Pendapatan Nasional

Dipublikasikan oleh admin pada

Dalam suatu negara, pendapatan nasional merupakan satu hal yang cukup penting, termasuk negara Indonesia. Pendapatan nasional merupakan penghasilan yang diperoleh oleh seseorang atau badan usaha dalam bentuk upah, bunga, tunjangan, hadiah, dividen, sewa dan lain-lain. Berikut ini kami akan membahas lengkap tentang pendapatan nasional mulai dari  pengertian, komponen, manfaat, hingga metode perhitungan pendapatan nasional.

Pengertian Pendapatan Nasional

Apa itu pendapatan nasional? Pendapatan nasional berkaitan dengan pendapatan dalam lingkup luas yaitu menyeluruh. Pendapatan nasional dari sisi ekonomi makro merupakan penghasilan nasional suatu negara dimana sumber dari penghasilan dari manapun dan dalam berbagai bentuk.

Jika diartikan secara umum, pendapatan nasional merupakan semua pendapatan yang diterima oleh seluruh anggota masyarakat atau seluruh rumah tangga keluarga dalam suatu negara dalam periode atau kurun waktu tertentu, dimana umumnya adalah satu tahun. Selain itu pendapatan nasional juga diartikan sebagai hasil produksi nasional yang merupakan semua hasil produksi yang dihasilkan oleh anggota masyarakat dalam suatu negara dalam periode waktu satu tahun.

Dari penjelasan dan pengertian tersebut, ada tiga poin yang perlu diperhatikan, yaitu sebagai berikut:

  • Nilai total semua hasil produksi akhir (barang dan jasa), artinya nilai yang dihitung adalah nilai akhir semua barang dan jasa.
  • Suatu perekonomian, dimana yang dimaksud adalah batasan penduduk dari suatu negara.
  • Adanya periode, artinya menjelaskan adanya batasan perhitungan setiap periode (umumnya dalam satu tahun).

Kategori: pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *