Sumber Daya Alam Hayati

Dipublikasikan oleh admin pada

Segala sumber daya alam yang ada di bumi ini memiliki manfaat dan kegunaannya masing-masing. Jadi, sebagai makhluk hidup kita harus bisa memanfaatkan alam sebagaimana mestinya dan tidak boleh merusak ekosistem alam. Alam memliki berbagai macam sumber daya alam, salah satunya adalah sumber daya alam hayati. 

Sumber daya alam hayati ialah segala sesuatu yang berasal dari alam dan dapat dimanfaatkan oleh makhluk hidup atau manusia. SDAH pada dasarnya terbagi menjadi dua yaitu sumber daya alam yang bisa diperbarui dan sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui. Meskipun dapat dimanfaatkan dalam jangka panjang, kita sebagai manusia tidak boleh mengeksploitasinya secara berlebihan karena bisa merusak alam itu sendiri.

Pengertian Sumber Daya Alam Hayati

Sumber daya alam merupakan segala sesuatu yang berasal dari alam yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia dan makhluk di dalamnya. Sedangkan yang termasuk ke dalam sumber daya alam sendiri tidak hanya sumber daya alam biotik seperti hewan, tanaman, serta mikroorganisme saja. Namun termasuk juga sumber daya alam abiotik misalnya air, tanah, gas alam, minyak bumi, berbagai macam jenis logam.

Berdasarkan sifatnya, ada 2 jenis sumber daya alam yaitu sumber daya alam yang bisa diperbaharui (sumber daya alam yang bisa terus ada dan dapat digunakan oleh manusia) dan sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui (sumer daya alam yang jumlahnya terbatas dan bisa habis jika terus digunakan). Contoh sumber daya alam yang bisa diperbaharui ialah air, sinar matahari, angin dan udara, tumbuhan, hewan dan lain sebagainya. Sedangkan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui contohnya adalah emas, minyak bumi, gas alam, batubara dan lain sebagainya.

Lalu apa itu sumber daya alam hayati? SDAH dapat diartikan sebagai sumber daya alam yang berasal dari suatu makhluk hidup ataupun sumber daya alam yang berhubungan dengan makhluk hidup. Jadi, segala sesuatu yang berasal dari makhluk hidup maupun yang berasal dari alam dan bisa dimanfaatkan dapat disebut sebagai sumber daya alam hayati.

Macam-macam Pencemaran Air

Kategori: pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *