Proses & Biaya Dalam Proses Pinjaman Uang Di Pegadaian

Jika anda sudah pernah mengajukan pinjaman uang kepada teman atau kenalan anda dengan menjaminkan barang berharga itu berarti anda sudah mempraktikan sistem gadai. Cara tersebut memang sudah banyak terjadi di Indonesia. Selain dapat memperoleh uang tunai, anda juga dapat terhindar dari bahaya kehilangan barang  karena barang tersebut dapat ditebus kembali. Karena sistem pegadaian banyak diminati, pada tahun 1901 sudah ada tempat untuk melakukan transaksi pegadaian dengan aman dan terpercaya. Sampai sekarang ini tempat tersebut sudah berbentuk perusahaan negara yang sudah sangat maju dan berkembang. Perusahaan tersebut diberi nama PT Pegadaian Persero, Cabang dari PT Pegadaian itu tersebar di seluruh wilayah indonesia termasuk di berbagai pelosok Indonesia untuk memberikan pelayanan pada masyarakat mengenai gadai dan membantu menyediakan uang tunai. Sebelum membahas lebih rinci mengenai sejarah berdirinya pegadaian yang sangat menarik untuk dibahas, alangkah baiknya anda mengetahui dasar hukum soal pegadaian ini sebagaimana yang telah disebutkan dalam Kitab UU Hukum Perdata atau KUHP .

pinjaman uang di pegadaian

Karena proses gadai mengadai itu merupakan hal yang penting, maka harus ada dasar hukumnya. Gadai merupakan hak yang didapatkan seseorang yang memiliki piutang atas suatu barang. Barang tersebut lalu diserahkan kepada orang yang berpiutang kepada seorang yang memiliki utang atau orang lain atas nama orang yang memiliki utang. Seorang yang berutang itu memberikan kekuasaaan kepada orang berpiutang untuk memakai barang bergerak yang sudah diserahkan untuk melunasi utang jika pihak yang berutang tidak dapat memenuhi kewajibannya untuk membayar ketika sudah jatuh tempo.

Selain itu PT Pegadaian merupakan badan usaha di indonesia yang secara resmi mempunyai izin melaksanakan kegiatan lembaga keuangan, berupa pembiayaan dalam bentuk penyaluran dana kepada masyarakat atas dasar hukum gadai seperti yang tertera dalam KUHP pasal 1150 . Lebih mudahnya definisi dari Pegadaian yaitu salah satu tempat yang tepat untuk memperoleh dana tunai tanpa menjual barang berharga anda.   Dengan berjalannya waktu, fungsi Pegadaian sekarang ini pun semakin meluas. Sekarang ini selain tempat untuk mengadaikan barang guna mendapatkan uang tunai, Pegadaian juga memberikan pelayanan pada Investasi, jual beli logam mulia, pengiriman dan penerimaan uang serta penitipan barang. Aktivitas gadai bisa dibilang selalu ramai , apalagi jika menjelang Hari Raya maupun hari-hari besar yang lainnya.  Bahkan pegadaian juga didatangi orang tua ketika ajaran baru karena saat itu mereka butuh dana untuk biaya sekolah anaknya . Misalnya ketika menjelang lebaran atau Hari Raya Idul Fitri , PT Pegadaian didatangi para peminjam yang jumlahnya dapat meningkat banyak dibanding hari biasa . Hal tersebut karena kebutuhan dana masyarakat akan bertambah untuk merayakan hari-hari besar .

PT Pegadaian banyak dipilih karena dianggap paling aman ,mudah, dan cepat. Dalam waktu seperempat jam saja anda sudah bisa mendapatkan uang tunai. Barang yang anda gadaikan juga akan diasuransikan sehingga anda tidak perlu khawatir apabila barang yang anda gadaikan akan rusak atau hilang. Alasan yang sangat penting kenapa memilih pegadaian ini yaitu karena pegadaian sangat dekat dengan masyarakat Indonesia kelas menengah ke bawah. Pada umumnya hampir semua barang bisa menjadi objek gadai, contohnya saja motor, mobil, barang elekronik dan lain sebagainya . Akan tetapi pegadaian biasanya menerima objek gadai berupa emas dan barang berharga lainnya seperti perhiasan. Jenis objek gadai berbentuk perhiasan  memang lebih kecil dari segi bentuknya , akan tetapi memiliki nilai gadai yang sangat tinggi. Berikut ini akan saya jelaskan mengenai cara kerja dari pegadaian , cara kerja pegadaian terbagi atas dua, yaitu konvensional dan syariah . Mari kita simak satu per satu berikut ini ;

Pertama yaitu Pegadaian Konvensional

Pegadaian konvensional ini biasa dilakukan kebanyakan orang yang memerlukan dana ke Pegadaian dan memberikan barang yang akan digadaikan. Setelah itu , petugas Pegadaian akan memberikan harga barang yang digadaikan dengan mempertimbangkan pinjaman uang dengan jangka waktu maksimal 4 bulan. Pegadaian sama halnya bank yang merupakan lembaga keuangan maka dari itu pegadaian juga mengenakan biaya jasa untuk jumlah nominal yang dipinjamkan dan untuk memperoleh kembali barang yang digadaikan, maka anda perlu untuk menebusnya.

Kedua yaitu Pegadaian Syariah

Untuk Pegadaian Syariah prosesnya sama juga dengan konvensional, jangka waktu pinjaman uang yaitu maksimal 4 bulan. Beda halnya dengan konvensional , biaya jasa dalam pegadaian syariah diganti dengan biaya penitipan. Maksud dari biaya penitipan yaitu peminjam akan menitipkan barang yang nilainya juga akan ditaksir petugas. Selanjutnya , barang tersebut harus dititipkan sehingga akan dikenakan biaya tempat penitipan yang disesuaikan dengan harga barang bukan persentase nilai barang.

Dalam melakukan proses gadai menggadai , ada beberapa biaya yang perlu anda penuhi, yakni :

  1. Biaya Administrasi

Dalam proses gadai menggadai suatu barang, apabila barang sudah ditaksir maka anda akan dikenakan biaya administrasi yang disesuaikan berdasarkan jenis barang . Semakin besar dana pinjaman maka akan semakin mempengaruhi biaya administrasinya .

2.Biaya Bunga

Biaya bunga ini umumnya digunakan pada Pegadaian Konvensional,  sedangkan untuk pegadaian syariah akan memakai istilah biaya jasa penitipan. Semakin besar dana pinjaman maka juga akan mempengaruhi besar bunga yang dibebankan kepada peminjam. Besarnya bunga yang dibebankan kepada peminjam terbagi atas 4 jenis golongan.  Biaya penitipan untuk peminjam gadai syariah lebih ringan daripada pegadaian konvensional. Untuk gadai emas dan non-emas juga dibagi menjadi 4 golongan .

3.Biaya Gadai Pegadaian Konvensional dan Syariah

Biaya gadai di Pegadaian Konvensional dihitung dalam dua minggu masa pinjaman. Sementara biaya gadai di Pegadaian Syariah lebih cepat yakni  hanya sepuluh hari. Akan tetapi setelah masuk hari ke-16 untuk Pegadaian Konvensional dan hari ke-11 hari Pegadaian Syariah maka biaya gadai akan bertambah. Sedangkan bila menggunakan cara Pegadaian Syariah dengan nilai pinjaman dan waktu pinjaman yang sama, maka perhitungan maka akan ada biaya penitipannya . Pada kenyataannya, biaya gadai di Pegadaian Syariah lebih murah dibanding pegadaian konvensional.

  1. Waktu Penitipan

Penitipan di Pegadaian paling lama yaitu sekitar 4 bulan atau 120 hari. Hal tersebut berlaku untuk Pegadaian Konvensional dan juga Pegadaian Syariah. Anda  bisa memperpanjangnya dengan membayar biaya penitipan atau bunga. Apabila tidak memperpanjang atau tidak mampu menebus maka barang tersebut akan dijual dengan cara lelang untuk melunasi pinjaman. Anda bisa mencicil untuk mengurangi jumlah pinjaman uang anda ajukan.

Cara menebus barang yang anda gadai sama mudahnya saat anda datang mengadaikan barang. Saat waktu jatuh tempo datang,  dan anda ingin mengembalikan pinjaman maka anda hanya tinggal membawa KTP, surat bukti kredit dan nota traksaksi penerimaan uang. Jika anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman dengan mengadaikan barang berharga anda maka anda bisa datang ke Pegadaian dengan membawa persyaratan yang diajukan termasuk barang yang digadaikan. Umumnya persyaratannya yaitu fotokopi identitas, seperti KTP atau SIM lalu  mengisi formulir.

Sekedar informasi anda juga dapat mengajukan pinjaman tanpa jaminan di taralite dengan suku bunga pinjaman mulai dari 0,99% dimana anda dapat menentukan berapa lama waktu yang dalam pelunasan

 

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. Halo,
    Selamat siang
    Apakah Anda mencari investasi,

    pinjaman pribadi, pinjaman hipotek,

    pinjaman mobil, pinjaman pendidikan,

    e.t.c? Mencari lagi karena Anda berada

    di tempat yang tepat untuk solusi

    pinjaman Anda! CHARITY KINGS Firm Loan

    memberikan pinjaman kepada perusahaan

    dan individu pada tingkat bunga rendah

    dan terjangkau dari 2%, silahkan

    hubungi kami melalui e-mail melalui:

    (charitykings2@gmail.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *