Cara menghilangkan stres dan depresi – Sepertinya tidak ada yang bisa Anda lakukan tentang stres. Tagihan tidak berhenti datang dan tanggung jawab pekerjaan dan keluarga Anda akan selalu menuntut. Tapi Anda memiliki lebih banyak kendali daripada yang mungkin Anda pikirkan. Sebenarnya, kesadaran sederhana bahwa Anda mengendalikan hidup Anda adalah fondasi dalam mengelola stres. Manajemen stres adalah tentang mengambil alih: gaya hidup, pikiran, emosi, dan cara Anda menangani masalah. Tidak masalah betapa stresnya hidup Anda, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi tekanan dan mendapatkan kembali kontrol.

cara menghilangkan stres

Stres dan kecemasan adalah pengalaman umum bagi kebanyakan orang. Sebenarnya, 70% orang dewasa mengatakan mereka merasa stres atau cemas setiap hari.

Macam Macam Depresi, mulai dari tingkatan biasa sampai dengan depresi berat

Berikut adalah 16 Cara sederhana Cara Menghilangkan Stres,, Depresi dan Kecemasan.

1. Olahraga

Olahraga adalah salah satu hal terpenting yang bisa Anda lakukan sebagai cara menghilangkan stres.

Ini mungkin tampak kontradiktif, namun memberi tekanan fisik pada tubuh Anda melalui olahraga dapat membantu meringankan tekanan mental. Manfaatnya paling kuat saat Anda berolahraga secara teratur. Orang yang berolahraga secara teratur cenderung tidak mengalami kecemasan daripada mereka yang tidak berolahraga

Ada beberapa alasan di balik ini:

  • Hormon stres: Olahraga menurunkan hormon stres tubuh Anda dalam jangka panjang, seperti kortisol. Ini juga membantu melepaskan endorfin, yang merupakan zat kimia yang memperbaiki mood Anda dan bertindak sebagai penghilang rasa sakit alami.
  • Tidur: Olahraga juga dapat meningkatkan kualitas tidur Anda, yang dapat terkena dampak negatif oleh stres dan kecemasan.
  • Keyakinan: Saat berolahraga secara teratur, Anda mungkin merasa lebih kompeten dan percaya diri pada diri Anda, yang pada gilirannya meningkatkan kesehatan mental

Cobalah untuk menemukan aktivitas yang Anda nikmati, seperti berjalan, menari, panjat tebing atau yoga.

Aktivitas yang menggunakan gerakan berulang kelompok otot besar, seperti berjalan kaki atau jogging, bisa sangat mengurangi stres.

Olahraga teratur dapat membantu menurunkan stres dan kecemasan dengan melepaskan endorfin dan memperbaiki tidur dan citra diri Anda.

2Kurangi Asupan Kafein Anda

Kafein adalah stimulan yang ditemukan pada kopi, teh, coklat dan minuman energi. Dosis tinggi bisa meningkatkan kecemasan dan depresi. Orang memiliki ambang batas yang berbeda untuk berapa banyak kafein yang dapat mereka toleransi.

Jika Anda memperhatikan bahwa kafein membuat Anda gelisah atau cemas, pertimbangkan untuk mengurangi asupan kafein. Meski banyak penelitian menunjukkan bahwa kopi bisa menjadi sehat moderat, itu bukan untuk semua orang. Secara umum, lima gelas per hari dianggap sebagai jumlah sedang.

Jumlah kafein yang tinggi dapat meningkatkan stres dan kecemasan. Namun, sensitivitas orang terhadap kafein bisa sangat bervariasi.

3. Mengunyah Permen karet.

Untuk pereda stres yang super mudah dan cepat, coba kunyah sebatang permen karet . Satu studi menunjukkan bahwa orang yang mengunyah permen karet memiliki rasa rilex yang lebih baik dan tingkat stres yang rendah .

Ada beberapa kemungkinan alasan dengan mengunyah permen karet dapat menghilangkan setres:

Satu teori adalah bahwa mengunyah permen karet menyebabkan gelombang otak mirip dengan orang yang rileks. Lain lagi, permen karet mendorong aliran darah ke otak.

Menurut beberapa penelitian, permen karet bisa membantu Anda rileks. Ini juga dapat  mengurangi stres, depresi dan rasa cemas yang berlebihan.

4. Luangkan Waktu Bersama Teman dan Keluarga

Dukungan sosial dari teman dan keluarga juga dianggap sebagai cara menghilangkan stres saat Anda melewati masa-masa sulit.

Menjadi bagian dari jaringan teman memberi Anda rasa memiliki dan harga diri, yang dapat membantu Anda di masa-masa sulit.

Satu studi menemukan bahwa untuk wanita, khususnya, menghabiskan waktu dengan teman dan anak membantu melepaskan oksitosin, pereda stres alami. Efek ini disebut “cenderung dan berteman,” dan berlawanan dengan respons fight-or-flight .

Selanjutnya, baik pria maupun wanita mendapat manfaat dari persahabatan. Studi lain menemukan bahwa pria dan wanita dengan koneksi sosial paling sedikit lebih cenderung menderita depresi dan kecemasan .

Memiliki ikatan sosial yang kuat dapat membantu Anda mengalami masa-masa sulit dan menurunkan risiko depresi dan  kecemasan.

5. Tertawa

Sulit untuk merasa cemas saat tertawa. Ini bagus untuk kesehatan Anda, dan ada beberapa cara untuk membantu menghilangkan deprese: Tertawa lepas dianggap cara menghilangkan menghilangkan setres dan depresi, akan tetapi anda harus menentukan waktu dan tempat yang tepat

  • Membawa lebih banyak oksigen ke dalam tubuh dan organ tubuh Anda.
  • Merangsang dan mengurangi respons stres Anda.
  • Meredakan ketegangan dengan merelaksasi otot-otot Anda.

Dalam jangka panjang, tawa juga bisa membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh dan mood Anda.

Sebuah studi di antara orang-orang dengan kanker menemukan bahwa orang-orang di kelompok intervensi tawa mengalami lebih banyak stres daripada orang-orang yang hanya terganggu.

Tonton acara TV yang lucu, nongkrong dengan teman yang membuat Anda tertawa dan bahkan menemukan humor dalam masalah Anda.

Temukan humor dalam kehidupan sehari-hari, habiskan waktu dengan teman yang lucu atau nonton acara komedi untuk membantu meredakan stres.

6. Belajar Mengatakan No

Tidak semua stres berada dalam kendali Anda, tapi ada juga yang stres. Kendalikan bagian-bagian kehidupan Anda sehingga Anda bisa berubah dan menyebabkan Anda stres.

Salah satu cara untuk melakukan ini mungkin dengan mengatakan lebih sering “tidak”.

Hal ini terutama terjadi jika Anda mendapati diri Anda mengambil lebih dari yang dapat Anda tangani, karena menyulap banyak tanggung jawab dapat membuat Anda merasa terbebani. Selektif tentang apa yang Anda lakukan – dan mengatakan tidak pada apa yang tidak perlu ditambahkan ke beban Anda – bisa menjadi awal yang baik untuk mengendalikan tingkat stres Anda.

Cobalah untuk tidak mengambil lebih dari yang bisa Anda tangani. Mengatakan tidak ada satu cara menghilangkan stres dan depresi Anda.

7. Belajar Menghindari Penundaan

Cara lain untuk mengendalikan stres Anda adalah tetap berada di puncak prioritas Anda dan berhenti menunda-nunda.

Penundaan dapat menyebabkan Anda bertindak secara reaktif, yang berarti Anda berusaha untuk mengejar ketinggalan. Hal ini dapat menyebabkan stres, yang berdampak negatif terhadap kesehatan dan kualitas tidur Anda.

Biasakan membuat daftar tugas yang disusun berdasarkan prioritas. tetapkan tenggat waktu yang realistis dan jalani daftar Anda. Bekerja pada hal-hal yang perlu dilakukan hari ini dan berikan potongan waktu tanpa gangguan, karena beralih antara tugas (multi tasking) dapat menjadi stres sendiri.

Prioritaskan apa yang perlu dilakukan dan sediakan waktu untuk itu. Tetap berada di atas daftar tugas Anda dapat membantu menangkal stres terkait penundaan.

8. Yoga

Yoga telah menjadi metode yang populer sebagai cara menghilangkan stres dan berolahraga di antara semua kelompok usia.

Sementara gaya yoga berbeda, sebagian besar memiliki tujuan bersama – untuk menyatukan tubuh dan pikiran, juga meningkatkan kesadaran tubuh dan nafas.

Beberapa penelitian,  yoga terhadap kesehatan mental. Secara keseluruhan, mereka telah menemukan bahwa yoga dapat meningkatkan mood dan bahkan sama efektifnya dengan obat antidepresan dalam mengobati depresi dan kecemasan.

Namun, banyak dari penelitian ini terbatas, dan masih ada pertanyaan tentang bagaimana yoga bekerja untuk mencapai menghilangkan stres.Secara umum, manfaat yoga untuk stres dan kecemasan tampaknya terkait dengan pengaruhnya terhadap respons sistem saraf dan stres.

Ini dapat membantu menurunkan kadar kortisol, tekanan darah dan denyut jantung dan meningkatkan gamma-Aminobutyric acid (GABA), neurotransmiter yang diturunkan dalam gangguan mood.

Yoga banyak digunakan untuk mengurangi stres. Ini bisa membantu menurunkan kadar hormon stres dan tekanan darah.

9. Perhatian penuh

Ini dapat membantu melawan efek yang merangsang kekhawatiran dari pemikiran negatif . Ada beberapa metode untuk meningkatkan perhatian penuh, termasuk terapi kognitif berbasis kesadaran, pengurangan stres berbasis kesadaran, yoga dan meditasi.

Sebuah studi baru-baru ini di perguruan tinggi menunjukkan bahwa perhatian dapat membantu meningkatkan harga diri, yang pada gilirannya mengurangi gejala kecemasan dan depresi .

Praktik perhatian penuh dapat membantu menurunkan gejala kecemasan dan depresi.

10. Bercinta/Berhubungan seks

Berciuman, berpelukan dan seks semuanya bisa membantu meredakan stres . Kontak fisik yang positif dapat membantu melepaskan oksitosin dan menurunkan kortisol. Hal ini dapat membantu menurunkan tekanan darah dan detak jantung, yang keduanya merupakan gejala fisik stres.

Menariknya, manusia bukanlah satu-satunya dengan  memeluk  sebagai cara menghilangkan. Simpanse juga memeluk teman-teman yang stres

Sentuhan positif dari pelukan, pelukan, ciuman dan seks dapat membantu menurunkan stres dengan melepaskan oksitosin dan menurunkan tekanan darah.

11. Dengarkan Musik yang Menenangkan

Mendengarkan musik bisa memiliki efek yang sangat santai pada tubuh. Musik instrumental yang lamban dapat menyebabkan respons relaksasi dengan membantu menurunkan tekanan darah dan denyut jantung, serta hormon stres.

Beberapa jenis musik klasik, Celtic, Native American dan India dapat sangat menenangkan, namun hanya mendengarkan musik yang Anda sukai juga efektif .

Suara alam juga bisa sangat menenangkan. Inilah sebabnya mengapa mereka sering tergabung dalam musik relaksasi dan meditasi.

Mendengarkan musik yang Anda sukai bisa menjadi cara yang baik untuk menghilangkan stres.

12. Tarik nafas yang dalam

Stres mental mengaktifkan sistem saraf simpatik Anda, menandakan tubuh Anda masuk ke mode “fight-or-flight”.

13.  Pertimbangkan Suplemen

Beberapa suplemen digunakan untuk mengurangi stres dan kecemasan. Berikut adalah ikhtisar singkat dari beberapa pertanyaan yang paling umum:

  • Lemon balm: Lemon balm adalah anggota keluarga mint yang telah dipelajari untuk efek anti-kecemasannya.
  • Asam lemak omega-3: Satu studi menunjukkan bahwa siswa kedokteran yang menerima suplemen omega-3 mengalami penurunan 20% gejala kecemasan.
  • Ashwagandha: Ashwagandha adalah ramuan yang digunakan dalam pengobatan Ayurveda untuk mengatasi stres dan kecemasan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ini efektif
  • Teh hijau: Teh hijau memiliki banyak antioksidan polifenol, yang memberi manfaat kesehatan. Ini dapat membantu stres dan kecemasan dengan meningkatkan kadar serotonin.
  • Valerian: Akar Valerian adalah bantuan tidur yang populer karena efek penenangnya. Ini mengandung asam valerenic, yang mengubah reseptor GABA untuk menurunkan kecemasan.
  • Kava-kava: Kava-kava adalah anggota psikoaktif keluarga lada. Ini telah lama digunakan sebagai obat penenang di Pasifik Selatan dan semakin banyak digunakan di Eropa dan Amerika Serikat untuk mengobati stres ringan dan kecemasan (6).

Beberapa suplemen dapat berinteraksi dengan obat atau memiliki efek samping, jadi Anda mungkin ingin berkonsultasi dengan dokter jika Anda memiliki kondisi medis.

14. Menulis

Salah satu cara untuk mengatasi stres adalah dengan menulis sesuatu. Saat menuliskan apa yang Anda tekankan adalah satu pendekatan, yang lain menuliskan apa yang Anda syukuri.

Rasa syukur dapat membantu meringankan stres dan kecemasan dengan memfokuskan pikiran Anda pada apa yang positif dalam hidup Anda.

Membuat jurnal bisa membantu meringankan stres dan kecemasan, terutama jika Anda berfokus pada hal yang positif.

15. Aromatrafi

Menggunakan minyak esensial atau membakar lilin wangi dapat membantu mengurangi perasaan stres dan kecemasan Anda.

Beberapa aroma sangat menenangkan. Berikut adalah beberapa aroma yang paling menenangkan:

  • Lavender.
  • Mawar.
  • Vetiver.
  • Neroli.
  • Kemenyan.
  • Kayu cendana.
  • Kenanga kenanga
  • Jeruk atau jeruk mekar.
  • Kerenyam.

Menggunakan aroma untuk mengobati mood Anda disebut aromaterapi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa aromaterapi dapat menurunkan kecemasan dan memperbaiki tidur.

Aromaterapi dapat membantu menurunkan kecemasan dan stres. Cahaya lilin atau gunakan minyak esensial untuk mendapatkan aroma menenangkan.

 

Manajemen Stres- Cara menghilangkan stres, depresi dan cemas

Mengapa sangat penting untuk mengelola stres?

cara mengatasi stres

Jika Anda hidup dengan tekanan tinggi, Anda menempatkan seluruh kesehatan Anda pada risiko. Stres menimbulkan malapetaka pada keseimbangan emosional Anda, dan juga kesehatan fisik Anda. Ini mempersempit kemampuan Anda untuk berpikir jernih, berfungsi secara efektif, dan menikmati hidup.

Manajemen stres yang efektif, di sisi lain, membantu Anda menghentikan stres yang ada pada hidup Anda, sehingga Anda bisa lebih bahagia, lebih sehat, dan lebih produktif. Tujuan utamanya adalah kehidupan yang seimbang, dengan waktu untuk bekerja, hubungan, relaksasi, dan kesenangan – dan ketahanan untuk bertahan di bawah tekanan dan menghadapi tantangan. Tapi manajemen stres tidak satu ukuran cocok untuk semua. Itulah mengapa penting untuk bereksperimen dan mencari tahu apa yang terbaik bagi Anda. Kiat manajemen stres berikut dapat membantu Anda melakukannya.

Tip 1: Identifikasi sumber stres dalam hidup Anda

Manajemen stres dimulai dengan mengidentifikasi sumber stres dalam hidup Anda. Ini tidak sesederhana seperti kedengarannya. Meskipun mudah untuk mengidentifikasi penyebab utama stres seperti mengganti pekerjaan, bergerak, atau melalui perceraian, menunjukkan sumber stres kronis dapat menjadi lebih rumit. Terlalu mudah untuk mengabaikan bagaimana pikiran, perasaan, dan perilaku Anda sendiri berkontribusi pada tingkat stres Anda sehari-hari. Tentu, Anda mungkin tahu bahwa Anda selalu khawatir dengan tenggat waktu kerja, tapi mungkin ini penundaan Anda, bukan tuntutan pekerjaan yang sebenarnya, yang menyebabkan stres.

Untuk mengidentifikasi sumber stres sejatinya Anda, perhatikan secara dekat kebiasaan, sikap, dan alasan Anda:

  • Apakah Anda menjelaskan stres sebagai sementara (“Saya hanya memiliki sejuta hal yang sedang terjadi sekarang) meskipun Anda tidak ingat kapan terakhir Anda mengambil nafas?
  • Apakah Anda mendefinisikan stres sebagai bagian integral dari pekerjaan atau kehidupan rumah Anda (“Hal-hal selalu gila di sekitar sini”) atau sebagai bagian dari kepribadian Anda (“Saya memiliki banyak energi gugup, itu saja)?
  • Apakah Anda menyalahkan stres pada orang lain atau kejadian di luar, atau memandangnya sama normal dan tidak biasa?

Sampai Anda menerima tanggung jawab atas peran yang Anda mainkan dalam menciptakan atau merawatnya, tingkat stres Anda akan tetap berada di luar kendali Anda.

Mulai jurnal stres

Jurnal stres dapat membantu Anda mengidentifikasi stresor biasa dalam hidup Anda dan cara Anda menghadapinya. Setiap kali Anda merasa tertekan, catatlah itu di jurnal Anda. Saat Anda menyimpan log/buku harian, Anda akan mulai melihat pola dan tema umum. Tuliskan:

  • Apa yang menyebabkan stres Anda (tebak jika Anda tidak yakin)
  • Bagaimana perasaan Anda, baik secara fisik maupun emosional
  • Bagaimana Anda bertindak sebagai tanggapan
  • Apa yang Anda lakukan untuk membuat diri Anda merasa lebih baik

Tip 2: Ganti strategi penanganan yang tidak sehat dengan yang sehat

Pikirkan bagaimana Anda mengelola dan mengatasi stres dalam hidup Anda saat ini. Jurnal stres Anda dapat membantu Anda mengidentifikasi mereka. Apakah strategi penanggulangan Anda sehat atau tidak sehat, bermanfaat atau tidak produktif? Sayangnya, banyak orang mengatasi stres dengan cara yang menambah masalah.

Cara tidak sehat menghilangkan  stres

  • Merokok
  • Menggunakan pil atau obat untuk rileks
  • Minum terlalu banyak
  • Menarik diri dari teman, keluarga, dan aktivitas
  • Menunda
  • Zonasi selama berjam-jam melihat telepon Anda
  • Mengisi setiap menit hari untuk menghindari menghadapi masalah
  • Tidur terlalu banyak
  • Meluapkan stres pada orang

Jika metode Anda mengatasi stres tidak berkontribusi terhadap kesehatan emosional dan fisik Anda yang lebih besar, inilah saatnya untuk menemukan yang lebih sehat. Tidak ada metode tunggal yang bekerja untuk semua orang atau dalam setiap situasi, jadi bereksperimen dengan teknik dan strategi yang berbeda. Fokus pada apa yang membuat Anda merasa tenang dan terkendali.

Tip 3: Tip 3: Latih manajemen stres 4 A (‘s: avoid, alter, adapt, or accept/ Hindari, Ubah, Beradaftasi & Terima)

Sementara stres adalah respons otomatis dari sistem saraf Anda, beberapa penyebab stres muncul pada waktu yang dapat diperkirakan-perjalanan Anda untuk bekerja, bertemu dengan atasan Anda, atau pertemuan keluarga, misalnya. Saat menangani stresor yang dapat diprediksi seperti itu, Anda dapat mengubah situasi atau mengubah reaksi Anda. Ketika memutuskan pilihan mana yang akan dipilih dalam skenario tertentu, ada gunanya memikirkan empat A: hindari, ubah, adaptasi, atau terima.

Hindari stres yang tidak perlu

cara menghilangkan stres – Tidak sehat untuk menghindari situasi stres yang perlu ditangani, namun Anda mungkin akan terkejut dengan jumlah stres yang ada dalam hidup Anda sehingga bisa Anda hilangkan.

Pelajari cara mengatakan “tidak”. Kenali batasmu dan patuhi mereka. Entah dalam kehidupan pribadi atau profesional Anda, mengambil lebih dari yang bisa Anda tangani adalah resep pasti untuk stres. Bedakan antara “keharusan” dan “keharusan” dan, jika mungkin, katakan “tidak” terlalu banyak.

Hindari orang yang membuat Anda stres. Jika seseorang secara konsisten menyebabkan stres dalam hidup Anda, batasi jumlah waktu yang Anda habiskan dengan orang itu, atau hentikan hubungan Anda.

Kendalikan lingkungan Anda. Jika berita malam membuat Anda cemas, matikan TV. Jika lalu lintas membuat Anda tegang, ambil rute yang lebih lama namun tidak berjalan dengan baik. Jika pergi ke pasar adalah pekerjaan yang tidak menyenangkan, belanjakan belanja online Anda.

Ubah situasinya

Jika Anda tidak dapat menghindari situasi yang penuh tekanan, cobalah untuk mengubahnya. Seringkali, ini melibatkan perubahan cara Anda berkomunikasi dan beroperasi dalam kehidupan sehari-hari Anda.

Ungkapkan perasaan Anda alih-alih membotolkannya. Jika sesuatu atau seseorang mengganggu Anda, jadilah lebih asertif dan komunikasikan kekhawatiran Anda dengan cara yang terbuka dan penuh hormat. Jika Anda sudah mendapat ujian untuk belajar dan teman sekamar Anda yang cerewet pulang saja, katakan di depan bahwa Anda hanya punya waktu lima menit untuk diajak bicara. Jika Anda tidak menyuarakan perasaan Anda, kebencian akan membangun dan stres akan meningkat.

Bersedia berkompromi Bila Anda meminta seseorang untuk mengubah perilaku mereka, rela melakukan hal yang sama. Jika Anda berdua sedikit membungkuk sedikit, Anda akan memiliki kesempatan bagus untuk menemukan jalan tengah yang bahagia.

Beradaptasi dengan stressor

Jika Anda tidak bisa mengubah stressor, ubah diri Anda. Anda dapat menyesuaikan diri dengan situasi yang penuh tekanan dan mendapatkan kembali rasa kontrol Anda dengan mengubah harapan dan sikap Anda.

Membingkai ulang masalah. Cobalah untuk melihat situasi yang penuh tekanan dari perspektif yang lebih positif. Alih-alih menggerutu tentang kemacetan lalu lintas, melihatnya sebagai kesempatan untuk berhenti sejenak dan berkumpul kembali, mendengarkan stasiun radio favorit Anda, atau menikmati waktu sendiri.

Sesuaikan standar Anda. Perfeksionisme adalah sumber utama stres yang dapat dihindari. Berhenti mengatur diri untuk kegagalan dengan menuntut kesempurnaan. Tetapkan standar yang masuk akal untuk diri sendiri dan orang lain, dan belajarlah baik-baik saja dengan “cukup baik”.

Berlatih syukur. Saat stres membuat Anda kecewa, luangkan waktu sejenak untuk merenungkan semua hal yang Anda hargai dalam hidup Anda, termasuk kualitas dan pemberian positif Anda sendiri. Strategi sederhana ini dapat membantu Anda menjaga segala sesuatunya tetap dalam perspektif.

Terimalah hal-hal yang tidak dapat Anda ubah

Beberapa sumber stres tidak dapat dihindari. Anda tidak dapat mencegah atau mengubah stres seperti kematian orang yang dicintai, penyakit serius, atau resesi nasional. Dalam kasus seperti itu, cara terbaik untuk mengatasi stres adalah menerima hal-hal sebagaimana adanya. Penerimaan mungkin sulit, tapi dalam jangka panjang, ini lebih mudah daripada berpegangan pada situasi yang tidak dapat Anda ubah.

Jangan mencoba mengendalikan yang tak terkendali. Banyak hal dalam hidup berada di luar kendali kita-terutama perilaku orang lain. Alih-alih menekankan pada mereka, fokuskan pada hal-hal yang dapat Anda kendalikan seperti cara Anda memilih untuk bereaksi terhadap masalah.

Carilah sisi positifnya. Saat menghadapi tantangan besar, cobalah untuk melihat mereka sebagai peluang untuk pertumbuhan pribadi. Jika pilihan buruk Anda berkontribusi pada situasi yang penuh tekanan, renungkan dan pelajari dari kesalahan Anda.

Belajarlah untuk memaafkan. Terimalah kenyataan bahwa kita hidup di dunia yang tidak sempurna dan orang membuat kesalahan. Lepaskan kemarahan dan kebencian. Bebaskan diri Anda dari energi negatif dengan cara memaafkan dan terus bergerak.

Bagikan perasaanmu Mengekspresikan apa yang Anda alami bisa sangat katarsis, bahkan jika tidak ada yang bisa Anda lakukan untuk mengubah situasi yang penuh tekanan. Bicaralah dengan teman yang terpercaya atau buat janji bertemu dengan terapis.

4. Bergerak

Saat Anda stres, hal terakhir yang mungkin Anda sukai adalah bangun dan berolahraga. Tapi aktivitas fisik adalah pereda stres yang besar – dan Anda tidak perlu menjadi atlet atau menghabiskan berjam-jam di gym untuk merasakan manfaatnya. Latihan melepaskan endorfin yang membuat Anda merasa baik, dan ini juga bisa menjadi gangguan yang berharga dari kekhawatiran Anda sehari-hari.

Meskipun Anda akan mendapatkan manfaat maksimal dari berolahraga secara teratur selama 30 menit atau lebih, tidak masalah untuk membangun tingkat kebugaran Anda secara bertahap. Aktivitas yang sangat kecil pun bisa bertambah sepanjang hari. Langkah pertama adalah bangun dan bergerak. Berikut adalah beberapa cara mudah untuk memasukkan latihan ke dalam jadwal harian Anda:

  • Kenakan musik dan berdansa
  • Bawa anjingmu jalan-jalan
  • Berjalan atau bersepeda ke toko bahan makanan
  • Parkirkan mobil Anda di tempat terjauh di tempat parkir dan berjalan sisa
  • Sandingkan dengan pasangan latihan dan dorong satu sama lain saat Anda berolahraga
  • Main ping-pong atau permainan video berbasis aktivitas dengan anak-anak Anda

Nyeri penghilang stres dari latihan berirama sadar

Sementara hampir semua bentuk aktivitas fisik dapat membantu membakar ketegangan dan stres, aktivitas berirama sangat efektif. Pilihan yang baik termasuk berjalan, berlari, berenang, menari, bersepeda, tai chi, dan aerobik. Tapi apapun yang Anda pilih, pastikan itu adalah sesuatu yang Anda sukai sehingga Anda lebih cenderung menanganinya.

Saat Anda berolahraga, lakukan upaya sadar untuk memperhatikan tubuh Anda dan sensasi fisik (dan terkadang emosional) yang Anda alami saat Anda bergerak. Fokus pada mengkoordinasikan pernapasan Anda dengan gerakan Anda, misalnya, atau perhatikan bagaimana udara atau sinar matahari terasa di kulit Anda. Menambahkan elemen mindfulness ini akan membantu Anda keluar dari lingkaran pikiran negatif yang sering menyertai tekanan yang luar biasa.

Tip 5: Terhubung ke orang lain

Tidak ada yang lebih menenangkan daripada menghabiskan waktu berkualitas dengan manusia lain yang membuat Anda merasa aman dan mengerti. Sebenarnya, interaksi tatap muka memicu serangkaian hormon yang melawan respons “fight-or-flight” pertahanan tubuh. Ini adalah cara menghilangkan stres secara alami (sebagai bonus tambahan, ini juga membantu mencegah depresi dan kecemasan). Jadi, pertimalah untuk terhubung secara teratur-dan secara pribadi-dengan keluarga dan teman.

Ingatlah bahwa orang yang Anda ajak bicara tidak perlu memperbaiki stres Anda. Mereka hanya butuh pendengar yang baik. Dan cobalah untuk tidak membiarkan kekhawatiran melihat lemah atau menjadi beban membuat Anda tidak membuka diri. Orang-orang yang peduli terhadap Anda akan tersanjung oleh kepercayaan Anda. Ini hanya akan memperkuat ikatan Anda.

Tentu saja, tidak selalu realistis untuk memiliki teman dekat untuk bersandar saat Anda merasa terbebani oleh stres, namun dengan membangun dan memelihara jaringan teman dekat Anda dapat meningkatkan ketahanan Anda terhadap stres kehidupan.

  • Membangun hubungan
  • Jangkau rekan kerja di tempat kerja
  • Bantu orang lain dengan sukarela
  • Makan siang atau kopi bersama teman
  • Mintalah orang yang Anda cintai untuk check in dengan Anda secara teratur
  • Menemani seseorang ke bioskop atau konser
  • Panggil atau email teman lama
  • Pergilah berjalan dengan teman latihan
  • Jadwalkan tanggal makan malam mingguan
  • Temui orang baru dengan mengambil kelas atau bergabung dengan klub
  • Membujuk anggota klerus, guru, atau pelatih olahraga

Tip 6: Luangkan waktu untuk bersenang-senang dan relaksasi

Di luar pendekatan take-charge dan sikap positif, Anda bisa mengurangi stres dalam hidup Anda dengan mengukir waktu “saya”. Jangan sampai terjebak dalam hiruk pikuk kehidupan sehingga Anda lupa mengurus kebutuhan Anda sendiri. Memelihara diri sendiri adalah sebuah kebutuhan, bukan kemewahan. Jika Anda secara teratur meluangkan waktu untuk bersenang-senang dan relaksasi, Anda akan berada di tempat yang lebih baik untuk mengatasi stres kehidupan.

Sisihkan waktu senggang. Sertakan istirahat dan relaksasi dalam jadwal harian Anda. Jangan biarkan kewajiban lainnya melanggar batas. Inilah waktumu untuk beristirahat dari semua tanggung jawab dan mengisi ulang baterai Anda.

Lakukan sesuatu yang Anda nikmati setiap hari. Luangkan waktu untuk kegiatan santai yang membawa Anda kegembiraan, entah itu melihat bintang, bermain piano, atau mengerjakan motor Anda.

Jagalah selera humormu. Ini termasuk kemampuan menertawakan diri sendiri. Tindakan tertawa membantu tubuh Anda melawan stres dengan berbagai cara.

Pertimbangkan untuk melakukan latihan relaksasi

Teknik relaksasi seperti yoga, meditasi, dan pernapasan dalam mengaktifkan respons relaksasi tubuh, keadaan tenang yang berlawanan dengan respon stres melawan atau terbang atau mobilisasi. Saat Anda mempelajari dan mempraktikkan teknik ini, tingkat stres Anda akan menurun dan pikiran,tubuh Anda akan menjadi tenang dan terpusat bagus sebagai cara untuk menghilangkan stres.

Manajemen waktu yang buruk dapat menyebabkan banyak stres. Bila Anda membentang terlalu kurus dan berlari di belakang, sulit untuk tetap tenang dan fokus. Plus, Anda akan tergoda untuk menghindari atau mengurangi semua hal sehat yang harus Anda lakukan agar stres tetap tertekan, seperti bersosialisasi dan cukup tidur. Kabar baiknya: ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencapai keseimbangan kehidupan kerja yang lebih sehat.

Jangan terlalu berkomitmen. Hindari menjadwalkan hal-hal yang back-to-back atau mencoba menyesuaikan diri terlalu banyak dalam satu hari. Terlalu sering, kita meremehkan berapa lama waktu yang dibutuhkan.

Prioritaskan tugas. Buatlah daftar tugas yang harus Anda lakukan, dan atasi mereka agar sesuai kepentingan. Lakukan prioritas tinggi dulu. Jika Anda memiliki sesuatu yang sangat tidak menyenangkan atau penuh tekanan untuk dilakukan, selesaikan lebih awal. Sisa hari Anda akan lebih menyenangkan sebagai hasilnya.

Memecah proyek menjadi langkah-langkah kecil. Jika sebuah proyek besar tampak luar biasa, buatlah rencana langkah-demi-langkah. Fokus pada satu langkah yang dapat dikelola sekaligus, daripada terus-menerus mengerjakan semuanya sekaligus.

Delegasikan tanggung jawab. Anda tidak harus melakukan semuanya sendiri, baik di rumah, sekolah, atau di tempat kerja. Jika orang lain bisa mengurus tugasnya, mengapa tidak membiarkannya? Lepaskan keinginan untuk mengendalikan atau mengawasi setiap langkah kecil. Anda akan melepaskan stres yang tidak perlu dalam prosesnya.

Tip 7: Pertahankan keseimbangan dengan gaya hidup sehat

Selain olahraga teratur, ada pilihan gaya hidup sehat lainnya yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh terhadap stres.  Makanlah makanan yang sehat. Badan gizi baik lebih siap menghadapi stres, jadi perhatikan apa yang Anda makan. Mulailah hari Anda dengan sarapan pagi, dan jauhkan energi Anda dan pikiran Anda bersih dengan makanan bergizi seimbang sepanjang hari.

Kurangi kafein dan gula. Kafein dan gula “highs” sementara seringkali memberi kejutan dan mood. Dengan mengurangi jumlah kopi, minuman ringan, coklat, dan makanan ringan gula dalam makanan Anda, Anda akan merasa lebih rileks dan Anda akan tidur lebih nyenyak.

Hindari alkohol, rokok, dan obat-obatan terlarang. Mengobati sendiri dengan alkohol atau obat-obatan dapat memberikan kemudahan melepaskan diri dari stres, namun bantuan hanya bersifat sementara. Jangan menghindari atau menutupi masalah yang ada; berurusan dengan masalah kepala dan dengan pikiran yang jernih.

Tidur yang cukup. Tidur yang cukup memberi energi pada pikiran Anda, juga tubuh Anda. Merasa lelah akan meningkatkan stres Anda karena bisa menyebabkan Anda berpikir tidak rasional.

Sekian tentang cara menghilangkan stres, depresi dan cemas yang berkepanjangan, yang disertai dengan manajemen stres untuk mengurangi stres beban hidup anda.

Kategori: Tips dan Cara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *