Pertumbuhan Ekonomi

Dipublikasikan oleh admin pada

Pengertian pertumbuhan ekonomi

Pertumbuhan ekonomi seringkali dikaitkan dengan kemajuan atau pencapain sautu negara dalam kurun waktu tertentu, akan tetapi itu merupakan bahasa awamnya, pengertian pertumbuhan ekonomi adalah kondisi prekonomian suatu negara untuk menuju yang lebih baik secara berkelanjutan/berkesinambungan dalam kurun waktu tertentu. Pertumbuhan ekonomi suatu negara dapat dilihat dengan membandingkan peningkatan kapasitas ekonomi untuk memproduksi barang dan jasa, dibandingkan dari satu periode waktu ke periode sebelumnya.

Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu indikator keberhasilan pembangunan di suatu perekonomian. Kesejahteraan dan kemajuan suatu perekonomian ditentukan oleh besarnya pertumbuhan yang ditunjukkan oleh perubahan output nasional. Adanya perubahan output dalam perekonomian merupakan analisis ekonomi jangka pendek

Menurut Adam Smith pemerintah memiliki tiga fungsi utama dalam mendukung perekonomian yaitu (1) memelihara keamanan dalam negeri dan pertahanan; (2) menyelenggarakan peradilan; dan (3) menyediakan barang‐barang yang tidak disediakan oleh pihak swasta, seperti infrastruktur dan fasilitas umum. Pemerintah membutuhkan anggaran untuk menyelenggarakan fungsinya dengan baik dan mekanisme penyelenggaraannya anggaran tersebut dilakukan melalui kebijakan fiskal. Kebijakan fiskal mencerminkan besaran, pertumbuhan, maupun struktur dari anggaran pemerintah yang dianut oleh suatu negara.

 

 

Sedangkan menurut para ahli mendefenisikan pertumbuhan sebagai berikut

1. Prof. Meier dan Baldwin

Proses dimana pendapatan nasional (ekonomi riil) meningkat dalam waktu lama periode waktu”. Definisi ini menjelaskan tiga komponen pertumbuhan ekonomi. 1) proses, 2) pendapatan riil nasional , 3) jangka panjang

2. Menurut Benard Okun dan Richard W, Richardson, ”

Peningkatan ekonomi yang berkelanjutan dalam hal kesejahteraan, yang tercermin dalam peningkatan arus barang dan jasa”.

Dari pengertian diatas dapat disimpulkan, PE kemampuan suatu negara untuk menghasilkan barang dan jasa dalam periode waktu tertentu.

Karakteristik Ekonomi yang maju

  Sebuah ekonomi maju ditandai oleh kenaikan modal sumber daya, peningkatan efisiensi kerja, pengorganisasian produksi yang lebih baik di semua bidang, pengembangan sarana transportasi dan komunikasi, pertumbuhan bank dan lembaga keuangan lainnya, urbanisasi dan kenaikan tingkat hidup, peningkatan standar pendidikan dan harapan hidup, fasilitas rekreasi yang lebih banyak dan pelebaran cakrawala mental orang-orang, dan sebagainya. Singkatnya, pembangunan ekonomi harus memecah kemiskinan penghalang atau lingkaran setan dan menghasilkan ekonomi yang menghasilkan dirinya sendiri bahwa pertumbuhan ekonomi menjadi mandiri. Karakteristik utama negara maju adalah sebagai berikut

  1. Sektor Industri Tinggi.
  2. Pertumbuhan Modal meningkat.
  3. Penggunaan Teknologi dan Keterampilan Produksi Tinggi.
  4. Pertumbuhan penduduk rendah.

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi

  1. Sumber Daya Alam

Faktor utama yang mempengaruhi perkembangan ekonomi suatu negara adalah alam sumber daya alam, seperti  kualitas tanah, kekayaan hutan, mineral dan sumber daya minyak, iklim yang baik  dll.

Untuk mendorong pembangunan ekonomi terus tumbuh, sumber daya alam yang berlimpah sangat penting. Meski sumber daya alam yang melimpah sangat penting akan tetapi itu saja tidak cukup, Negara kongo misalnya, negara yang melimpah dengan sumber daya alamnya, kenyataannya sampai sekarang negara tersebut di dera kemiskinan yang parah. Pemanfaatan sumber daya yang kurang baik merupakan faktor pemicunya. Bandingkan dengan negara seperti india dan jepang yang memiliki sumber daya alam terbatas.

2. Perkembangan teknologi

kemajuan teknologi merupakan faktor yang sangat penting dalammenentukan tingkat pertumbuhan ekonomi.

Perubahan teknologi penting dalam proses ekonomi pertumbuhan. Adam Smith, bapak ekonomi politik, pentingnya kemajuan teknologi dalam pembangunan ekonomi. Ricardo memvisualisasikan pertumbuhan pada ekonomi kapitalis saling kejar-kejaran antara kemajuan teknologi dan pertumbuhan populasi.

3 Pertumbuhan penduduk

Kualitas populasi penduduk yang baik sangat penting untuk mendukung laju perkembangan ekonomi.

Investasi dalam bentuk pendidikan dan medis dan sejenisnya Skema sosial lainnya sangat diinginkan. Menurut Peter Drucker: “Kebutuhan yang paling penting dengan cepat pertumbuhan industri adalah manusia. Orang siap menyambut tantangan ekonomi perubahan dan peluang di dalamnya. Orang-orang, di atas segalanya, yang berdedikasi pada pembangunan ekonomi negara mereka, dan standar kejujuran yang tinggi, kompetensi, pengetahuan dan kinerja.

4. Laju pertumbuhan penduduk

Pasokan tenaga kerja berasal dari pertumbuhan penduduk. Tapi pertumbuhan penduduk harus seimbang. Peningkatan populasi yang tinggi menghambat kemajuan ekonomi. Pertumbuhan pendudu tinggik hanya diinginkan di negara kurang berpenduduk.

5. Pembentukan Modal:

Melibatkan tanah, bangunan, mesin, listrik, transportasi, dan media komunikasi. Memproduksi dan memperoleh semua produk buatan manusia ini disebut formasi modal. Pembentukan modal meningkatkan ketersediaan modal per pekerja, yang merupakan rasio kekuatan / tenaga kerja lebih lanjut. Akibatnya, produktivitas tenaga kerja meningkat, yang pada akhirnya menghasilkan peningkatan output dan peningkatan ekonomi.

6. Faktor Sosial dan Politik:

Faktor sosial peran penting dalam pertumbuhan ekonomi suatu negara. Faktor sosial melibatkan kebiasaan, tradisi, nilai dan kepercayaan, yang berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi sampai batas tertentu.

Misalnya, masyarakat dengan keyakinan dan takhayul konvensional menolak mengadopsi cara hidup modern. Dalam kasus seperti itu, menjadi sulit. Terlepas dari ini, faktor politik, seperti partisipasi pemerintah dalam merumuskan dan menerapkan berbagai kebijakan, memiliki peran utama dalam kemajuan dibidang ekonomi.

Cara Mengukur Laju Pertumbuhan Ekonomi

Adapun cara yang digunakan untuk mengukur pertumbuhan suatu dapat dihitung menggunakan rumus sebagai berikut:

g = {(PDBs-PDBk)/PDBk} x 100%

• g = Tingkat pertumbuhan ekonomi (dalam persentase)
• PDBs = PDB riil tahun sekarang
• PDBk = PDB riil tahun kemarin.

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *