pedoman penulisan skripsi

Pedoman Penulisan Skripsi

1 . PENDAHULUAN

Tugas akhir sarjana S1 merupakan karya ilmiah yang diwajibkan bagi mahasiswa  pada masa akhir studinya sebagai bagian dari tugas yang harus dipenuhi dalam mencapai gelar Sarjana S.1, Tugas akhir ini dilaksanakan atas bimbingan dari dosen atau pembimbing lain yang ditunjuk ketua program studi.

Pelaksanaan tugas akhir dibagi menjadi dua tahap:

  1. Tahap pembuatan
  2. Tahap penilaian

Dalam sistem kredit semester ini, tugas akhir dapat dilakukan bersamaan dengan kegiatan pemenuhan jumlah satuan kredit (SKS) untuk sarjana S.1. Penilaian tugas akhir dilakukan setelah seluruh persyaratan akademis terpenuhi.

1.1 Maksud dan Tujuan

Dengan mengerjakan tugas akhir diharapakan mahasiswa mampu merangkup dan mengaplikasikan semua pengalaman pendidikan untuk memecahkan masalah dalam bidang keahlian/bidang studi tertentu secara sistematis, logis, kritis, dan berbobot berdasarkan data/informasi yang akurat dan didukung  analisis  yang tepat dan menuangkan dalam bentuk penulisan karya ilmiah

Mengerjakan tugas akhir merupakan salah satu syarat untuk menyelesaikan studi  dalam program sarjana teknik yang mempunyai tujuan agar mahasiswa:

  • Mampu membentuk sikap menta ilmiah
  • Mampu mengidentifikasi dan merumuskan masalah penelitian yang berdasarkan rasional tertentu yang dinilai penting dan bermanfaat ditinjau dari beberapa segi.
  • Mampu melaksanakan penelitian mulai dari penyusunan rancangan penelitian, pelaksanaan penelitian, sampaai pelaporan hasil penelitian dalam bentuk naskah tugas akhir.
  • Mampu melakukan kajian secara kuantitatif dan kualitatif dan menarik kesimpulan yang jelas serta mampu merekomendasikan hasil penelitiannya kepada pihak-pihak yang berkepentingan
  • Mampu mempersentasikan dan mempertahankan hasil tugas akhir di dalam forum ujian isan di hadapan tim dosen penguji.

 

1.2  PERYSARATAN PENGAJUAN TUGAS AKHIR

1.3  PROSEDUR PENGAJUAN TUGAS AKHIR

.14  MATERI DAN RUANG LINGKUP BAHASAN

Ruang lingkup bahasan yang harus ada dalam pengajuan proposal tugas akhir meliputi:

  1. Pendahuluan
  2. Latar belakang masalah
  3. Perumusan masalah
  4. Tujuan tugas akhir
  5. Penelaahan masalah
  6. Metedologi
  7. Relavansi
  8. Jadual kegiatan

 1.5   Jangka Waktu Penyusunan

1.6   Bimbingan tugas akhir

1.7   Pergantian judul/Dosen Pembimbing

  1. Dimungkinkan adanya pergantian judul dikarenakan:
  • Sulit mendapatkan data/buku/ bahan perpustakaan.
  • Ketidakmampuan mahasiswa menyelesaiakan tugas akhir setelah dinilai oleh dosen pembimbing
  • Batas waktu yang terlampaui ( Lebih dari 6 bulan)

2.  Judul baru yang telah disetujui bersama oleh bersama mahasiswa dan dosen pembimbing Harus di evaluasi dan disahkan oleh Ketua Program Studi

  • Pergantian dosen Pembimbing:
  • Pergantian dosen pembimbing dimungkinkan dalam hal dosen pembimbing bergalangan sehingga mempengaruhi penyelesaian tugas akhir.
  • Usulan pergantian dosen pembimbing harus di ajukan kepada Ketua Program Studi berikut alasan-alasan disertai usulan dosen pembimbing baru.
  • Pergantian Dosen pembimbing harus disahkan oleh Ketua Program Studi.

 

1.8   Persyaratan Teknis

1.9   Perysaratan Tugas Akhir

1.10  Penilaian Akhir

 

 2.  PROSEDUR PENYUSUNAN TUGAS AKHIR

  • Seteah memenuhi persyaratan akademis, maka mahasiswa baru di ijinkan untuk menempuh tugas akhir. Mahasiswa mencari sendiri judul tugas akhir setelah terlebih dahulu mengisi form TA-01.
  • Setelah mendapatkan Dosen pembimbing, lembar form TA-02 yang telah diisi harus segera diserahkan ke sekretariat program studi.
  • Membuat proposal tugas akhir dengan format seperti yang dijelas pada halaman 9
  • Proposal diserahkan ke sekretariat program studi beserta 3 buah kopiannya dan lampiran dengan:
  1. Lembar Kontrol Proposal (Form TA-01 dan TA-02)
  2. Transkip sementra dari sekretariat program studi
  • Pembahasan proposal dilakukan dalam rapat dosen, sesuai dengan bidang studi
  • Dalam rapat pembahasan proposal akan diputuskan :
  1. Disetujui atau tidak disetujui dan isi tugas akhir
  2. Penunjukkan pembimbing I dan Pembimbing II
  • Tugas akhir yang sudah disetujui tapi tidak didaftarkan pada semester yang ditentukan, tugas akhir tersebut dinyatakan batal dan mahasiswa yang bersangkutan wajib mengajukan proposal baru.
  • Proposal tugas akhir yang tidak disetujui dianggap gugur dan mahasiswa dapat mengajukan proposal tugas akhir baru pada priode berikutnya.
  • Tugas akhir yang sudah disetujui oleh pembimbing, wajib didaftarkan paling lambat satu minggu sebelum ujian skripsi/sidang pada semester yang sudah ditentukan.
  • Mahasiswa yang mendapat perpanjangan penyelesaian tugas akhir atau sudah ujian tidak lulus, diwajibkan mendaftarkan kembali tugas akhir dengan judul baru.

 

3.  FORMAT PROPOSAL TUGAS AKHIR

Proposal Skripsi / tugas akhir hendaknya dibuat secara realitas, komprehensif dan terperinci yang berisi hal hal berikut:

  1. Judul Tugas Akhir

Judul hendaknya dibuat singkat tetapi cukup jelas menggambarkan tema pokokdengan memperhatikan batasan kualitatif, kuantitatif dan saran.

  1. Latar Belakang Masalah

Setiap penelitian yang diajukan untuk tugas akhir harus mempunyai latar belakang masalah (aktual) yang diduga atau yang memang memerlukan pemecahan. Latar belakang timbulnya masalah perlu diuraikan secara jelas dengan sejauh mungkin didukung oleh data atau penalaran yang mantaf. Kejelasan latar belakang timbulnya masalah akan memudahkan perumusan masalah.

  1. Perumusan Masalah

Masalah yang akan dicari pemecahannya melalui penelitian yang akan diajukan untuk tugas akhir, hendaknya dirumuskan dalam bentuk deklaratif atau dalam bentuk kalimat-kalimat pertanyaan yang tegas guna menambah ketajaman perumusan. Pada prinsipnya masalah yang akan dicari pemecahannya harus cukup terbatas ruang lingkupnya agar dapat memungkinkan pengambilan kesimpulannya yang difinitif. Pengertian yang terbatas itu hendaknya ditetapkan dengan beriorentasi kepada prospek kegunaannya secara operasional. Bila kegunaan Operasionalnya hanya dapat dicapai melalui perumusan-perumusan masalah yang agak luas (tidak terlalu terbatas), hendaknya diarahkan kepada bias tidaknya penelitian dengan masalah yang seluas itu dilaksanakan. Uraian perumusan masalah tidak perlu dalam bentuk pertanyaan.

  1. Tujuan Tugas Akhir

Hasil utama dalam tugas akhir adalah data dan informasi yang berhasil disusun melalui kegiatan penelitian. Uraian dengan singkat mengenai tujuan dari tugas akhir. Tugas akhir dapat bertujuan untuk menjaga, menguraikan, menerangkan, membuktikan, atau mendapatkan/menerapkan suatu gejala, konsep atau dugaan, atau membuat suatu prototip.

  1. Penelaahan Studi (Tinjauan Pustaka)

Usahakan pustaka yang baru, relevan dan asli, misalnya jurnal ilmiah. Uraian dengan jelas kajuan pustaka yang menumbulkan gagasan dan yang mendasari penelitian yang akan dilakukan. Tinjauan pustaka menguraikan landasan, teori, temuan, dan bahasan penelitia lain yang diperoleh dari acuan yang akan dijadikan landasan yang melakukan kegiatan penelitian yang akan dijadikan tugas akhir. Uraian dalam tinjauan pustaka ini diarahkan untuk menyusun kerangka pemikiran atau konsep yang akan digunakan dalam penelitian kerangka pemikiran itu harus utuh menuju kepada satu tujuan yang tunggal yaitu memberikan jawan atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam perumusan masalah. Tinjauan pustaka mengacu kepada daftar pustaka.

  1. Metodologi

Uraikan metode yang digunakan dalam penelitian secara rinci. Uraian dapat mencakup variable dalam penelitian, model yang digunakan, rancangan penelitian, teknik pengumpulan dan analisis data cara penafsiran dan pengumpulan hasil penelitian yang menggunakan metode kualitatif. Perlu juga dijelaskan pendekatan yang digunakan, proses pengumpulan dan analisis informasi, proses penafsiran dan penyimpulan hasil penelitian.

  1. Relavansi

Uraian secara singkat  tetapi jelas macam macam gagasan kreatif dari hasil tugas akhir itu untuk di kontribusikan kepada bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dan/atau kepada pengembangan kelembagaan dan/atau Pembangunan. Atau menimbulkan inspirasi untuk mahasiswa lain.

  1. Jadual kegiatan

Hendaknya dikemukakan jenis-jenis kegiatan yang direncanakan serta jadwal waktunya (mulai dari persiapan, pengumpulan data, pengolahan data, sampai dengan menyusun laporan).

  1. Daftar pustaka

Daftar pustaka adalah daftar dari pustaka yang dipakai dalam penyusunan proposal tugas akhir. Penulisan daftar pustaka disusun urut berdasarkan abjad dan diberi nomor tersebut dicantumkan jika ada isi dari pustaka tersebut yang dikutip

Nama penulis. “ judul Makalah atau judul Buku”, Nama Jurnal, Nomor/Volume jurnal, penerbit, Kota, Tahun Penerbitan.

  1. Thiang Anies H., Resmana “PetraFuz; Sistem Pengembangan Kendali Fuzzy Logic Berbasis Mikrokontroler MCS51”Prosiding Seminar Nasional Pemanfaatan Teknik Kendali dan Isntrementasi pada Pertanian, BPPT, Jakarta, 1998

 

4.  BENTUK PENULISAN SKRIPSI 

Bentuk Laporan Penulisan Skripsi Fakultas Teknik Untuk Jenjang Akademik Strata Satu terdiri dari:

4.1 Bagian awal

Bagian awal terdiri dari:

1.  Halaman Kulit

  1. Halaman Judul
  2. Lembar pernyataan hasil karya sendiri
  3. Lembar pengesaha
  4. Lembar pengesahan perbaikan
  5. Kata pengantar
  6. Lembar pertanyaan persetujuan publikasi karya ilmiah untuk keperluan akademis
  7. Daftar Riwayat Hidup
  8. Abstrak ( dalam bahasa indonesia dan inggris)
  9. Daftar isi
  10. Daftar tabel (jika diperlukan)
  11. Daftar Gambar (jika diperlukan)
  12. Daftar Istilah (jika diperlukan)
  13. Daftar Rumus (jika diperlukan)
  14. Dafgar Lainnya (jika diperlukan)
  15. Daftar Lampiran (jika diperlukan)

4.2  Bagian Tengah

Bagian Tengah ini terdir dari :

  1. Bab I PENDAHULUAN
  2. Bab II TINJAUAN PUSTAKA
  3. Bab III LANDASAR TEORI
  4. Bab IV METODOLOGI PENELITIAN
  5. Bab V HASIL PEMBAHASAN
  6. Bab VI KESIMPULAN DAN SARAN

4.3  Bagian Akhir

Bagian Akhir terdiri dari:

  1. Daftar Pustaka
  2. Lampiran

Penjelasan secara terinci dari struktur penulisan skripsi dapat dilihat sebagai berikut:

4.1.  Bagian Awal

Pada bagian awal ini berisi hal hal yang berhubungan dengan penulisan skripsi yakni sebagai berikut:

4.1.1.  Halaman Kulit

Sebagai halaman Terdepan yang pertama kali dibaca dari suatu karya tulis ilmiah, halaman ini harus dapat memberikan informasi singkat kepada pembaca tentang karya tulis ilmiah tersebut berupa judul, identitas penulis dan tahun pembuatan. Contoh Halaman kulit dilihat pada lampiran 1

4.1.2.  Halaman Judul

Ditulis sesuai dengan cover depan penulisan skripsi Standar Universitas Pamulang. Contoh ada pada lampiran 2

4.1.3. Lembar Pertnyataan Hasil karya sendiri

Halaman ini berisi pernyataan dari mahasiswa penyusun tugas akhir yang menyatakan tugas akhir yang disusun adalah hasil karya sendiri. Contoh lembar Pernyataan dapat dilihat pada lampiran 3

4.1.4. Lembar Pengesahan

Pada lembar pengesahan ini berisi tanda tangan pembimbing dan ketua program studii yang bersangkutan. Contoh  lembar pengesahaan dapat dilihat pada lampiran 4. Lembar pengesahan dibuat sebagai salah satu kelayakan mengikuti sidang skripsi.

4.1.5. Lembar Pengesahan Perbaikan

Pada lembar pengesahan perbaikan ini berisi tanda tangan penguji dan ketua program studi yang bersangkutan. Contoh Lembar Pengesahan perbaikan dapat dilihat pada lampiran 5. Lembar pengesahan perbaikan dibuat setelah penulis dinyatakan lulus sidang skripsi dan telah menyelesaikan perbaikan-perbaikan.

4.1.6. Kata Pengantar/Ucapan Terimakasih

Halaman Kata pengantar memuat pengantar singkat  atas tulisan yang dibuat. Sedangkan halaman ucapan terimakasih memuat ucapan terimakasih atau penghargaan kepada pihak pihak yang telah membantu dalam pembuatan karya ilmiah dan penulisannya. Sebaiknya ucapan terimakasih atau penghargaan tersebut juga mencantumkan bantuan yang mereka  berikan,  misalnya bantuan dalam memperoleh masukan, data, sumber-sumber infotmasi, serta bantuan dalam menyelesaikan tugas akhir tersebut.

4.1.7. Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi karya Ilmiah Untuk kepentingan Akademis

Halaman ini berisi pernyataan dari mahasiswa penyusun tugas akhir yang memberikan hak bebas royalti non eksklusif kepada universitas pamulang untuk menyimpan dan mempublikasikan karya tugas akhirnya melalui internet atau media lain bagi kepentingan akademis, Contoh Lembar pernyataan dapat dilihat pada lampiran 6

4.1.8. Daftar Riwayat Hidup

Halaman ini berisi riwayat hidup dari penulis. Contoh daftar riwayat hidup dapat dilihat pada lampiran 7

4.1.9. Abstrak (Dalam bahasa indonesia dan inggris)

Yakni berisi ringkasan tentang hasil dan pembahasan secara garis besar dari penulisan skripsi dan jika memungkinkan, pengetikan untuk abstrak bahasa indonesia dan inggris diletakkan satu halaman. Dibagian bawah abstrak ditulis kata kunci diberikan dalam bahasa indonesia. Untuk abstrak dalam bahasa inggris, kata kunci diberikan dalam bahasa inggris (dicari padanan katanya). Semua istilah asing dicetak miring (italic) contoh abstrak dapat dilihat pada lampiran 8.

4.1.10. Daftar Isi

Berisi semua Informasi secara garis besar dan disusun berdasarkan urut nomor halaman. Contoh daftar isi dapat dilihat pada lampiran 9

4.1.11. Daftar tabel, Daftar gambar dan Daftar Lainnya

Daftar Tabel, gambar dan lainnya digunakan untuk memuat nama tabel, gambar dan lainnya yang digunakan dalam penulisan. Penulisan nama tabel, gambar dan lainnya menggunakan huruf besar di awal kata ( title case). Daftar notasi dan daftar singkatan ditulis dengan huruf aslinya (tidak dibuat capital ataupun lowercase). Contoh daftar tabel, gambar dan lainnya dapat dilihat pada lampiran 10.

4.1.12. Daftar lampiran

Contoh dari daftar lampiran dapat dilihat pada lampiran 11.

4.2   Bagian Tengah

BAB I PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Menguraikan tentang alasan dan motivasi dari penulis terhadap topic permasalahan yang bersangkutan. Lihat lampiran 2 TA.

1.2. Rumusan Masalah

Berisi masalah apa yang terjadi dan sekaligus merumuskan masalah dalam penelitian yang bersangkutan lihat lampiran 2 TA

1.3  Batasan Masalah

Memberikan batasan yang jelas pada bagian mana dari persoalan atau masalah yang dikaji dan bagian mana yang tidak .

1.4  Tujuan Penelitian

Mengambarkan hasil hasil  apa yang bias dicapai dan diharapkan dari penelitian ini dengan memberikan jawaban terhadap masalah yang diteliti. Lihat  lampiran 2 TA

1.5  Manfaat Penelitian

Menjelaskan cara penelitian terhadap perkembangan pengetahuan  dan teknologi, institusi atau lembaga.

1.6  Metode Penelitian

Menjelaskan cara pelaksanaan kegiatan penelitian, mencakup cara pengumpulan data, alat yang digunakan dan cara analisa.

1.7  Sistematika Penulisan

Memberikan gambaran umum dari bab ke bab dari penulisan  skripsi.

 

BAB II. TINJAUAN PUSTAKA/LANDASAN TEORI

Menguraikan teori-teori yang menunjang penulisan / penelitian, yang bisa diperrkuat dengan menunjukkan hasil penelitian sebelumnya.

BAB III. METOLOGI PENELITIAN

Menjelaskan cara pengembilan dan pengolahan data dengan menggunakan alat-alat analisis yang ada. Menjelaskan langkah perancangan alat dan teknik, detil skematik dan teknik pengujian.

BAB IV. HASIL DAN PEMBAHASAN

Membahas tentang keterkaitan antar faktor-faktor dari data yang diperoleh dari masalah yang diajukan kemudian menyelesaikan masalah tersebut dengan metode yang diajukan dan mengalisa proses dan hasil penyelesaian masalah.

BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN

Bab ini terdiri dari kesimpulan saja atau ditambahkan saran

  • Kesimpulan

Berisi jawaban dari  masalah yang diajukan penulis, yang diperoleh penelitian.

  • Saran

Ditujukan kepada pihak-pihak terkait, sehubungan dengan hasil penelitian

4.3   Bagian Akhir

  • Daftar pustaka

Berisi daftar referensi (buku, jurnal, majalah, dll) yang dipergunakan dalam penulisan. Contoh daftar pustaka bisa dilihat pada lampiran 12

  • Lampiran

Penjelasan tambahan dapat berupa pembuktian persamaan, uraian, gambar, perhitungan, perhitungan, grafik atau tabel, yang merupakan penjelasan rinci dari apa yang disajikan dibagian terkait sebelumnya.

 

5.  TEKHNIK PENULISAN SKRIPSI

5.1 Kertas

Sfesifikasi kertas yang digunakan

  • Jenis : HVS
  • Warna : Putih polos
  • Berat : Minimal 70 gram
  • Ukuran : A4 (21,5 cm x 29,7cm)

5.2  Pengetikan

  • Posisi Penempatan Teks Pada Tepi Kertas:
  • Batas Kiri : 4 cm
  • Batas Kanan : 3 cm
  • Batas Atas : 3 cm
  • Batas Bawah : 3 cm
  • Jarak spasi: 1,5 (Khusus ABSTRAKSI hanya 1 spasi)
  • Jenis huruf (font): Times New Rowman
  • Ukuran/Variasi huruf
  • Judul Bab : 14/ Tebal + Huruf  Besar
  • Isi : 12/ Normal
  • Sub Bab : 12/ Tebal setiap halaman

Setiap halaman pada naskah tugas akhir mulai abstrak sampai daftar pustaka huruf diberi “ auto teks” pada footer dengan tulisan Universitas pamulang (Times New Rowman 10 poin cetak tebal). Ditulis pada proposal rata kanan (align right).

5.3  Penomoran

5.3.1  Penomoran Halaman

  • Bagian Awal, nomor halaman ditulis dengan angka romawi huruf kecil (i,iii,iii,iv….). Posisi ditengah bawah (2 cm dari bawah). Khusus untuk lembar judul dan Lembar pengesahan, nomor halaman tidak perlu diketik, tetapi tetap dihitung.
  • Bagian Pokok. Nomor halaman ditulis dengan angka latin. Halaman pertama untuk setiap awal bab di bagian bawah tengah, sedangkan halaman lainnya dipojok kanan atas.
  • Bagian Akhir. Nomor halaman dibagian bawah tengan dengan angka latin dan merupakan kelanjutan dari penomoran pada bagian pokok.

 

5.3.2  Penomoran Bab Serta subbab

  • Bab dinomori dengan menggunakan angka romawi
  • Subbab dinomori dengan menggunakan angka latin dengan mengacu pada nomor bab/subbab dimana bagian ini terdapat .
    • ……………………( judul Bab)
    • ……………………(Judul Subbab)
    • ……………………(Judul Subbab)
    • ……………………(Judul sub-Babbab)
  • Penulisan nomor dan judul bab ditengah huruf besar, ukuran font 14.
  • Penulisan nomor dan judul seb bab dimulai dari kiri, dimulai dengan huruf besar, ukuran font 12, tebal.

5.4  Halaman Kulit – Pedoman penulisan skripsi

  • Halaman Kulit Tugas Akhir terbuat dari karton tebal dilapisi kertas dengan warna berikut:
  • Program Studi Teknik Mesin : Warna Hitam
  • Program Studi Teknik Elektro : Warna Biru Muda
  • Program Studi Teknik Kimia : Warna Coklat Tua
  • Program Studi Teknik Industri  : Warna Putih
  • Program Studi Teknik Perangkat lunak: Warna Merah Muda
  • Semua Huruf dicetak denga tinta kuning emas dengan spasi tunggal (line space = single) dan ukuran sesuai dengan contoh lampiran 1.
  • Pada halaman kulit muka tidak diperbolehkan diberi siku besi pada ujung-ujungnya.

5.5  Tabel/Gambar dan Lainnya

  • Judul gambar/grafik diketik dibagian bawah tengah dari gambar. Judul tabel diketik  disebelah atas tengah dari tabel
  • Penomoran tergantung pada bab yang bersangkutan, contoh: gambar 3.1 berarti gambar yang pertama ada di bab II

5.6  Daftar Pustaka

  • Ditulis berdasarkan Urutan penunjukan referensi pada bagian pokok tulisan ilmiah
  • Ditulis menurut kutipan-kutipan.
  • Menggunakan nomor urut, jika tidak dituliskan secara alfabetik.
  • Nama pengarang Indonesia ditulis normal yaitu Nama depat+nama keluarga
  • Gelar tidak perlu disebutkan.
  • Setiap pustaka diketik dengan jarak satu spasi (rata kiri), tapi antara satu pustaka dengan pustaka lainnya diberi jarak spasi.
  • Bila terdapat lebih dari tiga pengarang cukup ditulis pengarang pertama saja dengan tambahan “et al’
  • Penulisan daftar pustaka tergantung jenis informasinya yang secara umum memiliki urutan sebagai berikut:

Nama pengarang. Judul karangan (digaris bawah/tebal/miring), edisi.

Nama Penerbit. Kota penerbit. Tahun Penerbit.

  • Tahun terbit disarankan minimal 2000

5.7  Kutipan  

Dalam penulisan hasil penelitiian ilmiah biasanya dimasukkan kutipan-kutipan. Ada beberapa kutipan yakni sebagai berikut:

  1. Kutipan Langsung, Direct Quatation yang terdiri dari kutipan langsung pendek dan kutipan langsungg panjang. Kutipan langsung pendek adalah kutipan yang harus persis sama degan sumber aslinya dan ini biasanya untuk mengutip rumus, peraturan, puisi, defenisi, pernyataan ilmiah dan lain- lain. Kutipan langsung pendek ini adalah kutipan yang panjangnya tiga melebih tiga baris ketikan. Kutipan ini cukup dimasukkan kedalam teks dengan tanda petik diantara kutipan tersebut. Sedangkan kutipan yang panjangnya melebihi tiga baris ketikan dan kutipan harus diberi tempat tersendiri dalam alinea baru.
  2. Kutipan tidak Langsung ( Indirect Quatation) Merupakan kutipan yang tidak persis sama dengan sumber aslinya. Kutipan ini merupakan ringkasan atau pokok-pokok yang disusun menurut jalan pikiran pengutip. Baik kutipan tidak lansung pendek maupun panjang harus dimasukkan kedalam kalimat atau alinea. Dalam kutipan tidak langsung pengutip tidak boleh memasukkan pendapatnya sendiri.

Catatan kaki atau footnote adalah tentang sumber karangan dan setiap mengutip suatu karangan harus dicamtumkan sumbernya. Kewajiban mencantumkan sumber ini untuk menyatakan penghargaan Kepada pengarang laiin yang menyatakan bahwa penulis meminjam pendapat atau buah pikiran orang lain. Unsur-unsur dalam catatan kaki meliputi : nama pengarang, judul karangan, penerbitan dan nomor halaman.

Ada dua cara dalam menempatkan sumber kutipan sebagai berikut:

  1. Cara ringkas yaitu: Menempatkan sumber kutipan dibelakang bahan yang dikutip yang ditulis dalam tanda kurung dengan menyebutkan “ Nama pengarang, tahun penerbitan dan halaman yang dikutip
  2. Cara langsung yaitu menempatkan sumber kutipan langsung dibawah pernyataan yang dikutip yang dipisahkan dengan garis lurus sepanjang garis teks. Jarak antara garis pemisah dengan teks satu spasi. Jarak antara garis pemisah dengan sumber kutipan dia spasi, dan jarak baris dari kutipan harus satu kutipan.
  3. Cara pengkodean yaitu mencamtumkan kode pustaka yang sesuai dengan daftar pustaka yang digunakan.

Lampiran

Lampiran ini berisi data, gambar, tabel atau analisis dan lain lain yang karena terlalu banyak, sehingga tidak mungkin untuk dimasukkan kedalam bab-bab sebelumnya.

Hasil Penulisan Tugas Akhir.

  • Dijiliid berbentuk buka dengan jumah halaman paling sedikit 12 (dua belas) halaman tidak termasuk cover, halaman judul, daftar isi, kata pengantar dan daftar pustaka.
  • Dipresentasikan dan di ajukan menggunakan Power Point saat pelaksanaan Sidang Sarjana (S1) dihadapan para penguji sidang.
  • Diketik dengan menggunakan Program Software Pengolah kata. Misal : MS word.
  • Dicetak dengan printer (dianjurkan dengan LASER PERINTER).

 

Lihat juga

Penulisan daftar pustaka skripsi Contoh skripsi I Contoh skripsi II
Cara membuat daftar isi terformat otomatis Contoh kata pengantar skripsi Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *