Penyebab Radang amandel | cara mengobatinya

Pengertian

Merupakan terjadinya infeksi pd amandel yg mana dapat menyebabkan sakit pada tenggorokan hingga demam. Penderita amandel umumnya lebih sering terjadi pd anak-anak terlebih mereka yang memiliki kekebalan tubuh rendah. Radang Amandel (tonsilitis) secara klinis dapat dibedakan menjadi dua yakni terjadi yang datangnya secara tiba(baru) biasanya ditandai saat menelan sesuatu akan terasa nyeri bahkan penderitanya tidak jarang mengalami demam. Sedangkan yg kedua sudah menahun, penderita biasanya tidak merasa nyeri saat menelan akan tetapi ukurannya membesar/bengkak yg memungkinkan susah menelan/disfagia.

Secara umum penyebab terjadinya radang pada tenggorokan disebabkan virus dan bakteri. Seperti yg dijelaskan diatas,  terasa sakit pada tenggorokan ketika menelan sesuatu, kepala terasa pusing , demam, telinga terasa sakit, batuk dan biasanya rasa sakit akan hilang selama 3 sampai 4 hari kedepan.

Tonsilitis memang bukan suatu penyakit yang serius dan membahayakan namun bila dalam 4 hari kedepan rasa sakit pada tenggorokan tak kunjung hilang ada baiknya anda menemui dokter untuk dilakukan pengobatan lebih lanjut.

Gejala 

Secara umum Ada beberapa gejala ketika akan terjadi radang tenggorokan yakni seperti berikut

  • Terasa sakit pada tenggorokan
  • Tonsil berwarna kemerahan dan terjadi pembengkakan
  • Merasa sulit atau sakit ketika menelan sesuatu
  • Kepala terasa sakit
  • Telinga terasa nyeri
  • Mata terasa sakit
  • panas dingin
  • Tubuh terasa sakit
  • Demam
  • Bau napas kurang sedap dan
  • Hidung terasa mampet

Pada kasus lain Tonsilitis disebabkan inveksi virus sprt filek /flu, gejala yang ditimbulkan biasnya lebih ringan daripada tonsilitis yang disebabkan oleh infeksi bakteri seperti infeksi streptococcal.

Diagnosis

Ketika anda memutuskan untuk memerikan kedokter, biasanya dokter akan menanyakan gejala yang dirasakan pasien. Bilaman gejala  redang amandel ditimbulkan inveksi bakteri umumnya yg terjadi pembengkakan pada kelenjar getah bening, sementara dibagian lain terdapat bintik-bintik nanah disekitar tonsil dan demam . sdgkn tenilitis disebabkan krn virus biasanya akan disertai batuk dan flu,

Umumnya dokter dlm melakukan pemeriksaan pada pasian

  • Pemeriksaan pada bagian tenggorokan, hidung & telinga
  • Merasakan jika terdapat pembengkakan kelenjar getah bening di leher.

Penyebab

Amandel yang terdapat pada tenggorokan memiliki fungsi untuk melawan kuman dan bakteri, dengan begitu dapat berpotensi amandel mengalami inveksi maupun peradangan. Diatara bakteri yang dpt menyebakan radang  amandel inveksi ialah Streptococcus pyogenes. Jenis bakteri ini cukup membahayakan dimana amendel mengeluarkan nanah maupun darah. Anda bisa mengatasi peradangan ini dengan obat anti biotik, namun bila tanda tanda untuk sembuh belum terlihat sebaiknya datang ke-dokter agar mendapat pengobatan yang lebih intesive.

Peradangan amandel yang sudah menahun/hipertrofi dimana ukurannya cukup besar akan dilakukan pengangkatan dengan cara operasi amandel yg dikerjakan dokter ahli biasanya memerlukan waktu 3 hari menginap dirumah sakit. Dengan dilakukan pengangkatan amandel melalui operasi tersebut sedikit memiliki resoki yakni penurunan terhadap kekebalan tubuh.

Pencegahan dan pengobatan

Mencegah lebih baik dari mengobati, untuk itu perlu anda lakukan seperti berikut sebelum terjadi radang amandel

  • Menjaga kebersihan mulut

Menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi setiap hari selain dapat mencegah radang amandel juga untuk menghilangkan bau mulut tidak sedap.

  • Konsumsi air putih yang cukup

Air putih sangat dibutuhkan manusia sebagai sumber cairan dalam tubuh, jumlahnya setiap orang masing masing berbeda tergantung usia, namun umumnya dibutuhkan setidaknya 8 gelas/hr ataus 2L. Air mineral yg kita konsumsi melalui tenggorakan berfugsi untuk menjaga mulut/tenggorakan tidak kering. Rongga mulut yang terlalu sering kering dapat menyebabkan amandel terinfeksi. Selain itu air putih  membantu amandel agar dapat menjalankan fungsinya utk mencegah bakteri/kuman.

  • Berkumur dengan air garam

salah satu pencegahan radang amandel secara tradisonal ialah berkumur dengan air garam sebab garam sangat baik digunakan untuk pencegahan infeksi amandel. Cara pencegahan ini cukup aman dan tidak berbahaya bisa diterapkan pada anak-anak maupun orang dewasa.

  • Menerapkan pola makanan sehat

Letak amandel yang berada dibelakang tenggorakan sangat rentan dan sensitive terjadi infeksi ketika mengkonsumsi makanan maupun minuman. beberapa jenis makanan yang harus dihindari ketika menderita amandel, penyedap rasa, bahan tambahan makan, jenis makanan/minuman yg sifatnya ekstrim seperti panas dan dingin, minuman yang mengandung soda, keju, susu, telur, jenis makanan yg dimasak dengan menggoreng,

  • Berhenti merokok

Dibahasan terdahulu telah dibahas tentang bahaya merokok, nikotin yang terdapat pada rokok dapat membuat amandel bekerja lebih keras dari biasanya sehingga menyebabkan peradangan hebat.

  • Jauhi penyakit yang dapat menular.

Seperti dijelaskan diatas anak yang memiliki daya tubuh yang rendah lebih rentan akan lebih rentah terhadap peradangan amandel. hal ini semakin memperburuk keadaan ketika terkena penyakit menular seperti flu dan lainnya yang sifatnya menular. Berikut penyakit yang dapat menular

  • Menghindari minuman yang mengundung alkohol

Untuk anda yang terfinfeksi radang amandel sebaiknya tidak mengkonsumsi minuman yang beralkohol, sebab mengkonsumsi minuman yang megandung alkohol dapat menyebabkan radang amandel yang luar biasa. Selain itu bahan yang terdapat dalam alkohol mengandung zat yg sifatnya keras serta dapat menurunkan kekebalan tubuh.

Komplikasi

Meski penderita amandel jarang menimbulkan komplikasi akan tetapi bila tidak segera diobati dapat menyebabkan pembengkakan, berikut beberapa kemungkinan komplikasi terjadi.

  • Infeksi telinga pd bagian tengah,
  • Terjadi gangguan pada sekitar amandel
  • Mengalami kesulitan bernafas ketika sedang beraktivitas maupun dalam keadaan bersantai
  • Terjadi pembengkakan pada ginjal, hal ini dapat menurunkan nafsu makan seseorang
  • Demam, batuk dan influenza berat

Pengobatan

 Seperti dikutip dari aladokter.com biasanya radang tenggorokan akan sembuh dengan sendirinya selama 3 sampai 4 hr kedepan, tidak obat secara khusus untuk mengobati radang ini, akan tetapi anda dapat mengobatinya dengan obat yang dijual bebas sepertii ibuprofen, parasetamol, atau aspirin. Perlu di ingat jenis obat ini sebaiknya tidak diberikan kepada anak yg memiliki usia dibawah 16 tahun. Untuk penggunaan obat sebaiknya anda memperhatikan petunjuk yg ada pada label obat tersebut.

Selama menderita radang ini sebaiknya anda beristrahat yg cukup agar cepat dihidrasi serta memperhatikan asupan makanan yg sehat.

diatas telah di jelaskan beberapa langkah pengobatan secara tradisional akan tetapi dapat juga Operasi Pengangkatan Amandel (Tonsilektomi)

 link:

http://www.alodokter.com/radang-amandel/

http:halosehat.com/penyakit/amandel/cara-mencegah-amandel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *