Contoh Puisi Pendidikan "Pahlawan Tanpa Tanda Jasa" | Cekkembali
pendidikan /  -

Contoh Puisi Pendidikan “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa”

November 25th, 2016 | Posted in pendidikan | |
2017-06-27 01:50

Pendidikan merupakan bekal yang sangat penting bagi kita untuk menjalani hidup. Pendidikan layaknya matahari yang dapat menerangi masa depan anak- anak bangsa. Jika berbicara mengenai puisi pendidikan tentu tak lepas kaitannya dengan sang pahlawan tanpa tanda jasa yaitu guru. Hari ini tanggal 25 November 2016 adalah Hari Guru Nasional yang sekaligus di peringati Haru Ulang Tahun PGRI atau Persatuan Guru Republik Indonesia. Hari ini di peringati dengan cara melaksanakan upacara di setiap sekolah dan sebagai apresiasi bagi seluruh guru yang ada di Indonesia.

Pendidikan setidaknya di bedakan menjadi dua, yaitu pendidikan formal dan pendidikan non- formal. Pendidikan formal ialah pendidikan yang di lakukan secara formal seperti yang ada di sekolah. Sedangkan pendidikan non- formal ialah pendidikan yang di lakukan di luar sekolah seperti pendidikan di masyarakat dan di lingkungan sekitar tanpa harus menggunakan seragam, atau harus formal seperti layaknya sekolah. Kedua pendidikan ini harus lah di terapkan dan di berikan kepada setiap anak di Indonesia karena yang di harapkan bukan hanya menjadi seorang yang pintar dan cerdas namun juga yang berwawasan luas dan berakhlak baik.

Pendidikan dan guru adalah dua hal yang tidak bisa di pisahkan. Tanpa adanya jasa seorang guru, pendidikan juga tidak bisa di jalankan. Guru menjadi sosok yang menjadi panutan bagi setiap orang dan tanpa lelah menuntun dan mengajari anak bangsa agar selalu bersemangat dalam belajar dan menuntut ilmu. Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Ya, seperti itulah ungkapan yang selalu di berikan bagi setiap guru. Tentu predikat tersebut bukan tanpa alasan. Karena menjadi seorang guru bukan lah hanya semata menjadi profesi melainkan panggilan jiwa yang harus di lakukan.

Lihat lainnya: contoh Pidato singkat

Betapa mulianya seorang guru, mereka tanpa lelah mengajarkan anak- anak bangsa agar bisa mengenal aksara. Menuntun mereka menjadi anak- anak bangsa yang berprestasi dan berakhlak mulia. Semata hanya untuk melihat penerus bangsa ini menjadi penerus bangsa yang berkualitas dan membanggakan. Sepertinya untaian rasa terima kasih kami anak- anak bangsa tidak cukup untuk membalas semua jasa dan pengabdianmu. Teruntuk semua pahlawan tanpa tanda jasa dan pahlawan pendidikan yang ada di Indonesia, kami berikan rasa syukur dan terima kasih kami melalui puisi.

puisi pendidikan

 

Berikut ini contoh puisi Pendidikan dengan tema  Pahlawan Pendidikan

Karya: Fadhillah Nur

Guruku,

Engkau lah yang mengajariku tanpa lelah..

Engkaulah yang mendidikku tanpa keluh kesah..

Engkaulah yang membimbingku tanpa ada amarah..

Oh Guruku,

Aku tak tahu apa jadinya aku tanpa dirimu..

Duniaku yang dulu gelap,

Kau isi dengan ilmu mu yang terang,

Duniaku yang dulu senyap,

Kau isi dengan ilmu mu yang berwarna.

Terima kasih guruku..

Engkaulah pahlawan tanpa tanda jasaku,

Pelita penuntun masa depan,

Di hari yang indah ini,

Ku untaikan rasa syukur kepada-Nya untukmu..

Menjadi seorang guru bukan lah suatu hal yang mudah dan bisa di lakukan oleh semua orang. harus dengan sabar membimbing dan mengajarkan ilmu. Apalagi seperti yang kita ketahui bahwa menjadi guru di pelosok- pelosok negeri bukan hal yang gampang. Perlu adanya kemauan, tekat dan pengorbanan yang hebat untuk mau mengajarkan ilmu kepada anak- anak bangsa yang bahkan hanya untuk datang ke sekolah membutuhkan waktu lama dan menghadapi medan yang terjal. Salut dan bangga kepada mereka. Apresiasi kami bagi seluruh pahlawan tanpa tanda jasa di Indonesia. Selamat Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia!!

Sekian tentang puisi pendidikan semoga bermanfaat

Komentar

4 comments on “Contoh Puisi Pendidikan “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa”