manfaat buah nanas

22 Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

Nanas merupakan buah tropis yang hadir dengan beragam manfaat kesehatan dan kecantikan. Buah manis ini mudah ditemukan dan semakin segar, semakin baik. Anda dapat dengan mudah memasukkan nanas ke dalam makanan harian Anda atau bahkan menerapkannya secara topikal untuk mendapatkan manfaat dari buah warna kuning cerah ini. Berukut beberapa manfaat buah nanas untuk kesehatan maupun untuk kecantikan

manfaat buah nanas

1,  Mencegah Kerusakan Sel dalam tubuh dan Radikal Bebas

Nanas penuh dengan antioksidan penting dan ini berfungsi untuk mencegah kerusakan sel di dalam tubuh dengan melawan radikal bebas. Bila Anda mendapatkan cukup antioksidan dalam makanan Anda, dapat bermanfaat untuk mencegah beberapa penyakit dan kondisi kronis, seperti penyakit jantung, berbagai jenis kanker, aterosklerosis dan artritis.

  1. Mencegah/mengusir flu

Rasa dingin bisa membuat Anda di sela-sela selama seminggu atau lebih, sehingga sangat sulit untuk menyelesaikan aktivitas sehari-hari Anda. Buah ini kaya akan vitamin C, vitamin yang memainkan peran penting dalam menjaga kekebalan tubuh Anda kuat, sehat dan siap melawan virus yang menyebabkan flu. Jika Anda sudah memiliki pilek, makan buah  nanas setiap hari bisa membantu mempersingkat durasi dan meringankan gejala Anda.

  1. Mencegah pengeroposan pada tulang

Nanas mengandung nutrisi mangan dan ini berperan penting dalam memperkuat jaringan ikat dan tulang di seluruh tubuh Anda. Anda dapat dengan mudah mendapatkan sekitar 73 persen mangan yang Anda butuhkan setiap hari dengan meminum satu cangkir jus nanas 100 persen. Tambahkan ini ke sarapan Anda dan Anda tidak akan pernah lupa untuk mendapatkan cukup mangan setiap hari.

  1. Baik untuk Kesehatan Gusi

Begitu banyak manfaat buah nanas salah satu diantaranya kesehatan gusi. Bila gusi Anda tidak sehat, Anda berisiko mengalami beragam masalah kesehatan serius, seperti kehilangan gigi, periodontitis dan bahkan penyakit jantung. Saat Anda makan nanas segar, Anda bekerja untuk membuat gusi Anda lebih kuat saat diterjemahkan menjadi gigi yang lebih sehat dan lebih kuat juga.

  1. Menghindari degenarasi makula

Ini adalah kondisi yang mempengaruhi mata dan pada akhirnya menyebabkan kehilangan penglihatan jika tidak terkendali. Nanas mengandung beta-karoten dosis tinggi, nutrisi yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata dan tahan terhadap penyakit ini. Makanlah nanas segar setiap hari dan nikmati penglihatan yang lebih baik dan mata yang lebih sehat.

  1. Sifat anti-inflamasi

Peradangan dalam tubuh mempengaruhi segala hal mulai dari persendian sampai ke jantung sehingga Anda ingin mengonsumsi makanan yang mengurangi peradangan. Nanas mengandung senyawa kuat yang melawan peradangan yang mirip dengan bagaimana obat anti-inflamasi nonsteroid memerangi peradangan. Hanya sedikit sajian nanas setiap hari dapat membantu mengurangi nyeri sendi dan penyakit lainnya yang terkait dengan peradangan

  1. Menyembuhkan pembengkakan dan iritasi

Manfaat buah nanas – Banyak penyakit yang mempengaruhi tubuh manusia terkait dengan pembengkakan dan iritasi, seperti sinusitis, asam urat, sakit tenggorokan dan masalah lainnya. Saat Anda makan nanas, Anda mengkonsumsi senyawa yang disebut bromelain dan ini berkontribusi pada efek positif ini.

  1. Kemampuan Anti Kanker

Nanas tidak akan menyembuhkan kanker, tapi nutrisi pada nanas bermanfaat untuk bekerja dengan baik sebagai bagian dari rejimen pencegahan kanker yang lengkap. Nutrisi dalam buah bermanfaat untuk memerangi radikal bebas dan mereka membantu tubuh Anda mendapatkan apa yang dibutuhkan untuk kesehatan optimal. Menjaga kerusakan sel seminimal mungkin dan sehat secara keseluruhan dapat bekerja untuk mencegah kanker.

  1. Mencegah aterosklerosis

Kondisi ini menyulitkan darah untuk memompa melalui pembuluh darah karena mereka menjadi kaku dan tebal. Mencegah kondisi ini dapat membantu mengurangi risiko. Antioksidan pada buah nanas bermanfaat untuk melawan kerusakan radikal bebas yang dapat menyebabkan aterosklerosis.

  1. Kesehatan Jantung yang Lebih Baik

Menjaga kesehatan jantung Anda harus menjadi tujuan utama karena jantung yang sehat adalah komponen utama dari kehidupan yang panjang dan sehat. Menambahkan nanas ke jantung Anda diet sehat membantu mencegah penyakit jantung dan mengurangi kolesterol Anda. Buah ini juga memerangi radikal bebas, tindakan lain yang penting bagi kesehatan jantung yang optimal.

  1. Meningkatkan Imunitas

Bila sistem kekebalan tubuh Anda kuat dan mendapatkan semua yang dibutuhkan untuk memerangi ra, risiko Anda terkena penyakit turun. Mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat cenderung tidak sering terkena pilek dan penyakit lainnya. Jika Anda mengalami penyakit, sistem kekebalan tubuh yang sehat bekerja untuk memastikan Anda pulih lebih cepat dan gejalanya tidak begitu parah. Mulai makan nanas lebih banyak sekarang untuk membangun lebih banyak imunitas.

  1. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Proses pencernaan sangat kompleks dan bergantung pada mekanisme yang ketat untuk bekerja secara efektif. Serat dasarnya membantu menjaga agar tetap bergerak dalam sistem pencernaan untuk mencegah masalah seperti sembelit dan buah ini dikemas dengan serat. Vitamin C dan bromelain hadir dalam buah tropis ini juga berperan dan berperan penting dalam menjaga sistem pencernaan Anda tetap efisien dan dalam keadaan baik.

  1. Kulit terlihat lebih awet muda

Melihat muda adalah tujuan yang dimiliki setiap orang dan nanas dapat membantu Anda mencapai tujuan ini. Buah ini membantu menjaga kulit tetap lentur dan kencang karena meningkatkan sintesis kolagen. Ini mengandung vitamin C dan asam amino dan ini semua adalah nutrisi ramah-kulit. Anda bisa mengoleskan buah nanas segar langsung ke wajah Anda untuk menuai manfaatnya.

  1. Perangi Bronkitis

Manfaat buah nanas – Bronkitis adalah kondisi yang sangat tidak nyaman yang umumnya berakibat pada batuk yang kuat dan sering. Ini sangat mengganggu tidur dan membuat lebih sulit untuk menaklukkan tanggung jawab harian Anda. Sifat anti-inflamasi yang nanas membantu menenangkan peradangan di saluran napas Anda, itulah yang menyebabkan kondisi ini. Saat radang diatasi, pembengkakan berkurang dan Anda akan merasa lebih mudah bernafas. Ini juga bekerja untuk mengurangi batuk dan gejala lain yang menyertai saluran napas yang membengkak dan meradang. Beberapa orang mengatakan bahwa nanas dapat melengkapi penghirup, namun tidak pernah berhenti menggunakan inhaler untuk nanas. Gunakan keduanya untuk melawan peradangan dengan lebih dari satu cara

  1. Mencegah penyakit selesema/ingusan

Ini adalah kondisi yang ditandai oleh selaput lendir di dalam tubuh yang meradang. Hal ini dapat menyebabkan sejumlah masalah, tergantung pada membran mukosa yang terpengaruh.Manfaat  Buah Nanas  membantu menenangkan peradangan ini untuk bekerja menuju meringankan kondisi ini.

  1. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi adalah salah satu kondisi kesehatan yang paling umum di seluruh dunia dan diet Anda memainkan peran penting apakah tekanan darah Anda tinggi atau tidak. Banyak nutrisi pada buah ini, terutama potassium, membantu menjaga tekanan darah tetap stabil dan teratur.

  1. Pengobatan cacing usus

Nanas, bila dikombinasikan dengan obat konvensional, mungkin bermanfaat dalam mengeluarkan cacing usus dari tubuh Anda. Hal-hal seperti cacing pita tidak menyukai bromelain dalam nanas sehingga mendapatkan banyak enzim pencernaan ini pada dasarnya mengusirnya.

  1. Mengurangi Mual

Mual adalah sesuatu yang semua orang alami dari waktu ke waktu, tapi Anda tidak perlu mengatasinya. Anda bisa minum 100 persen jus nanas untuk mengurangi rasa mual yang terkait dengan beragam keluhan kesehatan, seperti morning sickness dan mabuk perjalanan. Cukup minum jus dan rileks untuk mengurangi rasa mual.

  1. Kurangi Jerawat

Jerawat adalah masalah kulit yang bisa mengubah harga diri Anda dan bahkan bisa meninggalkan bekas luka jika tidak diobati. Buah ini mengandung zat antiinflamasi dan vitamin C dalam jumlah tinggi, keduanya melawan penyebab jerawat. Vitamin C membantu meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk menyembuhkan sementara zat anti-inflamasi membantu mencegah jerawat baru dan memburuknya yang sekarang.

  1. Untuk Sel Mengelupas kulit mati

Manfaat buah nanas untuk kecantukan – Pengelupasan kulit menghilangkan sel kulit mati dan memastikan kulit Anda cerah dan bersinar. Nanas wedges secara alami akan mengelupas kulit sehingga warna dan nada Anda selalu terlihat terbaik.

  1. Menghilangkan retakan pada kaki

Saat kaki Anda mulai retak akibat kekeringan yang berlebihan, nanas bisa membantu menenangkan dan memulihkan kesehatan kulit pada kaki Anda. Nanas bekerja untuk mengelupas kulit secara alami, memperlihatkan kaki yang halus dan berseri.

  1. Kuku lebih sehat

Jika Anda ingin kuku Anda tumbuh dan menjadi kuat, nanas bisa membantu karena mengandung nutrisi sehat kuku. Cukup oleskan pasta nanas segar, biarkan ini duduk di kuku Anda selama 10 menit, cuci bersih dan bersihkan kuku Anda dengan saksama.

  1. Menghidrasi Kulit

Kulit kusam tidak pernah terlihat bagus sehingga Anda selalu ingin memastikannya memiliki hidrasi yang cukup. Ambil satu kuning telur, tiga sendok makan nanas segar dan sedikit susu dan campurkan keduanya untuk menciptakan masker wajah yang menghidrasi.

  1. Mencegah Bibir pecah-pecah

Bila bibir Anda pecah, ini bisa menyakitkan dan bahkan bisa berdarah. Nanas memberikan kelegaan, melembabkan bibir dan membantu mengelupas kulit mati. Campurkan minyak zaitun untuk menghilangkan lebih banyak hidrasi dan untuk mendapatkan manfaat perlindungan.

  1. Mencegah Rambut Rontok

Kerontokan rambut adalah sesuatu yang jutaan orang pertarungan, namun kandungan vitamin C dalam buah ini membantu melawan kerontokan rambut. Cukup makan beberapa nanas setiap hari untuk menguatkan folikel rambut Anda dari dalam ke luar.

Anda bisa menambahkan nanas ke yogurt dan bahkan salad untuk mendapatkan setidaknya satu cangkir ke dalam makanan harian Anda. Ini akan membantu Anda mendapatkan manfaat kesehatan internal dari buah ini tanpa ada kerumitan. Bila Anda menerapkannya secara topikal, pastikan untuk melakukan tes tempel di belakang telinga Anda terlebih dahulu hanya untuk memastikan bahwa Anda tidak memiliki reaksi kulit.

Sekian tentang manfaat buah nanas untuk kesehatan khusunya untuk kulit maupun manfaat lainnya. anda juga bisa lihat artikel lainnya dibawah ini

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *