Mengendalikan Stres

Dipublikasikan oleh admin pada

Pendahuluan

Stres dapat menyengsarakn kehidupan kerja anda. Namun dengan sedikit pengetahuan dan pemahaman, anda bisa belajar meredakan setres dan mengubah pekerjaan yang tidak menyenangkan menjadi memuaskan.

Hampor semua orang pernah merasa kacau akibat kehilangan kendali ditempat kerja, dan pernah juga merasa tidak enak akibat situasi yang sulit dan tidak menyenangkan. Barangkali ada terlalu banyak tugas yang harus dikerjakan, tetapi hanya sedikit waktu untuk mengerjakannya. Barangkali menghadapi  serangkaian  tenggat waktu di depan mata, atau sedang ditekan  untuk melakukan sebuah tugas yang menuntut kemampuan manusia super. Mungkin pekerjaa atau karier yang tadinya anda nikmati telah berubah menjadi beban berat sehari hari.

Barangkali rekan rekan kerja anda adalah masalahnya, mungkin bos anda memberikan tugas bertumpuk tumpuk, Klien anda selalu berubah pikiran, atau rekan kerja anda terlalu tertarik bermain politik daripada tugasnya.

Anda dapat mengubah beberapa hal untuk melepaskan stes, anda dapat melakukan sesuatu untuk memperbaiki  hal dengan mengubah cara pandang  anda  terhadap masalah. Anda bisa belajar untuk menghadapi stres dengan baik dengan menggunakan teknik relaksasi  dan juga mencari dukungan saat anda membutuhkannya

Mengendalikan stres akan sangat membantu menandai dimana anda bisa mengambil tindakan untuk menyingkirkan stres dari lingkungan anda, menyeimbangkan beban kerja, memfokuskan kembali kehidupan dan karier, dan menerobos hambatan  yang menghalangi jalan anda.

Anda akan mengetahui  cara baru dalam memandang situasi yang baik didalamnya. Anda akan belajar mengendalikan pemikiran negatif yang menimbulkan ketidakbahagian. Dan, ketika anda tidak bisa melakukan apa apa dalam situasi yang buruk,  anda akan mampu mendatangkan bantuan dan dukungan secara efektif.

Jangan pernah biarkan stres merampas yang terbaik dari diri anda

Pahami Stres

Stres dalam bentuk apapun adalah bagian dari kehidupan sehari hari. Kita mungkin berpikir bahwa kita memahami stres. Namun setiap orang mengalami stres secara berbeda, dan mungkin tidak menyadari darimana asalnya atau bagaimana pengaruhnya terhadap diri kita.

Dalam ulasan ini akan dikupas tentang:

  1. Menyingkap apa itu stres dan apa yang menyebabkannya
  2. Memahami dampak negatif stres terhadap kesehatan dan kehidupan profesional anda
  3. Menganalisis sumber stres dalam hidup anda
  4. Menilai sejauh mana stres mempengaruhi anda
  5. Mencari tahu bagimana mengarahkan stres

Apa Itu Stres

Stres terbentuk dari berbagai hal. Stres adalah kumpulan hasil, respon, jalan dan pengalaman yang berkaitan, yang diesbabkan oleh berbagai “stresor” __ keadaan atau pristiwa yang menyebabkan stres.

Kurangnya Kontrol

Stres adalah suatu kondisi atau perasaan yang dialami ketika seseorang menganggap bawha “tuntutan – tuntutan melebihi sumber daya sosial dan personal yang mampu dikerahkan seseorang” (Richad S. L Lazarus). Anda hanya merasa sedikit stres kalalu memiliki waktu  dan sumber daya untuk menangani sebuah situasi. Namun, jika anda menganggap diri anda tidak mampu menangani tuntutan-tuntutan yang dibebankan kepada anda, stres yang anda rasakan besar. Stres merupakan pengalaman negatif, namun bisa namun bisa dihindari. Tingkat stres yang anda alami tergantung pada persepsi anda terhadap situasi dan kemampuan anda untuk mengatasinya.

Mengatasi stres pekerjaan: Beberapa pekerjaan lebih membuat stres  dibanding lainnya. Jika anda memiliki pekerjaan yang membuat stres beri perhatian khusus kepada manajemen stres.

Hadapi atau Hindari

Ketika anda mendapatkan tekanan ancaman, anda dengan cepat melepaskan hormon hormon yang membantu anda bertahan.

  • Hormon hormon ini membantu anda berlari lebih cepat dan melawan lebih keras dengan menyebabkan perubahan sisiologis, seperti meningkatkan detak jantung dan menaikkan tekanan darah, serta membawa lebih banyak oksigen dan gula darah ke otot-otot yang penting
  • Hormon hormon ini juga memfokuskan perhatian anda pada ancaman dan menyingkirkan semua hal lain.

Semua ini meningkatkan kemampuan anda untuk bertahan  dalam berbagai peristiwa yang mengancam hidup. Sayangnya respon ini juga akan membuat anda gelisah, cemas, gugup, lekas marah, dan mengurangi kemampuan anda  untuk bekerja secara efektif dengan orang lain. Kemampuan anda untuk menampilkan kemahiran yang terkontrol dan tepat, atau membuat keputusan yang rumit, akan berkurang.

Pahami Mekanisme

Ada dua respon stres instingtif yang terjalin terhadap peristiwa yang tak diharapkan_ Respon jangka pendek “hadapi atau hindari” dan respon jangka panjang “general Adaptation Syndrome” (Sindrom Adaptasi Umum). Yang pertama adalah insting bertahan dasar, sementara yang kedua adalah efek jangka panjang dari stres. Mekanisme mekanisme ini bisa menjadi bagian dari respon setres yang sama. Memerhatikan bagaimana  keduanya bisa menyatu akan membantu anda mengenali dan bereaksi terhadap stresor dengan cara yang produktif, menjamin hasil yang lebih baik, bahkan dalam masa masa yang paling membuat stres.

Stres adalah apa yang anda rasakan ketika anda tidak memiliki kontrol

Pahami Respon Anda Terhadap Stres

Memang mudah menganggap bahwa respon Hadapi atau Hindari hanya dipicu oleh bahaya yang mengancam jiwa. Namun, situasi yang membuat stres sebenarnya tidak harus sedramatis itu untuk memancing respon.

Hal ini bisa terjadi ketika kita menghadapi kesulitan, merasa frustasi atau terganggu, atau mengalami situasi barang yang menantang.

  • Respon adrenalin adalah bagian normal dari kehidupan sehari hari dan bagian stres sehari hari, walaupun biasanya intensitasnya sangat rendah. Dalam kehidupan yang modern, repon adrenalin ini tidak begitu berguna bagi kita
  • Kebanyakan situasi terbantu oleh pendekatan yang sensitif secara sosial, terkontrol, rasional, dan tenang. Dan ada teknik teknik bagus untuk mengendalikan respon Hadapi atau Hindari terhadap stres.

Genaral Adaptation Syindrome (Syndrom Adaptasi Umum)

Hans Selye “Bapak Stres” seorang endokrinolog melihat bahwa berbagai macam penyakit dan luka yang menimpa tubuh tampakanya menyebabkan gejala yang sama pada pasien, dan mengedentifikasi respons umum dimana tubuh bereksi terhadap stresor. Ia menyebutnya General adaptation Syndrome (GAS). Sindrom ini terdiri dari tiga fase

  1. Fase alarm

Tubuh bereksi terhadap stresor

  1. Fase perlawanan

Perlawanan terhadap sresor meningkat saat tubuh beradaftasi  dan mengatasinya. Fasi ini bertahan  selama tubuh bisa mendukung perlawanan yang meningkat ini

  1. Fase Keletihan

Perlawanan menurun secara substansial ketika tubuh “menyerah”

cara mengendalikan stres

Bagaimana Stres Bisa Menyebabkan Burnout

Keletihan akibat stres mengakibatkan apa yang sering disebut sebagai “burnout” (keletihan secara fisik, mental, dan emosional). Contoh klasik yang bisa diambil  dari lantai bursa Wall street. Para pemain saham belajar beradaftasi terhadap keputusan keputusan financial besar sebagai stresor sehari hari, dan kemenangan – kehilangan uang dalam jumlah besar. Namun stres meningkat dan kelelahan mulai terbentuk. Ketika para pemain saham menjadi sukses dan memperoleh banyak uang, motivasi financial mereka untuk sukses memudar. Puncaknya, banyak pemain saham mengamali burnout.

Apa yang Begitu Mengancam

Kebanyakan stres yang kita alami kecil bentuknya. Misalnya beban kerja yang berlebihan, perioritas perioritas yang bertentangan, tenggak waktu yang telalu singkat, konflik dengan rekan kerja, dan lingkungan yang tidak menyenangkan. Walaupun stresor stresor itu tidak mengancam kelangsungan hidup anda, kesehatan anda bisa terancam. Persepsi orang tentang stres itu  akan menentukan respon mereka. Satu orang mungkin sama sekali tidak terpancing dalam sebuah situasi yang mungkin membuat orang lain stres

cara menghilangkan stres berat

Jaga Kesehatan Anda

Anda harus mengahadapi masalah stres dengan sungguh sungguh. Efek negatifnya bisa berdampak serius terhadap kesehatan anda, menyebabkan kerusakan langsung dan fatal terhadap tubuh.

Waspadai Perilaku Yang Merusak

Sebagian orang mungkin minum lebih banyak atau merokok untuk melepaskan diri dari stres secara kimiawi. Yang lain mendapatkan begitu banyak tugas sehingga mereka tidak sempat berolahraga atau makan selayaknya dan tidur mereka tidak berkualitas. Dalam usaha untuk memeuhi tuntutan kerja, sebagian orang tidak memeriksakan diri ke dokter saat mereka membutuhkannya.

Jaga Jantung Anda

Jika stres terasa intens dan hormon stres tidak “dihabiskan” oleh aktivitas fisik, detak jantung dan tekanan darah yang meningkat bisa merusak pembuluh arteri. Ketika tubuh memperbaiki kerusakan ini, dinding pembuluh arteri menembal, dan menghambat aliran darah dalam tubuh. Kemudian, hormon stres mempercepat jantung untuk meningkatkan supla darah ke otot, tetapi pembuluh darah yang menyuplai  otot jantung  dengan oksigen  bisa jadi telah menyempit untuk memenuhi kebutuhan jantung. Anda mungkin akan mengalami sakit dada, terkena serangan jantung.

cara menghilangkan stres dengan cepat

Lakukan Olahraga Rutin

Apapun tingkat stres yang anda alami dalam kehidupan sehari hari, olahraga rutin sebaiknya menjadi bagian dari gaya hiudp anda. Aktivitas fisik bisa membantu:

  • Mengurangi reaksi fsiologis anda terhadap stres dengan menyingkirkan hormon stres dari sistem anda
  • Memperbaiki sirkulasi, memperkuat jantung, dan meningkatkan suplai darah ke jantung, secara langsung mengurangi kerentanan terhadap penyakit jantung.

Mulailah beraktivitas yang anda senangi – dengan cara ini kemungkinan besar anda akan melanjutkannya. Lakukan olaharga lari. Atau, jika anda dulu senang bermain tenis disekolah, bergabunglah dengan klub tenis lokal. Jika anda tidak suka berolahraga, cobalah tempu setengah perjalanan ke tempat kerja dengan berjalan kaki setiap hari, atau bergabunglah dengan kelas yoga. Mulailah perlahan – lahan, secara bertahap tingkatkan jumlah waktu dan tenaga yang anda kerahkan.

Pahami Hubungan Stres Dan Penyakit

Stres bisa melemahkan sistem kekebalan. Hal ini menjelaskan mengapa kita mudah terkena infeksi (termasuk flu) ketika stres. Stres memperparah gejala – gejala penyakit yang memiliki komponen juga menyebabkan sakit kepala dan iritasi lambung, dan sekarang ini dinyatakan bahwa ada kaitan antara stres dan penyakit jantung sudah terbukti, dan jika respons Hadapi atau Hindari seseorang yang jantungnya rusak terpicu, efeknya mematikan. Stres juga berkaitan dengan masalah kesehatan mental, terutama kecemasan dan depresi akut.

Stres dan Performa

Dalam berbagai situs kerja, biasanya respon setres kita isa menyebabkan performa kita memburuk. Taktik terbaik adalah menggunakan pendekatan sensitif, terkontrol, rasional dan tenang.

Tekanan Positif

Stres bisa membuat kita merespon berbagai situasi secara agresif. Hubungan sosial bisa terganggu atau kita menjadi pasif dan menarik diri sehingga kita tidak bisa mempertahankan hak kita. Namun berbagai tekanan dan tuntutan yang mungkin menyebabkan stres kadang bisa berefek positif. Misalnya seorang atlet membanjiri tubuhnya dengan adrenalin Hadapi atau Hindari untuk memberdayakan performa yang eksplosif. Tenggat waktu dan tekanan yang diakibatkan, bisa mendorong orang orang yang tidak termotivasi untuk bertindak.

Studi Kasus: Pelatihan untuk kesuksesan

Manuel baru saja memberikan prestasi dihadapan dewan, mencari otorisasi untuk sebuah proyek baru. Ia sangat gugup – mereka adalah orang orang penting dan ia sangat khwatir akan memikirkan bagaimana rekasi mereka. Ia sempat kehilangan arah pembicaraan beberapa kali dalam presentasi tersebut dan mangalami kesulitan dalam menjelaskan ide ide kunci. Yang lebih parah, orang otang tidak begitu pahak apa yang ia katakan. Usai presentasi, manajernya mendaftarkan manuel di kelas pelatihan dan manajemen stres. Presentasi manuel yang berikutnya jauh lebih baik.

  • Pengtingnya acara itu dan berbagai pertanyaan berat dari orang orang sangat menekan Manuel hingga merusak performanya
  • Kecemasan dan kekhawatiran Manuel mengganggunya dalam presentasi. Dan setiap kali ia melakukan kesalahan, ia menjadi lebih terganggu
  • Pelatihan yang dijalani telah membuat manuel merasa lebih percaya diri dengan teknik rileksasi, ia mampu meredakan kegugupannya dan focus dalam presentasi berikutnya.

cara mengatasi depresi

U Terbalik”

Hubungan antara tekanan dan performa telah dirangkum dengan baik dalams satu ide tertua dan terpenting  dalam manajeken stres – Kurva “U terbalik” yang terbentuk  dengan menggambarkan tekanan atas seseorang  dan performanya dalam sebuah atau serangkaian tugas khusus.

Temukan Level Optimum

Grafik menunjukkan ketika tekanan atas diri seseorang  untuk melaksanakan tugas hanya sedikit, betapapun pentingnya tugas itu, kita tidak akan terdorong untuk memfokuskan perhatian pada tugas tersebut, terutama ketika ada tugas lain yang lebih mendesak atau menarik. Ketika tekanan atas diri kita bertambah, kita memasuki “area performa terbaik”. Di sini, kita mampu berfokus pada tugas dan bekerja  dengan baik – ada cukup tekanan untuk memfokuskan perhatian kita, namun tidak begitu banyak sehingga tidak menggangu performa kita. Tetapi tekanan terus meningkat, akan terjadi kemunduran dramatis dalam performa.

Konsep Mengalir

Ketika anda bekerja dibawah tingkat tekanan yang sesuai dan berada di “area performa terbaik”, anda mungkin memfokuskan semua perhatian pada tugas penting. Ketika anda bekerja dalam “area performa terbaik” ini dan perhatian anda tidak teralihkan, anda mampu memasuki apa yang disebut Profesor Mihaly Csikszentmihalyi “ Kondisi Mengalir”, dimana anda merasa “benar benar terlibat dalam aktivitas tersebut demi aktiviitas itu sendiri… segala tindakan, gerakan dan pikiran mengalir begitu saja seperti bermain jazz”.

  • Anda benar benar tenggelam dalam pekerjaan
  • Anda cukup termotivasi oleh pekerjaan sehingga tahan terhadap berbagai godaan yang tumpul
  • Anda tidak begitu stres sehingga kecemasan tidak bercampur dengan pikiran anda dalam mengerjakan tugas
  • Anda mampu memfokuskan semua upaya, sumber daya dan kemampuan yang ada

Hindari Beban Mental yang Berlebihan

Walaupun otak kita memiliki kekuatan memproses yang hebat “kapasitas perhatian” kita terbatas. Ketika kita mengalami selalu banyak tekanan atau ada banyak hal yang harus dipikirkan, kita menjadi stres. Gangguan, kesulitan, kecemasan dan pemikiran negatif mulai menyesaki otak, bersaing untuk mendapatkan perhatian dan mengalihkan perhatian dari tugas. Konsentrasi kita terganggu dan fokus kita terbatas karena otak selalu penuh semakin berat beban otak kita, semakin buruk performa kita.

Cara Alternatif

Saat anda stres, anda bisa kehilangan informasi penting, da hal ini akan mengganggu kreativitas dan pengambilan keputusan. Jika anda mendapati diri anda berada dalam situasi seperti itu, menggunakan pengetahuan ini bisa membantu anda. Jika anda merasa sangat stres, periksa apakah anda tidak mempertahankan mati-matian satu cara dan menyingkirkan cara lain yang mungkin lebih baik.

Teknik Latihan

Selalu siap sedia untuk orang lain dan menghadapi informasi, keputusan, dan aktivitas yang terus menerus berubah akan menghentikan anda untuk mengalir.

Periode mengalir adalah vital untuk mempertahankan performa yang baik. Jadi, cobalah cara sebuah solusi yangs sesuai dengan anda.

  • Biarkan orang tahu bahwa anda menyisikan sebagian hari sebagai periode tenang, yaitu saat anda bisa bekerja tanpa diganggu.
  • Delegasikan beberapa aktivitas yang memerlukan tingkat konsentrasi yang sangat tinggi
  • Atur agar anda bisa bekerja di rumah selama satu atau dua hari dalam seminggu
Tunjuk Titik Stres Dalam Diri Anda

Memahami  sumber stres yang mempengaruhi anda adalah langkah penting  menuju pengendalian stres. Belajar mengenal penyebab  potensial stres. Belajarlah mengenali penyebab potensioal stres dari jangka pendek dan jangka panjang dan analisis reaksi anda terhadapnya

Merespon Terhadap Perubahan

Penting untuk mengetahui bahwa semua jenis perubahan dalam hidup anda meningkatkan level stres anda mencoba beradaptasi. Transisi dari masa kuliah hingga pekerjaan baru, misalnya, melibatkan perubahan – perubahan radikal dalam gaya hidup,lokasi, dan status personal, yang bisa sangat membuat stres. Siapa saja yang pekerjaannya berubah, atau bahkan peranannya ditempat kerja berubah, akan mengalami berbagai macam tantangan dan kesulitan baru. Kebahagian dan kekesalan dalam hubungan pribadi dan keluarga juga mendatangkan stres.

Anda bisa mengendalikan sebuah stresor serius dengan mengontrol stresor lain yang lebih ringan.

Apabila ada stresor serius yang tidak bisa anda hindari, carilah sumber stres lainnya. Jika anda bisa mengambil langkah langkah untuk mengontrol stresor tambahan, ini akan membantu anda membawa seluruh stres dalam hidup  anda ke dalam batas yang lebih mudah dikendalikan.

Belajar dari Pengalaman

Bacalah tiga kelompok peristiwa hidup dibawah ini dan catat berapa banyak peristiwa yang terjadi pada anda.

Jika sebagian besar peristiwa hidup ini relevan dengan anda, khususnya yang berada dalam kelompok 3 yang merupakan peristiwa – peristiwa yang paling membuat stres – berarti anda harus sangat berhati – hari. Jaga hiudplah anda stabil mungkin dan bebas stres.

cara mengatasi stres dan depresi

Pertimbangkan Stres Jangka Pendek

Berlawanan dengan latar belakang tingkat stres jangka panjang  anda, sumber sumber jangka pendek terjadi sehari hari. Ini mencakup tenggat watku yang mendesak, msalah dengan rekan kerja, kekhwatiran dan kecemasan, atau banyak kemungkinan lainnya. Karena stres juga merupakan masalah persepsi, dan karena orang orang merespon situasi dengan cara yang berbeda. Anda perlu memahami dan menganalisis sumber stres anda. Membuat buku harian stres adalah cara yang baik.

Gunakan buku harian

anda bisa menggunakan “buku harian stres” untuk menyimpan informasi tentang stres yang anda alami sehingga anda bisa menganalisisnya. Kemudian, anda bisa menentukan cara terbaik untuk mencegah atau mengahadapinya secara efektif dan efisien.

Teknik Latihan

Setiap hari catat peristiwa yang membuat anda stres dengan merinci  karakteristik setiap merinci dan mengapa peristiwa itu menyebabkan stres. Catat dengan skala 1 -10, tingkat stres yang anda alami  dan apa yang anda rasakan. Anda juga bisa mencatat respon anda.

Analisis Informasi

Dengan membuat buku harian stres, anda bisa mengungkap pola stres dan mencari penyebabnya. Jika anda telah mencatat selama sebulan, buat daftar berbagai macam stres yang anda alami dalam kurun waktu tersebut berdasarkan frekuensinya, dengan jenis stres yang paling sering terjadi di bagian atas daftar. Lalu persiapkan daftar kedua dengan mengurutkan semua pengalaman stres berdasarkan seberapa buruk perasaan yang ditimbulkannya, dengan stres yang paling tidak menyenangkan dibagian atas daftar. Stres yang berasa dibagian  atas setiap daftar adalah yang paling penting untuk anda kendalikan. Analisis anda dapat menunjukkan  bahwa meningkatkan kemahiran manajemen stes memang bermanfaat.

Gunakan Analisis SWOT Stres

Analisis swot digunakan untuk melihat strenght (kelebihan), weakness (kekurangan), Opportunity (peluang), dan Threat (ancaman). Analisis SWOT stres akan menunjukkan di bagian mana anda perlu meningkatkan kemahiran manajemen stres.

Cara Kerja SWOT

Dengan melakukan analisis swot, anda bisa mengenali semua kelebihan, kemahiran, sumber daya dan jaringan sosial yang bisa membantu mengendalikan stres. Anda memiliki kelebihan dan kemahiran yang tidak disadari, dan analisis ini akan membuatnya jelas. Dengan melihat kekurangan anda, anda mengidentifikasi hal hal yang perlu anda ubah dalam hidup. Membuat daftar peluang membuat anda mampu memanfaatkan kelebihan untuk mengendalikan stres dan mengambil keuntungan dari manajemen stres yang baik. Dengan melihat faktor faktor ancaman, anda bisa mengenali konsekuensi  negatif dr pengendalian stres yang buruk, dan ini bisa menjadi sumber motivasi yang kuat.

Cari Dukungan

Banyak orang stres karena mereka gagal mengenali sumber daya yang tersedia dan jaringan pendukung untuk membantu mereka. Hanya segelintir orang yang bisa melakukan segala sesuatu  tanpa bantuan. Mengegahui cara menganalisis situasi situasi dimana anda perlu bantuan adalah bagian penting dari manajemen stres.

lihat juga:

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *