Pastikan Memenuhi Kriteria Berikut Untuk Layak di Berikan Kredit.

Sudah tidak asing lagi tentu di telinga Anda mendengar kata kredit atau pinjaman. Ya, saat ini memang banyak sekali orang yang telah menggunakan kredit atau pinjaman. Hal tersebut juga di karenakan semakin banyak pula produk kredit yang di tawarkan dan banyak juga tempat- tempat yang menyediakan jasa peminjaman uang atau dana. alasan untuk mau dan tertarik menggunakan produk atau fasilitas kredit ini juga beragam. Ada yang di gunakan sebagai tambahan modal usaha agar dapat lebih berkembang, untuk memenuhi kebutuhan hidup, bahkan untuk kebutuhan yang sifatnya konsumtif yaitu seperti untuk biaya renovasi rumah dan lain sebagainya. Yang jelas, produk- produk kredit yang di tawarkan berguna untuk membantu masyarakat dalam mengatasi masalah keuangan yang sedang di hadapai dengan cara memberikan pinjaman dana tunai.

kredit

Bagi Anda seoarng pebisnis atau pengusaha juga bisa memanfaatkan produk kredit ini untuk mendapatkan pinjaman dana yang bisa di gunakan untuk tambahan modal usaha. Banyak produk-produk yang bisa di pilih yang khusus untuk pinjaman dana usaha misalnya saja salah satu produk dari bank yaitu KUR atau kredit Usaha Rakyat dan masih banyak lagi produk lainnya. Atau bisa juga jika Anda membutuhkan pinjaman dana untuk memenuhi kebutuhan mendesak atau darurat seperti untuk biaya berobat ke rumah sakit maka Anda bisa menggunakan produk Kredit Tanpa Agunan atau KTA. Produk tersebut sangat mudah dalam persyaratannya dan juga cepat dalam proses pencairan dananya. Sehingga sangat pas jika Anda gunakan sebagai cadangan dana darurat.

Terlepas dari produk- produk kredit maupun tujuannya, ada hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum mengajukan pinjaman kredit di Bank. Mengapa? Karena mengajukan kredit atau pinjaman ke bank juga tidak semudah membalikkan telaak tangan yaitu seketika bisa di setujui oleh bank. Banyak juga kasus atau kejadian penolakan pengajuan kredit di bank. Mengapa? Pihak bank juga mempunyai syarat- syarat yang harus di penuhi ketika hendak mengajukan pinjaman ke bank. Untuk kredit atau pinjaman yang menggunakan agunan atau jaminan untuk kreditnya, pihak bank juga harus memastikan dan mengecek aset yang di ajukan adalah asli dan tidak dalam persengketaan. Kemudian bank juga harus menilai berapa kah nilai dari agunan tersebut. terlebih lagi jika untuk pinjaman yang tidak menggunakan agunan. pihak bank akan lebih waspada dalam memberikan kredit atau pinjaman mengingat bahwa pinjaman tersebut tidak di sertai dengan agunan atau jaminan. Selain masalah mengenai agunan atau jaminan, bank juga mempunyai kriteria dan syarat- syarat lain yang di gunakan sebagai tolak ukur dalam menerima pengajuan pinjaman oleh calon nasabahnya. Tidak secara sembarangan. Mereka memiliki prinsip kehati- hatian bank ketika memberikan kredit. Kriteria nasabah pun juga termasuk dalam penilaiannya. Ketika Anda mengajukan pinjaman ke bank sebelumnya Anda pastikan terlebih dahulu apakah Anda layak dalam menerima pinjaman tersebut atau tidak. Perhatikan 3 hal berikut yang merupakan kriteria nasabah atau debitur yang layak untuk di berikan pinjaman atau kredit. Selamat menyimak.

Memenuhi Persyaratan.

Yang paling mendasar yang harus Anda ketahui sebelum mengajukan pinjaman ke bank adalah mengetahui apa saja syarat yang di haruskan untuk di penuhi. Untuk persyaratan administrasi ini memang setiap produk berbeda – beda. Hal ini juga tergantung pada kebijakan masing- masing bank. Persyaratan yang umum adalah misalnya mengenai minimal penghasilan, batas usia atau umur dan lain- lain. selain itu, biasnaya Anda juga di wajibkan untuk mengumpulkan beberapa dokumen atau surat penting seperti identitas diri, kartu keluarga, slip gaji, dan hal- hal penting lainnya yang berpengaruh terhadap pinjaman. Bagi Anda yang mengajukan pinjaman untuk usaha Anda maka biasanya Anda akan di wajibkan untuk menyertakan surat ijin usaha dan laporan keuangan dari usaha atau bisnis Anda. jangan anggap sepele tahapan administrasi tersebut. mengapa hal itu penting? Hal pertama yang di lihat oleh pihak bank ketika mengajukan pinjaman adalah kelengkapan dokumen dan administrasi yang Anda sertakan. Dan salah satu kriteria nasabah agar pengajuannya bisa di setujui adalah lolos dalam tahap administrasi ini. Jadi, pastikan bahwa Anda mampu melengkapi dan memenuhi persyaratan yang ada.

Lolos Catatan baik dari BI

Setelah Anda memenuhi persyaratan yang di berikan oleh bank Anda harus memastikan hal lain yaitu Anda lolos dalam tahapan BI Checking. Tahap BI checking  merupakan tahapan penilaian dari pihak bank mengenai riwayat atau histori kredit yang sebelumnya Anda lakukan. Pastikan bahwa Anda memiliki catatan atau riwayat kredit yang baik. jika sebelumnya Anda pernah mengajukan pinjaman di bank maka pastikan bahwa pinjaman tersebut lancar dalam pengembalian atau pembayaran kreditnya. Jika Anda belum pernah melakukan pengajuan kredit di bank maka Anda tidak perlu kahwatir karena catatan kredit Anda belum ada maka pihak bank bisa mempertimbangkan pengajuan Anda bisa di setujui. Namun tidak jika Anda sebelumnya pernah mengajukan pinjaman atau kredit di bank tetapi mengalami masalah dalam pembayaran angsurannya alias kredit macet maka secara otomatis nilai Anda di BI Checking menjadi jelek. Dan akibatnya pihak bank tidak akan menerima pengajuan kredit Anda di bank. Karena pihak bank tidak akan mengambil resiko yang besar dengan memberikan pinjaman dan kredit kepada calon nasabah yang pernah mengalami kelalaian dalam pembayaran angsuran. Jadi pastikan bahwa Anda lolos dalam tahap BI Checking agar pengajuan kredit Anda di terima.

Pemilihan Produk Yang Tepat.

Hal terakhir yang merupakan kriteria dari nasabah yang layak untuk di berikan pinjaman atau kredit adalah ketika nasabah tersebut tepat dalam memilih produk pinjaman dan jumlah dalam mengajukan pinjaman. Hal ini sangat penting untuk di perhatikan dan di pertimbangkan. Anda harus benar- benar memilih dan menentukan produk pinjaman yang tepat untuk Anda ajukan. Pilihan produk pinjaman atau kredit Anda harus Anda sesuaikan dengan tujuan dan kebutuhan Anda. misalnya, jika Anda memiliki tujuan dalam pengajuan kredit ini adalah untuk tambahan modal bisnis maka pilihan produk kredit yang tepat adalah produk kredit khusus modal usaha yang ada di bank tersebut. salah jika Anda membutuhkan modal untuk usaha namun Anda tidak memilih produk kredit usaha. Selain produk yang tepat, Anda juga harus menentukan mengenai jumlah pinjaman yang Anda ajukan. Usahakan sebelum Anda mengajukan pinjaman untuk menghitung berapa kira- kira dana yang Anda butuhkan jadi ketika Anda mengajukan Anda tidak hanya memperkirakan saja namun memastikan bahwa Anda sudah menentukan jumlah nominalnya dan tidak berlebihan.

Demikian itulah kriteria nasabah yang layak untuk di berikan pinjaman. Usahakan Anda melakukan perencanaan dan pertimbangan yang matang agar pengajuan pinjaman Anda mudah untuk diterima dan di setujui. Semoga bermanfaat.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *