Ekosistem

Dipublikasikan oleh admin pada

Apakah yang dimaksud dengan ekosistem? Di alam ini, organisme yang ada di dalamnya selalu berinteraksi secara timbal balik dengan lingkungannya. Interaksi timbal balik inilah membentuk suatu sistem yang selanjutnya kita sebut sebagai sistem ekologi atau ekosistem. Dapat dikatakan juga bahwa ekosistem ialah suatu satuan fungsional dasar yang menyangkut proses interaksi organisme hidup dengan lingkungannya.

Dalam hal ini lingkungan dapat berupa lingkungan biotik (makhluk hidup) dan lingkungan abiotik (non makhluk hidup). Sebagai suatu sistem, dalam suatu ekosistem selalu terjadi proses interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya, dimana dapat berupa adanya aliran energi, rantai makanan, siklus biogeokimiawi, perkembangan, dan pengendalian.

Pengertian Ekosistem

Selain pengertian tersebut diatas, ekosistem juga dapat diartikan sebagai suatu satuan lingkungan yang terdiri dari unsur-unsur biotik (jenis-jenis makhluk) dan faktor-faktor fisik (iklim, air, dan tanah) serta kimia (keasaman dan salinitas) yang keduanya saling berinteraksi satu sama lainnya.

Ekosistem bisa juga didefinisikan sebagai tatanan kesatuan secara utuh menyeluruh antara segenap komponen lingkungan hidup yang saling berinteraksi membentuk suatu kesatuan yang teratur. Yang dimaksud teratur ialah keteraturan tersebut ada dalam suatu keseimbangan tertentu yang bersifat dinamis, artinya bisa terjadi perubahan baik besar maupun kecil yang disebabkan oleh faktor alamiah maupun akibat ulah manusia.

Struktur Ekosistem

Dalam suatu ekosistem, baik ekosistem daratan maupun perairan, akan ditemui adanya dua macam organisme hidup dimana merupakan komponen biotik ekosistem. Dua macam komponen biotik tersebut ialah:

  • Autotrofik, yaitu komponen biotik yang terdiri dari organisme yang mampu menghasilkan (energi) makanan dari bahan-bahan anorganik melalui proses fotosintesis ataupun kemosintesis. Organisme tersebut tergolong mampu memenuhi kebutuhan dirinya sendiri atau yang lebih dikenal dengan produsen.
  • heterotrofik, ialah komponen biotik yang terdiri atas organisme yang menggunakan, mengubah atau memecah bahan organik kompleks yang telah ada yang dihasilkan oleh komponen autotrofik. Organisme tersebut termasuk golongan konsumen, baik makrokonsumen ataupun mikrokonsumen.

Sedangkan secara struktural ekosistem terbagi menjadi enam komponen yaitu sebagai berikut:

Kategori: pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *