Resiko

Dipublikasikan oleh admin pada

Hampir disemua aspek kehidupan aktivitas manusia tidak lepas yang namanya risiko, mulai dari yang sifatnya private, urusan pekerjaan, gaya hidup hingga saat tertidur  tidak lepas dari yang namanya risiko. Secara singkat resiko adalah suatu penyimpangan yang terjadi diluar dari yang diharapkan.

Risiko bisa terjadi baik dari internal maupun dari ekternal. Sejatinya risiko tidak dapat dihindari, akan tetapi risiko dapat diminimalisir atau dialihkan kepada pihak lain dalam hal ini perusahaan asuransi yang siap menaggung resiko kerugian (yang dapat dihitung dengan nilai uang) dengan membayar sejumlah premi kepada perusahaan asuransi.

Pengertian Resiko

Banyak para pakar mendifinisikan berbeda-beda tentang risiko, akan tetapi secara umum risiko dapat diartikan dengan berbagai cara, misalnya sebagai kejadian yang merugikan, resiko merupakan penyimpangan hasil yang diperolah dari yang diharapkan.  Dari berbagai definisi para ahli sepakat resiko memiliki dua aspek yaitu aspek probabilitas/kemungkinan dan aspek kerugian/dampak.

Menurut Eddie (2002) mengatakan definisi risiko berbeda – beda bergantung dari segi tujuannya. Menurutnya risiko adalah, exposure terhadap ketidakpastian pendapatan.

Risiko adalah kerugian secara financial, baik secara langsung atau tidak langsung. Risiko bank merupakan keterbukaan terhadap kemungkinan rugi (exposure to the of loss) (Philips Best 2004).

Resiko dalam konteks perbankan adalah suatu kejadian potensial, baik yang dapat diperkirakan (anticapated) atau yang tidak dapat diperkirakan (unanticipated) yang menimbulkan dampak negatif terhadap pendapatan permodalan bank.

Sementara menurut kamus ekonomi, risiko adalah peluang dimana hasil yang sesungguhnya dapat berbeda dengan hasil yang diharapkan atau kemungkinan nilai yang hilang atau diperoleh yang dapat diukur. Risiko sendiri berbeda dengan ketidakpastian yang tidak dapat diukur (Alfandi)

Menurut Djojosoedarsono (dalam Umar Hasan Bashori, 2008) mencatat beberapa pengertian risiko secara umum

  1. Risiko adalah suatu variasi dari hasil hasil yang bisa terjadi selama periode tertentu (Arthur Williams & Richard MH)
  2. Risiko adalah ketidaktentuan (uncertainty) yang memungkinkan melahirkan peristiwa kerugian (loss) (A. Abas Salim)
  3. Risiko adalah ketidakpastian atas terjadinya suatu peristiwa (Soekarto)
  4. Risiko merupakan penyimpangan hasil aktual dari hasil yang diharapkan semula (Herman DarmawI)

Dari sejumlah pengertian resiko diatas, terdapat 2 karekteristik 

  1. Merupakan ketidakpastian atas terjadinya suatu peristiwa yang terjadi
  2. Merupakan ketidakpastian yang bilamana terjadi akan menimbulkan suatu kerugian


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *