Web Hosting Terbaik

Dipublikasikan oleh admin pada

Arikel ini tidak untuk menggiring anda untuk salah satu provider/penyedia hosting, murni untuk ulasan beberapa penyedia hosting, dan ini diambil dari berbagai sumber yang dianggap perlu.

Apa Itu Hosting

Secara eksplisit belum ada tulisan yang memberikan pengertian tentang apa itu hosting, secara keseluruhan menganologikan hosting itu ibarat sebidang tanah Sementara domain ibarat sebuah bangunan. Jadi menurut hemat saya hosting merupakan sebuah sumber daya yang dapat menampung data maupun aplikasi dalam jumlah banyak melalui internet. Domain dan hosting merupakan satu rangkain yang tak terpisahkan dalam sebuah website/blog. Tanpa domain hosting tak ada artinya begitu juga sebaliknya.

Jenis dan fungsi hosting 

Seperti dijelaskan diatas pengertian hosting tentu sudah dapat disimpulkan bahwa fungsi hosting merupakan sarana/infrastruktur untuk menyimpan data data yamg dapat diakses melalui intenet. Sementara jenis hosting cukup beragam.

  • Share hosting (hosting berbagi)

Merupakan layanan hosting yang ditempatkan pada sebuah akun host dan digunakan secara bersama sama. Artinya server (RAM dan CPU, dll) yang anda sewa digunakan sejuta umat.

Kelebihan : menggunakan share hosting diantaranya biaya yang dikeluarkan setiap bulan/tahun tentu lebih hemat karena server digunakan secara bersama sejuta umat..

Kelemahan:  seirng waktu web/blog akan memiliki peningkatan pengunjung dimana share hosting yang anda sewa tentu sumber daya-nya (Disk Space, Bandwoth dll) dibatasi, sehingga anda di suruh upgrade ke jenis hosting lainnya dan tentunya harus merogo kocek sedikit lebih dalam.

  • Server Dedikasi (Dedicatet server)

Merupakan server yang digunakan untuk menjalankan aplikasi tingkat tinggi dan server ini tidak dapat digunakan dalam share hosting maupun VPS. Dalam hal ini pengguna dapat memiliki hak akses serta wewenang secara penuh dalam mengelola maupun penggunaan server tersebut.

Kelebihan: Full control secara penuh atas server yang anda disewa, Full recourse (server dipergunakan hanya untuk kamu sendiri)

Kelemahan: Harus memiliki pengetahuan lebih untuk dapat mengelola/manage terhadap server yang disewa dan tentunya biaya yang dikeluarkan lebih mahal.

  • Virtual Private Sever (VPS)

Merupakan webhosting yang dibagi dengan membagi resource server fisik ke dalam server-server virtualisasi dimana resource dapat dialokasikan dengan suatu cara yang tidak  akan mempengaruhi hardware server secara langsung (wikipedia).

Kelebihan: dari segi harga lebih murah dibandingkan dengan Dedicatet server dan pengguna dapat melakukan custome dan memiliki  akses terhadap root server, biasanya penyedia server akan membantu bilamana mengalami kesulitan dalam manage.

Tips Memilih Hosting

Tidak sedikit yang bingung dalam memilih hosting, baik dari segi harga maupun faktor layanan yang diberikan penyedia server. Memilih hosting tidak semudah dalam menyewa domain, hanya mempertimbangkan harga dan nama domain, sementara untuk menentukan web hosting banyak pertimbangan selain harga, yakni recourse (Disk Space, Bandwoth dll) dan yang gak kalah penting layanan ketika mengalami gangguan pada server. Biasanya penyedia web hosting yang sudah bertahun – tahun akan mengupayakan melayani pelanggan secara profesional karena mereka tidak ingin pelanggan kabur mengingat banyaknya penyedia web hosting dengan sumber daya tinggi dan harga yang bisa dikatakan murah.

Untuk kebutuhan recourse (Disk Space, Bandwoth dll) dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Untuk anda pemula dan belum memiliki trafick yang tinggi sebaiknya menggunakan share hosting.  Begitu trafick anda meningkat dan tidak dapat lagi menampung trafick sebaiknya lakukan upgrade ke vps atau diatasnya untuk menghindari supend dengan alasan memberat pengguna lainnya.

Tips: Tidak sedikit yang menawarkan promo akhir tahun, awal bulan atau sebutan promo lain dengan harga yang sangat murah, sebaiknya coba cari tau tentang testimoni terhadap penyedia webhosting tersebut baik melalui group maupun browsing di internet. Tidak jarang harga murah berujung penyesalan dikemudian hari. Kata mereka murah belum tentu jelek, tapi kata saya murah belum tentu bagus. Mengingat website biasanya untuk jangka panjang sebaiknya pikirkan sekali lagi.

Daftar penyedia Web Hosting Terbaik di Indonesia

Perlu untuk diketahui saya tidak melakukan riset khusus untuk menentukan siapa penyedia hosting  indonesia yang terbaik, akan tetapi saya menganalisa dari berbagai forum tentang testimoni terhadap tingkat kepuasan dan kapasitas serta harga yang ditawarkan

  1. Niaga Hoster

Dikutip dari penasehathosting.com yang telah melakukan riset terhadap beberapa web hosting berikut beberapa keungggulan/layanan yang diberikan niagahoster

  • Faktor support dan spead page

Uptime

Page Load Time

Support Quality

99,91%

1,545ms

10/10

 

  • Faktor harga dan resource

Dikutip dari halaman utama niagahoter berikut informasi yang tersaji baik dari segi harga maupun penawaran lainnya.

webhosting terbaik di indonesia

  1. DewaWeb
  • Faktor support dan spead page
Uptime Page Load Time Support Quality

99,98%

2,612ms

7/10

 

  • Faktor harga dan resource

Bila membutuhkan web hosting berkapasitas tinggi untuk toko online mungkin dewaweb bisa menjadi pilihan.Dikutip dari halaman utama DomainNesia berikut informasi yang tersaji baik dari segi harga maupun penawaran lainnya

hosting terbaik

 

  1. Hostinger

Diposisi ketiga saya menempatkan Hostinger karena saya menganggap hostinger merupakan salah satu web hosting terbaik dengan dengan pelayanan dan harga yang cukup memuaskan

  • Faktor support dan spead page

Uptime

Page Load Time

Support Quality

99,9%

1,745ms

9/10

 

  • Faktor harga dan resource

Untuk faktor harga, dan kualitas anda bisa melihat langsung pada gambar dibawah ini yang saya screenshoot website resmi hostinger.

web hosting indonesia

  1. Domain Nesia

Domain Nesia berada saya tempatkan diposisi ke empat bukan berarti penyedia web hosting ini lebih buruk dari sebelumnya, lagi lagi ini menurut penilaian saya sendiri, karena faktor support merupakan faktor penting bagi saya

  • Faktor support dan spead page

Uptime

Page Load Time

Support Quality

99,98%

1,290ms

7/10

 

  • Faktor harga dan resource

Untuk faktor harga, dan kualitas anda bisa melihat langsung pada gambar dibawah ini saya kira cukup menarik untuk menjadi pilihan.

hosting terbaik dan murah

  1. RumahWeb

Berkat pengalaman yang malang melintang bidang  jasa penyedia web hosting, RumahWeb saya kira patut anda pertimbangkan untuk hosting toko online yang kamu miliki.

  • Faktor support dan spead page

Uptime

Page Load Time

Support Quality

99,99%

3,857ms

7/10

 

  • Faktor harga dan resource

Untuk faktor harga, saya kira RumahWeb sedikit lebih tinggi bila dibandingkan dengan kapasitas yang ditawarkan sebelumnya, namun sekali lagi harga murah belum tentu baik

hosting murah

Ini merupakan ulasan pribadi yang dimuat dari berbagai sumber, tentu setiap orang membuat ulasan memiliki pendapat yang berbeda karena gak mungkin semua yang membuat ulasan mencoba layanan web hosting yang mereka ulas begitu juga dengan saya, tentu saya memiliki pandangan atau opini dengan yang lain.

Lihat juga

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *