Pencemaran Air

Dipublikasikan oleh admin pada

Pencemaran air merupakan salah satu masalah regional maupun lingkungan global, yang sangat berhubungan dengan masalah pencemaran udara serta penggunaan lahan tanah atau daratan. Meskipun air adalah termasuk sumber daya alam yang dapat diperbaharui, namun air dapat dengan mudah terkontaminasi oleh kegiatan manusia dengan tujuan yang bermacam-macam dan mudah sekali tercemar.

Pencemaran air merupakan proses menurunnya kualitas air di sungai, danau, laut atau penampungan air lain yang terjadi akibat kegiatan manusia. Penyebab pencemaran air ini dapat diakibatkan oleh sampah dan limbah hasil kegiatan manusia. Dampak yang terjadi jika pencemaran air pun bisa berbahaya karena menyebabkan banyak kerugian, seperti misalnya terjadi perubahan warna, rasa, bau hingga kualitas air itu sendiri.

Pengertian Pencemaran Air

Pencemaran air merupakan suatu fenomena perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air misalnya seperti laut, sungai, danau dan air tanah yang terjadi akibat kegiatan manusia, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Selain itu, pencemaran air juga dapat didefinisikan sebagai menurunnya kualitas air akibat adanya makhluk hidup, zat, energi yang masuk ke dalam air yang disebabkan aktifitas manusia. Penurunan kualitas air ini dapat disebabkan oleh secara sengaja atau tidak sengaja oleh aktifitas manusia.

Penyebab pencemaran air memang sebagian besar diakibatkan oleh kegiatan manusia, terutama adalah sampah dan limbah yang dibuang sembarangan. Dampak yang terjadi akibat pencemaran air pun berbahaya bagi organisme air dan juga bagi manusia, karena dapat mengakibatkan banjir dan menjadi sarang penyakit.

Kategori: pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *