Pertumbuhan Ekonomi

Dipublikasikan oleh admin pada

Berbicara tentang ekonomi makro tidak lepas dari pertumbuhan ekonomi. Apa itu pertumbungan ekonomi, seberapa penting bagi negara, faktor dan syarat syarat ekonomi menjadi tumbuh.

Pertumbuhan ekonomi berbeda dengan pembangunan ekonomi, kedua istilah tersebut sama sama menerangkan tentang perkembangan ekonomi yang berlaku. Akan tetapi kedua istilah tersebut digunakan dalam konteks yang berbeda.

Pertumbuhan selalu digunakan sebagai ungkapan umum yang menggambarkan tingkat perkembangan suatu negara yang dapat di ukur dengan persentasi pertambahan nilai riil.

Sementara istilah pembangunan ekonomi umumnya dikaitkan dengan perkembangan ekonomi di pada negara negara berkembang.

 Pengertian Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi adalah kenaikan pendapatan nasional riil atau PDB dalam jangka waktu panjang yang menyebabkan barang dan jasa yang diproduksi dalam masyarakat bertambah dan tingkat kesejahteraan masyarakat meningkat.

Pertumbuhan ekonomi adalah upaya peningkatan kapasitas produksi guna mencapai pertambahan output, yang dapat diukur dengan Produk Domestik Bruto (PDB) atau Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dalam suatu wilayah.

Menurut Sukirno Pertumbuhan ekonomi adalah proses kenaikan output perkapita  secara terus menerus dalam jangka waktu panjang.

Pertumbuhan ekonomi adalah peningkatan kapasitas jangka panjang dari negara yang bersangkutan guna menyediakan berbagai barang ekonomi pada penduduknya (Prof. Simon Kuznets)

Dari beberapa pengertian tentang pertumbuhan ekonomi diatas, disimpulkan Pertumbuhan ekonomi merupakan proses perubahan kondisi ekonomi suatu negara secara berkesinambungan menuju keadaan yang lebih baik selama periode tertentu.

Kondisi suatu perekonimian dapat dikatakan mengalami perubahan tren positif  bila tingkat kegiatan ekonomi lebih tinggi daripada yang dicapai dari periode sebelumnya.

Untuk mengetahui tentang kondisi ekonomi negara dalam periode tertentu dapat diketahui melalui data Produk Domestik Bruto. Nilai PDB tersebut akan memberikan gambaran mengenai kinerja atau kemampuan suatu negara dalam mengelola dan memanfaatkan sumber daya yang ada.

Pertumbuhan ekonomi erat kaitannnya terhadap perkembangan fiskal produksi barang dan jasa yang berlaku pada suatu negara dan jmlah produksi barang industri, perkembangan infrastruktur, pertambahan jumlah sekolah, pertambahan produksi sektor jasa dan pertambahan barang modal.

Kategori: pendidikan

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *