh bank dunia, mulai dari pembangunan jalan, pembangkit tenaga listrik, pembangunan pelabuhan, relekomunikasi, pembangunan dunia pendidikan dan bidang bidang lainnya yang sesuai dengan tujuan bank dunia.

Sumber sumber dana bank dunia diperoleh dari bank dunia sendiri, pemerintah pemerintah asing dan modal swasta. Kemudian dana tersebut dikembalikan kepada negara negara anggota yang membutuhkannya dengan resiko dibebankan  kepada negara yang bersangkutan.

Asal mula bank dunia adalah dari International Bank for Reconstruction and  Development (IBRD). IBRD didirikan dalam rangka memecahkan masalah moneter dan masalah keuangan lainnya. Pendirian bank dunia tahun 1945 ini bersamaan dengan didirikannya International Monetery Fund (IMF). Tujuan berdirinya kedua lembaga ini sama yaitu dalam rangka penyedian perangkat moneter dan keuangan untuk menuju kearah kemakmuran dunia. Bank dunia mulai melakukan kegiatannya tahun 1946.

Bank dunia saat ini memiliki dua keanggotaan yang meliputi keanggotaan:

  1. International Finance Corporation

Kegiatan lembaga ini dalam rangka memberikan bantuan kepada sektor sektor swasta dinegara berkembang.

  1. International Development Association (IDA)

Kegiatannya sama dengan IFC, hanya bantuan lebih ditujukan kepada negara negara miskin dan dengan perysaratan pinjaman yang lebih mudah. IDA juga turut mensponsori kegiatan ICSID (international for the settlement invesment development).

Kemudian persyaratan untuk menjadi anggota bank dunia menjadi anggota IMF dan persyaratan lainnya.

International Monetery Fund (IMF)

Kategori: pendidikan

1 Komentar

Mochi · pada

mantul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *