Mengendalikan Stres Akibat Pekerjaan

Dipublikasikan oleh admin pada

Orang orang yang bekerja diperusahaan yang sukses biasanya akan menjadi orang orang yang sangat sukses. Namun stres seringkali harga dari kesuksesan ini. Ada juga stres akibat perioritas dan tuntutan yang bertentangan, serta kurangnya prosepek karier yang jelas. Tulisan kali ini akan mengulas seputar

  • Memperbaiki perjalan kerja dan kondisi kerja anda
  • Menganalisis pekerjaan agar bisa memahami perioritas anda
  • Menegosiasikan waktu dan sumber daya
  • Merencanakan berbagai tugas dan proyek sedemikian rupa agar bisa meminimalkan stres
  • Bertahan dalam pekerjaan yang penuh stres

Kendalikan Stres Lingkungan

Anda mengalami berbagai stres ringan setiap hari dari rasa frustasi dalam perjalanan dari/ke kerja hingga ruang kerja yang tidak rapi. Namun, stres semacam ini bisa dikontrol dengan cukup mudah.

Ketahui Bagaimana Stres Menumpuk

Gangguan – gangguan harian _ kemacetan, kursi yang tidak nyaman, rekan rekan kerja yang mengalihkan perhatian kita, dokumen yang hilang dikantor yang kacau balau – bisa memicu lepasnya sejumlah hormon  stre ke dalam tubuh anda dan akan mempengaruhi kesehatan. Jika anda bisa mengambil langkah – langkah untuk mengontrol stres level dasar, anda akan mampu mengurangi dampak stresor besar ketika hal itu terjadi.

Ketika anda sudah menganlisis ketidaksempurnaan lingkungan anda, ubahlah apa yang anda bisa, dan coba lihat sisanya sebagai biaya yang perlu dikeluarkan dengan manfaat positif.

Teknik Latihan

Untuk mengurangi stres dalam perjalanan, anda bisa belajar memaksimalkan kontrol anda, meminimalkan  ketidaknyamanan, serta tetap tenang dan terkendali.

Pertimbangkan beberapa teknik berikut untuk mengurangi stres.

  • Berangkat kerja lebih awal dan hindari ketergesaan
  • Temukan jalur lain untuk menghindari jalan yang padat
  • Atur posisi jok kendaraan anda senyaman mungkin
  • Putar musik menenangkan setiap kali anda merasa frustasi karena hambatan
  • Gunakan pemikiran positif agar anda bisa memandang perjalanan anda dengan lebih positif
  • Ketika menggunakan transportasi umum, bacalah buku atau majalah atau alihkan perhatian anda dengan cara lain.

Dalam Perjalanan ke Tempat Kerja

Perjalanan dari/ke tempat kerja bisa menjadi sumber stres. Jika anda membawa kendaraan, stres muncul akibat kepadatan lalu lintas, ketidaknyamanan fisik, polusi udara dan kebisingan.

Kepadatan lalu lintas sering menjadi sumber frustasi – tujuan anda adalh tida dirumah atau kantor secepat mungkin, dan kepadatan lalu lintas secara langsung menghambat anda. Bepergian dengan transportasi umum juga – kurangnya kontrol anda atas banyaknya penumpang, pelanggaran personal, penundaan dan interasksi yang tidak menyenangkan antar penumpang.

Pindah Lebih Jauh

Stres yang anda alami dalam transportasi umum sulit dikendalikan karena kontrol anda atas situasi itu lebih sedikit. Solusinya mungkin berangkat dari tempat perhatian awal dari rute perjalanan untuk mendapatkan tempat duduk akan lebih besar.

Tata Kantor Anda

Kondisi tempat anda bekerja berdampak besar terhadap apa yang anda rasakan tentang pekerjaan anda, dant tata letak ruang kerja anda adalah yang paling penting. Orang orang dan sumber daya harus berada dalam jangkauan jika anda ingin bekerja dengan efisien. Lingkungan kerja yang minim sekat dapat menciptakan komunikasi dan performa tim yang baik, namun biasanya kebisingan  yang ditimbulkan peralatan kantor, telpon dan percakapan orang orang bisa sangat mengganggu. Jika ini merupakan sumber stres, cobalah gunakan perabot, partisi, kerai, dan tanaman hias untuk mereda kebisingan yang mengganggu.

Buat Diri Anda Merasa Nyaman

Perabot dengan desain yang tidak nyaman, perlengkapan komputer dengan posisi yang salah, kurangnya pencahayaan, kualitas udara yang buruk, ruang kerja yang sesak dan tidak layak –  semua ini bisa memperparah rasa frustasi karena bisa menyebabkan sakit punggung, kelelahan mata, sakit kepala, dan ketidaknyamanan lainnya. Semua masalah masalah ini bisa diselesaikan dengan sedikit pemikiran dan biaya, dan hasilnya sepadan.

Proses sederhana menemukan stresor  sehari-hari dan mencatat biasanya membantu anda dalam mengendalikan stresor tersebut.

Kemudian perhatikan stresor – stresor itu dan pikirkan apa yang dapat anda lakukan. Jika anda bisa, ambil tindakan utuk mengendalikan setiap faktor masalah agar hidup anda lebih nyaman.

Cerahkan

Dalam skala semua pengeluaran bisnis, tidaklah memakan biaya untuk membuat ruang kerja anda layak dan menjadikannya tempat kerja yang menyenangkan . cara ini akan mengurangi stres dan meningkatkan efisiensi.

Beristrahatlah sejenak di sela sela pekerjaan untuk menjernihkan pikiran dan mengembalikan tenaga

Analisis Pekerjaan Anda

Agar bisa melakukan pekerjaan anda dengan baik, anda perlu mengetahui apa yang diharapkan dari anda. Mungkin sebenarnya anda tahu. Namun hal ini seringkali terabaikan dalam meneyelesaikan pekerjaan.

Temukan yang Penting

Analisis pekerjaan adalah sebuah teknik yang berguna untuk mengontrol  apa yang benar benar penting. Dengan memahami prioritas pekerjaan dan mengidentifikasi apa yang membentuk kesuksesan, anda bisa fokus pada aktivitas – aktivitas ini dan meminimalkan bekerja untuk tugas lain.

Pahami Tujuan Perusahaan

Pasti ada satu alasan mengapa pekerjaan anda ada, dan ini ditetapkan oleh strategi divisi ditempat anda bekerja. Tujuan ini seringkali dijelaskan dalam pernyataan misi, dan apa yag anda lakukan harusnya membantu organisasi dalam meraih misinya. (jika pekerjaan anda) perhatikan tugas mana yang memberikan kontribusi pada misi tersebut, ini biasanya merupakan tugas paling besar dari pekerjaan anda.

Jika anda mengetahuii  apa yang diharapkan dari diri anda dalam pekerjaan, anda akan lebih memahami seberapa baik performa dan progres dalam peran anda.

Lihar uraian pekerjaan, identifikasi perioritas dan sasaran utama. Pelajari formulir tujuan performa dan skema positif untuk melihat secara  tepat perilaku yang akan dihargai. Jika dokumen ini tidak tersedia, tulislah apa yang anda percayai sebagai kriteria peran, tugas tanggung jawab, dan performa. Diskusikan ini bersama manajer anda.

Pahami Budaya Organisasi

SETIAP organisasi memiliki budaya sendiri – nilai nilai yang berkembang secara historis, yang benar dan yang salah, dan hal hal yang dianggap penting. Jika anda adalah orang baru dalam pekerjaan anda, bicaralah dengan staf yang sudah mapan dan dihormati untuk memahami nilai nilai ini. Tanyakan kepada diri anda bagaimana tugas tugas anda bisa sesuai dengan nilai nilai ini.  Jika dilihat dari kacamata budaya perusahaan, apakah pekerjaan yang anda lakukan akan dihargai oleh perusahaan anda?

Ketahui Perioritas Anda

Mengetahui apa yang menjadi fokus anda akan membantu anda untuk bekerja lebih baik. Mengetahui  perioritas pekerjaan merupakan syarat yang sangat mendasar, namun banyak orang memberikan jawaban mengambang ketika ditanya tentang hal ini. Jika anda tidak memiliki uraian tugas yang jelas, atau jika anda memberikan laporan kepada lebih dari satu orang dalam departemen, anda akan mendapati bahwa berbagai tuntutan atas waktu dan sumber  daya yang menyebabkan anda mengalami stres tingkat tinggi.

Pahami Orang Orang Tersukses

Cari tahu siapa orang orang tersukses dan mengapa mereka sukses. Di dalam ataupun di luar perusahaan, mungkin ada orang orang dengan peran serupa yang dipandang sangat berhasil. Cari tahu bagaimana mereka bekerja dan apa yang merreka lakukan untuk menghasilkan kesuksesan ini.

Pahami Prosepek Karir Anda

Kadang kadang pekerjaan diciptakan untuk memecahkan masalah tertentu sehingga kemajuan karir tidak begitu diperhatikan. Ini bisa menjadi pekerjaan buntu yang bisa merusak karier. Anda bisa menemukan bahwa kemajuan karir dari posisi ini adalah sesuatu yang tidak mungkin. Anda harus memastikan bahwa anda berada dalam posisi yang tepat untuk mengambil langkah karier  selanjutnya. jika langkah selanjutnya  tidak jelas, ini perlu dikhawatirkan. Ajukan pertanyaan yang tepat mengenai kemajuan  karier sebelum menerima sebuah pekerjaan.

Kemampuan menangani stres barangkali merupakan ekpektasi paling dasar dalam dunia kerja; intinya bukanlah melakukan pekerjaan dengan baik, melainkan melakukan pekerjaan

Tegaskan Perioritas Kerja

Pada tahap ini, sudah seharusnya anda memahami dengan baik apa yang diperlukan oleh pekerjaan anda dan apa tujuan utama anda. Anda juga harus bisa menilai kurangnya kejelasan dalam tujuan, kurangnya sumber daya, dan perbedaan atau inkonsistensi  antara apa yang anda yakini  tentang pekerjaan anda dan realitas situasi. Salah satu dari hal ini secara potensial bisa melemahkan peran anda sehingga menyebabkan stres, bicarakan hal ini dengan manajer, dan pastikan anda menyelesaikannya.

Ciptakan Waktu Lebih

Memperbaiki kemahiran anda dalam memperkirakan waktu akan membantu anda dalam menangani beban kerja yang berpotensi menimbulkan stres.

Ambil Kendali

Manajemen waktu membantu mengurangi stres jangka panjang ketika mendapatkan banyak tugas. Dengan menyingkirkan aktivititas yang membuang-buang waktu dan rendah hasil, anda akan memanfaatkan waktu  untuk bersantai diluar kantor dan menikmati hidup. Memiliki kedisiplinan dalam pendekatan anda terhadap kehidupan kerja akan mengurangi tingkat stres.

Nilailah Penggunaan Waktu

Buku catatan aktivitas, dimana anda mencatat apa yang anda kerjakan sepanjang hari, adalah penting untuk meninjau penggunaan waktu anda. Buku ini membantu  anda menyingkirkan  penyia-nyiaan waktu  dan kebiasaan yang tidak produktif, serta memberi anda lebih banyak watku untuk melakukan pekerjaan dan menambah efisiensi agar bisa pulang kerja tepat waktu dan memiliki waktu untuk bersantai. Ketika anda mencatat barangkali anda akan terkejut dengna waktu yanga anda sia-siakan setiap hari. Menyingkirkan aktivitas – aktivitas yang tidak produktif akan mengembalikan kendali anda.

Susun Dan Gunakan Daftar Tugas (To Do List)

Ketika banyak masalah membuat anda kewalahan, dan ada banyak tuntutan besar atas waktu anda, membuat daftar tugas akan membantu anda menetapkan perioritas dan memberi titik awal untuk menegoisasi tenggat waktu.

Menetapkan perioritas akan menjadikan beban kerja anda lebih terkendali, dan tentunya akan mengurangi stres anda.

  • ­Pecah tugas tugas besar sehingga lebih terperinci lagi, dan kalau kelihatan besar juga, pecah lagi. Hal ini berguna agar terlihat seperti kepingan pekerjaan yang lebih mudah dikelola
  • Perhatikan tugas tugas itu dan alokasikan perioritas dari A (sangat penting) hingga F (tidak penting). Dasarkan penilaian anda dari kriteria penting atau mendesaknya tugas itu pertimbangkan hasil analisis pekerjaan anda saat memperioritaskan daftar. Tugas tugas yang memberikan kontribusi kepada tujuan pekerjaan harus menjadi perioritas tinggi.
  • Jika terlalu banyak tugas yang mendapatkan peringkat perioritas tinggi, bacalah daftarnya lagi. Lalu turunkan peringkat tugas yang kurang penting.
  • Sekarang, bacalah tugas tugas pada daftar dalam urutan perioritas. Dengan melakukan ini, anda akan terlebih dulu melaksanakan pekerjaan pekerjaan yang paling penting, dan oleh karenanya waktu anda bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Analisis Buku Catatan Aktivitas

Setiap kali anda mengubah aktivitas, perhatikan durasinya. Anda boleh menggabungkan buku catatan  aktivitas  dengan buku harian stres. Lakukan hal ini selama beberapa hari, kemudian analisis buku  catatan anda. Anda mungkin akan terkejut  melihat lamanya  waktu untuk melakukan pekerjaan bernilai rendah, seperti membaca surat atau koran, menjelajahi situs yang tidak berguna, mengobrol dengan rekan kerja, menunggu rapat dimulai, bepergian, dan lain lain

Gunakan Daftar Tugas

Setelah anda mengetahui tugas mana yang paling berharga dan aktivits mana yang disingkirkan, anda bisa menyusun dan memperioritaskan beban kerja anda untuk memastikan bahwa anda berkonsentrasi pada pekerjaan yang paling  penting dan tinggi hasil. Membuat daftar tugas dapat membantu anda menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan mengurangi stres yang muncul akibat lupa melakukan sesuatu yang penting.

Orang orang seringkali menjadi sukses dengan mempelajari bagaimana mengatasi stres, khususnya dalam perusahaan amerika

Tepati Tenggat Waktu Anda

Jika pekerjaan anda memiiliki visibiitas yang tinggi, harus diselesaikan berdasarkan tenggat waktu, atau melibatkan beberapa orang yang bekerja, anda akan membutuhkan alat perencanaan yang lebih ampuh daripada Daftar tugas anda

Kembangkan Rencana Aksi

Penggunaan rencana aksi membantu anda membuat penilaian terhadap jumlah waktu yang dibutuhkan untuk mengelola sebuah proyek medium dengan tenggat waktu yang masuk akal.

  • Tulislah semua tugas untuk proyek tersebut dalam urutan waktu penyelesaian
  • Pikirkan durasi setiap tugas, tambahkan sedikit untuk mengantisipsi waktu yang hilang
  • Hitunglah berapa lama waktu untuk menyelesaikannya

Daftar tugas yang berurutan ini akan menunjukkan kepada anda sumber daya apa yang anda butuhkan untuk setiap tugas. Sekarang anda bisa memikirkan waktu penyelesaian yang realitas sambil melindungi diri dari stres akibat tenggat waktu.

Delegasikan Waktu

Jika anda sukses dalam karier, tuntutan kepada anda akan lebih besar tingkat stres anda meningkat. Mungkin anda akan merasa kesulitan  menyerahkan pekerjaan. Delegasi adalah kemahiran untuk mengelola pekerjaan ini dan untuk memastikan bahwa pekerjaan itu terlaksana.

Putuskan Apa yang Perlu Didelegasikan

Periksa rencana aksi anda, apakah ada tugas yang bisa mendelegasikan kepada orang lain. Pastikan ia sanggup membantu.

Temukan orang Yang Tepat

Carilah orang yang bersedia melakukan pekerjaan tersebut serta punya waktu. Beri dia penghargaan singkat, jelaskan:

  • Mengapa pekerjaan itu perlu dilakukan dan bagaimana hal ini membantu klien, perusahaan atau tim
  • Apa yang perlu dilakukan dan apa yang perlu dicapai
  • Tanggal berapa pekerjaan itu harus selesai
  • Bahwa anda akan siap memberikan informasi atau memberinya petunjuk jika dibutuhkan
  • Waktu waktu pemeriksaan selama proyek berlangsung agar anda bisa meninjau progresnya

Lalu berikan dia mengerjakan sampai waktu pemeriksaan pertama

Ambil Kendali atas Karir Anda

Dalam banyak pekerjaan yang kekurangan jalur karir yang tetap, mungkin anda adalah satu satunya orang yang prospek jangka panjang  anda. Ada beberapa cara menghindari stres yang disebabkan oleh masa depan karir yang tidak pasti.

Hindari Stagnasi

Dalam perusahaan perusahaan baru yang berkembang pesat, biasanya tidak ada masalah dalam jalur karir. Jika anda fleksible dan mahir dalam pekerjaan anda, peluang akan sering muncul. Namun, dalam yang lebih dewasa, kurangnya jalur karir yang jelas bisa mengkhwatirkan, khususnya dalam tahap awal karir ketika anda perlu memperoleh banyak pengalaman agar bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, atau mungkin saja anda menjadi orang yang terlalu bernilai dalam pekerjaan anda sehingga tidak dibiarkan bergerak maju dalam karir.

Bertanggung Jawab Atas Perencanaan Karir Anda

Jika jalur karir yang jelas tetap tidak terbuka setelah anda melaksanakan analisis pekerjaan dan membicarakannya dengan manajer, anda perlu mengambil tanggung jawab  atas perencanaan karir  anda sendiri. Bukalah selalu mata anda untuk melihat peluang yang hadir.

Rencanakan Masa Depan Karir Anda

Anda perlu merenungkan posisi anda saat ini, memerhatikan peluang peluang yang terbuka bagi anda, dan merencanakan bagaimana manfaat peluang itu.

  • Lihat posisi anda saat ini – lakukan inventori pribadi atas pengetahuan kemahiran, pengalaman, dan sumber daya.
  • Pikirkan tujuan anda – Putuskan apa yang anda ingin raih dalam hidup dan karir anda. Lihat semua peluang
  • Selidiki pilihan anda – anda perlu mengetahui apakah karir tersebut memiliki masa depan, apa syarat – syarat yang diperlukan untuk bergerak ke tahap berikutnya, dan berapa anda akan digaji dalam progres itu.
  • Rencanakan pendeketan anda – putuskan apa yang ingin diraih. Jika anda butuh kemahiran atau pengalaman baru carilah
  • Ambil tindakan – Mulailah ambil tindakan tindakan yang diperlukan untuk memajukan karir anda. Jika anda memutuskan bahwa anda perlu pindah kerja carilah pekerjaan alternatif yang terbaik.

Tahu apa yang diharapkan – bicaralah dengan orang yang pernah melakukan pekerjaan itu untuk mencari tahu apa yang perlu anda ketahui dan lakukan agar bisa maju.

Bertahan dari Pekerjaan yang Membuat Stres

Beberapa pekerjaan memang pada dasarnya sulit, tidak menyenangkan, dan membuat stres . ini mungkin disebabkan oleh karakteristik atau lingkungan kerja itu sendiri, atau karena adanya konflik inhere dengan sikap dan ambisi pribadi.

Belajar Menghdapi Tekanan

Departemen layanan pelanggan bisa sangat membuat stres, terutama ketika pelanggan menuntut, tidak menyenangkan, kasar, atau marah. Para pekerja di lini produksi bisa mengalami tekanan akibat tuntutan konstan akan performa mereka. Memimpin orang bisa membuat stres, karena para manajer harus menghadapi gangguan rutin dari staf saat mencoba menyelesaikan pekerjaan dan menepati tenggat waktu mereka. Tekanan dan stres adalah bagian dari pekerjaan pekerjaan ini dan anda harus belajar menghadapinya.

Mengatasi Kurangnya Informasi

Perasaan hilang kendali yang berasal dari kurangnya informasi bisa menyebabkan stres parah, terutama karena orang merasa tidak aman. Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan kurangnya informasi.

  • Walaupun para manajer mungkin senang berbagi informasi, tidak selalu terpikir oleh mereka untuk melakukannya
  • Orang mungkin merasa sedang berkomunikasi dan tidak sadar bahwa staf telah salah mengertikan pesan mereka
  • Anggota tim mungkin tidak meminta informasi karena mereka takut terhadap manajer mereka atau terlalu segan
  • Para manajer mungkin merasa bahwa memberikan informasi yang terlalu banyak bukanlah tindakan yang profesional, dan oleh karena itu hanya memberikan sedikit

Mintalah klarifikasi atas situasi yang dihadapi. Anda akan menciptakan peluang untuk komunikasi  yang lebih terbuka.

Kendali atas pekerjaan dan tingkat kecepatan pekerjaan, gangguan dan persoalan yang sering muncul, serta rasa frustasi dalam mengejar tujuan. Tuntutan pekerjaan yang bertentangan dengan nilai, keyakinan, atau tujuan anda sendiri, dan ini juga bisa mengakibatkan stres yang berat.

Perbaiki dan Beradaftasi

Jika lingkungan dan kondisi kerja anda menyebabkan stres, anda masih bisa memperbaikinya dengan sedikit usaha

  • Jika anda sering mendapatkan gangguan dan persoalan menjengkelkan, gunakan teknik rileksasi untuk mengurangi stres
  • Jika anda merasa marah atau negatif , periksalah apakah interprestasi anda atas situasi itu akurat.

lihat juga


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *