Mengendalikan Stres

Dipublikasikan oleh admin pada

  • Tekanan Positif

Stres bisa membuat kita merespon berbagai situasi secara agresif. Hubungan sosial bisa terganggu atau kita menjadi pasif dan menarik diri sehingga kita tidak bisa mempertahankan hak kita. Namun berbagai tekanan dan tuntutan yang mungkin menyebabkan stres kadang bisa berefek positif. Misalnya seorang atlet membanjiri tubuhnya dengan adrenalin Hadapi atau Hindari untuk memberdayakan performa yang eksplosif. Tenggat waktu dan tekanan yang diakibatkan, bisa mendorong orang orang yang tidak termotivasi untuk bertindak.

Hindari Beban Mental yang Berlebihan

Walaupun otak kita memiliki kekuatan memproses yang hebat “kapasitas perhatian” kita terbatas. Ketika kita mengalami selalu banyak tekanan atau ada banyak hal yang harus dipikirkan, kita menjadi stres. Gangguan, kesulitan, kecemasan dan pemikiran negatif mulai menyesaki otak, bersaing untuk mendapatkan perhatian dan mengalihkan perhatian dari tugas. Konsentrasi kita terganggu dan fokus kita terbatas karena otak selalu penuh semakin berat beban otak kita, semakin buruk performa kita.

  • Cara Alternatif

Saat anda stress, anda bisa kehilangan informasi penting, da hal ini akan mengganggu kreativitas dan pengambilan keputusan. Jika anda mendapati diri anda berada dalam situasi seperti itu, menggunakan pengetahuan ini bisa membantu anda. Jika anda merasa sangat stres, periksa apakah anda tidak mempertahankan mati-matian satu cara dan menyingkirkan cara lain yang mungkin lebih baik.

  • Teknik Latihan

Selalu siap sedia untuk orang lain dan menghadapi informasi, keputusan, dan aktivitas yang terus menerus berubah akan menghentikan anda untuk mengalir.

Periode mengalir adalah vital untuk mempertahankan performa yang baik. Jadi, cobalah cara sebuah solusi yangs sesuai dengan anda.

  • Biarkan orang tahu bahwa anda menyisikan sebagian hari sebagai periode tenang, yaitu saat anda bisa bekerja tanpa diganggu.
  • Delegasikan beberapa aktivitas yang memerlukan tingkat konsentrasi yang sangat tinggi
  • Atur agar anda bisa bekerja di rumah selama satu atau dua hari dalam seminggu

Tunjuk Titik Stress Dalam Diri Anda

Memahami  sumber stress yang mempengaruhi anda adalah langkah penting  menuju pengendalian stres. Belajar mengenal penyebab  potensial stres. Belajarlah mengenali penyebab potensioal stres dari jangka pendek dan jangka panjang dan analisis reaksi anda terhadapnya

  • Merespon Terhadap Perubahan

Penting untuk mengetahui bahwa semua jenis perubahan dalam hidup anda meningkatkan level stres anda mencoba beradaptasi. Transisi dari masa kuliah hingga pekerjaan baru, misalnya, melibatkan perubahan – perubahan radikal dalam gaya hidup,lokasi, dan status personal, yang bisa sangat membuat stres. Siapa saja yang pekerjaannya berubah, atau bahkan peranannya ditempat kerja berubah, akan mengalami berbagai macam tantangan dan kesulitan baru. Kebahagian dan kekesalan dalam hubungan pribadi dan keluarga juga mendatangkan stres.

Anda bisa mengendalikan sebuah stresor serius dengan mengontrol stresor lain yang lebih ringan. Apabila ada stresor serius yang tidak bisa anda hindari, carilah sumber stres lainnya. Jika anda bisa mengambil langkah langkah untuk mengontrol stresor tambahan, ini akan membantu anda membawa seluruh stres dalam hidup  anda ke dalam batas yang lebih mudah dikendalikan.

  • Belajar dari Pengalaman

Bacalah tiga kelompok peristiwa hidup dibawah ini dan catat berapa banyak peristiwa yang terjadi pada anda.

Jika sebagian besar peristiwa hidup ini relevan dengan anda, khususnya yang berada dalam kelompok 3 yang merupakan peristiwa – peristiwa yang paling membuat stres – berarti anda harus sangat berhati – hari. Jaga hiudplah anda stabil mungkin dan bebas stres.

cara mengatasi stres dan depresi

Gunakan buku harian

Anda bisa menggunakan “buku harian stress” untuk menyimpan informasi tentang stress yang anda alami sehingga anda bisa menganalisisnya. Kemudian, anda bisa menentukan cara terbaik untuk mencegah atau mengahadapinya secara efektif dan efisien.

Teknik Latihan

Setiap hari catat peristiwa yang membuat anda stres dengan merinci  karakteristik setiap merinci dan mengapa peristiwa itu menyebabkan stres. Catat dengan skala 1 -10, tingkat stres yang anda alami  dan apa yang anda rasakan. Anda juga bisa mencatat respon anda.

Analisis Informasi

Dengan membuat buku harian stres, anda bisa mengungkap pola stres dan mencari penyebabnya. Jika anda telah mencatat selama sebulan, buat daftar berbagai macam stres yang anda alami dalam kurun waktu tersebut berdasarkan frekuensinya, dengan jenis stres yang paling sering terjadi di bagian atas daftar. Lalu persiapkan daftar kedua dengan mengurutkan semua pengalaman stres berdasarkan seberapa buruk perasaan yang ditimbulkannya, dengan stres yang paling tidak menyenangkan dibagian atas daftar. Stres yang berasa dibagian  atas setiap daftar adalah yang paling penting untuk anda kendalikan. Analisis anda dapat menunjukkan  bahwa meningkatkan kemahiran manajemen stes memang bermanfaat.

Gunakan Analisis SWOT Stres

Analisis swot digunakan untuk melihat strenght (kelebihan), weakness (kekurangan), Opportunity (peluang), dan Threat (ancaman). Analisis SWOT stres akan menunjukkan di bagian mana anda perlu meningkatkan kemahiran manajemen stres.

Cara Kerja SWOT

Dengan melakukan analisis swot, anda bisa mengenali semua kelebihan, kemahiran, sumber daya dan jaringan sosial yang bisa membantu mengendalikan stres. Anda memiliki kelebihan dan kemahiran yang tidak disadari, dan analisis ini akan membuatnya jelas.

Dengan melihat kekurangan anda, anda mengidentifikasi hal hal yang perlu anda ubah dalam hidup. Membuat daftar peluang membuat anda mampu memanfaatkan kelebihan untuk mengendalikan stres dan mengambil keuntungan dari manajemen stres yang baik. Dengan melihat faktor faktor ancaman, anda bisa mengenali konsekuensi  negatif dr pengendalian stres yang buruk, dan ini bisa menjadi sumber motivasi yang kuat.

Cari Dukungan

Banyak orang stres karena mereka gagal mengenali sumber daya yang tersedia dan jaringan pendukung untuk membantu mereka. Hanya segelintir orang yang bisa melakukan segala sesuatu  tanpa bantuan. Mengegahui cara menganalisis situasi situasi dimana anda perlu bantuan adalah bagian penting dari manajemen stres.

lihat juga:

Apa itu stres

Stres adalah suatu kondisi atau perasaan yang dialami ketika seseorang menganggap bahwa “tuntutan – tuntutan melebihi sumber daya sosial dan personal yang mampu dikerahkan seseorang”

Bagaimana dampak stres terhadap kesehatan dan karir anda

Keletihan akibat stres mengakibatkan apa yang sering disebut sebagai “burnout” (keletihan secara fisik, mental, dan emosional). 
Walaupun stresor stresor itu tidak mengancam kelangsungan hidup anda, kesehatan anda bisa terancam. Persepsi orang tentang stres itu  akan menentukan respon mereka.

Bagaimana sebaiknya menyikapi stres yang berlebih

1 Pahami Respon Anda Terhadap Stress
2 Jaga kesehatan anda
3. ….

Bagaimana cara Menyikapi stres berat

Lakukan Olahraga Rutin
Waspadai Perilaku Yang Merusak
Pahami Hubungan Stres dan Penyakit
Jaga Jantung Anda

Bagaimana cara menghilangkan stres

Memahami  sumber stress yang mempengaruhi anda adalah langkah penting  menuju pengendalian stres. Belajarlah mengenali penyebab potensioal stres dari jangka pendek dan jangka panjang dan analisis reaksi anda terhadapnya.
– Merespon Terhadap Perubahan
– Belajar dari Pengalaman
– dll

Kategori: Tips dan Cara

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *