Wawasan Nusantara

Dipublikasikan oleh admin pada

Fungsi dan kedudukan

Dari definisi atau pengertian wawasan nusantara tersebut di atas, didapatkan suatu kedudukan atau fungsi wawasan nusantara. Cara pandang yang digunakan tersebutlah yang menghasilkan wawasan nasional, kemudian dijadikan sebagai pandangan atau visi (sebagai pedoman, motivasi, dorongan, serta rambu-rambu) bangsa dalam mencapai dan mewujudkan tujuannya.

Selain dari fungsi tersebut, wawasan nusantara berfungsi menjaga sikap nasionalisme yang tinggi dakam segala aspek kehidupan masyarakat Indonesia yaitu lebih mengutamakan kepentingan nasional dari pada kepentingan individu, kelompok, golongan, suku atau daerah. Namun kepentingan-kepentingan tesebut tetap dihormati, dan dihargai selama tidak  bertentangan dengan kepentingan nasional.

Unsur Dasar Wawasan Nusantara

Dalam wawasan nusantara, terdapat unsur-unsur dasar yang saling keterkaitan sehingga membentuk suatu cara pandang, diantaranya ialah:

  1. Wadah (Contour)

Kata wadah disini dapat diartikan sebagai suatu tempat, wilayah yang meliputi semua aspek dari alam, lingkungan atau semua yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat di Indonesia. Wadah kehidupan berbangsa dan bernegara merupakan seluruh wilayah Indonesia yang memiliki sifat serba nusantara dengan berbagai kekayaan alam dan penduduk serta aneka ragam budaya.

Bangsa Indonesia memiliki organisasi kenegaraan yang menjadi wadah berbagai kegiatan kenegaraan dalam wujud supra struktur politik dan wadah dalam kehidupan bermasyarakat adalah berbagai kelembagaan dalam wujud infra struktur politik.

  1. Isi (Content)

Unsur isi adalam hal ini adalah aspirasi bangsa yang tumbuh di masyarakat dan cita-cita serta tujuan nasional yang tersampaikan dalam Pembukaan UUD 1945.

Dalam mewujudkan aspirasi yang tumbuh di masyarakat serta cita-cita dan tujuan nasional seperti tersebut diatas bangsa Indonesia harus mampu menciptakan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan nasional yang berupa politik, ekonomi, social budaya dan hankam.

Isi atau content ini menyangkut dua hal, yaitu pertama realisasi aspirasi bangsa sebagai kesepakatan bersama dan perwujudannya, pencapaian cita-cita dan tujuan nasional persatuan. Hal kedua persatuan dan kesatuan dalam kebinekaan yang meliputi semua aspek kehidupan nasional.

  1. Tata laku (Conduct)

Dari unsur wadah dan isi, akan menghasilkan interaksi yang terdiri dari:

  • Tata laku Bathiniah ialah mencerminkan jiwa, semangat serta mentalitas yang baik dari bangsa Indonesia.
  • Tata laku Lahiriah ialah interaksi yang tercermin dalam tindakan, perbuatan dan perilaku dari bangsa Indonesia.

Kedua tata laku tersebut di atas menggambarkan identitas jati diri dan kepribadian bangsa berdasarkan asas kekeluargaan dan kebersamaan sehingga menimbulkan rasa bangga dan cinta terhadap bangsa dan tanah air dalam semua aspek kehidupan nasional.

Implementasi 

Geo Politik bukan hanya menjadi pengetahuan yang dimiliki oleh setiap warga masyarakat, namun juga harus diimplementasikan agar tujuan dari geo politik tersebut dapat terwujud. Implementasi wawasan nusantara haruslah tercermin dari pola pikir, pola sikap yang senantiasa menomor satukan kepentingan negara. Contoh implementasi wawasan nusantara:

  • Implementasi dalam kehidupan politik, ialah mewujudkan kegiatan penyelenggaraan negara yang sehat dan dinamis, menciptakan pemerintahan yang kuat, aspiratif, dan dapat dipercaya.

  • Implementasi dalam kehidupan Ekonomi, ialah menciptakan kehidupan ekonomi yang nyata menjamin pemenuhan kebutuhan masyarakat dan menjamin peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat secara merata dan adil.

  • Implementasi dalam kehidupan Sosial Budaya, ialah menciptakan sikap batiniah dan lahiriah yang mengakui, menerima dan menghormati segala bentuk perbedaan sebagai suatu keharmonisan dan merupakan karunia sang pencipta.

  • Implementasi dalam kehidupan Pertahanan Keamanan, ialah menumbuhkan kesadaran akan cinta tanah air dan membentuk sikap bela negara pada setiap WNI.

Contoh Wawasan Nusantara

Ada banyak contoh implementasi wawasan nusantara/geo politik yang dapat dilakukan oleh setiap warga negara baik melalui cara tindakan, sikap, cara berpikir dan lain sebagainya, diantaranya ialah

  • Menggunakan Pancasila sebagai pedoman hidup bernegara dan bermasyarakat dengan cara mengamalkan nilai-nilai pancasila yaitu religius, kekeluargaan, dan menjaga persatuan sesuai dengan Pancasila.
  • Sikap cinta tanah air yang direalisasikan dengan sikap yang lebih menjunjung tinggi kepentingan bangsa dan negara dari kepentingan pribadi, golongan, dan agama.
  • Menciptakan pembangunan bangsa dengan tindakan nyata dan prestasi seperti prestasi di bidang olahraga.

Lihat juga

Jelaskan definisi wawasan nusantara

Wawasan Nusantara adalah suatu cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah airnya sebagai Negara kepulauan meliputi semua aspek kehidupan yang beragam.”

Jelaskan latar belakang wawasan nusantara

Berikut adalah latar belakang wawasan :
1. Aspek Falsafah Pancasila : ….
2. Aspek Kewilayahan Nusantara : ….
3. Aspek Sejarah Indonesia
4. dst

Jelaskan fungsi dan kedudukan wawasan nusantara

Dari definisi atau pengertian wawasan nusantara tersebut di atas, didapatkan suatu kedudukan atau fungsi wawasan nusantara. Cara pandang yang digunakan tersebutlah yang menghasilkan wawasan nasional, kemudian ….

Unsur unsur dalam wawasan nusantara

1. Wadah (Contour)
2. Isi (Content)
3 …

Contoh wawasan nusantara

1. Menggunakan Pancasila sebagai pedoman hidup bernegara dan bermasyarakat dengan cara mengamalkan nilai-nilai pancasila yaitu religius, kekeluargaan, dan menjaga persatuan sesuai dengan Pancasila.
2. Sikap cinta tanah air yang direalisasikan dengan sikap yang lebih menjunjung tinggi kepentingan bangsa dan negara dari kepentingan pribadi, golongan, dan agama.

Kategori: pendidikan

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *