Nilai waktu uang

Dipublikasikan oleh admin pada

Pengertian Nilai waktu uang

Nilai waktu uang (Time Value of Money)  adalah konsep bahwa uang yang tersedia pada saat ini bernilai lebih dari jumlah yang sama di masa depan karena potensi kapasitas penghasilannya.

Nilai waktu uang diambil dari gagasan bahwa investor rasional lebih suka menerima uang hari ini daripada jumlah uang yang sama di masa mendatang  karena potensi uang untuk tumbuh dalam nilai selama jangka waktu tertentu.

Investasi yang dilakukan saat ini tidak serta merta menghasilkan peningkatan pendapatan hari ini juga. Dibutuhkan tenggang waktu. Makin tinggi jumlah dan kualitas investasi, biasanya tenggang waktunya makin panjang. Sebuah restoran yang ingin memperbesar usahanya dengan  membeli gedung baru, meja makan dan peralatan yang baru, membutuhkan tempo kurang dari satu tahun untuk menghasilkan. Tetapi investasi dalam bentuk pendirian pabrik mobil, mungkin membutuhkan tenggang waktu lima tahun. Karena itu, pertimbangan pokok dari keputusan investasi adalah berapa nilai sekarang (present value) dari uang yang akan kita peroleh dimasa mendatang atau berapa nilai uang masa mendatang (future value) dari jumlah yang kita investasikan saat ini.

Nilai sekarang (present value)

Misalkan, rudi ditawari sebuah rencana usaha dengan investasi awal sebesar Rp100.000.000 juta. Berdasarkan proposal, lima tahun kemudian nilai nominal yang dia peroleh adalah Rp161.000.000. Yang menjadi pertanyaan adalah apakan nilai Rp161.000.000 mendatang itu lebih besar dari Rp100.000.000 saat ini? jika ya, proposal tersebut layak diterima. Sebaliknya, jika tidak, tidak.

Bagaimana kita mengetahui nilai sekarang dari Rp161.000.000 tersebut diatas? Hal ini sangat bergantung dari tingkat pengembalian investasi  (investment return) yang rudi harapkan. Seandainya, untuk menjalankan usahanya, rudi harus meminjam dari bank dengan bunga pinjaman 15% pertahun. Rudi berharap  tingkat pengembalian investasi setidak – tidaknya sama dengan 15%/ karena itu nilai Rp161 juta harus di deflasi sebesar 15% per tahun. Dalam perhitungan manajemen keuangan, angka 15% tersebut dikenal sebagai faktor diskonto (discount factor).

Jika nilai sekarang dari Rp161 juta yang akan diterima lima tahun mendatang diterima lima tahun mendatang dinotasikan V, nilai Rp161 juta adalah X, sedang waktu adalah t, dan faktor diskonto adalah r, hubungan antara elemen – elemen tersebut adalah sebagai berikut:

Nilai sekarang dari Rp161 juta yang akan diterima lima tahun mendatang adalah Rp80,1 juta. Karena nilainya lebih kecil dari pada investasi awal, yang sebesar Rp100 juta, proposal usaha tidak layak alias ditolak. Sebab usaha tersebut justru membuat nilai riil uang yang di investasikan lebih kecil dari pada tingkat bunga pinjaman. Ini bisa dibuktikan dengan menggunakan persamaan eksponensial sederhana berikut:

Rumus dan contoh soal nilai waktu uang

makalah nilai waktu uang

Jika nilai Rp161 juta lima tahun mendatakan dinotasikan sebagai Zt  sedangkan investasi awal dinotasikan sebagai Z0 maka

Zt = Z0 (1 + r)t

karena nilai Zt  Z0 dan t sudah diketahui, maka r dapat diketahui dengan menggunakan data diatas,

161  = 100 (1 + r)5

Log 161 = log 100 + 5 (1 + r)

2,2068 = 2,000 + 5 log (1 + r)

5 log (1 + r) = 0,26068

Log (1 + r) = 0,0414

Anti log (1+r) = 1, 10; r=0,1 atau 10%

Tingkat pengembalian investasi ternyata hanya 10% per tahun, lebih kecil daripada biaya bunga pinjaman yang 15% per tahun.

Nilai masa mendatang (future value)

Menghitung nilai masa mendatang adalah kebalikan dari menghitung nilai sekarang dari output investasi yang direncanakan. Sekalipun melihat dari sudut pandang yang bertolak belakang, keputusan yang dihasilkan tetap sama. Dalam kasus diatas, dilihat dari nilai uang masa mendatang, dasar pengambilan keputusan terhadap proposal yang ditawarkan adalah berapa nilai lima tahun mendatang dari uang yang di investasikan pada saat ini. jika nilai Rp161 juta lima tahun mendatang adalah lebih besar daripada nilai masa mendatang yang diharapkan, proposal usaha layak diterima, sebaliknya jika tidak (nilainya lebih kecil)

Jika investasi awal dinotasikan sebagai A, nilai masa mendatang yang diharapkan adalah F, waktu adalah t, dan tingkat pengembalian investasi yang diharapkan adalah ≥ 15%, maka

Rumus nilai waktu sekarang

F= A (1 + r)t

F = 100 (1 + 0,15)5

  = 100 (2,01)

 = 201

Nilai mendatang (lima tahun mendatang) yang diharapkan Rudi dari investasi  saat ini adalah minimal Rp201 juta. Sedangkan yang ditawarkan proposal usaha hanya Rp161 juta. Karena tingkat pengembalian investasi yang dihasilkan hanyalah 10%. Proposal ditolak.

Makalah nilai waktu uang

lihat juga

Kategori: Investasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *