Akuntansi

Dipublikasikan oleh admin pada

Pengertian akuntansi

American accounting association mendefenisikan tentang akuntansi adalah proses mengidentifikasi, mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi, untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

  • Kegiatan akuntansi

Bahwa akuntansi merupakan proses yang terdiri dari identifikasi, pengukuran dan pelaporan informasi ekonomi

  • Kegunaan akuntansi

Bahwa informasi ekonomi yang dihasilkan oleh akuntansi diharapkan berguna dalam penilaian dan pengambilan keputusan mengenai kesatuan usaha yang bersangkutan

Tujuan utama akuntansi adalah menyajikan informasi ekonomi (economic information) dari satu kesatuan ekonomi (economic entity) kepada pihak – pihak yang berkepentingan. Yang dimaksud dengan kesatuan ekonomi adalah badan usaha (business enterprice). Informasi ekonomi yang dihasilkan oleh akuntansi berguna bagi pihak pihak di dalam perusahaan itu sendiri maupun pihak pihak di luar perusahaan.

Untuk menghasilkan informasi ekonomi, perusahaan perlu menciptakan suatu metode pencatatan, penggolongan, analisis,  dan pengendalian transaksi serta kegiatan kegiatan keuangan, kemudian melaporkan hasilnya.

Kategori: pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *