Energi Listrik

Dipublikasikan oleh admin pada

Energi Listrik merupakan salah satu sumber kebutuhan manusia yang harus terpenuhi untuk menghidupkan peralatan, perabotan dan benda benda lainnya yang membutuhkan energi listrik agar dapat berfungsi. Disisi lain energi listrik juga berperan penting dalam menggerakkan roda perekonomian.

Seiring Kemajuan zaman, Permintaan terhadap energi listrik kian meningkat, dikarenakan hampir semua peralatan dan perabotan digerakkan menggunakan energi listrik. Disisi lain meningkatnya permintaan terhadap energi ini akan menjadi beban yang memiliki karakteristrik elektrik baru. Salah satu pengaruhnya adalah permasalahan daya listrik yang dihantarkan. Kualitas listrik sendiri memiliki tiga parameter yakni tegangan, arus dan frekuensi listrik. Bila terjadi penyimpangan nilai pada salah satu dari ketiga tersebut akan memperburuk kualitas listrik yang dihantarkan.

Pengertian Energi Listrik

Menurut Eugene C. Lister yang diterjemahkan Hanapi Gunawan (1993) energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja, energi merupakan tersimpan. Hal senada tidak berbeda jauh dengan ilmu fisika (kamajaya, 1986) energi adalah kemampuan melakukan usaha. Sedangkan listrik adalah semua muatan yang terdiri dari muatan positif dan negatif.

Energi listrik merupakan energi yang berasal dari muatan listrik yang menyebabkan medan listrik statis atau gerakan elektron dalam konduktor (penghantar listrik) atau ion (positif atau negatif) dalam zat cair atau gas.

Seperti pada hukum kekekalan energi menyebutkan bahwa energi tidak dapat diciptakan dan juga tidak dapat dimusnakan. Energi hanya dapat diubuh dari suatu bentuk kebentuk energi lainnya. Demikian juga halnya dengan energi listrik yang merupakan hasil perubahan energi mekanik (gerak) menjadi energi listrik.

Energi listrik yang digunakan dalam alat listrik merupakan laju penggunaan energi (daya) dikali dengan waktu selama alat tersebut digunakan. Dengan demikian daya dapat diukur dengan rumus sebagai berikut :

W = P x t

ket:

P = daya dalam watt

t = waktu dalam jam

W = Energi dalam watt jam

Sumber-sumber Energi

Lihat juga:  Genset murah sebagai energi listrik

Energi listrik dapat dihasilkan dari berbagai sumber seperti air, minyak, batu bara, angin, panas bumi, nuklir, matahari, dan lain lain.semua sumber energi tersebut besarnya dari beberapa joule sampai jutaan joule.

Sumber energi listrik adalah semua yang ada disekitar kita yang dapat menghasilkan listrik. Secara garis besar, sumber energi listrik dikelompokkan menjadi dua bagian, yakni energi fosil dan energi terbarukan.

Fosil

Energi fosil umumnya dimanfaatkan untuk konversi energi. Hasil konversi tersebut dapat berupa energi mekanik, listrik maupun panas. Diantara energi  yang berhasil dikonversi adalah pembangkit tenaga listrik. Listrik merupakan salah satu bentuk energi yang ditimbulkan akibat adanya pergerakan elektron.

Bahan bakar fosil merupakan sumber energi utama yang digunakan saat sekarang ini, akan tetapi bila digunakan secara berlebihan akan menyebabkan masalah lingkungan serius misalnya polusi udara. Pada saat proses pembakaran, bahan bakar fosil akan melepaskan gas karbon dioksida, nitrogen dioksida, sulfur dioksida, karbon monoksida dan lain-lain yang dapat menimbulkan pencemaran lingkungan.

Sumber-sumber energi fosil ini jumlah terbatas dan terus menipis akibat penggunaan secara terus menerus. Bahan bakar berbentuk fosil terdiri atas minyak bumi, batu bara,, dan gas alam.

    1. Minyak bumi

Minyak bumi berbentuk cairan ketal, berwarna cokelat gelap dan kehijauan, mudah terbakar. Cairan ini sering disebut sebagai emas hitam yang berada dilapisan atas dari sebagian area di kerak bumi. Bahan kimia yang terdapat pada minyak bumi adalah berbagai hidorkarbon, yang sebagian besar dari seri alkana dengan berbagai varian tampilan, komposisi dan kemurnian.

Beberapa jenis bahan bakar yang banyak digunakan khususnya di indonesia yang bersumber dari bumi adalah minyak tanah industri, pertamax, pertamax racing, pertamax plus, premium, bio prremium, bio solar, solar tranportasi, solar industri, minyak diesel, minyak bakar dan pertamina DEX.

    1. Batu bara

Merupakan batuan yang dapat dibakar karena terbentuk dari endapan organik sisa tumbuhan yang selanjutnya dibentuk melalui proses pembatubaraan. Unsur kimia yang terdapat dalam batu bara ini adalah hidrogen, oksigen, dan karbon.

Pembentukan fosil ini menjadi energi melalui proses yang sangat lama dengan mendapatkan pengaruh dari gesekan panas bumi & tekanan udara lainnya. Batu baru sendiri dikelompokkan menjadi dua bagian yakni batu bara dengan pertambangan terbuka dan pertambangan darat. Batu jua dapat dijadikan sebagai sumber energi listrik, misalnya Pembangkit listrik Tenaga Uap (PLTU) melalui proses peleburan dan industri Pembangkit Listrik Gas Batu Bara (PLTGB).

    1. Gas alam

Gas alam atau biasa disebut sebagai gas rawa, umumnya ditemukan dibawah tanah bersamaan dengan minyak bumi dan batu bara, akan tetapi terkadang terjadi dengan dipompa melalui pipa. Setelah dipompa keluar, diangkut ke tempat penyimpanan atau digunakan untuk keperluan rumah tangga.

Energi Terbarukan

Merupakan energi yang bersumber dari alam & secara berkesinambungan dapat diproduksi secara terus menerus tanpa harus menunggu waktu jutaan tahun seperti halnya energi yang berbasis fosil. Sumber energi yang dapat dimanfaatkan berasal dari matahari, panas bumi, angin, air dan berbagai bentuk dari biomassa.

Selain dapat dimanfaatkan secara terus menerus, sumber energi ini dapat dipulihkan kembali, lebih ramah lingkungan, aman dan lebih terjangkau masyarakat luas. Saat ini pemerintah terus berupaya mengurangi sumber energi fosil ke terbarukan, selain cadangan terus menipis penggunaan energi terbarukan lebih ramah lingkungan dan mampu mengurangi terjadinya pencemaran lingkungan dibandingkan energi non-terbarukan.

Sumber energi terbarukan yang dimiliki indonesia saat ini cukup banyak. Bila dikelola & dimanfaatkan dengan baik diyakini dapat menggantikan energi fosil. Jenis energi terbarukan terdiri dari panas bumi, air, angin, matahari, dan biomassa.

    1. Panas bumi

Panas bumi atau geothemal merupakan sumber energi terbarukan berupa themal (panas) yang dihasilkan dan disimpan dalam bumi. Sumber energi ini diyakini cukup ekonomis, berlimpah, berkelanjutan & ramah terhadap lingkungan. Akan tetapi saat ini pemanfaat energi panas bumi masih terkendala pada teknoloig eksploitasi yang hanya dapat menjangau disekitar lempeng tektonik.  Pembangkit listrik tenaga panas bumi yang dimiliki indonesia saat ini adalah PLTP Sibayak di sumatera utara. PLTP Salak (jawa barat).

    1. Air

Merupakan sumber energi yang diperoleh melalui pemanfaatan energi potensial dan energi kinetik yang terdapat pada air. Saat ini, sekitar 20% konsumsi litrik di dunia diperoleh dari pembangkit Listrik Tenaga air (PLTA).

    1. Matahari

Energi matahari atau surya merupakan sumber energi terbarukan yang berasal dari radiasi sinar dan panas yang dipancarkan matahari sebagai bahan bakar utama dengan bantuan solarcell, energi dari cahaya matahari dapat langsung diubah menjadi energi listrik. Pembangkit listrik tenaga surya yang dimiliki indonesia saat ini antara lain PLTS KarangAsem (Bali), PLTS Raijua, PLTS Nule, dan PLTS Solor Barat (NTT).

    1. Angin

Adalah sumber energi terbarukan yang dihasilkan melalui angin. Kincir angin dimanfaatkan untuk menangkap energi angin dan diubah menjadi energi kinetik atau listrik. Pemanfaat angin menjadi sumber energi listrik di indonesia sudah dilakukan pada pembangkit listrik tenaga bayu (PLTBayu) Samas di Bantul, Yogyakarta.

    1. Biomassa

Adalah jenis energi terbarukan yang mengacu pada bahan biologis yang berasal dari organisme yang hidup atau belum lama mati. Sumber energi yang berasal dari Biomassa antara lain bahan bakar kayu, limbah & alkohol. Pembangkit listrik berbahan biomassa yang dimanfaatkan di indonesia berada di Gorontalo (PLTM Pulubala) dengan memanfaatkan tongkol jagung.

Manfaat Energi Listrik

Diatas telah di sampaikan sumber energi listrik secara garis besar dikelompokkan menjadi dua bagian yang energi listrik yang berasal dari fosil dan energi terbarukan. Kedua sumber energi tersebut dimaksudkan untuk dijadikan sebagai substusi pemenuhan Energi yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia seperti menghidupkan parabotan dan peralatan yang membutuhkan energi listrik.

pengertian energi listrik
pemanfaat energi bio diesel untuk pembangkit listrik alternatif

1, 2


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *