Simpanan Tabungan

Dipublikasikan oleh admin pada

Pengertian Simpanan Tabungan

Seperti halnya simpanan giro, simpanan tabungan juga mempunyai syarat syarat tertentu bagi pemegangannya dan persyaratan masing masing bank berbeda satu sama lain. Disamping persyaratan yang berbeda, tujuan nasabah menyimpan uang direkening tabungan juga berbeda. Dengan demikian, sasaran bank dalam memasarkan produknya juga berbeda sesuai dengan sasarannya.

Pengertian tabungan menurut Undang-undang Perbankan Nomor 10 Tahun 1998 adalah simpanan yang penarikannya dapat dilakukan menurut syarat-syarat tertentu yang disepakati, tetapi tidak dapat ditarik  dengan cek, bilyet giro/atau alat lainnya yang dipersamakan dengan itu.

Syarat – syarat penarikan tertentu maksudnya adalah sesuai dengan perjanjian yang telah dibuat antara bank dengan si penabung.

Ada beberapa alat penarikan tabungan, hal ini tergantung bank masing masing mau menggunakan sarana yang mereka inginkan. Alat ini dapat digunakan sendiri atau secara bersamaan. Alat alat yang dimaksud adalah:

  • Buku tabungan

Yaitu buku dipegang nasabah, dimana berisi catatan saldo tabungan, penarikan, penyetoran dan pembebanan-pembebanan yang mungkin terjadi. Buku ini digunakan pada saat penarikan sehingga langsung dapat mengurangi saldo yang ada dibuku tabungan tersebut.

  • Slip penarikan

Merupakan formulir penarikan dimana nasabah cukup menulis nama, nomor rekening, jumlah uang serta tanda tangan nasabah untuk menarik sejumlah uang. Slip ini biasanya digunakan bersamaan dengan buku tabungan.

  • Kwitansi

Merupakan bukti yang dikeluarkan oleh bank yang fungsinya sama dengan slip penarikan,dimana tertulis nama penarik, nomor penarik, jumlah uang, dan tanda tangan penarik. Alat ini juga dapat digunakan secara bersamaan dengan tabungan.

  • Kartu yang terbuat dari plastik

Yaitu sejenis kartu kredit yang terbuat dari plastik yang dapat digunakan untuk menarik sejumlah uang dari tabungannya, baik bank maupun di mesin Automated Teller machine (ATM). Mesin ATM ini biasanya tersebar ditempat tempat yang strategis.

Kategori: pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *