Ketahui Modus pencurian data kartu kredit
Keuangan dan Kredit /  -

Ketahui Modus pencurian data kartu kredit

Desember 28th, 2016 | Posted in Keuangan dan Kredit | |
2017-06-27 01:51

Untuk anda pengguna kartu kredit tampak harus lebih berhati hati lg, karena modus pencurian  data kartu kredit semakin hari semakin beragam dan canggih. Tingginya transaksi non tunai menandakan transaksi penggunaan kartu kredit terus meningkat. Alasannya tingginya pengguna kartu kredit selain pembayaran dilakukan secara kredit juga lebih praktis bila dibandingkan dengan membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak.

Meski penggunaan kartu lebih praktis dalam pembayaran sebaiknya anda lebih berhati hati karena disekeliling anda cukup banyak mengincar data anda dengan berbagai modus. Berikut sejumlah mudus yang digunakan oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mencuri data kartu kredit anda.

data kartu kredit

  • Menggunakan alat penyadap

Mungkin anda sudah sering mendengar kejahatan perbankan melalui mesin anjugan tunai mandiri mulai dari mengakali lubang mesin ATM agar kartu anda tertelan pada mesin tersebut sampai yang lebih canggih dengan memasang alat penyadap pada lubang mesin ATM untuk mencuri dari kartu kredit anda. Data yang disadap mencakup secara keseluruhan mulai dari no kartu hingga PIN anda.

Tidak sampai di mesin ATM saja modus pencurian data pencurian data juga bisa terjadi pada mesin electronic data capture (EDC), dan ketika anda melakukan gesek tunai (gestun).

  • Melalui Telpon

Sy pernah di telp seseorang yang mengtasanamakan PT X, Saya sempat bertanya pada orang tersebut dari mana mendapatkan no telp saya dan ia mengatakan mereka merupakan rekanan bank X tersebut, sebenarnya saya tidak langsung percaya dengan perkataannya singkat kata sy dengarkan apa ia katakan terakhir ia menawarkan promo voucher penginapan hotel berbintang tiga dan voucher tersebut berlaku hingga 3 tahun dengan catatan membayar biaya pajak dimana biaya hampir 70% dari nilai voucher tersebut.

Dari cerita diatas modus melaui telp beragam cara, dan tidak mentup kemungkinan modus lain bisa saja terjadi pada anda, misalkan seseorang menyamar sebagai karyawan/ petugas bank dibidang kartu kredit , mengatakan kartu kredit anda dalam masalah dan meminta anda untuk memberikan data kartu kredit anda seperti nama lengkap, tt lahir,pin dan nomor kartu, jangan langsung dipercaya begitu saja sebaiknya telpon tersebut anda matikan sejenak dan menelpon pusat penerbit kartu kredit anda.

  • Pencurian melalui Email

jangan pernah berpikir modus pencurian data tidak bisa dilakukan melaui surat electronic (email). Modus mereka bisa saja mengirim email dan mengatakan sebagai petugas bank, surat yang ditulispun begitu rapi dan meyakinkan sehingga membiat anda terkecoh tidak tau itu merupakan modus penipuan.

Yang perlu anda ketahui, umumnya bank menggunak email yang resmi bukan seperti biasa yang banyak digunakan masyarakat luas seperti yahoo, gmail atau hotmail dll. Bila email tersebut datang kepada anda mengatasnamakan dari bank penerbit kartu kredit anda sebaiknya abaikan saja.

  • Aflikasi /software gratisan

Hal yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya ialah pencurian data kartu kredit melalui soffware gratisan seperti anti virus gratis maupun lainnya. Kenyataannya pada saat anda menginstal anti virus bisa menginveksi komputer atau smartphone anda dan telah merekam kerahasian komputer dan smartphone anda.

Untuk menghindari modus diatas sebaiknya hindari software gratisan yang belum teruji dan gunakan software original.

  • Tawaran/promo yang mengiurkan

Ini tidak berbeda jauh seperti yang saya ceritakan diatas, modus seperti cukup sering dilakukan oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mencuri data kartu kredit anda.

Bila anda menerima modus seperti diatas sebaiknya jangan langsung percaya, biasanya buntutnya tidak enak seperti meminta pengiriman uang sebagai pajak, biaya admin dan bisa juga meminta data data kartu kredit anda. Bila anda kurang yakin pastikan bahwa orang tersebut merupakan petugas dari penerbit bank. Modus seperti ini bisa saja terjadi menggunakan telp atau tatap muka langsung, jadi harap berhati-hati terhadap modus penipuan.

 

Komentar

One comment on “Ketahui Modus pencurian data kartu kredit