Pencemaran Udara

Dipublikasikan oleh admin pada

Pencemaran udara merupakan salah satu pencemaran lingkungan yang saat ini sangat bisa dirasakan. Pencemaran udara terjadi apabila komposisi zat–zat yang ada diudara melampaui ambang batas yang ditentukan. Bahan-bahan kimia yang jumlahnya melampaui batas bisaberesiko untuk kesehatan manusia, juga mengganggu kehidupan hewan dan tumbuhan serta terganggunya iklim atau cuaca.

Bahan kimia yang termasuk golongan zat pencemar udara ialah karbondioksida (CO2), karbonmonoksida (CO), sulfurdioksida (SO2), oksida nitrogen (NO2), senyawa hidrokarbon, dan partikulat logam berat. Semakin modern dan berkembangnya zaman, maka jumlah penduduk semakin meningkat, maka untuk mencukupi kebutuhan biologis dan kemajuan teknologi, maka aktivitas yang dapat mencemari lingkungan semakin meningkat. Maka dari itu untuk menghambat dan mengurangi dampak tersebut, peran makhluk hidup terutama manusia sangatlah penting.

Pengertian Pencemaran Udara

Pencemaran udara ialah adanya bahan-bahan atau zat-zat asing didalam udara yang dapat menyebabkan perubahan susunan (komposisi) udara dari keadaan normalnya. Adanya bahan kimia atau zat asing dalam kadar tertentu serta berada diudara dalam jangka waktu yang cukup lama, dapat beresikomengganggu kehidupan manusia, hewan, tumbuhan dan makhluk hidup lainnya. Jika hal tersebut terjadi maka sudah dapat dikatakan bahwa udara telah tercemar.

Udara sendiri merupakan campuran beberapa macam gas yang jumlah perbandingannya tidak menentu, karena tergantung pada keadaan suhu udara atau tekanan udara serta lingkungansekitarnya. Udara mengandung zat-zar berikut yaitu oksigen (O2) untuk bernapas, karbondioksida untuk proses fotosintesis oleh khlorofil daun dan ozon (O3) untuk menahan sinar ultra violet.

Ada gas-gas lain yang terdapat dalam udara misalnya seperti gas-gas mulia, nitrogen oksida, amonia, hidrogen, methana, belerang dioksida, dan lain sebagainya. Jika susunan udara terjadi perubahan dari susunan keadaan normal seperti tersebut diatas dan Selanjutnya mengganggu kehidupan dan aktivitas manusia, hewan dan tumbuhan, maka tandanya sudah terjadi pencemaran udara.

Jenis-jenis Pencemaran Udara

Pencemaran udara berdasarkan asalnya, dapat dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu:

  1. Pencemaran Udara Alami

Pencemaran udara alami ialah masuknya zat pencemar ke dalam udara atau atmosfer, akibat dari prosesproses alam misalnya asap kebakaran hutan, debu dari gunung berapi, pancaran garam dari laut, debu meteroid dan lain sebagainya.

  1. Pencemaran Udara Non- Alami

Pencemaran udara non-alami ialah asuknya zat pencemar oleh aktivitas manusia, yang biasanyatanpa disadari dan termasuk produk sampingan, berupa gas-gas beracun, asap, senyawa kimia, buangan nuklir, partikel-partikel halus, senyawa belerang, dan buangan panas.

Kategori: pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *