Marketplace vc Toko online

Dipublikasikan oleh admin pada

Salah satu pertimbangan ketika memutuskan untuk menjalankan bisnis online adalah apakah membuat situs toko online sendiri atau memanfaatkan situs marketplace yang menyediakan tempat dagang secara online kepada semua orang, seperti Tokopedia, Buka lapak, OLX, Kaskus, Blanja, Qoo10 atau marketplace lainnya yang berskala internasional seperti amazon, Ebay dan Etsy.

Marketplace

Marketplace adalah Suatu wadah atau tempat yang memungkinkan seseorang untuk melakukan jual beli khususnya secara secara bersama. Biasanya marketpalce menyediakan beberapa kategori produk  yang lebih beragam dan spesifik untuk memudahkan pembeli mencari barang yang dicari.  Layaknya pasar tradisional semakin terkenal suatu marketplace kemungkinan semakin besar peluang menjaring pelanggan/pembeli. Begitu juga dari segi penjual, semakin banyak yang menjajakan produk pada Mp tersebut, semakin lengkap produk yang ditawarkan dengan harga yang semakin kompetitif.

Keuntungan

  1. Seller/pedagang

Biasanya pemilik lapak memberikan beberapa kemudahan dan keuntungan bagi pedagang dan calon pembeli, seperti diberikan kesempatan untuk berdagang secara online tanpa dipungut biaya apapun tentunya melalui tahap verifikasi sesuai dengan ketentuan pemilik lapak. Selain itu barang yang dijual akan menjadi perioritas di mesin pencari  seperti google, bing maupun situs peramba lainnya, karena marketplace umumnya situs besar yang setiap hari dioptimasi pihak manajemen Mp. Dengan begitu anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk melakukan pemasaran terhadap produk.

2. Pembeli

Bukan hanya pelapak yang diuntungkan dengan banyaknya situs marketplace bertebaran di dunia maya. Calon pembeli juga tentunya diuntungkan dengan banyaknya pilihan terhadap produk yang kamu inginkan. Selain itu pembeli bebas membandingkan harga pelapak yang satu dengan pelapak yang lain.

3. Pemilik Marketplace

Pertanyaan ini sering muncul dari keuntungan yang didapatkan pemilik marketplace, sementara mereka telah menggelontorkan dana meliyaran hingga triliunan. Binis marketplace bisa dikatakan salah satu bentuk investasi jangka panjang, tidak heran banyak yang bertanya darimana keuntungan yang diperoleh pemilik Mp.

Bila kamu membuat suatu blog atau web tentu memiliki tujuan, selain berbagai informasi, tentu kamu jugaingin blog kamu dapat mendatangkan penghasilan berupa iklan. Begitu juga sebaliknya dengan situs besar seperti tokopedia, buka lapak dan lain tentu sudah melihat Mp merupakan peluang bisnis jangka panjang yang cukup menjanjikan seiring tingginya minat masyarakat melakukan transaksi via online khususnya berbelanja. Dikutip dari kompasiana, ada beberapa keuntungan yang didipatkan pemilik  Mp:

  • Dari Membership/pedagang

Meski sejumlah mp menyediakan tempat bagi pedagang secara cuma cuma alias gratis, pemilik mp memberikan kesempatan kepada pedagang untuk memilih keanggotaan yang terbagi dalam tiga kategori, keanggotaan biasanya ini tidak dipungut biaya,  (silver merchant) dan ada keanggotaan VIP (gold merchant). menjadi membership silver merchant maupun gold marchant biasanya pedagang diharuskan untuk membayar sejumlah Rp… tergantung kebijkan manajemen masing masing mp. Sementara keuntungan yang diterima bila menjadi member silver maupun gold merchant biasanya mereka akan menjadi perioritas seperti muncul di posisi atas daftar pencarian dan penjual mendapat badge emas yang mudah dikenali di aplikasi.

  • Dari iklan

Iklan yang dimaksud disini bukan iklan adsense layaknya seorang publisher.  Situs sebesar tokopedia, bukalapak, Shopee, elevenia dll kalau hanya mengharap iklan adsense rasanya hanya membakar uang meliyaran maupun triliunan lewat investasi yang mereka tanam maupun lewat investor. Akan tetapi iklan yang dimaksud disini adalah iklan yang ditawarkan kepada anggota/membership. Semakin banyak pedagang online yang muncul disitus Mp tentu persaingan produk juga semakin ketat. Selain menjadi keanggotaan silver, atau gold jalan lain yang bisa dilakukan agar produk kamu banya dilihat calon pembeli adalah dengan memasang iklan kepada pemilik Mp.

  • Dana yang mengendap

Ada sebagian produk transaksi melalui online cukup dengan satu hari atau kurang satu barang sudah ada ditangan kamu. Akan tetapi tidak sedikit transaksi membutuhkan waktu berhari hari agar produk yang kamu beli sampai ke tangan kamu. Hal ini dipengaruhi beberapa faktor seperti lokasi dan kecepatan kurir dalam mengantar barang. selama jangka waktu barang dikirim hingga barang diterima oleh si pembeli dan transaksi dinyatakan selesai, berapa banyak uang yang mengendap di rekening marketplace?

Kelemahan Marketplace

Setelah diuraikan beberapa keuntungan dan kemudahan lewat marketplace tentu juga memiliki kelemahan. Dikutip dari maxmanroe.com berikut sejumlah kelemahan Mp

  1. Seller/pedagang
  • Persaingan terbuka lebar

Marketplace sabagai pasar bersama memungkinkan dari berbagai penjuru negeri menjajakan produk yg mereka miliki. Tentu tidak menutup kemungkinan antar pedagang saling menjatuhkan, hal ini sering terjadi. Tentu sangat merugikan kamu sebagai penjual.

  • Iklan dari produk yang sama sering masuk ke lapak kamu

Dengan menjadi keanggotaan silver gold dan memasang iklan, memungkinkan produk kamu muncul hampir disetiap halaman web marketplace termasuk dihalaman kamu sebagai pelapak. Hal ini kamu sebagai pedagang dirugikan dengan masuknya jenis produk yang sama dari pedagang lain.

  • Keberlangsungan toko tidak dapat dipastikan

Selain pedagang yang memiliki persaingan tinggi, pemilik Mp tentu juga turut merasakannya seiring banyaknya situs marketplace yang tumbuh dan berkembang. Hal ini terlihat banyaknya Mp yang gulung tikar dari indonesia akibat tidak kuat bersaing. Beberapa contoh Situs Mp yang sudah/tutup  hengkang dari tanah air seperti rakuten, Wearfable, Valadoo, lamido dan lainnya. Hal ini memungkinkan toko kamu tidak dapat dipastikan keberlangsungannya

  • Fitur searcing tidak tertarget pada satu produk

Ini sangat jelas, sesuai dengan fungsi didirikan web tersebut sebagai pasar bersama.

2. Pembeli

Jual beli online memiliki sejumlah keuntungan seperti dijelaskan diatas, tetapi tidak menutup kemungkinan memiliki celah yang menimbulkan kerugian kepada calon pembeli, misalkan foto produk yang ada dilapak tidak sesuai dengan aslinya dan masih banyak lagi, hal ini perlu dilakukan penataan dan pengawasan untuk memenuhi hak konsumen

3. Pemilik web

Untuk mendirikan menjadikan  bisnis marketplace tidak mudah diperlukan modal yang tidak sedikit. Modal sangat berperan penting maju atau tidaknya suatu bisnis marketplace.

Toko Online

Mudahnya membuat sebuah blog atau web membuat toko online muncul bak jamur dimusim hujan. Bisnis online bisa dilakukan siapa saja selama terkenoksi dengan internet. Akan tetapi meski dengan modal kecil seseorang dapat membuat toko online, perlu diperhatikan tentang pengembangan bisnis yang dirancang tersebut, jangan sampai toko online tinggal toko online tetapi satu satu orang pun yang melirik, tentu ini akan menjadi sia sia.

Sebelum mendirikan sebuah toko online untuk menjual produk kamu, sebaiknya ketahui keuntungan dan kelemahan memiliki toko online.

Keuntungan

  • Lebih profesional

Dengan memiliki toko online sendirii memungkinkan kamu merancang dan desain sendiri agar terlihat lebih profesional. Dengan begitu pandangan masyarakat terhadap toko km lebih dipercaya. Selain itu kamu akan memiliki brand sendiri, bedahalnya bila kamu memasarkan produk di tokopedia, yang dikenal adalah tokopedia. Jadi upayakan dalam membuat toko online seprofesional mungkin agar dapat kepercayaan dari calon pembeli.

  • Keberlangsungan toko lebih terjamin

Ini merupakan kebalikan dari kelemahan marketplace seperti dijelaskan diatas. Anda sebagai pemilik sekaligus pengelola web lebih mengetahui sampai kapan anda harus menjalankan bisnis tersebut.

  • Dari segi pengelolaan lebih efektif dan Kontrol penuh

Sebagai pemilik tentu tidak ada yang mengatur harus seperti ini dan seperti itu.  Kamu dapat memanfaat fasilitas yang ada diweb. Berbeda halnya bila kamu nebeng disitus marketplace harus mengikuti semua ketentuan dan proses verifikasi.

  • Menentukan nama domain sendiri

Lagi kebebasan yang dimiliki dari toko online adalah bebas menentukan domain selama nama domin tersebut belum digunakan orang lain. Memiliki domain atau merek merupakan investasi jangka panjang.

  • dan masih banyak lagi
Kelemahanan Toko online

Berikut sejumlah kelemahan memilih memiliki toko online dari pada marketpalce

  • Teknik pamasaran

Bila anda tidak memahami dalam menjalankan bisnis online ini menjadi salah satu batu sandungan untuk kamu. Mudah dan modal kecil itu yang paling sering dikaitkan tentang bisnis online, akan tetapi bila tidak mengelolanya secara profesional akan jadi sia sia saja.

  • Membutuhkan kesabaran dan kerja keras

Bedahalnya dengan marketplace anda hanya  membuat nama toko dan memasukkan jenis jenis produk yang kamu jual,  Kamu harus membangun web profesional agar dapat kepercayaan dari pelanggan. Untuk mebangun web profesional dibutuhkan waktu dan kesabaran tinggi, kecuali kamu menyewa orang untuk membuat situs toko online.

Lihat juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *