cara mengatasi setres

Mengatasi stres

Banyak faktor membuat hidup seseorang terlihat kurang bergairah, seolah hidup mereka dipenuhi beban yang tidak ada habisnya. Selama hidup masih berjalan, tidak bisa dinafikkan permasalahan silih berganti, bahkan permasalahan yang satu belum terselesaikan permasalahan lain sudah mucul. Tanpa control diri dan cara menangani permasalahan yang tepat tidak sedikit yang terbebani hingga akhirnya setres, hari hari mereka terasa buruk dan tidak menguntungkan. Umumnya stres terjadi dikarenakan permasalahan yang tak kunjung selesai. Seperti diketahui masalah datang dari dua arah, yang pertama dari diri sendiri dan orang lain.

Stres bukanlah perasaan yang menyenangkan – Kecemasan itu terasa seperti beban yang datang secara tiba-tiba, dan itu membuat hidup semakin merepotkan. Ada beban konstan dalam pikiran Anda dan suara yang mengganggu memberi tahu Anda untuk khawatir.

Beberapa orang yang paling sukses dicirikan oleh kemampuan mereka mengatasi stres. Mereka tidak hanya dapat secara efektif dan berkelanjutan menghadapi situasi sulit, namun mereka dapat menggunakan tekanan mereka untuk mendorong usaha mereka.

Berikut ini 8 cara agar Anda bisa tekanan menjadi bahan bakar untuk kebesaran:

  1. Gunakan sebagai katalisator/perubahan untuk tindakan.

katalisator (seseorang atau sesuatu yang menyebabkan terjadinya perubahan dan menimbulkan kejadian baru atau mempercepat suatu peristiwa)

Bila Anda merasa stres, mudah terbawa  dalam  suasana sedih, Anda sendiri tanpa mengetahui dari mana harus memulai. Ini hanya menyebabkan waktu terbuang dan bahkan lebih stres lebih dalam.

Sebagai gantinya, gunakan stres Anda sebagai katalisator untuk tindakan. Melakukan sesuatu lebih baik daripada tidak sama sekali. Karena itu, gunakan stres sebagai pengemudi untuk turun dari kaki Anda dan mulailah bekerja untuk memperbaiki situasi Anda.

  1. Manfaatkan rasa urgensi Anda.

Bila Anda stres, ada perasaan urgensi yang lebih besar. Tanggung jawab Anda atau situasi yang dihadapi lebih besar hadir dalam pikiran Anda.

Hal ini dapat mendorong Anda untuk bekerja lebih keras dan lebih efisien. Ketika kita merasa dunia terbakar di sekitar kita (walaupun kenyataannya tidak!), Kita memiliki lebih banyak energi untuk menyelesaikan sesuatu dengan cepat.

Lihat juga cara menghilangkan stres berat akibat banyak pikiran

  1. Minta bantuan orang lain.

Banyak yang harus dilakukan, ada sebagian permasalahan yang mengharuskan anda untuk meminta bantuan orang lain. Memaksakan diri untuk menyelesaikan secara sendiri, sementara permasalahan yang kamu emban diluar kemampuan kamu, hal ini dapat membawa kamu kearah yang lebih pelik hingga pada ujungnya setres tidak dapat dihindari.

Dengan terlibatnya orang lain dalam permasalahan yang kamu hadapi, ini berpengaruh terhadap beban dan tanggung jawab kamu paling tidak diharapakan mereka dapat memberikan solusi. Menyelesaikan pekerjaan atau permasalahan  secara kolektif tentu akan lebih cepat.

  1. Dengarkan tubuh Anda dan pelajari dari perjuangan Anda.

Di tengah stres, Anda harus mundur selangkah dan menganalisis situasinya. Pada saat kita mendorong diri kita ke batas kita, kita sering belajar hal-hal yang tidak akan kita sadari sebaliknya.

Anda dapat merasakan apa yang membuat Anda stres dan mengapa hal itu membuat Anda stres. Dalam situasi intensitas tinggi ini, tubuh dan pikiran kita memiliki banyak hal untuk dibagikan. Dengarkan pikiran-pikiran itu dan pelajari dari mereka sehingga Anda bisa merasa lebih baik dan lebih berpikiran maju.

  1. Gunakan sebagai alasan untuk berolahraga.

Olahraga jelas merupakan hal yang positif. Itu membuat kita merasa lebih baik dan membuat kita lebih sehat. Manfaatkan stres Anda sebagai alasan untuk berolahraga. Berolahraga bisa menenangkan pikiran Anda dan membuat Anda merasa lebih baik dalam situasi sulit.

Meskipun merasa bahwa Anda mungkin tidak memiliki waktu atau kemampuan untuk berolahraga, hal itu akan membuat Anda jauh lebih baik. Karena itu, manfaatkan situasi Anda dan sadari bahwa berolahraga akan menjadi win-win.

  1. Lihat situasi Anda sebagai tantangan.

Lihatlah semua yang harus Anda lakukan dan arahkan sebagai tantangan. Anda akan melihat ke masa depan dan mengingat masa sulit ini dan cara Anda menanganinya. Hidup bisa menjadi perjuangan, dan mengenali hal ini dapat membantu Anda menghadapi kesulitan yang Anda hadapi.

Hidup juga dapat meningkatkan motivasi Anda untuk terus bekerja dan berusaha mencapai apa yang Anda inginkan. Bila kita melihat situasi sebagai tantangan yang harus kita selesaikan, lebih mudah bekerja keras untuk mencapai tujuan itu.

  1. Dokumentasikan perjalanan Anda.

banyak orang kemungkinan akan menghadapi tantangan di masa depan. Akibatnya, Anda harus mendokumentasikan apa yang sedang Anda pelajari dan alami. Lakukan  secara pribadi dengan terjadwal. Meskipun sepertinya tidak seperti hal yang paling menyenangkan atau berharga untuk dilakukan saat ini, ia akan memberikan keuntungan untuk kamu nantinya.

Pertama, mendokumentasikan apa yang terjadi bisa membantu Anda menyadari hal-hal yang tidak Anda sadari sebelumnya. Mengambil langkah di luar situasi Anda untuk bercermin dapat memicu gagasan dan cara baru untuk memecahkan masalah Anda.

Kedua, dokumentasi yang Anda buat bisa sangat membantu orang lain. Bahkan bisa sampai ke titik di mana Anda menjadi orang yang berpengaruh atau motivasional.

  1. Masukkan sesuatu ke gambar yang lebih besar

Mengambil langkah mundur dari situasi Anda dan memasukkannya ke dalam gambaran kehidupan yang lebih besar dapat membantu meringankan tekanan yang Anda rasakan. Apa yang terburuk yang bisa benar-benar terjadi? Kita sering menganggap serius sepanjang hidup. Oleh karena itu, dengan mengambil langkah mundur, perspektif Anda terhadap perjuangan Anda akan berubah.

Yang bisa Anda lakukan adalah mencoba yang paling sulit. Jika hal-hal tidak berhasil setelah itu, maka itu di luar kendali Anda. Realisasi ini membebaskan, dan ini akan memungkinkan Anda menghabiskan lebih sedikit waktu untuk mengkhawatirkan, dan lebih banyak waktu berfokus untuk melakukan yang terbaik dengan tugas yang ada.

https://goo.gl/JPcRmr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *