Perkembangan UMKM & Start Up di Indonesia

Published by admin on

Pengertian UMKM

Untuk pembahasan  lebih khusus tentang pengertian, karakteristik,  Jenis, Peran, kekuatan dan Kelemahan UMKM (Usaha, Mikro Kecil Menengah) sebenarnya sudah pernah di ulas terdahulu, bila ingin tau klik disiniJadi,  saya tidak perlu mengulangnya kembali, saya akan melanjutkan tentang perkembangannya.

Perkembangan UMKM di Indonesia

Tidak bisa dipungkiri pandemi covid 19 yang sudah lama ini turut memperlambat pertumbuhan ekonomi nasional di berbagai negara termasuk indonesia. Bahkan pada triwulan I- 2021 Ekonomi indonesia turun sebesar 0,74% (y-on-y).

perkembangan umkm di indonesia

Pertumbuhan ekonomi yang minus ini disebabka berbagai faktor seperti penurunan konsumsi rumah tangga akibat pembatasan sosial guna pencegahan penyebaran covid-19,  penurunan perdagangan luar negeri yang cukup tajam dan lain sebagainya. Salah satu sektor yang paling terpukul akibat pandemi ini adalah Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM).

Diantara sektor bisnis yang paling terpukul akibat pandemi ini diantaraya, usaha pariwisata dan perhotelan, penerbangan,  Meeting, Incentives, Conferences, Exhibitions (MICE), Bar dan Resto, Pusat hiburan (bioskop dan bar) serta di bidang olahraga. (sindo).

Jumlah usaha mikro pada tahun 2016 tercatat sebesar 61,7 juta, jumlah tersebut meningkat pada tahun 2017 sebesar 62,9 juta dan pada tahun 2018 umkm terus tumbuh  pada angka 64,2 juta.

Saat ini tercatat lebih dari 65 juta UMKM yang tersebar di seluruh indonesia. Menurut otoritas jasa keuangan penyaluran kredit usaha mikro kecil menengah terus tumbuh diakhir tahun 2020. Penyaluran kredit ini diperkirakan akan terus tumbuh seiring tingginya kebutuhan modal pada tahun 2021. (tempo)

Perkembangan Startup di Indonesia

Perkembangan start up di indonesia bisa dikatakan bak jamur dimusim hujan. Hal ini terbukti indonesia berhasil menduduki posisi ke lima dunia dengan jumlah 2.193 startup setelah As, India, Inggris dan Kanada.

perkembangan start up di idonesia

ilustrasi gambar via katadata

Tidak hanya unggul dari segi kuantitas, startup indonesia juga memiliki 4 unicorn (valuasi dengan nilai lebih 1juta $US) dan satu decacom (valuasi dengan nilai lebih dari 10 juta $US). Upaya pemerintah agar startup indonesia terus tumbuh salah satunya adalah melalui gerakan 1000 starup.

Gerakan 1000 startup ini pemerintah membekali dengan oriontasi bisnis baku startup melalui event ignition, workshop, bootcamp, serta incubation. Pemerintah mengupayakan mencul satu lagi decacom di indonesia. (kominfo)

Untuk mendukung lebih lanjut bisnis digital di indonesia pemerintah juga membangun beberapa infrastruktur sebagai penunjang. Diantaranya jaringan tulang punggung serat optik nasional palapa ring sepanjang  348.416km.  Selain itu pemerintah telah menyiapkan dua satelit baru dan pendirian 116982 BTS guna menutup blankspot hingga kuartal ke tiga 2019.

Tidak hanya dibidang infrastruktur, pemerintah melalui kominfo menyelenggarakan keterampilan pasar digital melalui pasar nasional siberkreasi. Ada juga program digital leadership academy guna meningkatkan keterampilan tingkat advance.

Sedangkan dibidang deregulasi, pemerintah telah mengesahkan UU tentang perlindungan data pribadi, memangkas aturan yang tumpang tindih, serta menghambat perkembangan ekonomi digital.

Categories: Investasi

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.