Inilah Pembahasan Mengenai Pengertian Hukum Dagang

Published by admin on

Hukum merupakan sesuatu yang berfungsi untuk mengatur segala hal terkait kegiatan tertentu. Sesuatu tersebut berupa norma atau aturan khusus. Biasanya hukum digunakan untuk mengatur kegiatan perusahaan maupun dalam dunia usaha. Pengertian hukum dagang sendiri merujuk pada segala sesuatu yang erat kaitannya dalam hal perdagangan yang dijalankan perseorangan atau perusahaan.

Pengertian Hukum Dagang Menurut KBBI, Secara Umum, dan Para Ahli

  • Menurut KBBI

Makna hukum dagang menurut KBBI adalah pekerjaan yang ada hubungannya dengan membeli dan menjual barang dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Istilah dagang mempunyai makna yang sama dengan niaga atau jual beli. Dalam hal ini perdagangan dimaknai sebagai segala sesuatu terkait perniagaan, jual beli, atau dagang sebagai suatu pekerjaan yang dilakukan sehari-hari.

  • Secara Umum

Secara sederhana, makna konsep dagang yakni perbuatan dalam melakukan pembelian barang pada suatu tempat kemudian dijual kembali di tempat lainnya. Selain itu, dagang juga dimaknai sebagai pembelian barang di suatu tempat dan dijual kembali supaya mendapatkan keuntungan. Hukum dagang berkaitan erat dengan pengertian perniagaan dan perusahaan.

Hukum dagang termasuk kategori hukum perikaatan atau hukum perdata. Hal ini dikarenakan hukum dagang erat kaitannya dengan segala tindakan yang dilakukan oleh manusia dalam kegiatan perdagangan. Jenis hukum ini tidak termasuk jenis hukum kebendaan karena kaitannya dengan kewajiban dan hak seluruh pihak yang bersangkutan dengan segala urusan perdagangan.

Oleh karena itu, hukum dagang secara umum diartikan sebagai sebuah ilmu yang memiliki aturan terkait hubungan dari beberapa pihak dan mempunyai keterikatan dengan segala urusan perdagangan. Hukum dagang juga diartikan sebagai norma-norma yang digunakan dalam kegiatan perusahaan atau dunia usaha.

  • Menurut Para Ahli
  1. Soekardono

Hukum dagang menurut Soekardono diartikan sebagai bagian dari jenis hukum perdata yang berfungsi dalam mengatur masalah terkait perikatan dan perjanjian yang diatur di buku III BW. Sehingga hukum dagang menurut Soekardono bisa dikatakan juga sebagai himpunan dari peraturan yang menjadi pengatur antara hubungan seseorang terhadap orang lain di dalam suatu kegiatan perusahaan dalam kodifikasi KUHPerdata dan KUHD.

  1. Suwardi

Dalam bukunya yang berjudul Hukum Dagang Suatu Pengantar, Suwardi mengemukakan bahwa hukum dagang adalah serangkaian norma yang digunakan dalam kegiatan perusahaan maupun dunia usaha. Sumber norma tersebut yakni dari kodifikasi dari aturan hukum berupa Kitab Undang-Undang terkait Hukum Perdata dan Hukum Dagang atau yang terdapat di luar kodifikasi.

  1. Achmad Ichsan

Achmad Ichsan menyatakan bahwa pengertian hukum dagang merupakan hukum yang berfungsi untuk mengatur hal-hal terkait perdagangan seperti tingkah laku yang dilakukan oleh manusia dalam kegiatan perniagaan atau perdagangan. Oleh karena itu hukum dagang digunakan untuk mengatur tingkah laku yang dilakukan manusia dalam berdagang atau berniaga.

  1. Fockema Andreae

Di dalam kamus berisikan istilah hukum bahasa Belanda dan Indonesia, Fockema Andreae berpendapat bahwa pengertian Handlesrecht atau hukum dagang yakni seluruh aturan hukum terkait perusahaan yang ada dalam hal lalu lintas pada perdagangan. Dalam hal ini, hukum dagang dilihat dari seberapa jauh aturan dalam undang-undang dan KUHD.

  1. Van Kan

Makna hukum dagang menurut Van Kan yakni tambahan dari hukum perdata dimana tambahan tersebut merupakan aturan terkait hal-hal yang khusus. Oleh karena itu, hukum dagang berisikan segala aturan yang menyangkut perdagangan mengenai hal khusus yang harus ditaati oleh pelaku perdagangan.

  1. Ridwan Halim

Pernyataan terkait hukum dagang menurut Ridwan Halim yaitu hukum yang memiliki fungsi sebagai pengatur hubungan dari satu pihak terhadap pihak lainnya yang mempunyai kaitan dengan segala urusan mengenai perdagangan. Hukum tersebutlah yang mengatur hubungan keterikatan dari beberapa pihak terkait perdagangan.

  1. S.T. Kansil

Menurut C.S.T Kansil, hukum dagang mempunyai kesamaan makna dengan hukum perusahaan dimana hukum tersebut berperan dalam mengatur segala tingkah laku yang dilakukan oleh manusia dalam berdagang dan membangun usaha sehingga memperoleh keuntungan.

  1. M.N Purwosutjipto

Definisi hukum dagang menurut H.M.N Purwosutjipto yakni hukum yang berfungsi untuk mengatur perikatan mengenai perdagangan yang dilakukan dalam berbagai lapangan perusahaan. Hukum dagang ini memiliki peranan penting terhadap kegiatan perdagangan yang dilakukan oleh masyarakat.

  1. Munir Fuandi

Munir Fuandi menyatakan bahwa hukum dagang atau hukum bisnis dimaknai sebagai perangkat pada kaidah hukum untuk mengatur bagaimana tata cara terkait pelaksanaan urusan yang ada hubungannya dengan kegiatan industri, keuangan, atau dagang. Kegiatan tersebut mempunyai hubungan dengan pertukaran jasa, barang, atau produksi dengan cara menempatkan uang yang memiliki usaha atau resiko tertentu.

  1. Sunaryati Hartono

Pengertian hukum dagang yang disampaikan oleh Sunaryati Hartono disinonimkan dengan pengertian hukum ekonomi yakni seluruh peraturan terkait hukum kebiasaan dan putusan pengadilan yang memiliki keterikatan dengan pengembangan seputar kehidupan ekonomi.

Categories: pendidikan

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *