Nilai waktu uang

Dipublikasikan oleh admin pada

Nilai masa mendatang (future value)

Menghitung nilai masa mendatang adalah kebalikan dari menghitung nilai sekarang dari output investasi yang direncanakan. Sekalipun melihat dari sudut pandang yang bertolak belakang, keputusan yang dihasilkan tetap sama. Dalam kasus diatas, dilihat dari nilai uang masa mendatang, dasar pengambilan keputusan terhadap proposal yang ditawarkan adalah berapa nilai lima tahun mendatang dari uang yang di investasikan pada saat ini. jika nilai Rp161 juta lima tahun mendatang adalah lebih besar daripada nilai masa mendatang yang diharapkan, proposal usaha layak diterima, sebaliknya jika tidak (nilainya lebih kecil)

Jika investasi awal dinotasikan sebagai A, nilai masa mendatang yang diharapkan adalah F, waktu adalah t, dan tingkat pengembalian investasi yang diharapkan adalah ≥ 15%, maka

Rumus nilai waktu sekarang

F= A (1 + r)t

F = 100 (1 + 0,15)5

  = 100 (2,01)

 = 201

Nilai mendatang (lima tahun mendatang) yang diharapkan Rudi dari investasi  saat ini adalah minimal Rp201 juta. Sedangkan yang ditawarkan proposal usaha hanya Rp161 juta. Karena tingkat pengembalian investasi yang dihasilkan hanyalah 10%. Proposal ditolak.

Makalah nilai waktu uang

lihat juga

Kategori: Investasi

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *