Nilai waktu uang

Dipublikasikan oleh admin pada

Pengertian Nilai waktu uang

Nilai waktu uang (Time Value of Money)  adalah konsep bahwa uang yang tersedia pada saat ini bernilai lebih dari jumlah yang sama di masa depan karena potensi kapasitas penghasilannya.

Nilai waktu uang diambil dari gagasan bahwa investor rasional lebih suka menerima uang hari ini daripada jumlah uang yang sama di masa mendatang  karena potensi uang untuk tumbuh dalam nilai selama jangka waktu tertentu.

Investasi yang dilakukan saat ini tidak serta merta menghasilkan peningkatan pendapatan hari ini juga. Dibutuhkan tenggang waktu. Makin tinggi jumlah dan kualitas investasi, biasanya tenggang waktunya makin panjang. Sebuah restoran yang ingin memperbesar usahanya dengan  membeli gedung baru, meja makan dan peralatan yang baru, membutuhkan tempo kurang dari satu tahun untuk menghasilkan. Tetapi investasi dalam bentuk pendirian pabrik mobil, mungkin membutuhkan tenggang waktu lima tahun. Karena itu, pertimbangan pokok dari keputusan investasi adalah berapa nilai sekarang (present value) dari uang yang akan kita peroleh dimasa mendatang atau berapa nilai uang masa mendatang (future value) dari jumlah yang kita investasikan saat ini.

Kategori: Investasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *