Mengulik Faktor yang Mempengaruhi Dinamika Rotasi

Published by admin on

Dalam dunia sains pasti banyak yang sudah tidak asing dengan dinamika rotasi, terlebih bagi anda yang saat ini tengah menggeluti disiplin ilmu fisika. Ilmu yang membahas tentang dinamika pada rota ini sangat erat kaitannya dalam kehidupan sehari-hari. Disamping itu, ada banyak faktor yang akhirnya dinamika pada rotasi tersebut bisa dimanfaatkan untuk kehidupan sebagai berikut.

Mengenal Lebih dekat makna dari Dinamika pada Rotasi

Mungkin banyak juga orang yang tidak berkecimpung dalam dunia sains yang masih bingung yang dimaksud dengan dinamika  pada rotasi. Jadi yang dinamakan dinamika pada rotasi adalah sebuah disiplin ilmu yang ada dalam dunia fisika yang mempelajari terkait gerak rotasi atau berputar dengan memperhatikan berbagai aspek penyebabnya, yaitu momen gaya.

Momen gaya atau dalam sains dikenal dengan torsi ini nantinya bakal membuat semacam percepatan sudut. Perlu untuk diketahui, bahwasannya sebuah benda bisa dikatakan telah melakukan gerak rotasi atau berputar apabila benda tersebut telah berputar mengelilingi poros atau sumbu putar. Umumnya sebuah sumbu putar tersebut akan berada dalam salah satu pada bagian dari benda tersebut.

Dalam kaitannya dengan dinamika berputar ada juga yang dimaksud dengan benda tegar. Jadi yang dinamakan dengan benda tegar dalam dinamika rotasi adalah sebuah benda yang tidak bisa berubah bentuk yang diakibatkan pengaruh gaya. Sehingga pada saat melakukan pergerakan, benda tersebut tidak akan mengalami perubahan baik bentuk dan juga volumenya. 

Faktor yang Mempengaruhi Dinamika Berputar atau Rotasi

  1. Momen Gaya atau Torsi

Sebelum membahas tentang momen gaya, kini anda harus tahu terlebih dahulu apa yang di maksud dengan gaya. Jadi gaya adalah hal yang menyebabkan adanya pergerakan pada suatu benda. Biasanya gaya yang ada dalam gerak rotasi ini akan menyebabkan benda bisa berputar yang disebut dengan momen gaya atau torsi. 

Dalam rumus fisika, momen gaya atau torsi ini akan dijelaskan dengan hasil kali antara gaya yang tegak lurus dengan jarak yang berasal dari sumbu rotasi ke bagian arah garis kerja sebuah gaya. Perlu diketahui, momen gaya ini juga masuk dalam kategori besaran vektor, sehingga selain mempunyai nilai, ia juga memiliki arah.

  1. Momen Inersia

Faktor lain yang mempengaruhi dinamika berpurat adalah momen inersia. Momen inersia sendiri yang ada dalam dinamika rotasi adalah sebuah besaran yang menyatakan ukuran kecenderungan suatu benda agar tetap mempertahankan keadaan atau kelembamannya. Pada gerak rotasi, momen inersia ini juga akan menjadi ukuran sebuah kemampuan benda dalam mempertahankan kecepatan pada sudut rotasinya.

Umumnya untuk benda-benda yang susah untuk berputar atau sulit dihentikan pada saat berputar, maka ia bakal memiliki momen inersia yang jauh lebih besar dan juga sebaliknya. Sehingga hal yang bisa diambil dari momen inersia ini, bahwa ia akan dipengaruhi oleh massa benda, bentuknya. Dan juga letak dari sumbu putar.

  1. Momentum Sudut

Tidak ketinggalan faktor lain yang akan mempengaruhi dinamika berpurat adalah momentum sudut. Jadi yang dinamakan momentum sudut dalam gerakan rotasi adalah sebuah besaran analog dengan momentum linear dan telah mempunyai arah. Momentum sudut ini merupakan poin penting, sebba akan mempengaruhi dinamika suatu benda bisa berputar.

  1. Energi dan Usaha Gerak Rotasi

Pasti anda sudah tidak asing lagi, bahwasannya benda yang bergerak pasti mempunyai energi kinetik jika ditinjau dalam dinamika rotasi. Dan itu sama halnya benda-benda yang mengalami rotasi. Energi kinetik rotasi ini akan muncul dengan cara yang berbarengan dengan translasi tatkala benda tersebut menggelinding.

Contoh Penerapan Dinamika Berputar dalam Kehidupan Sehari-Hari

Penerapan dari peristiwa dinamika berputar ini salah satunya bisa dilihat pada pemain ice skating dalam setiap atraksinya. Biasanya para pemain yang ada dalam ice skating ini akan merentangkan kedua tangannya pada saat berputar, lalu secara perlahan bakal menekuk tangannya ke bagian tubuh. Dengan begitu, maka putaran yang ada dalam pemain ice skating bakal lebih cepat.

Contoh penerapan dinamika berputar yang ada dalam kehidupan sehari-hari lainnya adalah bianglala. Dimana wahana permainan ini bakal melakukan gerakan berputar, dari yang lambar lalu lama-kelamaan bakal semakin cepat. Peristiwa gerakan yang ada dalam permainan bianglala tersebut disebabkan oleh torsi atau momen gaya.

Bagian terakhir yang wajib anda ketahui terkait contoh dinamika berputar adalah pintu. Perlu diketahui, bahwa pintu juga masuk dalam benda yang bisa masuk dalam penerapan dinamika rotasi yang di pengaruhi langsung oleh faktor momen gaya. Hal ini bisa terjadi karena jika anda mendorongnya, maka pintu bakal berputar dan mudah di buka.

Dari penjelasan diatas bisa di ambil kesimpulan. Bahwasannya ada beberapa faktor yang mempengaruhi adanya dinamika pada rotasi. Faktor yang di maksud antara lain adalah momen gaya atau torsi, momen inersia, momentum sudut, dan yang terakhir energi dan usaha gerak rotasi. Dan dalam kehidupan harian, dinamika berputar ini ditemukan pada pemain ice skating, bianglala, dan pintu.

Categories: pendidikan

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.